Smartphone

Pilih Mana: Samsung S10 Plus atau Note 10 Plus ?

Samsung Group merupakan sebuah konglomerat multinasional yang berkantor pusat di Samsung Town, Seoul, Korea Selatan. Perusahaan samsung ini memiliki sejumlah anak usaha yang mayoritas berbisnis dengan merek Samsung, dan perusahaan ini merupakan chaebol terbesar di Korea Selatan.

Perusahaan samsung ini selalu menjadi brand unggul smartphone, setiap tahun Samsung selalu mengeluarkan versi terbaik yang ada seperti Samsung S10 Plus dan Note 10 Plus.

Kehadiran dua smartphone dengan spesifikasi sangat berbeda di jajaran flagship yang sama membuat banyak orang bingung untuk mau memilih model dasar dari seri Galaxy Note baru atau varian paling canggih dari seri Galaxy S. Pada artikel ini kami akan membahas kedua seri tersebut untuk membantu anda memiliki yang terbaik.

Samsung S10 Plus

Samsung Galaxy S10 Plus merupakan varian flagship paling berkelas yang pernah dibuat oleh brand asal Korea Selatan, Samsung. Sejumlah performa keren ditawarkan pada smartphone ini. Baca juga: iPhone 12 Pro Max vs Samsung S21 Ultra.

Layar pada smartphone ini adalah bagian terbaru dari desain Samsung Galaxy S10+. Meskipun memiliki nama yang sama, Infinity Display, tetapi kali ini Samsung membuatnya lebih luas lagi.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 6 yang diklaim dapat bertahan saat perangkat jatuh dalam ketinggian tertentu.

Pada samsung Galaxy S10 Plus kali ini dilengkapi juga dengan Ultrasonic Fingerprint ID yang memindahkan pemindai sidik jari dari bagian belakang ke depan. Hal tersebut berarti sensor pemindainya ada dibalik layarnya.

Kelebihan Samsung S10 Plus

  • Performa tangguh
    Dapur pacu Samsung Galaxy S10 Plus menggunakan 2 teknologi chipset terbaru yakni, Exynos dan Snapdragon. Hanya saja, Samsung menggunakan Exynos 9820 berfabrikasi 8 nm di Indonesia. Arsitektur octa-core canggihnya membuat Galaxy 10 Plus bisa melakukan pekerjaan komputasi yang cukup berat.
  • Teknologi layar terbaru
    Samsung menggunakan konsep layar terbaru yaitu Infinity-O AMOLED dengan layar berukuran 6,4 inci. Samsung Galaxy S10 Plus hadir dalam layar punch hole untuk menempatkan kamera. Desain tersebut disebut sebagai Infinity-O.
  • Sensor fingerprint in-display
    Penggunaan teknologi terbaru yang jadi keunggulan Samsung Galaxy S10 Plus adalah sensor fingerprint-nya. Sensor pemindai sidik jari sudah tertanam di layar dan diklaim memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan in-display pada smartphone lainnya.

Kekurangan Samsung S10 Plus

Setelah berbicara tentang kelebihan Samsung S10 Plus, ternyata smartphone ini mempunyai kekurangan juga loh, Beberapa kekurangan Samsung S10 Plus diantaranya adalah:

  • Bixby masih belum sempurna
    Bixby masih lemah dalam beberapa fungsi di bandingkan yang lainnya. Pada hal-hal dasar seperti pertanyaan soal olahraga misalnya. Bixby masih belum memadai dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sehingga, orang-orang akan lebih memilih Google Assistant dibanding Bixby.
  • Bodi yang licin
    Melihat dari desain bodi yang menawan  serta spesifikasi keren tidak menutupi kalau bodi pada Samsung Galaxy S10 Plus ini agak licin di tangan. Selain itu, karena ber-bezel super slim, mungkin saja kamu bisa secara tidak sengaja menyentuh layar.
  • Harga yang mahal
    Samsung Galaxy S10 Plus menjadi salah satu smartphone flagship termahal yang pernah dikeluarkan oleh Samsung. Pasalnya, untuk mendapatkan ponsel pintar ini kalian harus mengeluarkan dana cukup besar.

Note 10 Plus

Smartphone samsung yang satu ini menghadirkan banyak pembaruan namun juga sayangnya pengurangan dibanding generasi sebelumnya.

