LifestyleOlahraga

Pilih mana: Sepeda Bmx vs Sepeda Gunung?

Saat ini bersepeda mungkin bukan sekedar untuk berolahraga saja. Namun Anda bisa mengekspresikan diri serta menguji adrenalin. Sepeda juga bisa memiliki nilai lebih loh, seperti gengsi, hobi, bahkan gaya hidup.

Nah, ada salah satu sepeda yang bisa Anda coba untuk Anda gunakan. Sepeda Bmx dan Sepeda Gunung bisa jadi alternatif untuk Anda gunakan ketika akhir pekan. Tidak hanya dari kalangan masyarakat biasa yang memiliki antusias yang tinggi pada kedua sepeda tersebut.

Tetapi terkenal di kalangan para freestyler dan anak muda. Anda bisa menemukan kedua jenis sepeda ini di berbagai toko dengan harga yang cukup terjangkau. Selain memiliki kualitas yang baik dan mumpuni.

Kedua sepeda ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda penasaran dan ingin tahu selengkapnya. Anda bisa simak pembahasan lebih lengkapnya di Selera.id.

Sepeda Bmx vs Sepeda Gunung

Sepeda Bmx

Sepeda BMX merupakan salah satu sepeda off road yang digunakan untuk perlombaan kecepatan dan akrobatik. BMX merupakan singkatan dari bicycle motocross. Sepeda BMX ini dikenal dengan sepeda yang istimewa. Tidak ada aliran sepeda lainnya yang bisa menandingi pesona BMX.

Tak heran jika ada sekelompok orang yang menjadikan BMX sebagai cult atau kultus dalam bahasa Indonesia. Banyak orang yang bersepeda BMX bukan sekedar untuk berolahraga, tetapi juga untuk mengekspresikan diri, penyaluran kemarahan, adrenalin, melepas stress, menimbulkan kekuatan dan hubungan yang emosional dengan bersepeda BMX. Hal yang tidak akan ditemukan pada sepeda lainnya.

Sejak akhir 1970, bermunculan komunitas dan organisasi resmi sepeda BMX, seperti American Freestyle Association yang banyak mengorganisir dan membuat kompetisi sepeda BMX. Pada April 1981, International BMX Federation dibentuk, dan kejuaraan dunia BMX pertama diadakan pada 1982.

Sampai saat ini kultur dan olahraga sepeda BMX terus berkembang, dan pada Olimpiade 2008 di Beijing, BMX melakukan debut sebagai salah satu cabang olahraga sepeda. BMX freestyle juga akan mulai dipertandingkan pada Olimpiade 2022 di Jepang ini loh.

Bagi Anda yang ingin lebih dalam mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sepeda satu ini. Maka berikut pemaparannya untuk Anda! Baca juga: Pilih Mana: Sepeda Wimcycle atau Sepeda United?

Kelebihan Sepeda Bmx

Berikut ini Kelebihan Sepeda Bmx:

  • Memiliki berbagai fitur dan desain
    Kelebihan pertama yang dihadirkan oleh jenis sepeda BMX ini karena dibekali berbagai fitur dan desain mumpuni. Hal ini membuat sepeda bmx menjadi sepeda favorit oleh para pegiat freestyle dan kalangan masyarakat biasa.
  • Memiliki frame yang kuat
    Sepeda BMX memiliki frame yang kuat dengan tekstur yang mulus. Dengan frame yang kuat dan tidak mudah patah, sepeda BMX sangat cocok digunakan untuk berbagai macam gerakan freestyle. Kekuatan frame sepeda BMX pada umumnya terletak pada bahan yang digunakan, yakni baja atau aluminium kualitas juara. Banyak yang mengatakan sepeda ini serupa dengan sepeda gunung namun dibuat lebih rendah.
  • Memiliki diameter ban yang kecil
    Uniknya, lebar ban yang lebih kecil ini justru menjadi kelebihan tersendiri untuk sepeda BMX ini yaitu menciptakan kemampuan gerak yang lincah dan dinamis. Selain itu, sepeda BMX juga ditunjang dengan motif ban yang kasar sehingga memiliki daya cengkram yang kuat pada permukaan tanah.

Sepeda Bmx vs Sepeda Gunung

Kekurangan Sepeda Bmx

Berikut ini Kekurangan Sepeda Bmx:

  • Tidak optimal untuk bersepeda jarak jauh
    Bagi Anda yang sedang ingin mencari sepeda yang bisa ditempuh dalam waktu yang lama dan cukup jauh. Maka sepeda satu ini kurang tepat untuk dipilih. Karena sepeda bmx umumnya didesain untuk race dan freestyle yang kadang tidak memiliki cukup kuat jika dikendarai dalam kurun waktu yang lama.
  • Kurang nyaman digunakan
    Kekurangan lainnya ada pada tempat duduknya. Sebenarnya sepeda bmx modelnya dirancang bukan untuk tempat duduk yang paling nyaman, karena kebanyakan sepeda BMX dipakai sambil berdiri maka produsen tidak menganggap hal ini suatu masalah yang penting.
  • Penggunaannya yang kurang available
    Dengan hanya memiliki single gear, sepeda BMX akan sedikit kesulitan untuk mendaki jalan yang curam. Oleh karena itu tidak cocok untuk Anda kendarai di tempat-tempat tinggi seperti gunung dan bukit.

Sepeda Gunung

Sepeda gunung atau mountain bike (MTB) atau disebut juga all terrain bike (ATB) merupakan sepeda yang didesain khusus untuk digunakan dalam medan jalan yang berat atau istilah kerennya off road cycling.

