SmartphoneTechnology

Pilih mana : Samsung Galaxy Z Flip vs iPhone 11 ?

Di Tahun 2021 perkembangan teknologi yang sangat berkembang pesat. lagi- lagi smartphone memainkan perannya dengan berbagai merk smartphone mengeluarkan versi terbarunya.

Mengingat kedua merk smartphone yang sudah tidak asing lagi dikenal masyarakat yaitu samsung dan iPhone. Dengan isu yang beredar dimana samsung akan menyandingkan merk smartphone yang banyak peminatnya yaitu iPhone. 

Samsung yang mengeluarkan versi terbarunya yaitu samsung galaxy z lip. Dimana samsung galaxy z flip ini sangat ditunggu tunggu masyarakat yang menginginkan smartphone dengan desain yang berbeda yaitu bisa dilipat. Di artikel kali ini akan membahas samsung galaxy z flip vs iPhone 11. Yuk simak penjelasannya.

Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip, itulah nama dari sebuah ponsel yang memiliki konsep menarik konsep layar lipat. Dengan konsep ini, Samsung Galaxy Z Flip seolah ingin menawarkan konsep ponsel masa depan yang fleksibel dan mudah dibawa kemana-kemana.

Dan tentu saja hal yang menarik, Samsung Indonesia mendatangkan Samsung Galaxy Z Flip untuk dijual resmi di Indonesia. Tapi tentu saja sebelum beli, alangkah lebih baiknya mengenal terlebih dahulu produknya. Baca juga: Pilih mana: iPhone SE 2020 vs iPhone 8?

Dengan memanfaatkan fitur split screen saat multitasking. Contohnya kamu bisa menonton youtube sambil membalas chatting di medsos secara bersamaan tanpa kesulitan. Kamu juga bisa menggunakan ponsel lipat untuk menonton tv disaat kita sedang bersantai, bahkan ponsel yang kita punya juga bisa berubah menjadi jam tangan dengan menggulung ponsel di pergelangan tangan.

Samsung galaxy z flip yang sudah dilengkapi dengan teknologi display OLED atau Display Organic Light Emitting Diode, yang memiliki jutaan pixel berwarna dengan ukuran yang sangat kecil dan tidak terlihat secara kasat mata. 

Dibandrol dengan harga sekitar Rp. 21 jt keatas. Namun tidak menjadi masalah para penikmat smartphone dengan kecanggihan yang luar biasa. Samsung galaxy z flip juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 

  • Dengan desain lipat

Samsung Galaxy Z Flip menawarkan konsep ponsel lipat yang benar-benar menarik. Menarik karena ponsel lipat dengan model flip pada masanya pernah digemari banyak orang. Dan Samsung, menghadirkannya kembali dengan konsep lipat layar dari atas ke bawah.

Konsep ini sebenarnya bukan yang pertama. Motorola melakukannya lebih dulu melalui Motor RAZR 2019. Samsung juga mempunyai ponsel lipat lain yang bernama Samsung Galaxy Fold. Tetapi konsep perangkat ini sebenarnya lebih seperti tablet lipat dibandingkan ponsel lipat.

Galaxy Z Flip menawarkan konsep lipat yang memungkinkan perangkat jadi lebih kecil sehingga mudah masuk ke dalam saku. Konsep ini tergolong menyenangkan sehingga tidak sedikit yang terkesan dengan kehadiran Samsung Galaxy Z Flip.

  • Kualitas kamera terbaik

Samsung Galaxy Z Flip tidak hanya sekadar menawarkan konsep ponsel lipat. Ponsel ini juga dibekali dengan kamera yang tergolong layak. Hanya saja kamera pada ponsel ini hanya ada dua. Kamera pertama adalah kamera utama 12 MP dengan bukaan f/1.8. Sementara kamera kedua adalah kamera 12 MP dengan bukaan f/2,2.

  • Dua Layar yang Oke

Tidak perlu diragukan lagi untuk kualitas dari layar AMOLED Samsung yang sudah terkenal bagus. Yang bakal fokus dibahas adalah soal konsep layar di ponsel ini. Karena mengusung konsep lipat, jelas Samsung perlu memikirkan konsep lipat yang bakal berpengaruh pada layarnya.

Terdapat layar pada ponsel dengan menggunakan kaca tipis yang bisa fleksibel. Kacanya sendiri tergolong tipis dan diklaim tahan goresan. Meskipun untuk urusan yang satu ini masih bisa diperdebatkan.

  • Daya tahan batre 

Terdapat dua baterai tertanam pada ponsel ini. Kapasitas 3.300 mAh adalah kombinasi total dari dua baterai yang ada di ponsel ini. Dan hadirnya dua baterai ini membuat daya tahan baterai di ponsel ini lebih efisien dibandingkan satu baterai.

Berdasarkan pengalaman penggunaan Android Central, daya tahan baterai ponsel ini bisa sampai 18 jam dengan penggunaan normal. Dengan penggunaan yang berat, daya tahan baterainya hanya mencapai 13 jam saja.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip 

  • Potensi Rapuhnya Layar

Samsung Galaxy Z Flip ini adalah ponsel yang layarnya rentan terhadap goresan. Hal ini bukan satu-satunya masalah karena menurut Androidcentral, masalah kerapuhan layar bisa saja terjadi. Hal ini dibuktikan dengan video dari JerryRigEverything yang sudah dibahas sebelumnya.

Dimana ada kemungkinan ponsel lipat lama-lama bisa rusak bahkan patah, jika ponsel terus menerus dibuka dan ditutup. Penggunaan display OLED juga, yang membuat layar lebih tajam dan jelas bisa membuat ponsel lipat lebih boros pada penggunaan baterainya. 

