Pilih Mana: Samsung Galaxy A70 atau Oppo F11 Pro

Smartphone adalah suatu elektronik genggam yang menjadi kebutuhan semua orang, karena dengan smartphone semua akan menjadi mudah. Misalnya dengan komunikasi bersama orang tua keluarga yang berada jauh dengan kamu. Dan dengan smartphone kamu bisa mengisi waktu luang kamu, misalnya dengan bermain game dan juga mencari pengetahuan di internet. Banyak smartphone dijual dengan berbagai merek, seperti merek Samsung dan Oppo. disini saya akan menjelaskan mengenai tipe dari kedua merek yaitu Samsung Galaxy A70 dan Oppo F11 Pro. Yuk, dibaca ya.

Samsung Galaxy A70

Samsung terus berinovasi untuk memastikan kepuasan pengguna dengan produk-produknya yang menarik. Kali ini, perusahaan asal Korea tersebut memberikan kesempatan kepada pengguna kelas menengah untuk menikmati fitur kamera layaknya profesional dengan tiga kamera sekaligus pada Samsung Galaxy A70.

Menurut Samsung, pasar smartphone kelas menengah tengah berkembang pesat dengan fokus pada fitur kamera langsung dan penggunaan media sosial. Oleh karena itu, salah satu seri terbaru Samsung Galaxy A tahun 2019 ini hadir dengan harga yang menarik, terutama mengingat banyaknya fitur yang ditawarkan.

Berikut Spesifikasi Samsung Galaxy A70:

Tampilan Samsung Galaxy A70

Samsung Galaxy A70 sudah dikenalkan pada 10 April 2019 yang lalu. Smartphone Samsung ini mengusung spesifikasi yang super keren dan canggih. Dari segi desain, Galaxy A70 mempertahankan ciri khasnya, yaitu konsep Infinity Display, dengan bezel yang tipis dan notch water drop. Layar 6.7 inch Galaxy A70 mampu memberikan gambar yang tajam dan kaya warna berkat teknologi Super Amoled.

Saat dipegang Samsung Galaxy A70 relatif pas di tangan dan terlihat premium karena ditunjang bahan pembuatan dari kaca dan metal. Di sekujur bodi smartphone ini, akan ditemukan tombol familiar semacam volume dan power di sisi kanan yang ternyata mudah dijangkau. Galaxy A70 lebih berat, yaitu 183 gram. Sebaliknya tray SIM terletak di bagian kiri atas.

RAM 6GB dan kapasitas penyimpanan dalam 128GB untuk menyimpan banyak konten live dibarengi dengan multitasking yang tetap nyaman. Dengan bonus memori eksternal hingga 512GB membuat kapasitas memori pada Galaxy A70 dapat diandalkan melebihi kapasitas laptop pada umumnya.

Kamera Samsung Galaxy A70

Untuk kamera, Samsung Galaxy A70 dibekali 3 kamera di bagian belakang dengan kamera utamanya 32 MP(F atau 1.7), 8 megapixel ultra wide angle dan 5 megapixel depth camera. Sedangkan itu di bagian depan Galaxy A70 dilengkapi dengan kamera 32 MP(F atau 2.0). Kamera Galaxy A70 juga bisa menangkap video slow motion(gerakan lambat) dan hyperlapse(gerakan dipercepat). Secara penampilan, fungsi-fungsi A70 yang lengkap mudah diakses dan dioperasikan. Hasil keseluruhan dari tipe Samsung ini sangat bagus, dan berkualitas.

Baterai Samsung Galaxy A70

Baterai 4.500 mAh terbesar di jajaran Galaxy A, bikin Nge-Live seharian dengan Galaxy A70 tanpa rasa khawatir. Ditambah dengan dukungan teknologi fast charging 25 watt yang bisa memberikan daya hingga 100% kepada fitur, tanpa menunggu lama, Galaxy A70 dapat kembali dimanfaatkan untuk menjadi partner andalan dalam membuat konten live.

