KendaraanOlahraga

Pilih Mana: Sepeda Pacific atau Sepeda Exotic?

Meski saat ini kita hidup pada zaman modern, namun keberadaan sepeda makin banyak di jalanan kota. Sepeda tidak hanya mereka gunakan untuk berolahraga, Namun banyak yang menggunakannya sebagai alat transportasi utama untuk bekerja maupun bersantai. Saat ini ada banyak sekali model dan jenis sepeda yang di tawarkan oleh produsen sepeda. Salah satunya yaitu Sepeda Pacific atau Sepeda Exotic.

Kedua sepeda tersebut menawarkan harga yang murah, ramah lingkungan ,dan perawatan yang murah dan mudah, Namun, dari keduanya dalam bersaing untuk menentukan sepeda mana yang lebih baik, siapakah pemenangnya? Pada artikel kali ini akan kita bahas lebih lanjut keduanya dari segi kelebihan dan kekurangan dan juga akan kita berikan rekomendasi jenis sepeda keduanya untuk kalian, Yuk langsung saja disimak!

Sepeda Pacific

Pacific merupakan salah satu merk sepeda yang diproduksi oleh PT Roda Pasifik Mandiri (RPM), Sepeda rilisan Pacific Bike didukung dengan desain sepeda yang menarik, jangkauan pasar yang luas, serta harga yang menggiurkan sehingga tidak heran banyak yang meganggumi sepeda ini.  Baca juga rekomendasi Sepeda MTB Paling Bagus

Merk Pacific mulai booming sejak tahun 2015 ini dengan dimulainya sepeda gunung dibuat dengan bahan Alloy, Kebanyakan Sepeda Pacific dijual dengan harga yang murah karena buatan lokal namun dengan kualitas yang tinggi.

Distribusi produk sepeda Pacific Bike tidak hanya laku di pasar nasional, tetapi juga luar negeri. Sepeda pacific telah diekspor ke Thailand serta menjajaki pasar India, baik dengan merek asli ataupun dengan merek lainnya.

Kelebihan Sepeda Pacific

  • Fork yang bagus
    Sepeda Pacific ini sudah dilengkapi dengan sistem fork yang bagus, salah satu produknya yaitu Pacific Bike Override 26 yang dikhusukan untuk dikendarai di medan yang sulit, sepeda kamu akan lebih serang terbanting atau pun sekedar terbentur di bebatuan. Untungnya, rangka utama yang terbuat dari bahan alloy ringan namun kuat.
  • Sistem pengereman yang baik
    Sistem pengereman yang ada pada sepeda Pacific ini sudah hydrolic. Sistem hydrolic ini merupakan sistem pengeraman yang cakram baik bagian depan maupun belakang tentunya. Tentunya, dengan sistem pengereman yang baik keamanan untuk mengendari sepeda pacific ini cukup terjamin.
  • Harga terjangkau
    Sepeda Pacific ini memang memiliki harga yang terbilang terjangkau, hal ini dekarenakan bahan yang digunakan berupa alloy yang didapat dari negera China dan di produksi di Indonesia sehingga biaya produksi lebih murah dan lebih mudah di pasarkan.

Kekurangan Sepeda Pacific

  • Ban belakang yang kurang pas
    Sebagian dari konsumen kadang menemukan kekecewaan ketika membeli sepeda Pacific. Hal ini dikarenakan beberapa produk sepeda ini memiliki ban belakang yang tidak pas tengah. Oleh sebab itu, sangat tidak nyaman untuk dikendarai.
  • Toko resmi yang terbatas
    Jika melihat beberapa review beberapa konsumen, kebanyakan kesulitan menemukan toko resmi produk Pacific ini. Sehingga jika kalian ingin membeli produk ini harus ke toko sport di masing-masing daerah yang terkadang jenisnya terkadang tidak lengkap.
  • Fitur yang kurang pas
    Sepeda Pacific termasuk sepeda yang murah, namun dipaksa diberi fitur dengan kualitas tinggi, sepeda murah namun diberi grupset (fitur) yang lebih bagus, dibandingkan produk sepeda sekelasnya.
Spesifikasi Keterangan
Negara pembuatan Indonesia
Merk Pacific
Rata-Rata Harga (per September 2019)Rp. 950.000 - Rp. 3.500.000

