KendaraanOlahraga

Pilih Mana: Sepeda Pacific atau Sepeda Element?

Sepeda adalah suatu kendaraan yang biasanya dijadikan untuk berolahraga, banyak sekali merek perusahaan yang bergerak dibidang penjualan sepeda ini mengeluarkan jenis sepeda berbagai macam seperti halnya kedua merek sepeda Pacific dan Element yang banyak menjadi pilihan semua masyarakat indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

Sebelum kamu membeli salah satu dari kedua merek sepeda tersebut ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari sepeda tersebut. Disini saya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari merek sepeda Pacific dan Element sehingga bisa menjadi pertimbangan bahkan rekomendasi untuk kamu.

Sepeda Pacific

Pacific merupakan salah satu merek sepeda yang diproduksi oleh perusahaan PT Roda Pasifik Mandiri dan perusahaan ini merupakan produk utama dari Pacific Bike di Semarang, Jawa tengah, tepatnya di kawasan industri Terboyo, selain itu Pacific Bike juga memiliki fasilitas perakitan, di Medan, Sumatera Utara. Baca juga Pilih Mana: Sepeda Pacific atau Sepeda United?

Distribusi produk sepeda Pacific Bike tidak hanya laku di pasar nasional, tetapi juga luar negeri. Sepeda pacific telah diekspor ke Thailand serta menjajaki pasar India, baik dengan merek asli ataupun dengan merek lainnya. Salah satu jenis sepeda Pacific yang banyak menjadi pilihan orang adalah sepeda gunung Pacific.

Kelebihan Sepeda Pacific

  • Harga bervariasi
    Sepeda Pacific memiliki harga yang cukup terjangkau bahkan bervariasi, sudah banyak orang yang mengklaim akan hal ini. Dan sepeda Pacific sudah banyak menjadi pilihan untuk orang yang suka dengan olahraga sepeda khususnya. Apalagi untuk model sepeda gunung sudah memiliki harga yang bervariasi mulai dari yang terjangkau, standar hingga yang mahal
  • Sistem pengereman yang baik
    Berbagai jenis sepeda dari sepeda Pacific ini memiliki fitur yang cukup baik seperti contohnya rem pada sepeda yang cukup tangguh terlebih lagi sepeda gunung yang memang harus memiliki fitur pengereman yang baik untuk keselamatan saat mendaki gunung, dengan sekali rem yang tidak terlalu kamu tekan membuat sepeda berhenti dengan maksimal. Sistem pengereman yang dimiliki sepeda Pacific ini sudah hidrolik. Sistem hidrolik ini merupakan sistem pengereman yang cakram baik bagian depan maupun belakang tentunya.
  • Sudah terkenal
    Sepeda Pacific sudah sangat terkenal di kalangan pecinta sepeda, apalagi untuk berolahraga seperti mendaki gunung hingga olahraga lainnya. Sepeda Pacific ini banyak menjadi andalan untuk semua orang.

Kekurangan Sepeda Pacific

  • Ban belakang kurang bagus
    Beberapa konsumen kadang menemukan kekecewaan ketika membeli sepeda Pacific ini. Hal ini dikarenakan beberapa produk sepeda ini memiliki ban belakang yang tidak pas hal ini sangat disayangkan sekali ya guys.
  • Toko resmi jarang ditemukan
    Meski pada sepeda Pacific ini memiliki banyak kelebihan yang sudah dijelaskan di atas, tetapi kekurangan satu ini cukup disayangkan yaitu toko resmi sepeda Pacific ini jarang ditemukan di daerah-daerah tertentu.
  • Fitur kurang pas
    Sepeda Pacific termasuk sepeda yang murah, namun dipaksa diberi fitur dengan kualitas tinggi, sepeda murah namun diberi groupset (fitur) yang lebih bagus, dibandingkan produk sepeda sekelasnya. Namun tidak seluruh jenis sepeda Pacific mempunyai fitur yang kurang pas

Rekomendasi Sepeda Gunung Pacific

Pacific Invert LX
Untuk seri sepeda gunung yang satu ini memiliki dua ukuran yaitu 24 untuk remaja dan 26 khusus dewasa. Spesifikasi dari Pacific Invert LX adalah frame Hi-ten Steel yang ringan dan kuat serta dilengkapi Fork Zoom Steel.