Kelebihan Samsung Galaxy A70

Layar Super AMOLED yang Luas

Galaxy A70 hadir dengan layar Super AMOLED yang dibuat oleh Samsung sendiri, memiliki ukuran yang sangat luas, hampir setara dengan tablet, yaitu 6,7 inci! Meskipun begitu besar, namun tidak perlu khawatir, karena pengguna masih dapat dengan mudah menggenggamnya berkat rasio layar yang saat ini sedang populer. Layar yang besar ini membuat pengguna semakin puas dalam mengakses multimedia atau bermain game.

Desain Elegan

Dengan gradasi warna yang menarik di belakangnya, handphone ini pasti akan terlihat menarik. Dengan kombinasi kaca dan plastik, phablet ini cocok untuk digenggam dengan nyaman. Mengenai warna tersebut, paduan ini disebut sebagai glasstic. Di seluruh bodinya, terdapat tombol-tombol volume dan power yang familiar di sisi kanan, yang ternyata mudah dijangkau meskipun ukurannya cukup besar.

Jago Multitasking dengan RAM Jumbo

Selain chipset yang kuat, Samsung Galaxy A70 juga dilengkapi dengan RAM berkapasitas besar, yaitu 8 GB! Dengan RAM sebesar ini, bermain game dan membuka beberapa aplikasi lainnya tidak akan menjadi masalah. Bagi yang tidak menggunakan aplikasi terlalu banyak, tersedia juga versi dengan RAM 6 GB yang harganya lebih terjangkau.

Kamera Andal Beresolusi Tinggi

Bagi para penggemar selfie dan pengguna aktif media sosial, kabar ini tentu sangat menggembirakan. Samsung Galaxy A70 hadir dengan tiga kamera di bagian belakang, dengan kamera utama beresolusi 32 MP (f/1.7), kamera ultra wide angle 8 MP, dan kamera 5 MP untuk efek bokeh.

Dengan kehadiran fitur ini, kalian dapat menciptakan konten-konten yang lebih artistik. Ditambah lagi dengan adanya fitur video slow motion dan hyperlapse (gerakan dipercepat), pengambilan video menjadi lebih menarik dan seru.

Tak hanya itu, kamera depannya juga memiliki resolusi yang tinggi, yaitu 32 MP dengan aperture f/2.0. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video live yang lebih menarik dan berkualitas.

Kekurangan Samsung Galaxy A70

Tanpa OIS atau EIS

Benar, jika dilihat dari segi harga dan beragam kelebihan yang ditawarkan, mencari kekurangan pada kamera tersebut tidaklah adil. Namun, setiap produk pasti memiliki kelemahan. Meskipun kameranya mengesankan, namun tidak dilengkapi dengan fitur optical image stabilization (OIS) atau electronic image stabilization (EIS).

Dengan adanya tambahan fitur tersebut, pengambilan video atau foto saat dalam pergerakan akan menjadi lebih sempurna. Namun, baik OIS maupun EIS lebih umum ditemukan pada smartphone flagship.

Tidak Tahan Air dan Debu

Samsung Galaxy A70 termasuk dalam kelas menengah ke atas. Umumnya, ponsel di segmen ini sudah dilengkapi dengan perlindungan terhadap air dan debu. Namun, sayangnya, A70 tidak memiliki fitur ini.

Oppo F11 Pro

Oppo F11 Pro merupakan salah satu smartphone terbaru yang dirilis pada tahun 2019 oleh perusahaan ponsel asal China. Meskipun sebelumnya dikenal dengan tagline “Selfie Expert”, namun untuk model ini, Oppo memberikannya julukan “Brilliant Portrait”.

