Smartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs Note 10 Plus

Samsung merupakan produsen alat elektronik terbesar yang beral dari korea selatan. Samsung terkenal dengan smartphonenya yang memiliki kualitas baik dan awet, selain itu samsung juga memiliki banyak smartphone untuk kelas menengah kebawah dengan spesifikasi yang  cukup mumpuni.

Samsung galaxy fold dan samsung galaxy note 10 plus merupakan produk samsung yang tergolong dalam kelas menengah ke atas. Harga kedua ponsel ini sangat tinggi dibanding ponsel keluaran samsung lainnya. Nah, untuk kamu yang penasaran mana yang lebih bagus di antara kedua ponsel ini, yuk simak ulasan yang ada di bawah!

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs Note 10 Plus

Samsung Galaxy Fold

Galaxy Fold merupakan produk samsung yang memiliki dua layar. Ukuran layar di bagian luar 4,6 inch, menggunakan panel Super AMOLED dan terlindungi kaca Gorilla Glass.

Layar di bagian dalam ponsel ini berukuran 7,3 inch dengan resolusi 1.536 x 2.152 pixel, Samsung menyebutnya Infinity Flex. Menggunakan panel Dynamic AMOLED yang berlapis polimer. Baca Juga: Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

Untuk performanya, Galaxy Fold ditenagai chipset Snapdragon 855 yang didukung dengan konfifurasi RAM 12GB dan memori internalnya 512 GB. Serta, daya baterai 4.380mAh dan pengisian daya cepat 15W.

Samsung membekali Galaxy Fold dengan enam kamera. Ada tiga kamera di bagian belakang bodinya. Spesifikasinya mirip Galaxy S10. Di Indonesia sendiri, Galaxy Fold resmi dibanderol kisaran 30  juta rupiah dengan  beberapa aksesoris dan item pendukung seperti Galaxy Buds.

Kelebihan Samsung Galaxy Fold

  • Bentuk dan Desain yang sulit dikalahkan
    Samsung Galaxy Fold merupakan sebuah smartphone yang cukup tebal. Kaca bagian belakang dan konstruksi metal dari bahan ponsel pun sangat solid.

    Galaxy Fold pun cukup berat bila dibandingkan dengan smartphone pada umumnya karena gawai ini memiliki dua sisi layar yang bisa dilipat. Ponsel pintar terdiri dari beberapa pilihan warna yaitu space silver, cosmos black, martian green, dan astro blue.

  • Performa yang diklaim setara dengan PC
    Galaxy Fold ditunjang Qualcomm Snapdragon 855. Demi kelancaran penggunaan aplikasi, Samsung melengkapi Galaxy Fold dengan chipset AP (64-bit octa core) bertenaga tinggi generasi terbaru. Dibekali Android Pie, Galaxy Fold memiliki RAM sebesar 12 GB dan memori internal mencapai 512 GB yang diklaim memilikki performa seperti PC.

    Untuk daya tahan, Galaxy Fold dilengkapi dual baterai dengan masing-masing berkapasitas 4.380 mAh. Baterai smartphone ini juga terbilang memakan banyak daya tapi Galaxy Fold dibekali oleh fitur fast charging dengan atau tanpa kabel. Sedangkan untuk ketersediaan jaringan, Galaxy Fold akan tersedia pada mode 4G dan 5G.

  • Ditunjang enam kamera dalam satu ponsel 
    Samsung Galaxy Fold ditunjang enam kamera dalam satu ponsel, tiga kamera di belakang, dua kamera di depan, dan satu kamera di bagian cover.

    Spesifikasi lengkap kamera yaitu tiga kamera utama sebesar 16 MP (megapiksel) dengan aperture F2.2 untuk ultra wide, 12MP dengan dual aperture F1.5 untuk wide, dan F2.4 dan dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization), serta kamera telephoto 12MP dengan aperture F2.4 dan OIS. OIS berguna untuk menghasilkan foto dan video yang tidak blur

    Sementara untuk dua kamera depan, Galaxy Fold memiliki lensa telephoto 10 MP dengan aperture F2.2 serta RGB dengan ketajaman 8MP dan aperture F1.9. Sedangkan satu kamera di bagian cover memiliki lensa dengan ketajaman 10 MP dengan aperture F2.2.

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs Note 10 Plus

Kekurangan Samsung Galaxy Fold

  • Layar lipat yang dinilai rentan rusak
    Salah satu kelemahan bentuk Samsung Galaxy Fold adalah pada saat dilipat terdapat celah di antara dua layar yang memungkinkan benda-benda kecil masuk. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan pada layar lipat Samsung Galaxy Fold.

    Selain itu, layar yang dapat dilipat terbuat dari bahan plastik dan sangat rentan dan rapuh. Bahkan, Samsung pun memberikan pedoman dalam penggunaan Galaxy Fold untuk tidak melipat smartphone dengan cara yang keras keras.

  • Harga yang sangat mahal 
    Kekurangan yang satu ini bukan lagi hal yang mengejutkan untuk dibahas, tentunya, dengan segala spesifikasi yang dimiliki, harga ponsel pintar yang memiliki desain sangat unik ini di atas rata-rata harga ponsel pintar yang lainnya.