Galaxy Note 10+ dapat terbilang sebagai penerus sejati dari Galaxy Note 9, bukan varian lainnya yaitu Galaxy Note 10 standar. Ini karena Galaxy Note 10 varian standar memiliki spesifikasi yang malah lebih rendah dibanding Galaxy Note 9 di beberapa poin.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 atau Samsung GAlaxy A70?

Varian warna Galaxy Note 10+ di Indonesia ada 3 yaitu Aura Black, Aura Glow, dan Aura White. Frame aluminium pada smartphone ini pada bagian sisi ponsel kini tampil tipis. Tombol fisik hanya terdapat di sisi kiri ponsel saja yang berfungsi untuk mengatur volume dan power. Tidak ditemukan lagi tombol khusus untuk Bixby.

Ukuran bodi smartphone ini yaitu memiliki dimensi sebesar 162,3 x 77,2 x 7,9 mm. Kemudian pada bagian depan dan belakang HP dibangun dari materi glass dengan rangka yang terbuat dari aluminium.

Kelebihan Samsung Note 10 Plus

  • Layar terbaik yang superior
    Dilengkapi dengan Dynamic AMOLED samsung selalu memperhatikan kualitas layar dengan desain terbaik. Selain layar berkualitas super tinggi, Galaxy Note 10+ juga hadir dengan tampilan notch baru. Meski berada di tengah atas, ‘poni’ kecil ini sedikit terpisah dari bagian bingkai. Di mana ini baru pertama kali dibuat oleh Samsung.
  • Baterai jumbo dan fast charging
    Smartphone ini memiliki kapasitas baterainya yang sebesar 4.300 mAh. Jarang sekali Samsung memberi kapasitas baterai sebesar ini pada jajaran smartphone premiumnya. Anda juga bisa menikmati begitu cepatnya proses pengisian daya baterai berkat fast charging 45 watt.
  • Under display fingerprint
    Fitur fingerprint under display yang unik dan juga cepat ini hadir pada salah satu smartphone tercanggih abad ini. Walaupun fitur ini telah banyak juga yang menggunakan. Bagaimana dengan kamera? Tenang saja kualitas kamera dari smartphone ini sangat unggul. Galaxy Note 10 series punya kemampuan spesial. Yakni mampu fokus pada objek ketika merekam video.

Kekurangan Samsung Note 10 Plus

  • Absennya headphone jack
    Samsung telah membuat keputusan yang sangat krusial, yakni melepaskan headphone jack dari kedua smartphone Galaxy Note 10 series. Meski saat ini, sudah banyak juga smartphone high end yang meninggalkan jack audio 3.5 mm dan mengandalkan port USB Type C untuk kebutuhan charging dan audio.
  • Desain yang sedikit menyulitkan
    Meskipun memiliki desain mewah dan layar yang baik, Samsung Galaxy Note 10 Plus ternyata kurang ergonomis ketika dipegang tangan.  Samsung Galaxy Note 10 Plus memiliki bodi yang terlalu besar dan permukaannya tergolong lincin. Hal ini jelas menegaskan kalau bodi Samsung Galaxy Note 10 Plus terlalu lebar sehingga kurang nyaman digenggam.
  • Harga terlalu tinggi
    Kekurangan yang pertama dari Samsung Note 10 Plus sama halnya dengan Rog Phone 2 yaitu memiliki harga yang terlalu tinggi sampai di angka belasan juta rupiah. Meski demikian tidak menjadi permasalahan bagi banyak orang yang high class ya hehe. Dan juga memang spesifikasi yang sangat sesuai dengan harga yang dijual.

Samsung S10 Plus atau Note 10 Plus

Keterangan Samsung S10 Plus Note 10 Plus
Kelebihan - Performa tangguh - Teknologi layar terbaru - Sensor fingerprint in-display - Layar terbaik yang superior - Baterai jumbo dan fast charging - Under display fingerprint
Kekurangan - Bixby masih belum sempurna - Bodi yang licin - Harga yang mahal - Absennya headphone jack - Desain yang sedikit menyulitkan - Harga terlalu tinggi

Kesimpulan

Dari artikel dapat kita simpulkan bahwa kedua smartphone ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jika kamu ingin mencari smartphone yang ukurannya pas di tangan Samsung S10+ dapat menjadi pilihan yang terbaik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung S10 Plus atau Note 10 Plus

VS

Leave a Reply