Smartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

Samsung dan Apple merupakan dua merek yang sangat terkenal dan sering bersaing baik dalam produk smartphone maupun produk lain seperti tablet maupun laptop. Kali ini, kami akan membandingkan dua ponsel dengan spesifikasi paling gahar yang dimiliki dua produk ini.

Untuk kamu yang membutuhkan referensi mana yang lebih bagus di antara kedua ponsel ini, yuk langsung simak saja ulasan yang sudah kami berikan di bawah ini!

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

Samsung Galaxy Fold

Galaxy Fold mengusung dua layar. Ukuran layar di bagian luar 4,6 inch, menggunakan panel Super AMOLED dan terlindungi kaca Gorilla Glass. Sementara layar di bagian dalam berukuran 7,3 inch dengan resolusi 1.536 x 2.152 pixel, Samsung menyebutnya Infinity Flex. Menggunakan panel Dynamic AMOLED yang berlapis polimer.

Untuk performanya, Galaxy Fold ditenagai chipset Snapdragon 855 yang didukung dengan konfifurasi RAM 12GB dan memori internalnya 512 GB. Serta, daya baterai 4.380mAh dan pengisian daya cepat 15W.

Samsung membekali Galaxy Fold dengan enam kamera. Ada tiga kamera di bagian belakang bodinya. Spesifikasinya mirip Galaxy S10, kamera utamanya 12MP bersensor 1/2.55 inci 1.4um piksel dengan aperture f/1.5-2.4. Kamera ini dilengkapi fitur Dual Pixel Phase-detection Autofocus (PDAF) dan OIS (Optical Image Stabilization). Kamera kedua telephoto 12MP dengan aperture f/2.4 dan OIS. Kamera ketiga 16MP menawarkan ultra-wide angle.

Galaxy Fold dibekali kamera depan ganda di bagian dalam. Kamera utamanya 10MP dengan aperture f/1.9 didukung fitur Dual Pixel PDAF, serta kamera kedua 8MP. Tepat di bagian atas layar depan terdapat kamera 10MP. Di Indonesia sendiri, Galaxy Fold resmi dibanderol kisaran 30  juta rupiah dengan  beberapa aksesoris dan item pendukung seperti Galaxy Buds.

Kelebihan Samsung Galaxy Fold

  • Bentuk dan Desain yang sulit dikalahkan
    Samsung Galaxy Fold merupakan sebuah smartphone yang cukup tebal. Kaca bagian belakang dan konstruksi metal dari bahan ponsel pun sangat solid.

    Galaxy Fold pun cukup berat bila dibandingkan dengan smartphone pada umumnya karena gawai ini memiliki dua sisi layar yang bisa dilipat. Ponsel pintar terdiri dari beberapa pilihan warna yaitu space silver, cosmos black, martian green, dan astro blue.

  • Performa yang diklaim setara dengan PC
    Galaxy Fold ditunjang Qualcomm Snapdragon 855. Demi kelancaran penggunaan aplikasi, Samsung melengkapi Galaxy Fold dengan chipset AP (64-bit octa core) bertenaga tinggi generasi terbaru. Dibekali Android Pie, Galaxy Fold memiliki RAM sebesar 12 GB dan memori internal mencapai 512 GB yang diklaim memilikki performa seperti PC.

    Untuk daya tahan, Galaxy Fold dilengkapi dual baterai dengan masing-masing berkapasitas 4.380 mAh. Baterai smartphone ini juga terbilang memakan banyak daya tapi Galaxy Fold dibekali oleh fitur fast charging dengan atau tanpa kabel. Sedangkan untuk ketersediaan jaringan, Galaxy Fold akan tersedia pada mode 4G dan 5G.

  • Ditunjang enam kamera dalam satu ponsel 
    Samsung Galaxy Fold ditunjang enam kamera dalam satu ponsel, tiga kamera di belakang, dua kamera di depan, dan satu kamera di bagian cover.

    Spesifikasi lengkap kamera yaitu tiga kamera utama sebesar 16 MP (megapiksel) dengan aperture F2.2 untuk ultra wide, 12MP dengan dual aperture F1.5 untuk wide, dan F2.4 dan dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization), serta kamera telephoto 12MP dengan aperture F2.4 dan OIS. OIS berguna untuk menghasilkan foto dan video yang tidak blur

    Sementara untuk dua kamera depan, Galaxy Fold memiliki lensa telephoto 10 MP dengan aperture F2.2 serta RGB dengan ketajaman 8MP dan aperture F1.9. Sedangkan satu kamera di bagian cover memiliki lensa dengan ketajaman 10 MP dengan aperture F2.2.

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

Kekurangan Samsung Galaxy Fold

  • Layar lipat yang dinilai rentan kerusakan 
    Salah satu kelemahan bentuk Samsung Galaxy Fold adalah pada saat dilipat terdapat celah di antara dua layar yang memungkinkan benda-benda kecil masuk. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan pada layar lipat Samsung Galaxy Fold.

    Selain itu, layar yang dapat dilipat terbuat dari bahan plastik dan sangat rentan dan rapuh. Bahkan, Samsung pun memberikan pedoman dalam penggunaan Galaxy Fold untuk tidak melipat smartphone dengan cara yang keras keras.

  • Harga yang sangat mahal 
    Kekurangan yang satu ini bukan lagi hal yang mengejutkan untuk dibahas, tentunya, dengan segala spesifikasi yang dimiliki, harga ponsel pintar yang memiliki desain sangat unik ini di atas rata-rata harga ponsel pintar yang lainnya.