Sepeda Exotic

Exotic merupakan salah satu vendor yang juga menciptakan berbagai jenis produk sepeda, mulai dari sepeda gunung, sepeda lipat, dan sepeda biasa. Sepeda ini dapat menjadi pilihan yang tepat karena harga sepeda yang tidak begitu mahal namun memiliki kualitas yang sangat tinggi. Saat ini terdapat berbagai macam sepeda Exotic yang bisa kamu pilih sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan yang kamu inginkan. Sepeda Exotic juga dapat ditemukan di berbagai penjualan Online seperti di Tokopedia.

Banyak yang belum mengetahui bahwa Sepeda Exotic ini berasal dari Negara Italia. 

Kelebihan Sepeda Exotic

  • Menggunakan sistem internal cable routing
    Sepeda Exotic ini dilengkapi dengan sistem internal cable routing (jalur kabel masuk ke dalam rangka) sehingga penampakan lebih rapi dan modis,
  • Roda dapat dilepas pasang dengan mudah
    Kelebihan sepeda Exotic selanjutnya yaitu dari segi rodanya, karena roda pada sepeda ini gampang dilepas pasang tanpa menggunakan alat, sehingga memudahkan jika ingin mengganti ban jika terjadi kerusakaan maupun ingin mengganti ban yang lain.
  • Memiliki rangka yang kuat dan tahan banting
    Untuk bagian rangka sepeda Pacific tidak perlu diragukan lagi karena sepeda ini sudah dilengkapi dengan rangka yang kuat dan tahan banting yang dapat dikendari dalam semua kondisi sehingga, dapat awet dalam penggunaan sepeda ini.

Kekurangan Sepeda Exotic

  • Sulit di temukan di toko offline
    Kekurangan Sepeda Exotic yang pertama yaitu sulitnya ditemukan di offline store selain sepeda ini tidak memiliki toko resmi, persediaan sepeda Exotic ini juga sangat sulit ditemukan dengan jenis yang lengkap.
  • Jenis yang sedikit
    Dibandingkan dengan sepeda Pacific yang menegeluarkan banyak jenis sepeda dan sudah ada dipasaran Indonesia, Sepeda Exotic ini jenisnya terbilang sedikit, mungkin karena sepeda ini berasal dari luar Indonesia yang membuat berbagai jenis sepeda ini belum masuk ke Indonesia.
  • Fitur yang tidak lengkap
    Dibandingkan dengan sepeda Pacific yang dilengkapi dengan fitur yang terbilang lengkap, fitur yang ada pada sepeda Exotic ini tidak sebanyak yang ada pada sepeda Pacific.
Spesifikasi Keterangan
Negara pembuatan Italia
Merk Exotic
Rata-Rata Harga (per September 2019)Rp. 900.000 - Rp. 2.500.000
Lihat juga:  Pilih Mana: Vespa GTS 300 atau Vespa Sprint 150?

Rekomendasi Sepeda Pacific dan Exotic

1. Pacific Bike Avenger 3.0 27.5
Dengan komponen utama berbahan advanced carbon yang ringan membuatnya semakin kencang saat dikendarai. Belum lagi, faktor stiff dan roda berukuran 27.5” yang dimilikinya akan memastikan bahwa tidak hanya mudah untuk menggunakannya saat balapan tetapi juga akan memungkinkan kamu untuk tetap merasa lebih nyaman saat mengendari di keadaan jalan yang sulit.

Pada dasarnya, Pacific Avenger 3.0 ini secara khusus diciptakan demi keperluan hardtail dengan fokus utama untuk meningkatkan performa balapan.

2. Pacific Bike Eclipse 5.0
Berbagai komponen Pacific Bike Eclipse 5.0 menjadi daya tarik sendiri karena memang terbukti berkualitas. Rangka utamanya yang ringan membuat pemaksimalan kecepatan di jalanan terjal menjadi lebih mudah, belum lagi kualitas rangka tersebut yang tahan karat.

