Smartphone

Pilih Mana: Samsung M30S atau Redmi Note 8?

Kebutuhan smartphone yang memiliki spesifikasi dan performa yang baik tentunya semakin marak mengingat jaman teknologi saat ini sudah semakin pesat. Hal inilah yang disematkan oleh produsen ponsel raksasa yakni Samsung dan Redmi melalui Samsung M30S dan Redmi Note 8 milik mereka.

Samsung M30S dan Redmi Note 8 sendiri merupakan ponsel kelas menengah yang siap menemani aktivitas kamu sehari-hari. Kapasitas baterai yang dimiliki kedua smartphone ini besar sehingga tidak perlu khawatir akan kehabisan daya ketika sedang digunakan.

Penasaran dengan detail dari kedua smartphone ini? Untuk itu simak terus Selera.id sehingga bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan dalam memilih smartphone andalan kamu. Stay tune guys!

Samsung M30S atau Redmi Note 8

Samsung M30S

Galaxy M30 hadir dengan dua varian warna yaitu Gradation Blue dan Gradation Black, yang mengabungkan warna gradasi antara hitam dan abu-abu. Setiap sudut dan sisi Galaxy M30 dibentuk lengkungan yang membuatnya nyaman untuk digenggam, smartphone-nya juga tidak begitu besar.

Galaxy M30 disenjatai dengan chip Exynos 7904, chip produksi Samsung dengan proses 14 nanometer, dan octa core yang mempunyai kecepatan sampai 1.8 GHz.

Chipnya sama seperti seri M sebelumnya yakni Galaxy M20, juga dengan chip grafis Mali-G71 MP2. Namun Galaxy M30 mempunyai kapasitas RAM dan memori internal lebih besar, 4 GB/64 GB. Baca juga Pilih Mana: Xiaomi Mi A1 vs Mi 5X

Kamera Samsung M30S

Dari segi kamera, Galaxy M30 dipasang dengan tiga kamera belakang yaitu sensor utama 13 MP dengan aperture f/1.9, sensor 12 milimeter ultra-wide 5 MP aperture f/2.2 dan sensor kedalaman 5 MP aperture f/2.2. Sedangkan kamera depan mempunyai 16 MP aperture f/2.0.

Kamera belakang mempunyai beberapa fitur seperti, Panorama, Pro, Beauty, Live Focus, Auto, Stikers, Continuous Shot, sedang di bagian depan cuma terdapat fitur Selfie, Live Focus dan Stikers.

Konsumen juga dapat memilih ukuran gambar yang dapat diatur dalam pengaturan dan pilih Picture Size yang di dalamnya terdapat 4 opsi, 4:3 dengan 13MP, 16:9 dengan 9,6 MP, 19,5:9 dengan 7,9 MP dan 1:1 dengan 12 MP. Ukuran video juga sudah dapat diatur sampai Full HD.

Samsung M30S atau Redmi Note 8

Baterai Samsung M30S

Seperti diketahui, Galaxy M30s merupakan satu-satunya ponsel Samsung yang mengusung baterai raksasa 6.000mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar ini, tentunya membuat para penggunanya bisa bersantai dalam menggunakan ponsel ini tanpa takut kehabisan baterai.

Kelebihan Samsung M30S

  • Kapasitas baterai yang besar
    Kelebihan utama yang ditawarkan dalam perangkat ini merupakan kapasitas baterai jumbo yang dimilikinya. Bahkan tak tanggung-tanggung, perangkat baru ini dibekali dengan baterai sampai 6.000 mAh untuk pertama kalinya. Dengan kapasitas baterai yang amat besar ini, kamu dapat memakai perangkat ini amat lama tanpa mesti bergantung kepada charger.
  • Mempunyai 3 kamera yang mutakhir
    Di kamera utamanya tersebut, Galaxy M30s ini telah dilengkapi dengan kamera trio yang mempunyai konfigurasi lensa wide 48 MP (f/2.0), lensa ultra-wide 8 MP (f/2.2), dan lensa kedalaman 5 MP (f/2.2).
  • Dapur pacu mumpuni
    Samsung M30S sudah membekali Exynos 9611 yang merupakan versi upgrade dari Exynos 9610 yang menjadi andalan Samsung di beberapa perangkat sebelumnya. SoC baru ini menawarkan peningkatan di berbagai macam sisi, dari mulai kinerja, kemampuan AI, sampai kemampuan pengolah sinyal fotonya.

Kekurangan Samsung M30S

  • Kamera untuk kondisi low-light mengecewakan
    Kualitas tangkapan kamera belakang HP ini tergolong bagus dan jadi salah satu keunggulan. Namun di sektor kamera ini, ada juga kekurangan yang dipunyai oleh Samsung Galaxy M30s. Kekurangan tersebut yaitu tidak optimalnya kemampuan kamera HP ini ketika memotret di kondisi low-light atau kurang cahaya.
  • Cuma fast charging 15W
    Samsung Galaxy A30s dibekali dengan teknologi pengisian cepat 15W saja. Teknologi ini bukan yang tercepat sehingga membuat pengisian baterai HP ini cenderung lama.
  • Desain berbodi plastik
    Samsung Galaxy A30s mempunyai desain yang tidak menarik dan cenderung murahan. Seperti terlihat pada gambar diatas, desainnya cenderung biasa. Terlebih fakta jika cover bodi HP ini dibuat dari plastik.

Redmi Note 8

Redmi Note 8 memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan saudaranya, Redmi Note 8 Pro. Desainnya agak sedikit mirip dengan Redmi Note 7.

Kendati begitu, konsep Redmi Note 8 masih elegan. Bagian depan dan belakangnya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 sehingga lebih terlindungi saat jatuh.