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

SpesifikasiSamsung Galaxy FoldiPhone 11 Pro Max
AsalKorea SelatanAmerika
Kisaran HargaMulai dari 30 jutaan.Mulai dari 20 jutaan.

iPhone 11 Pro Max

iPhone 11 Pro mengusung layar berbentang 6,5 inci dengan OLED multi-touch dengan Super Retina XDR. Resolusi layar sudah HDR dengan resolusi 2688 x 1242 piksel. Baca Juga: Pilih Mana: iPhone 11 atau iPhone 11 Pro?

iPhone 11 Max Pro diotaki Chip A13 Bionic Neural Engine generasi ketiga. Ponsel ini sudah menggunakan iOS 13, sistem operasi seluler paling personal dan aman di dunia, dilengkapi dengan fitur andal dan dirancang untuk melindungi privasi.

iPhone 11 Max Pro memiliki tiga kamera belakang. Yakni kamera ultra wide beresolusi 12 MP, kamera wide 12 MP dan kamera telefoto 12 MP. Adapun kamera depan beresolusi 12 MP dengan True Depth yang bisa merekam video slow motion dan juga video beresolusi 4K 60fps.

Ada juga fitur Deep Fusion adalah sebuah fitur di mana software akan merekam dan menganalisa 9 foto yang dijepret secara berturutan, salah satunya adalah foto long exposure. Lalu neural engine yang ada di ponsel akan menganalisa foto-foto tersebut untuk menghasilkan hasil akhir yang terbaik.

Kelebihan iPhone 11 Pro Max

  • Menggunakan chipset paling bagus keluaran Apple 
    Apple iPhone 11 Pro Max dibekali dengan chipset Apple A13 Bionic. Chipset ini dibuat dengan proses fabrikasi 7nm+. Di dalam chipset ini, tersemat enam core prosesor. Prosesornya terdiri dari dua core Lightning 2,65 GHz untuk performa dan empat core Thunder 1,8 GHz untuk hemat daya. Untuk pengolah grafisnya, terasemat Apple GPU dengan empat inti core graphics.
  • Tangguh dan Tahan Air 
    Apple iPhone 11 Pro hadir dengan desain yang tangguh. HP ini diuji dengan cara direndam di dalam air dan tetap menyala. Apple iPhone 11 Pro max tidak mengalami gangguan setelah terkena air. Kemampuan tahan air ini tentu tidak lepas dari hadirnya sertifikasi anti air IP68 yang dimiliki Apple iPhone 11 Pro Max.
  • Charger Bawaan yang Fast Charging 
    Yang menarik dari Apple iPhone 11 Pro Max adalah charger bawaannya yang sudah mendukung teknologi fast charging. Charger bawaan HP ini adalah tipe charger 18W dan ini patut diapresiasi mengingat charger cepat ini tidak disematkan di Apple iPhone 11. Dengan charger 18W, Apple iPhone 11 Pro Max dapat terisi sampai 58% dalam waktu 30 menit. .

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

Kekurangan iPhone 11 Pro Max

  • Masalah Notch dan Bezel yang terlalu tebal
    Masalah terbesar dari iPhone 11 Pro Max serupa dengan Apple iPhone 11 dan Apple iPhone 11 Pro yakni soal notch yang terlalu lebar. Selain masalah notch atau poni, kekurangan lain dari Apple iPhone 11 Pro adalah bezel layarnya yang masih tergolong tebal.

    Dua faktor ini yang membuat tampilan desain keseluruhan perangkat ini terasa kurang menarik–meski  kenyataannya segala produk Apple tetap memiliki desain yang cukup menarik minat.

  • Belum mendukung jaringan 5G 
    Teknologi 5G memang sudah diperkenalkan namun persiapan dan pembangunan infrastruktur masih berjalan. Bahkan masih banyak negara-negara yang belum mengadopsi teknologi 5G. Alasan kenapa Apple tidak menanamkan 5G di iPhone keluaran terbarunya mungkin adalah karena belum pasti kegunaan dari jaringan 5G ini, namun, lagi-lagi, hal ini dianggap sebagai salah satu hal yang menjadi kekurangan mencolok dari produk terbaru Apple yang dibanderol dengan harga sangat mahal.

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

Samsung Galaxy FoldiPhone 11 Pro Max
Kelebihan- Bentuk dan Desain yang sulit dikalahkan  - Performa yang diklaim setara dengan PC - Ditunjang enam kamera dalam satu ponsel - Menggunakan chipset paling bagus keluaran Apple  - Tangguh dan Tahan Air  - Charger Bawaan yang Fast Charging 
Kekurangan- Layar lipat yang dinilai rentan kerusakan  - Harga yang sangat mahal  - Masalah Notch dan Bezel yang terlalu tebal - Belum mendukung jaringan 5G 

Kesimpulan

Dari ulasan yang ada di atas dapat disimpulkan bahwa kedua ponsel pintar dengan spesifikasi gahar dan harga yang cukup menguras kantong ini sama-sama memiliki spesifikasi yang unggul dan memiliki kekurangannya masing-masing. Namun, harus diakui jika dalam beberapa aspek, Samsung Galaxy Fold memang memiliki spesifikasi yang lebih gahar meski harga jualnya juga terpaut sedikit lebih mahal dengan Apple iPhone 11 Pro Max.

Namun, jika mengacu pada keamanan sistem operasi, mungkin jelas bahwa produk dari Apple tidak dapat dikalahkan sistem operasinya. Lagi-lagi, semuanya tergantung pada pilihan dan keinginanmu. Semoga bermanfaat!

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

VS

Leave a Reply