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs Note 10 Plus

SpesifikasiSamsung Galaxy FoldSamsung Note 10 Plus
Dimensi Terbuka: 160.9 x 117.9 x 6.9 mm - Tertutup: 160.9 x 62.9 x 15.5 mm dengan Berat 263 g 77,2 x 162,3 x 7,9 mm dan berat 196 gram
Display 7,3 inci & 4,6 inci (sekunder, Super AMOLED) - Resolusi Layar utama: 1536 x 2152 pixels (~362 ppi density)6,8 inch, resolusi 3.040x1.440 (498 ppi)
Baterai4380 mAh, Fast battery charging 15W, Fast wireless charging 15W, Power bank/Reverse wireless charging 9W4.300mAh, dengan fast charging 45W.
Kisaran HargaMulai dari 30 jutaan.Mulai dari 15 jutaan

Samsung Note 10 Plus

Jika diperhatikan, Samsung Galaxy Note 10 Plus muncul sebagai sesuatu yang berbeda dibanding series galaxy note lainnya. Produk Samsung yang satu ini menjadi produk yang di luar ekspetasi para penggemar setia samsung.

Samsung Galaxy Note 10 Plus merupakan smartphone dengan layar terbesar yang pernah Samsung buat untuk seri Galaxy Note. Walaupun begitu, bentuk desain yang futuristis nyaris tanpa bingkai membuatnya bisa lebih ringkas.

Untuk harga memang smartphone ini dijual dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan seri atau tipe smartphone Samsung lainnya.

Kelebihan Samsung Note 10 Plus

  • Layar terbaik yang superior
    Dilengkapi dengan Dynamic AMOLED samsung selalu memperhatikan kualitas layar dengan desain terbaik. Selain layar berkualitas super tinggi, Galaxy Note 10+ juga hadir dengan tampilan notch baru. Meski berada di tengah atas, ‘poni’ kecil ini sedikit terpisah dari bagian bingkai. Di mana desain seperti ini baru pertama kali dibuat oleh Samsung.
  • Baterai jumbo dan fast charging
    Smartphone ini memiliki kapasitas baterainya yang sebesar 4.300 mAh. Jarang sekali Samsung memberi kapasitas baterai sebesar ini pada jajaran smartphone premiumnya. Kamu  juga bisa menikmati begitu cepatnya proses pengisian daya baterai berkat fast charging 45 watt.
  • Under display fingerprint
    Fitur fingerprint under display yang unik dan juga cepat ini hadir pada salah satu smartphone tercanggih abad ini. Walaupun fitur ini telah banyak juga yang menggunakan. Bagaimana dengan kamera? Tenang saja kualitas kamera dari smartphone ini sangat unggul. Galaxy Note 10 series punya kemampuan spesial. Yakni mampu fokus pada objek ketika merekam video.

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs Note 10 Plus

Kekurangan Samsung Note 10 Plus

  • Absennya headphone jack
    Samsung telah membuat keputusan yang sangat krusial, yakni melepaskan headphone jack dari kedua smartphone Galaxy Note 10 series. Meski saat ini, sudah banyak juga smartphone high end yang meninggalkan jack audio 3.5 mm dan mengandalkan port USB Type C untuk kebutuhan charging dan audio.
  • Desain yang sedikit menyulitkan
    Meskipun memiliki desain mewah dan layar yang baik, Samsung Galaxy Note 10 Plus ternyata kurang ergonomis ketika dipegang tangan. Posisi tombol power dan volume yang berada di bagian kiri juga membuat navigasi HP ini kurang nyaman karena orang-orang terbiasa dengan posisi tombol power dan volume di bagian kanan.

    Samsung Galaxy Note 10 Plus memiliki bodi yang terlalu besar dan permukaannya tergolong lincin. Hal ini jelas menegaskan kalau bodi Samsung Galaxy Note 10 Plus terlalu lebar sehingga kurang nyaman digenggam.

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs Note 10 Plus

Samsung Galaxy FoldNote 10 Plus
Kelebihan- Bentuk dan Desain yang sulit dikalahkan - Performa yang diklaim setara dengan PC - Ditunjang enam kamera dalam satu ponsel  - Layar terbaik yang superior - Baterai jumbo dan fast charging - Under display fingerprint
Kekurangan- Layar lipat yang dinilai rentan rusak - Harga yang sangat mahal  - Absennya headphone jack - Desain yang sedikit menyulitkan

Kesimpulan

Kedua ponsel terbaik keluaran samsung yang sudah diulas di atas memang benar-benar merupakan ponsel dengan kualitas yang sangat baik dan sangat sulit untuk memilih satu di antara kedua ponsel ini karena sama-sama merupakan ponsel keluaran samsung yang berbeda dari seri sebelumnya.

Namun, jika kamu menginginkan smartphone yang belum pernah diproduksi oleh produsen ponsel pintar lainnya, maka tentu pilihanmu akan lebih tepat jika dijatuhkan pada samsung galaxy fold yang memiliki dua layar–yang juga dapat kamu gunakan sebagai tablet, bukan hanya ponsel. Tapi jika kamu menginginkan smartphone yang memiliki spesifikasi gahar namun dengan harga yang lebih murah, maka samsung galaxy note 10 plus sudah cukup menjadi pilihan. Semoga bermanfaat!

Pilih Mana: Samsung Galaxy Fold vs Note 10 Plus

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy Fold vs Note 10 Plus

VS

Leave a Reply