ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy S10 Plus atau iPhone X?

Smartphone adalah suatu alat elektronik yang dapat mempermudah kamu untuk berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dengan kamu. Banyak tipe smartphone yang dikeluarkan perusahaan elektronik. Saat ini banyak mengeluarkan produk terbarunya adalah Samsung dan iPhone. Seperti tipe Samsung Galaxy S10 Plus dan iPhone X yang saat ini menjadi incaran banyak orang terutama kalangan muda. Penasaran dengan spesifikasi smartphone ini? Baca penjelasannya dibawah ini.

Samsung

Samsung Group merupakan salah satu industri elektronik terbanyak di dunia. Dibuat oleh Lee Byung- chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, industri ini beroperasi di 58 negara serta mempunyai lebih dari 208. 000 pekerja. Sampai saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbanyak di dunia dengan menghasilkan handphone pintar yang menjadi pemenang dalam persaingan pasar uang pasar kerja. Samsung merupakan salah satu konglomerat(chaebol) Korea Selatan terbanyak yang bermula sebagai industri ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat bertumbuh ke aspek yang lain. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy S10 Plus atau Samsung Galaxy S10e?

Sekarang ini, Samsung bekerja dalam 6 sektor bisnis, yaitu telekomunikasi(telepon genggam dan jaringan), perlengkapan rumah tangga digital(termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dan lainnya), alat digital, LCD, semikonduktor dan kendaraan bermotor(termasuk alat berat). Samsung mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemajuan ekonomi, politik, alat dan budaya Korea Selatan dan sudah menjadi kekuatan pendorong penting dibalik fenomena” Keajaiban di Sungai Han”.

Tampilan Samsung Galaxy S10 Plus

Samsung menggunakan konsep layar terbaru yaitu Infinity-O AMOLED dengan layar berukuran 6.4 inci. Samsung Galaxy S10 Plus hadir dalam layar punch hole (layar bolong) untuk menaruh kamera. Desain itu disebut sebagai Infinity-O. Berteknologi Dynamic AMOLED didukung fitur HDR10+ menjadi fitur terkuat yang cukup mengejutkan. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kontras, menunjukkan detail gambar layar terlihat lebih jernih.

Berkat teknologi itu, mampu membuat kualitas warnanya juga mendekati warna alaminya. Tidak hanya itu layar ini mampu mengurangi komposisi blue light hingga 42% agar mata tidak lelah saat menggunakannya. Samsung Galaxy S10 Plus adalah sensor fingerprintnya. Sensor pemindai sidik jari sudah tertanam di layar dan diklaim mempunyai kemampuan lebih baik dibandingkan in- display lainnya. Karena Samsung menggunakan teknologi berbasis gelombang ultrasonik saat yang lainnya berbasis cahaya.

Kamera Samsung Galaxy S10 Plus

Galaxy S10 Plus mengusung kamera ganda Samsung Galaxy S10 Plus menyematkan resolusi masing- masing 10 Megapiksel (MP) dan 8 MP. Dilengkapi fitur Live Focus ditambah sejumlah efek seperti“ zoom” dan “spin”. Kamu juga dapat menyesuaikan intensitas efek sebelum atau setelah pengambilan gambar. Pengambilan gambar juga akan jadi lebih bagus dengan teknologi artificial intelligence (AI) dan fitur- fitur lainnya untuk menentukan area fokus hingga mengenali berbagai scene.

Kamera belakang Samsung Galaxy 10 Plus juga memberikan penampilan berkelas dengan dukungan 3 kamera utama sekaligus. Di mana kamera utama wide (f atau 1.5) beresolusi 12 MP, kemudian kamera dengan telephoto (f atau 2.4) resolusi 12 MP untuk 2x optical zoom, dan kamera ultra wide (f atau 2.2.1230) resolusi 16 MP. Dijejali 5 fitur utama seperti super steady, artistic live focus, scene optimizer, ultra wide angle, dan smart composition. Dijamin akan membuat smartphone fotografi kamu naik level.

Baterai Samsung Galaxy S10 Plus

Kemampuan baterai Samsung Galaxy S10 Plus menjadi sebuah power bank untuk perangkat lain melalui fitur wireless charging. Daya baterainya juga besar yaitu 4.100 mAh membuat fitur power share tidak sia-sia.

Harga Samsung Galaxy S10 Plus

Harga yang dijual oleh Samsung Galaxy S10 Plus ini sekitar Rp. 12.000.000 sampai dengan Rp. 20.000.000 lebih sesuai dengan RAM yang tersedia. Misalnya dengan kapasitas RAM 12GB dan penyimpanan internal 1TB dijual dijual dengan harga sekitar Rp. 20.000.000.

Apple

Apple Inc. Merupakan perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California, yang merancang, mengembangkan, dan menjual barang elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, dan layanan daring. Fitur keras yang diproduksi Apple meliputi telepon pintar iPhone, komputer tablet iPad, komputer pribadi Mac, pemutar media portabel iPod, jam pintar Apple Watch, pemutar media digital Apple Televisi, dan pengeras suara pintar HomePod.

