Smartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy M20 atau Samsung Galaxy A20?

Samsung melakukan persaingan besar-besaran di kelas menengah. Perusahaan Korea ini telah meluncurkan beberapa ponsel baru, yang di dalamnya termasuk Samsung Galaxy A20 dan Galaxy M20.

Meskipun bukan saudara dekat, tetapi dua smartphone ini memiliki harga yang tidak terpaut terlalu jauh. Keduanya sama-sama digunakan oleh Samsung untuk mengisi lini pasar dengan rentang harga di sekitar Rp 3 Jutaan. Apa saja sih perbedaan dari kedua smartphone ini? Yang akan kita bahas lebih lanjut dari kedua smartphone ini di bawah.

Samsung Galaxy M20

Galaxy M20 menjadi pembuktian Samsung bahwa mereka masih cukup populer di tengah serbuan ponsel pesaing. Tentu saja yang dimaksud adalah deretan ponsel buatan vendor asal China yang banyak menawarkan produk harga miring dikombinasikan spek tak kalah bagus.

Produk pesaing itu terutama membanjiri pasar kelas menengah dan ternyata tidak sedikit diminati orang. Perlahan-lahan tergerus, Samsung mendadak mengeluarkan seri Galaxy M, ponsel menengah mereka yang berbeda. Ponsel yang banyak dinilai khusus dibuat Samsung khusus untuk melawan para rival terbaru.

Desain Samsung Galaxy M20

Samsung Galaxy M20 ini desainnya memang tidak benar-benar baru, tapi berubah dari pakem vendor asal Korea Selatan selama ini. Ia termasuk ponsel perdana Samsung yang mengusung notch, sebutannya kata mereka Infinity U.

Sekilas, Galaxy M20 mirip dengan deretan ponsel vendor China dengan wujud sejenis yang sudah banyak bermunculan. Tapi mungkin bagi Samsung, sedikit terlambat mengikuti tren tetapi lebih baik dibanding tidak sama sekali.

Dengan sedikit tonjolan notch, layarnya pun tampak penuh. Bezelnya cukup tipis walau di bagian bawah sedikit berbeda dari yang lain, agak tebal. Pada bagian belakang, akan ditemui dua kamera vertikal di sudut kiri atas, bersama lampu flash di bawah dan Pemindai sidik jari diletakkan di tengahnya.

Di sisi kiri, pengguna akan menemui slot untuk memasukkan dua kartu SIM dan kartu microSD, dapat menampung ketiganya sekaligus. Lantas di sebelah kanan seperti biasa, ada tombol volume dan di bawahnya tombol power. Di bawah, ada speaker, colokan earphone standar serta port USB Type C.

Secara penglihatan umum, wujud Galaxy M20 tidak terlihat murahan serta kokoh, walau juga tak bisa dibilang istimewa. Cukup baik dan merupakan desain standar di kelasnya. Ada catatan sayangnya, bodi maupun layar ponsel ini rentan tergores. Jadi siapkan casing dan pelindung layarnya.

Performa Samsung Galaxy M20

Galaxy M20 merupakan ponsel Samsung pertama yang menggunakan prosesor Exynos 7904 octa core. Versi di Indonesia dipadukan dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB yang dapat diekspansi.

Galaxy M20 ini pun lebih dari cukup untuk itu. Tetapi jika niat pengguna adalah untuk main game yang membutuhkan performa yang besar, di situlah performa ponsel diuji.Salah satu yang kerap digunakan untuk menjajal keandalan smartphone adalah game populer dan menyita tenaga semacam PUBG dan Mobile Legend. Handset ini dapat memainkannya di pengaturan tinggi, meski lantas terasa adanya lag sehingga kurang mulus. Agar main lebih maksimal, maka perlu untuk menurunkan setting terlebih dahulu.

Beralih ke baterai yang menjadi salah satu keunggulan utama Galaxy M20. Kapasitasnya besar, 5.000 mAh yang lebih tinggi dibanding beberapa smartphone di segmennya..

