Smartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy A8 Star atau A8?

Samsung selalu melakukan pembaruan pada setiap produknya sehingga selalu menghasilkan smartphone dengan kualitas yang selalu menjadi lebih baik. Dua smartphone Samsung yang dapat kita bandingkan yaitu Samsung Galaxy A8 Star dan Samsung Galaxy A8. Manakah smartphone terbaik dari dua smartphone tersebut? Samsung Galaxy A8 Star atau A8?

Banyak hal yang bisa kita bandingkan antara Samsung Galaxy A8 Star dan Samsung Galaxy A8. Perbedaan tersebut misalnya OS yang digunakan, hardware, harga dan masih banyak lagi perbedaan lainnya yang dapat Anda simak pada artikel berikut ini.

Samsung Galaxy A8 Star

Samsung Galaxy A8 Star merupakan salah satu produk smartphone Samsung yang dirilis pada Juni 2018. Smartphone ini menggunakan bahan metal dan kaca sehingga membuat tampilannya menjadi lebih menarik.

Kelebihan Samsung Galaxy A8 Star

Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy A8 Star yang perlu Anda ketahui:

  • Hardware Lebih Mumpuni

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 Star adalah memiliki hardware yang lebih mumpuni sehingga kinerja perangkat ini lebih cepat dan lebih baik jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy. Perangkat ini dibekali Chipset Snapdragon 660, CPU Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) dan GPU Adreno 512.

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 Star ini adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A8. Smartphone ini dibekali baterai dengan kapasitas 3.700 mAh, sedangkan Samsung Galaxy A8 dibekali baterai dengan kapasitas 3.000 mAh.

  • Menggunakan OS Terbaru

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 Star adalah memiliki sistem operasi yang terbaru. Sedangkan Samsung Galaxy A8 masih menggunakan OS yang telah lama. Perangkat ini telah menggunakan Android v8.0 OREO dengan Experience 9.0 sedangkan Samsung Galaxy A8 menggunakan Android v7.1 NOUGAT dengan Experience 8.5.

Kekurangan Samsung Galaxy A8 Star

Berikut beberapa kekurangan Samsung Galaxy A8 Star yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh samsung Galaxy A8 Star adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A8. Selisih harga kedua smartphone ini juga relatif cukup besar yakni hingga 2 jutaan rupiah. Untuk harga dan spesifikasi lebih lengkap Anda bisa mengaksesnya di Oketekno.com. 

  • Kerapatan Layar Lebih Rendah

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 Star adalah memiliki kerapatan layar yang lebih redah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A8. Smartphone ini memiliki layar dengan kerapatan 392ppi sedangkan Samsung Galaxy A8 memiliki kerapatan layar 441ppi.

  • Baterai Non-Removable

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 Star adalah memiliki baterai yang non-removable. Anda akan lebih sulit dalam mengganti atau memperbaiki jika baterai perangkat ini mengalami kerusakan atau masalah.

Kelebihan Samsung Galaxy A8 StarKekurangan Samsung Galaxy A8 Star
- Hardware lebih mumpuni- Harga lebih mahal
- Kapasitas baterai lebih besar- Kerapatan layar lebih rendah
- Menggunakan OS terbaru- Baterai non-removable

Samsung Galaxy A8

Samsung Galaxy A8 merupakan smartphone yang dirilis oleh samsung pada Januari 2018. Smartphone ini telah memiliki kamera depan dual kamera sehingga dapat menunjang aktivitas Anda dalam selfie. Baca juga Pilih Mana: Galaxy A6 vs A8?

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo F1s atau Oppo F1 Plus?

Kelebihan Samsung Galaxy A8

Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy A8 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika kita bandingkan dengan harga yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 Star. Dengan harga yang lebih terjangkau ini, Anda bisa menggunakan budget yang lebih kecil untuk mendapatkan smartphone ini.

  • Kerapatan Layar Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Samsung galaxy A8 adalah memiliki kerapatan layar yang lebih baik atau lebih besar daripada kerapatan layar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 Star. Perangkat ini memiliki layar dengan kerapatan 441ppi dan Samsung GalaxyA8 Star memiliki layar dengan kerapatan 392ppi.

  • Dual Kamera Depan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 adalah telah dibekali dengan dual kamera depan dengan resolusi yang sudah sangat baik. Perangkat ini memiliki dual kamera depan 16MP f/1.9 & 8MP f/1,9.

Kekurangan Samsung Galaxy A8

Berikut beberapa kekurangan Samsung Galaxy A8 yang perlu Anda ketahui:

  • Hardware dan Kinerja Biasa Saja

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 adalah memiliki hardware yang biasa saja, karena itulah kemampuan atau kinerja perangkat ini juga biasa saja yang masih kurang baik jika kita bandingkan dengan Samsung Galaxy A8 Star.

  • OS Masih Tertinggal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 adalah menggunakan OS yang masih tertinggal atau kurang terbaru. Smartphone ini masih menggunakan OS Android v7.1 NOUGAT dengan Experience 8.5.

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki Samsung Galaxy A8 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A8 Star. Samsung Galaxy A8 memiliki baterai dengan kapasitas 3.000 mAh sedangkan Samsung Galaxy A8 Star memiliki baterai dengan kapasitas 3.700 mAh.

Kelebihan Samsung Galaxy A8Kekurangan Samsung Galaxy A8
- Harga lebih terjangkau- Hardware dan kinerja biasa saja
- Kerapatan layar lebih besar- OS masih tertinggal
- Dual kamera depan- Kapasitas baterai lebih kecil

Pilih Mana: Samsung Galaxy A8 Star atau A8?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Galaxy A8 Star dan Galaxy A8. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua smartphone tersebut:

Samsung Galaxy A8 StarSamsung Galaxy A8
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Hardware lebih mumpuni- Hardware masih terbatas
- Menggunakan OS terbaru- Menggunakan OS lama

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Samsung Galaxy A8 Star dan Samsung Galaxy A8 di atas, dapat kita lihat bahwa kedua smartphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika kita perhatikan, Samsung Galaxy A8 Star memiliki lebih banyak keunggulan. Tapi harga Samsung Galaxy A8 Star ini juga jauh lebih mahal dari Samsung Galaxy A8.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy A8 Star vs A8

VS

Leave a Reply