Redmi Note 8 beroperasi memakai chipset Qualcomm Snapdragon 665. Chipset Qualcomm ini diklaim bisa menghadirkan pengalaman konsumen yang ditingkatkan berkat teknologi AI di dalamnya.

Samsung M30S atau Redmi Note 8

Chipset Qualcomm yang ada di dalam Redmi Note 8 ditemani oleh RAM 6GB dan ruang penyimpanan 128GB. Berkat kombinasi chip dan memori di bagian ponsel, Redmi Note 8 ini bisa berjalan mulus.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo A3S atau Oppo F5?

Kamera Redmi Note 8

Redmi Note 8 dibekali dengan empat kamera di bagian belakang. Kamera belakang Redmi Note 8 ini terdiri atas 48MP lensa wide, 8MP ultra-wide, 2 MP macro, dan 2 MP depth sensor yang berjajar secara vertikal di sudut kiri atas.

Pada kamera belakang Redmi Note 8 terdapat banyak opsi pengambilan lukisan. Misalnya, terdapat alternatif 48MP di kamera balik Redmi Note 8 ini yang memakai sensor Samsung GW-1.

Redmi Note 8 sudah dapat merekam sampai 4K dengan 30fps. Kamu juga bisa membuat short movie memakai smartphone Redmi terbaru. Redmi Note 8 pula sudah dibekali dengan kamera 13 MP yang sudah mendukung AI. Ada beberapa mode yang dapat dipakai untuk mempercantik foto selfie.

Baterai Redmi Note 8

Redmi Note 8 telah dibekali dengan baterai 4.000 mAh, sehingga dapat mengakomodir kegiatan konsumen seharian. Karena berbekal baterai cukup besar, Redmi Note 8 sudah dibekali dengan pengisian baterai cepat 18W.

Kelebihan Redmi Note 8

  • Performa dapur pacu mumpuni
    Pada zona dapur pacu, Redmi Note 8 telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 665 dengan fabrikasi 11 nm yang lebih efisien pemakaian dayanya. Chipset ini sendiri telah memakai 8 inti (octa core) dengan 4×2.0 GHz Kryo 260 Gold dan 4x.18 GHz Kryo 260 Silver.
  • Daya tahan dengan Corning Gorilla Glass
    Untuk sektor daya tahan, Redmi Note 8 telah dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 baik pada bagian layar depan dan bodi belakang. Walaupun belum mempunyai sertifikasi IP68 smartphone ini telah dilengkapi dengan pelapis nano yang membuat HP Xiaomi terjangkau ini tahan akan percikan air.
  • Kapasitas baterai besar dan fast charging
    Dipadukan dengan spesifikasi dapur pacu seperti pada poin sebelumnya, tentu akan membuat baterai besar berkapasitas 4.000 mAh pada Redmi Note 8 makin efisien dipakai dan dilengkapi dengan teknologi pengisian daya baterai cepat fast charging 18 W melalui port USB type-C.

Kekurangan Redmi Note 8

  • Kualitas kamera makro kurang baik
    Mirip seperti kebanyak perangkat lainnya, Redmi Note 8 dilengkapi dengan kamera makro 2MP. Kalau dilihat dari sensornya berukuran lumayan kecil. Sehingga ketika melakukan pemotretan kiranya akan menimbulkan cukup noise, terlebih bila melakukan foto dalam kondisi low light.
  • Belum tersedia konektivitas NFC
    Berbeda dibandingkan kakaknya, Redmi Note 8 belum dilengkapi dengan konektivitas NFC (Near Field Communication) yang rasanya akan marak dipakai beberapa waktu ke depan. Setidaknya beberapa merek HP Android kompetitor telah menyediakan fitur ini pada smartphone kelas entry-level mereka.
  • Jaminan ketersediaan masih rentan
    Walaupun memiliki harga murah, Xiaomi banyak di cap konsumen Indonesia sebagai HP ghoib terlebih apabila kamu mengikuti tren Redmi Note 7 yang susah untuk didapatkan beberapa waktu lalu.
SpesifikasiSamsung M30SRedmi Note 8
Layar Super AMOLED, 6,4 inci, 720 x 1520 piksel, rasio 19,5:9 IPS LCD 6,3 inci, 1080 x 2340 piksel, rasio 19:9
Dimensi fisik 159 x 75,1 x 8,9 mm 158.3 x 75.3 x 8.4 mm
Bobot 188 gram 190 gram
Sistem operasi Android Pie 9, One UI Android Pie 9, MIUI 10
ProsesorExynoss 9611Snapdragon 665
Harga per November 2019Rp 3.299.000 Rp 2.799.000

Pilih Mana: Samsung M30S atau Redmi Note 8?

Samsung M30SRedmi Note 8
Kelebihan- Kapasitas baterai yang besar - Mempunyai 3 kamera yang mutakhir - Dapur pacu mumpuni - Performa dapur pacu mumpuni - Daya tahan dengan Corning Gorilla Glass - Kapasitas baterai besar dan fast charging
Kekurangan- Kamera untuk kondisi low-light mengecewakan - Cuma fast charging 15W - Desain berbodi plastik - Kualitas kamera makro kurang baik - Belum tersedia konektivitas NFC - Jaminan ketersediaan masih rentan

Kesimpulan

Samsung M30S dan Redmi Note 8 tentunya merupakan smartphone andalan untuk banyak orang, khususnya remaja yang sering menggunakan ponsel mereka saat waktu senggang. Lalu yang mana pilihan kamu? Kalau Selera.id sih milihnya Samsung M30S aja deh karena memiliki baterai yang lebih besar dan performa yang cukup baik juga. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung M30S vs Redmi Note 8

VS

Leave a Reply