Julukan ini tidak hanya dipilih karena kemampuannya dalam mengambil selfie yang memukau, tetapi juga karena keunggulan kamera utama ganda yang dimilikinya. Smartphone ini dilengkapi dengan dual kamera belakang beresolusi tinggi, serta kamera depan yang memungkinkan pengguna untuk mengambil swafoto dengan hasil yang memuaskan.

Berikut Spesifikasi Oppo F11 Pro:

Tampilan Oppo F11 Pro

F11 Pro seperti memberikan kesan bahwa fitur ini ingin memberikan ruang baru, tidak hanya sebagai penerus seri tadinya. Dari sisi layout, walaupun terdapat perbedaan tetapi pondasinya dapat dibilang sama antara tipe pro dan yang biasa. Pada bagian bawahnya terdapat port jack audio 3.5mm, port micro USB, dan lubang speaker. Selanjutnya, slot kartu SIM, micro SD, dan tombol Power berada di bagian kanannya. Sedangkan tombol volume berada di bagian kirinya.

Kamu akan menciptakan layout kamera yang berada di tengah, kemudian penempatan logo dan bacaan‘ design by OPPO’ yang hadir vertikal juga sama. Layar Oppo F11 Pro terlihat penuh juga berkat dukungan aspek perbandingan 19.5:9 dan perbandingan screen- to-body sebesar 90.9%. Sensor cahaya diletakkan bersembunyi di dalam lubang speaker yang terdapat diantara pinggir frame dan permukaan kaca, dengan ketebalan 0.5mm. Sebaliknya sensor infrared diletakkan dibawah layar. Ukuran layarnya 6.53 inci dengan resolusi FHD plus. Dukungan frame rate 60 fps, membuat Kamu merasakan pengalaman terbaik saat menonton video dan bermain game.

Kamera Oppo F11 Pro

Fitur satu ini sudah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang memiliki kombinasi kamera utama 48 MP(f atau 1.8), kamera sekunder 5 MP(f atau 2.4+ kedalaman), dan LED Flash. Secara bawaan, kamera utama dari Oppo F11 Pro ini hendak menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP. Walaupun begitu, gambar yang dihasilkan tetap mempunyai kualitas yang baik. Tetapi apabila Gadgeter ingin mengambil foto dengan resolusi 48 MP harus mengaktifkannya terlebih dulu di menu Settings yang terdapat di aplikasi kamera bawaannya.

Kombinasi kamera utama dan kamera sekundernya memungkinkan pengguna dapat menciptakan foto bokeh(background blur) dengan praktis. Sedangkan itu, Oppo juga sudah memperkenalkan fitur Night Mode yang membolehkan penggunanya dapat menghasilkan foto malam hari dengan jelas dan nyata dan kualitasnya yang cukup bagus. Kamera depan Oppo F11 Pro ini memiliki resolusi 16 MP(f atau 2.0) yang sudah dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan baik.

Baterai Oppo F11 Pro

Smartphone yang satu ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang diklaim oleh pihak Oppo dapat sanggup bertahan lama. Apalagi fitur VOOC 3.0 Flash Charging yang dimilikinya bisa memuat daya baterai hingga 0 sampai 100% hanya dalam durasi 80 menit saja. Dengan pengujian menggunakan PCMark, Oppo F11 Pro ini mampu bertahan sepanjang 9 jam 17 menit. Dapat dikatakan daya tahan baterai yang ditawarkan F11 Pro ini lumayan bagus mengingat simulasi dari pengujian PCMark yang intensif.

Kelebihan Oppo F11 Pro

Desain Mewah dan Kekinian

F11 Pro hadir dalam pilihan warna thunder black dan aurora green, yang keduanya terinspirasi dari seri flagship Find X. Warna thunder black menampilkan gradasi ungu di bagian atas kanan dan biru di bagian bawah kiri, sementara aurora green menawarkan gradasi biru ke hijau yang menarik.