Dipakai untuk pemakaian normal, ponsel ini bisa bertahan sampai hari kedua. Samsung memang fokus di sektor baterai untuk Galaxy M20, buktinya sudah ada fitur isi ulang cepat serta USB Type C. Untuk mengisi daya sampai penuh, hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Lihat juga:  Pilih Mana: Honor 9X vs 9X Pro

Samsung Galaxy A20

Samsung Galaxy A20 juga akan dimasukkan ke dalam kategori smartphone entry-level oleh Samsung. Smartphone hadir dengan spesifikasi yang dapat memenuhi kebutuhan milenial masa kini, khususnya bagi para pengguna aktif di media sosial, seperti YouTube dan Instagram. Samsung Galaxy A20 hadir dengan fitur unggulan pada lensa kamera Ultra-Wide 123 derajat, desain layar tanpa batas, hingga baterai berkapasitas besar dengan dukungan fast charging 15W.

Desain Samsung Galaxy A20

Samsung Galaxy A20 menampilkan desain Infinity-V, yakni notch yang berbentuk seperti huruf V atau tetesan air. Desain ini memang sudah banyak digunakan Samsung di smartphone-nya yang rilis baru-baru ini.

Samsung Galaxy A20 Mempunyai layar 6,4 inci, Samsung sudah menggunakan layar Super AMOLED di Galaxy A20. Penggunaan teknologi tersebut membuat Galaxy A20 merupakan smartphone termurah Samsung yang memakai Super AMOLED.

Dinekali layar Super AMOLED, reproduksi warna smartphone ini harus diakui lebih sempurna. Saat dipakai untuk menonton video atau saat bermain gim, tampilan Galaxy A20 patut diacungi jempol karena cukup memanjakan mata.

Beralih ke desain keseluruhan, Samsung memusatkan seluruh tombol di bagian kanan smartphone. Di bagian ini, pengguna dapat mengakses tombol power dan tombol volume.
Sementara di bagian kiri Samsung menyematkan slot kartu SIM untuk dua kartu SIM yang dapat ditambah satu MicroSD. Speaker grill, headphone jack 3,5mm, dan port USB Type-C berada di bagian bawah.

Badan belakang Samsung Galaxy A20 merupakan polycarbonate, tapi disertai finishing metal yang membuatnya tampil lebih mewah. Bezel smartphone ini terbilang tipis dengan badan melengkung, sehingga nyaman digenggam.

Performa Samsung Galaxy A20

Galaxy A20 didukung chipset Exynos 7884B dengan RAM 3GB dan ROM 32GB yang dapat diperluas dengan MicroSD hingga 512GB. Berdasarkan pengalaman, performa Galaxy A20 memang sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Smartphone ini dapat memberikan performa yang responsif, meskipun tidak segesit kelas menengah atau premium. Perpindahan antar aplikasi pun terbilang lancar. Sebagai gambaran, rating pengukuran Galaxy A20 melalui aplikasi AnTuTu Benchmark berada di kisaran angka 85 ribuan. Hal menarik lain dari Galaxy A20 adalah kemampuannya untuk memainkan game berkualitas tinggi, seperti PUBG Mobile dan Mobile Lagend.

Pilih Mana: Samsung Galaxy M20 atau Samsung Galaxy A20?

Samsung Galaxy M20 Samsung Galaxy A20
Kelebihan - Layar lebar - Sudut kamera yang menakjubkan - Desain keren- Samsung Galaxy A20 ini terbuat dari kombinasi material kaca membuat kesan premium - Baterai berkapasitas besar - Dibekali dengan dual kamera belakang
Kekurangan- Bukan untuk game berat - Samsung battery drain- Tidak memiliki sensor NFC - Dapur pacu yang sedikit kurang

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua produk mempunyai keunggulannya masing-masing. Tetapi Jika ingin ponsel dengan performa cepat terutama untuk main game, Samsung Galaxy M20 jadi pilihan terbaik. Namun harus siap dengan layar PLS. Sedangkan jika ingin ponsel murah dengan dengan rasa premium bisa pilih Samsung Galaxy A20. Layar Super AMOLED jadi unggulan dari ponsel Samsung satu ini.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy M20 VS Samsung Galaxy A20

VS