Dominasi Shimano sebagai komponen utama juga menjadi nilai lebih. Untuk urusan kecepatan dan kendali, Pacific Eclipse 5.0 memiliki 224 pilihan pengoperasian gigi demi membuat kamu lebih mudah dalam mengelola kecepatan.

3. Pacific Bike Tranzline 300
Rangka yang ada pada Pacific Tranzline 300 menggunakan Hydroformed Aluminium Alloy Frame yang cukup ringan, sehingga kamu sangat nyaman saat menggunakannya, apalagi jika kaum hawa yang pemula untuk mengendarai sepeda ini yang akan membuat nyaman saat berkendara.

Untuk pada bagian fork, Pacific Tranzline 300 dilengkapi dengan front fork dari Zoom Alloy Crown yang cukup empuk untuk ukuran sepeda gunung bagi para pemula sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk merasa pegal ketika berkendara dalam waktu yang panjang. Kamu akan tetap merasa nyaman ketika berkendara dengan sepeda Pacific Bike Tranzline 300 ini.

Sistem perpindahan gigi di jalanan yang menanjak ataupun menurun juga sangat dibutuhkan oleh sepeda gunung tidak terkecuali Pacific Tranzline 300 ini. Demi tetap memberikan kenyamanan di jalanan yang berliku dan tantangan alam yang cukup berat di area perbukitan dan pegunungan, Pacific Bike melengkapi Pacific Tranzline 300 dengan Shimano TX55 pada front derailleur dan rear derailleur.

4. MTB Exotic ET 2656
Sepeda MTB Exotic ET 2656 ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan jenis sepeda gunung untuk berolahraga atau melakukan aktivitas sehari- hari. Sepeda yang memiliki ukuran sebesar 26 inchi ini dilengkapi banyak fitur yang akan membuat nyaman setiap penggunanya.

Mulai dari Shinamo Tourney 3×7 speed thumbshifetr, Frame yang terbuat dari Alloy Aluminium, Rem cakram depan dan belakang dengan memakai sistem mekanik. Tidak hanya itu, sepeda ini juga dilengkapi dengan shock oversize dengan ukuran 12 cm, Sadel slim, dan ban luar dengan merek Exotic.

5. MTB Pacific Exotic 200
Sepeda ini juga merupakan jenis sepeda gunung yang sangat nyaman untuk digunakan. Hal ini dikarenakan sepeda ini memiliki transmisi 21 speed dan rangka dengan bahan dasar aluminium aloy dengan EZ- Fire Shifter dan Fork sehingga membuat ringan dan sepeda ini juga sangat nyaman untuk dikendarai.

Kelebihan lain dari sepeda ini yaitu memiliki fitur Shimano Rear Derailleur, Shimano EF51 Shifting Lever, Shinamo Front Derailleur, 26×16 inch Hydroformed Aluminium Aloy Hard Tail Mountaint Bike Frame, Neco Bearing Bototm Bracket Shell, Zoom Suspension Fork, Kick Stand, Oversized Aluminium Aloy, Kenda Tire and Tube, Handlebar, dan Prowheel Chainwheel.

Pilih Mana: Sepeda Pacific atau Sepeda Exotic?

Sepeda Pacific Sepeda Exotic
Kelebihan- Fork yang bagus - Sistem pengereman yang baik - Harga terjangkau - Menggunakan sistem internal cable routing - Roda dapat dilepas pasang dengan mudah - Memiliki rangka yang kuat dan tahan banting
Kekurangan- Ban belakang yang kurang pas - Toko resmi yang terbatas - Fitur yang kurang pas - Sulit di temukan di toko offline - Jenis yang sedikit - Fitur yang tidak lengkap

Kesimpulan 

Berdasarkan artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua Sepeda Pacific dan Sepeda Exotic mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing dan mempunyai harga yang cukup ramah dikantong, Oleh karenanya, Sebelum kalian memilih sepeda untuk digunakan untuk berkegiatan ataupun untuk menjadi transportasi kalian harus melihat dari segi spesifikasi dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya guys!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepeda Pacific VS Sepeda Exotic

VS

 

 

Leave a Reply