  • Harganya Cukup Mahal

Samsung Galaxy Z Flip adalah ponsel yang tidak untuk semua orang. Mengapa? Karena harga banderol ponsel ini masih mahal, yakni kisaran Rp.21 jutaan. Harga ini memang masih lebih murah jika dibandingkan Samsung Galaxy Fold yang mencapai Rp.30 jutaan. Tapi tetap saja harga tersebut masih mahal untuk suatu ponsel yang belum terbukti ketahanannya.

iPhone 11

iPhone 11 yang dirilis September tahun 2019, pada saat itu menjadi pusat perhatian banyak penggemar produk keluaran Apple. iPhone 11 yang memiliki tiga tipe dengan harga yang berbeda yaitu, iPhone 11 64 GB dengan harga Rp.12.999.000, iPhone 11 128 GB dengan harga Rp.14.199.000 , dan iPhone 11 256 GB dengan harga Rp.16.199.

iPhone 11 dengan ukuran layar 6.1 inchi dan dilengkapi dengan dua kamera pada bagian kamera belakang yaitu wide dan ultra wide. Memiliki banyak varian warna yang cantik yaitu warna ungu, kuning, hitam, hijau, merah, dan putih membuat iPhone 11 berbeda dari merk yang lainnya.

Kelebihan iPhone 11 

  • Memiliki layar dengan tingkat kecerahan terbaik
Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo Y81 atau Y83?

Memiliki layar handphone dengan tingkat kecerahan yang bagus membuat iPhone 11 ini menampilkan foto dan video dengan kualitas terbaik. Dengan memiliki ukuran layar 6,1 inci dan resolusi 828 x 1792 megapiksel, layar ini mampu menampilkan kualitas yang baik karena sudah dibekali dengan teknologi wide color gamut dan true-tone.

  • Memiliki desain yang tangguh dan Tahan air

Dengan memiliki desain yang tangguh, sehingga membuat iPhone 11 bisa direndam di air dengan kedalaman air 2 meter selama 30 menit dan masih tetap menyala. Hal ini terjadi karena Apple iPhone 11 yang sudah dibekali dengan sertifikasi anti air IP68. 

  • Memiliki Chipset terkencang

Memiliki Keunggulan chipset Apple A13 Bionic yang dibangun dengan proses fabrikasi 7nm. Di dalam chipset terdapat enam core atau prosesor hexa core yang terdiri dari empat core Thunder 1,8 GHz dan dual core Lightning 2,65 GHz.

  • Memiliki daya tahan baterai yang awet

Dengan dibekali baterai Li-Ion 3.110 mAh yang memiliki kapasitas baterai yang tergolong jauh lebih bagus daripada HP Android tentu tergolong kecil. Bisa dilihat dari hasil pengujian yang mencatatkan endurance rating 94h.

  • Memiliki audio dengan kualitas terbaik

Memiliki speaker stereo yang dimana speaker pertama terletak di bagian bawah, dan speaker yang kedua terletak di bagian earpiece. Speaker ini mampu menghasilkan suara yang seimbang, cukup kaya dan memiliki bass yang cukup. Hal ini merupakan salah satu sektor yang paling unggulan yang ditawarkan dari iPhone 11.

  • Memiliki kamera depan dan belakang yang unggul

Keunggulan yang menjadi daya tarik dari seri yang dikeluarkan oleh Apple yaitu terdapat pada bagian kameranya. Dengan dibekali dua kamera di bagian belakang, yang dimana kamera pertama merupakan kamera 12 megapixel dengan bukaan f/1.8. Sedangkan kamera kedua merupakan kamera ultra-wide 12 megapixel dengan bukaan f/2.8. Kamera yang sudah memiliki Quad-LED dual-tone flash serta HDR yang dapat mendukung rekaman video dengan resolusi 2160p. 

 Kekurangan iPhone 11

  •  Bermasalah pada bagian Notch dan Bezel

Notch yang terlalu besar menjadi kekurangan dari iPhone 11 serta memiliki kekurangan bezel dengan layar yang masih tergolong tipis yang membuat desain HP ini bisa sempurna dan lebih menarik.

  • Bermasalah pada charger bawaan

charger bawaan yang hanya mendukung pengisian 5W membuat pengisian baterai HP ini tergolong sangat lama dalam waktu 30 menit, baterai hanya terisi 18% saja (dari 0%), sementara untuk penuh mendapatkan hasil baterai yang penuh dibutuhkan waktu sampai 4 jam lamanya.

Samsung Galaxy Z Flip vs iPhone 11

Keterangan Samsung Galaxy Z Flip iPhone 11
Kelebihan - Dengan desain lipat - Kualitas kamera terbaik - Dua Layar yang Oke - Memiliki layar dengan tingkat kecerahan terbaik - Memiliki desain yang tangguh dan Tahan air - Memiliki Chipset terkencang
Kekurangan - Potensi Rapuhnya Layar - Harganya Cukup Mahal - Bermasalah pada bagian Notch dan Bezel - Bermasalah pada charger bawaan

Kesimpulan 

Samsung Galaxy Z Flip merupakan ponsel yang istimewa. Konsep lipatnya benar-benar menarik dan membuat pengalaman memakai ponsel pintar jadi lebih menyenangkan. Sedangkan iPhone 11 yang belum mengeluarkan versi terbarunya seperti samsung galaxy z flip yang bisa dilipat. Mungkin iPhone perlu menyusul samsung ada kemungkinan konsumen merasa bosan dengan tampilan yang seperti itu saja. Semoga artikel mengenai samsung galaxy z flip vs iPhone 11 bisa membantu kamu untuk memilih diantara keduanya. Kembali ke selera kamu masing-masing bertahan di zona nyaman dengan iPhone atau mencoba desain baru yaitu samsung galaxy z flip. Terima kasih.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy Z Flip vs iPhone 11

VS