Smartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy J8 atau Oppo F7?

Baik Samsung maupun Oppo saat ini rajin menggelontorkan produk-produk terbarunya. Dua smartphone yang dikeluarkan oleh dua vendor tersebut yaitu Samsung galaxy J8 dan Oppo F7. Kedua smartphone tersebut dirasa layak untuk dibandingkan karena dirilis pada waktu yang cukup berdekatan dan memiliki harga yang tidak terlalu jauh berbeda. Manakah yang lebih dari kedua smartphone tersebut? Samsung Galaxy J8 atau Oppo F7?

Samsung Galaxy J8 dan Oppo F7 merupakan dua smartphone dari vendor yang berbeda. Keduanya juga memiliki banyak perbedaan yang dapat dilihat dari harganya, fitur yang dimiliki, dan perbedaan lainnya yang dapat disimak pada artikel di bawah ini.

Samsung Galaxy J8

Samsung Galaxy J8 merupakan salah satu produk yang dirilis oleh Samsung pada Juni 2018. Smartphone ini telah mengusung kamera belakang dual kamera sehingga sangat mendukung bagi Anda yang menyukai aktivitas fotografi. Baca juga Pilih Mana: Oppo F9 atau Vivo V11?

Kelebihan Samsung Galaxy J8

Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy J8 yang perlu Anda ketahui:

Harga Sedikit Lebih Terjangkau
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J8 adalah menawarkan harga yang lebih terjangkau jika kita bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh Oppo F7. Smartphone ini memiliki selisih harga sekitar 300 ribu rupiah lebih murah daripada Oppo F7.

Telah Menggunakan Teknologi Super Amoled
Kelebihan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J8 adalah telah menggunakan teknologi Super Amoled pada layarnya. Teknologi yang digunakan oleh Samsung Galaxy J8 ini tentunya lebih baik dibandingan dengan Oppo F7 yang masih menggunakan teknologi IPS LCD.

Kapasitas Baterai Sedikit Lebih Besar
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J8 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Oppo F7. Smartphone ini menggunakan baterai dengan kapasitas 3.500 mAh sementara Oppo F7 hanya memiliki baterai dengan kapasitas 3.400 mAh.

Kekurangan Samsung Galaxy J8

Berikut beberapa kekurangan Samsung Galaxy J8 yang perlu Anda ketahui:

Resolusi Hanya HD+
Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J8 adalah memiliki resolusi yang hanya HD+ dan belum full HD. Karena itulah, tampilan yang diberikan oleh smartphone ini belum maksimal seperti yang seperti yang ditampilkan oleh Oppo F7.

Kamera Belakang Hanya Menggunakan Autofokus
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J8 adalah hanya menggunakan autofokus pada kamera belakangnya dan belum dilengkapi dengan phase detection autofocus. Hal ini menjadi kekurangan Samsung Galaxy J8 karena Oppo F7 telah menggunakan phase detection autofocus pada kamera belakangnya.

Belum Didukung Fitur Fast Charging
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J8 adalah belum didukung dengan fitur fast charging. Karena itulah, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama alam mengisi daya agar terisi penuh.

Kelebihan Samsung Galaxy J8 Kekurangan Samsung Galaxy J8
- Harga sedikit lebih terjangkau- Resolusi hanya HD+
- Telah menggunakan teknologi Super Amoled- Kamera belakang hanya menggunakan autofokus
- Kapasitas baterai sedikit lebih besar- Belum didukung fitur fast charging

Oppo F7

Oppo F7 merupakan salah satu produk dari Oppo yang dirilis pada April 2018. Smartphone ini memiliki tampilan yang kekinian dengan Notch dibagian jidatnya. Dikutip dari Kompas.com smartphone ini memiliki tampilan yang sesuai dengan tren yang muncul belakangan ini.

Lihat juga:  Pilih Mana: J7 2016 atau J7 Prime?

Kelebihan Oppo F7

Berikut beberapa kelebihan Oppo F7 yang perlu Anda ketahui:

Hardware Lebih Mumpuni
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Oppo F7 jika kita bandingkan dengan Samsung Galaxy J8 adalah memiliki hardware yang lebih mumpuni. Karena hal itulah, kinerja Oppo F7 ini akan lebih cepat dan lebih bertenaga jika dibandingkan Samsung Galaxy J8. Smartphone ini telah dibekali dengan Chipset Mediatek Helio P60, CPU Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53), dan GPU Mali G72MP3.

Kamera Depan Lebih Baik
Kelebihan lain yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah memiliki kamera depan dengan resolusi yang lebih besar atau lebih baik jika kita bandingkan dengan kamera depan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J8. Oppo F7 telah memiliki kamera depan 25 MP sementara Samsung Galaxy J8 hanya memiliki kamera depan 16 MP.

Didukung Super Vooc
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah telah dilengkapi dengan Super Vooc yang membantu pengisian baterai menjadi lebih cepat. Teknologi ini belum terdapat pada Samsung Galaxy J8 sehingga Oppo F7 lebih baik dalam hal ini.

Kekurangan Oppo F7

Berikut beberapa kekurangan Oppo F7 yang perlu Anda ketahui:

Masih Menggunakan Material Polycarbonat
Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah masih menggunakan bahan atau material polycarbonat. Dengan harga yang relatif mahal ini, seharusnya Oppo F7 telah menggunakan bahan atau material yang lebih baik daripada polycarbonat.

Masih Menggunakan Teknologi IPS LCD
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah masih menggunakan teknologi IPS LCD. teknologi yang digunakan Oppo F7 ini masih tertinggal jika kita bandingkan dengan teknologi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J8 yang telah menggunakan teknologi Super Amoled.

Kapasitas Baterai Lebih Kecil
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo F7 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J8. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir, sebab Oppo F7 telah dilengkapi dengan Super Vooc yang dapat membantu baterai smartphone tersebut lebih cepat terisi.

Kelebihan Oppo F7Kekurangan Oppo F7
- Hardware lebih mumpuni- Masih menggunakan material polycarbonat
- Kamera depan lebih baik- Masih menggunakan teknologi IPS LCD
- Didukung Super Vooc- Kapasitas baterai lebih kecil

Pilih Mana: Samsung Galaxy J8 atau Oppo F7?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Samsung Galaxy J8 dan Oppo F7. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Samsung Galaxy J8Oppo F7
- Harga lebih terjangkau - Harga lebih mahal
- Menggunakan teknologi Super Amoled- Menggunakan teknologi IPS LCD
- Kamera belakang lebih baik- Kamera depan lebih baik

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Samsung Galaxy J8 dan Oppo F7 di atas, dapat kita lihat bahwa kedua smartphone ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari kelebihan dan kekurangan tersebut, Oppo F7 lebih baik daripada Samsung Galaxy J8. Namun, harga yang ditawarkan oleh Oppo F7 juga lebih mahal dibandingkan dengan Samsung Galaxy J8.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy J8 vs Oppo F7

VS

Leave a Reply