Pacific Invert LX pada bagian RD dan FD dari Shimano TZ30 yang siap memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Soal harga Pacific Invert LX dijual sekitar Rp. 1.800.000 (per September 2019).

Pacific Invert 500
Pacific Invert 500 menggunakan full suspension yang cocok digunakan untuk segala kondisi jalan. Suspensi depannya juga dapat dikunci sehingga kamu akan tetap merasa nyaman ketika bersepeda di jalanan perkotaan. Dibuat menggunakan frame alloy, rangka produk ini pun menjadi semakin ringan dan tahan karat.

Bila kamu mencari sepeda gunung yang sudah dilengkapi dengan sistem pengereman hidrolik, tetapi tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak dana, jenis dari sepeda Pacific ini adalah solusi kebutuhan kamu. Dengan harga yang tergolong ramah di kantong, kamu sudah memperoleh sepeda gunung dengan rem cakram hidrolik yang sangat pakem. Harga Rp. 2.300.000 (per September 2019).

Sepeda Element

Sepeda merek Element adalah salah satu produk terbaik Indonesia yang sudah diekspor ke luar negeri. Sepeda ini dibuat oleh PT. Roda Maju Bahagia yang sudah berdiri sejak Agustus 2016 lalu. Perusahaan ini memang mengkhususkan diri bergerak di bidang manufaktur sepeda yang terletak di kawasan industri Kendal, Jawa Tengah.

Ada beberapa jenis sepeda yang dikeluarkan oleh merek Element ini yang banyak menjadi pilihan orang. Jenis tersebut adalah sepeda lipat, sepeda BMX, sepeda balap, sepeda fixie, sepeda MTB atau gunung, sepeda listrik, dan sepeda anak.

Banyaknya jenis dari sepeda Element tentu membuat kamu lebih mudah dalam memilih produk yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan. Tetapi memang sepeda MTB atau gunung banyak menjadi pilihan orang.

Kelebihan Sepeda Element

  • Harga cukup terjangkau
    Alasan kenapa produk sepeda Element ini banyak dicari adalah karena harga. Meski dibuat dengan menggunakan teknologi andal dan terbaru, nyatanya harga yang ditetapkan untuk sepeda ini cukup terjangkau dibanding sepeda merek pesaing. Padahal, sekali lagi kualitas yang ditawarkan tak bisa dipandang sebelah mata.
  • Varian sepeda yang cukup banyak
    Varian sepeda yang cukup banyak juga merupakan salah satu daya tarik mengapa orang-orang memilih sepeda lokal merek yang satu ini. Sebab, mereka bisa memilih sepeda yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Sepeda ini juga memiliki ciri khas berupa desain warna cat yang menyala dan terang serta memiliki garis-garis kombinasi dengan warna yang tidak kalah keren.
  • Konsumen bisa survei terlebih dahulu
    Kelebihan yang lainnya adalah pembuatan sepeda ini juga mengutamakan konsumen dengan sebelumnya melakukan survei lebih dulu mengenai kebutuhan konsumen terhadap sepeda di pasaran. Dengan begitu, produk yang diluncurkan akan memenuhi keinginan dan kebutuhan setiap konsumennya. Wah, bagus sekali kelebihan satu ini ya guys.
Lihat juga:  Pilih Mana: Vespa S 125 atau Vespa Sprint 150?