Desainnya menampilkan layar luas tanpa bezel yang tebal di sekelilingnya. F11 Pro memiliki layar panoramic dengan panel IPS berukuran 6,53 inci dan resolusi Full HD+, serta rasio 19.5:9 yang siap untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Kamera Beresolusi Tinggi

Di bagian belakang F11 Pro, terdapat dua kamera dengan resolusi 48 MP dan 5 MP (sensor kedalaman), dilengkapi dengan autofokus deteksi fase dan lampu flash LED tunggal. OPPO mempercayakan sensor gambar utama Sony IMX 586 berukuran 1/2 inci dengan resolusi 48 MP yang memiliki piksel sebesar 0.8 μm dan aperture f/1.8.

Low Light Fotografi yang Apik

Dengan menerapkan pola filter warna Quad Bayer, setiap 2×2 piksel digabungkan dan beroperasi sebagai satu piksel tunggal. Hal ini menghasilkan resolusi 12 MP dengan piksel berukuran 1,6 μm yang memberikan kinerja yang lebih baik dalam kondisi pencahayaan rendah.

Rising Camera dan Face Unlock

Salah satu fitur yang menarik dari Oppo F11 Pro adalah kamera yang dapat naik. Perangkat ini dilengkapi dengan kamera depan 16 MP (f/2.0) yang tersembunyi di dalam bodi, dengan mekanisme pop-up yang akan muncul saat menggunakan kamera depan atau face unlock. Desain ini memberikan kesan layar yang lebih luas pada Oppo F11 Pro. Layarnya terlihat penuh berkat dukungan aspek rasio 19.5:9 dan rasio screen-to-body yang mencapai 90.9%.

Kekurangan Oppo F11 Pro

Fingerprint Masih di Luar Layar

Jika dibandingkan dengan pesaingnya, perangkat ini memiliki kekurangan dalam hal teknologi pengamanan. F11 Pro tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari yang tertanam di dalam layar. Sebaliknya, ia masih menggunakan sensor kapasitif yang ditempatkan di bagian belakang.

Meskipun demikian, hal ini sebenarnya hanya berkaitan dengan lokasi sensor. Dalam hal kemudahan membuka ponsel, tidak terlihat perbedaan yang terlalu signifikan antara sensor yang ditempatkan di bagian depan atau belakang.

Tidak Ada LED Flash di Kamera Depan

Walaupun menawarkan kualitas resolusi yang tinggi dan jelas pada kamera depannya, namun belum bisa digunakan untuk selfie di tempat gelap. Hal ini karena tidak tersedia fitur pencahayaan seperti LED flash di bagian depan.

Perbandingan Samsung Galaxy A70 dan Oppo F11 Pro

Samsung Galaxy A70Oppo F11 Pro
Kelebihan- Layar Super AMOLED yang Luas
- Desain Elegan
- Jago Multitasking dengan RAM Jumbo
- Kamera Andal Beresolusi Tinggi
- Desain Mewah dan Kekinian
- Kamera Beresolusi Tinggi
- Low Light Fotografi yang Apik
- Rising Camera dan Face Unlock
Kekurangan- Tanpa OIS atau EIS
- Tidak Tahan Air dan Debu
- Fingerprint Masih di Luar Layar
- Tidak Ada LED Flash di Kamera Depan
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kedua smartphone ini memiliki spesifikasi yang baik, dari penjelasan diatas memang terdapat perbedaan diantara keduanya. Misalnya pada sektor kamera Samsung Galaxy A70 lebih unggul karena kamera belakang terdapat tiga sistem kamera. Sedangkan untuk Oppo F11 Pro hanya dua atau kamera belakang yang ganda. Tetapi demikian kualitas foto yang didapat sama bagusnya. Dari sektor baterai juga bahwa Samsung Galaxy A70 lebih unggul dibanding Oppo F11 Pro. soal harga keduanya sama dijual di angka lima. Kamu dapat membelinya di toko offline dan juga online.

Anda Pilih Samsung Galaxy A70 atau Oppo F11 Pro?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!