Sepeda gunung pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970 an oleh para biker asal San Fransisco. Saat itu, masyarakat setempat merasa aneh, melihat orang-orang bersepeda ke arah perbukitan. Kala itu, sepeda jenis cruiser bicycles (sepeda pantai), dimodifikasi sehingga memiliki rangka ringan namun kuat untuk menjajal tanah pegunungan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Sepatu Nike atau Adidas?

Dari sanalah terciptanya sepeda gunung berasal yaitu dari ide seorang pecinta sepeda bernama Joe Breeze, yang merupakan salah satu pelopornya. Saat ini sepeda gunung banyak peminatnya selain karena didesain khusus saat Anda bersepeda di gunung. Sepeda ini juga sangat aman dan nyaman.

Nah, selain memiliki keunggulan yang beragam, sepeda gunung juga punya kekurangan loh. Ingin tahu lebih lengkap mengenai sepeda ini? Berikut kami paparkan pembahasannya di bawah ini!

Baca juga: 7 Produk Sepeda BMX Yang Bagus 2020

Sepeda Bmx vs Sepeda Gunung

Kelebihan Sepeda Gunung

Berikut ini Kelebihan Sepeda Gunung:

  • Memiliki harga yang terjangkau
    Kelebihan kali ini akan membuat Anda yang ingin merasakan mengendarai sepeda ini bisa bernapas lega, karena harga yang ditawarkan lebih terjangkau dan lebih bersahabat jika dibandingkan dengan sepeda pesaingnya. Hal ini akan sangat memudahkan Anda menentukan budget dan sangat pas bagi Anda yang sedang ingin berhemat.
  • Dapat digunakan pada jenis jalan apapun
    Salah satu kelebihan sepeda gunung yaitu dapat digunakan pada berbagai jenis jalan bahkan jalan yang medium. Anda dapat menggunakan sepeda jenis ini untuk medan yang menantang ataupun pada jalan yang mulus. Dengan demikian, sepeda gunung fleksibel digunakan untuk berbagai jenis kondisi yang akan Anda lewati.
  • Memiliki tempat duduk yang nyaman
    Dibandingkan produk sepeda pesaingnya, kelebihan yang dimiliki oleh sepeda gunung ini ada pada tempat duduk yang tegak dan dapat membuat penggunanya menjadi lebih nyaman. Posisi yang duduk seperti ini juga cocok digunakan untuk bersepeda dengan santai dan tidak membutuhkan kecepatan yang maksimal.

Kekurangan Sepeda Gunung

Berikut ini Kekurangan Sepeda Gunung:

  • Memiliki ukuran ban yang cenderung besar
    Karena memiliki ban yang lebih besar tersebut, tentu saja sepeda gunung memiliki performa yang lebih rendah dan lebih kalah dibandingkan dengan sepeda bmx. Anda akan tertinggal dan lebih lambat jika diadu bertanding. Namun, untuk mengatasi hal ini Anda dapat mengakalinya dengan cara menggunakan ban yang memiliki ukuran yang lebih kecil.
  • Memiliki bodi yang berat
    Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh sepeda gunung adalah Anda akan membutuhkan energi yang lebih besar jika ingin mengebut saat menggunakan jenis sepeda ini. Karena kebanyakan dari sepeda gunung memiliki bodi yang berat sehingga perlu tenaga lebih besar untuk mengayuh pada jalanan yang curam.
  • Perawatannya yang cenderung susah
    Kekurangan lainnya yang bisa Anda temukan pada jenis sepeda gunung ini yaitu perawatannya yang cenderung susah. Karena memiliki banyak bagian yang mesti dilakukan dengan hati-hati dan kadang sedikit orang yang mengerti akan hal ini.
Keterangan Sepeda Bmx Sepeda Gunung
Berasal California SelatanSan Fransisco
Ciri-ciriRangka sepeda BMX bisa terbuat dari beberapa jenis material, seperti baja dan aluminium. Untuk kelas menengah biasanya terbuat dari chromoly atau baja karbon tinggi, dimana material ini akan memberikan bobot yang lebih berat dan lebih kuat.Bentuk kerangka yang terbuat dari baja, aluminium dan yang terbaru menggunakan bahan komposit serat karbon (carbon fiber reinforced plastic).

Pilih mana: Sepeda Bmx vs Sepeda Gunung?

Keterangan Sepeda Bmx Sepeda Gunung
Kelebihan -Memiliki berbagai fitur dan desain -Memiliki frame yang kuat -Memiliki diameter ban yang kecil-Memiliki harga yang terjangkau -Dapat digunakan pada jenis jalan apapun -Memiliki tempat duduk yang nyaman
Kekurangan-Tidak optimal untuk bersepeda jarak jauh -Kurang nyaman digunakan -Penggunaannya yang kurang available-Memiliki ukuran ban yang cenderung besar -Memiliki bodi yang berat -Perawatannya yang cenderung susah

Kesimpulan

Dari perbandingan Sepeda Bmx dan Sepeda Gunung diatas dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan di masing-masing keadaan dan kondisi. Anda tidak bisa menggunakannya di kondisi yang tidak tepat. Namun jika saat ini Anda ingin menguji adrenalin Anda keduanya sangat pas menjadi produk sepeda yang Anda wajib coba. Karena cukup menantang untuk Anda kendarai.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepeda Bmx vs Sepeda Gunung

VS

Leave a Reply