Kekurangan Sepeda Element

  • Sistem pengereman kurang baik
    Beberapa kualitas pengereman pada sepeda Element ini tidak begitu greget nih guys, beberapa konsumen mengklaim akan ini banyak juga review akan hal ini. Tetapi guys, tidak semua jenis sepeda dari Element ini memiliki sistem pengereman yang tidak baik ya.
  • Ban belakang yang kurang pas
    Beberapa konsumen kadang menemukan kekecewaan ketika membeli sepeda Element ini. Hal ini dikarenakan beberapa produk sepeda ini memiliki ban belakang yang tidak pas hal ini sangat disayangkan sekali ya guys. Beberapa konsumen banyak review juga akan hal ini guys.
  • Tidak terlalu populer
    Mungkin bagi orang yang memang sangat pecinta sepeda akan tahu mengenai merek sepeda Element ini, tetapi beberapa orang juga tidak begitu tahu, mungkin hal ini karena Element adalah produk baru ya guys.

Rekomendasi Sepeda Gunung Element

Sepeda Element XC-150
Seperti sepeda gunung cross country pada umumnya, sepeda ini cocok untuk digunakan di jalan raya maupun medan offroad dan berbatu. Hal yang tidak kalah penting, Element XC 150 21 Speed juga sudah dilengkapi dengan frame hi-teen steel yang semakin membuatnya lebih tangguh untuk melintasi area berbatu.

Sepeda gunung Element XC-150 yang hanya memiliki berat 36 kg ini juga sudah dilengkapi dengan shifter groupset Shimano Tourney 21 speed yang akan memudahkan untuk berpindah-pindah kecepatan sesuai dengan keinginan. Element XC 150 21 Speed juga memiliki fork dengan tipe ION susp Fork 26” dengan double disc brake. Harga Rp. 1.550.000 (per September 2019).

Element Challenger 24sp Hydraulic Disc Brake
Element Challenger 24sp Hydraulic Disc Brake juga dibekali dengan ban kenda dengan ukuran 26 inci yang akan mempermudah kamu dalam menaklukan medan-medan pegunungan.

Sepeda ini dibuat dengan rangka atau frame yang terbuat dari bahan alloy yang menjamin kekuatan dan kekuatannya. Harga Rp. 2.000.000 (per September 2019).
KeteranganSepeda PacificSepeda Element
Asal negaraIndonesiaIndonesia
Nama perusahaanPT Roda Pasifik MandiriPT. Roda Maju Bahagia
Tahun berdiriPerusahaan berdiri tahun 1995, tetapi untuk Pacific Bike tahun 2009Berdiri sejak Agustus 2016
Jenis sepeda Berbagai jenis sepeda mulai dari sepeda MTB atau gunug, sepeda hybrid, sepeda fixie, sepeda lipat, sepeda balap hingga sepeda anakBerbagai jenis sepeda mulai dari sepeda MTB atau gunug, sepeda hybrid, sepeda fixie, sepeda lipat, sepeda balap hingga sepeda anak

Pilih Mana: Sepeda Pacific atau Sepeda Element?

Sepeda PacificSepeda Element
Kelebihan- Harga bervariasi - Sistem pengereman yang baik - Sudah terkenal - Harga cukup terjangkau - Varian sepeda yang cukup banyak - Konsumen bisa survei terlebih dahulu
Kekurangan- Ban belakang kurang bagus - Toko resmi jarang ditemukan - Fitur kurang pas - Sistem pengereman kurang baik - Ban belakang yang kurang pas - Tidak terlalu populer

Kesimpulan

Kedua merek sepeda yang sudah dijelaskan yaitu sepeda Pacific dan Element keduanya memeiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya juga banyak terjual di indonesia bahkan sampai keluar negeri karena memang harganya yang termasuk terjangkau. Tetapi memang sepeda Pacific banyak pilihan orang dibandingkan sepeda Element. Tetapi jika kamu ingin survei terlebih dahulu sehingga mendapatkan sepeda seperti yang kamu inginkan perusahaan Element menerapkan hal tersebut guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepeda Pacific vs Sepeda Element

VS

Leave a Reply