Perangkat lunak yang diproduksi Apple mencakup sistem operasi mac OS dan iOS, pemutar media iTunes, penjelajah web Safari, dan fitur kreativitas dan produktivitas iLife dan juga iWork, serta berbagai aplikasi profesional seperti Final Cut Pro, Logic Pro, dan Xcode. Layanan daringnya meliputi iTunes Store, iOS App Store dan Mac App Store, Apple Music, dan iCloud. Apple didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne pada April 1976 untuk mengembangkan dan menjual komputer pribadi Apple I buatan Wozniak.

Lihat juga:  Pilih Mana: MIUI 7 atau MIUI 8?

Perusahaan ini resmi berdiri dengan nama Apple Computer, Inc. pada Januari 1977. Penjualan komputer- komputernya, termasuk Apple II, menandai pertumbuhan perusahaan ini. Dalam kurun beberapa tahun, Jobs dan Wozniak memperkerjakan banyak perancang komputer dan mempunyai lini produksi. Apple menjadi perusahaan terbuka pada tahun 1980 dan meraup laba yang sangat besar.

Selama beberapa tahun berikutnya, Apple memproduksi komputer- komputer baru yang memiliki antarmuka pengguna grafis inovatif seperti Macintosh pertama tahun 1984. Iklan produk Apple mendapat banyak pujian. Tetapi, harga produknya yang mahal dan perangkat lunak yang sedikit menjadi sumber perpecahan antara petinggi perusahaan. Pada tahun 1985, Wozniak keluar dari Apple serta Jobs mengundurkan diri. Jobs memboyong beberapa pegawai Apple serta mendirikan industri terkini pada tahun berikutnya, NeXT.

Tampilan iPhone X

IPhone X telah lama dikabarkan akan menampilkan layar OLED mutakhir yang baru tanpa bezels praktis– dan ternyata rumornya benar. Handset ini mempunyai layar OLED Retina Super Retina, berukuran diagonal 5.8 inci. Karena Tampilan OLED lebih unggul dari panel LCD yang saat ini digunakan di Apple iPhone, daripada membutuhkan lampu latar, layar berbasis piksel individual OLED akan terang apabila dibutuhkan. Ini berarti kulit hitam lebih hitam dan putih yang lebih jelas, konsumsi daya lebih rendah dan waktu respons yang lebih cepat dibandingkan display LED.

Seperti yang diharapkan, tombol home telah diganti sepenuhnya. Layar sentuh yang besar, dikombinasikan dengan fitur lunak iOS 11 yang baru. Memungkinkan pengguna menggesek layar dari kaki setiap saat untuk kembali ke layar Utama. IPhone X mengusung chip A11 Bionic, yang memiliki enam core dan merupakan chip sangat kuat dalam suatu smartphone, menurut Apple. iPhone X baru memiliki enclosure all- glass. Ini bukan pertama kalinya Apple menggunakan kaca di iPhone-nya.

Kamera iPhone X

Pengambilan lukisan menjadi lebih normal dengan adanya dual 12 megapiksel kamera dan OIS pada smartphone ini. Hasil pengambilan gambar pada kondisi low light juga tetap akan terlihat jernih dan tajam. Kamera ini juga mendukung teknologi Augmented Reality sehingga pengguna dapat menggabungkan konten virtual dengan dunia nyata. Pengalaman gaming pengguna juga akan berganti dengan adanya teknologi Augmented Reality tersebut.

Inilah teknologi terdepan yang digunakan iPhone, kamera TrueDepth yang membuat penggunanya mampu membuka kunci layar dengan sistem pengenalan wajah pengguna yang disebut Face ID. Teknologi terbaru dari depth- sensing ini membuat sistem dapat mengenali dan memetakan wajah pengguna, bahkan pada situasi ruang yang gelap. Sayang, salah satunya kekurangan dari keunggulan ini adalah user dapat menggunakan foto pengguna untuk membuka kunci layar.

Baterai iPhone X

IPhone X 2.716 mAh. Baru kali ini Apple memenuhi smartphone miliknya dengan fitur Fast Charging and Wireless Charging. Sejauh ini, iPhone X hadir dengan tambahan wireless charging yang terjual terpisah yang disebut Air Power. Wireless charging keluaran Belkin dan Mophie juga kabarnya dapat kamu gunakan setelah update berikutnya dari iPhone.

Harga iPhone X

Harga yang dijual dari merek iPhone ini tipe iPhone X sekitar Rp. 10.000.000 hingga Rp. 11.000.000 sesuai dengan RAM yang ada.

Pilih Mana: Samsung Galaxy S10 Plus atau iPhone X?

Samsung Galaxy S10 Plus iPhone X
Kelebihan - Terbilang kamera selfie terbaik - Layar yang memiliki teknologi terbaru - Performa yang tangguh dan fingerprint didalam layar- Kualitas kamera yang sangat baik - Performa yang dimiliki sangat tangguh - Layar dan tampilan yang elegan
Kekurangan - Harga yang terbilang sangat mahal - Bodi berbahan licin- Harga yang terbilang sangat mahal - Pengisian daya cepat tidak dalam satu paket

Kesimpulan

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki spesifikasi yang sangat bagus, dan harga yang dijual juga sama-sama terbilang sangat mahal. Untuk memilih antara kedua smartphone ini sebenarnya hanya sesuaikan saja dengan selera kamu, karena saat menggunakan smartphone memang tidak jauh dari selera. Jadi, tentukan pilihan kamu ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy S10 Plus vs iPhone X

VS