KendaraanOlahraga

Pilih Mana: Sepeda Pacific atau Sepeda United?

Sepeda Pacific dan United adalah kedua merek jenis sepeda yang sudah banyak menjadi pilihan bagi semua orang terutama untuk pecinta bersepeda. Kedua merek sepeda ini juga adalah keluaran indonesia yang kualitasnya sudah sangat baik.

Kedua merek sepeda ini bisa menjadi rekomendasi untuk kamu karena juga memiliki berbagai jenis sepeda yang dikeluarkan kedua merek. Apakah kamu sudah ada sepeda merek dari salah satu kedua merek ini? Atau berniat ingin membeli sepeda antara kedua merek?

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai kedua merek mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua merek sepeda tersebut. Jadi, pastikan kamu harus membaca artikel kali ini sampai habis ya guys. Selamat membaca.

Sepeda Pacific

Pacific merupakan salah satu merek sepeda yang diproduksi oleh PT Roda Pasifik Mandiri (RPM) dan merupakan produk utama dari Pacific Bike di Semarang, Jawa tengah, tepatnya di kawasan industri Terboyo, selain itu Pacific Bike juga memiliki fasilitas perakitan, di Medan, Sumatera Utara. Baca juga Pilih Mana: Sepeda Specialized atau Sepeda Polygon?

Distribusi produk sepeda Pacific Bike tidak hanya laku di pasar nasional, tetapi juga luar negeri. Sepeda pacific telah diekspor ke Thailand serta menjajaki pasar India, baik dengan merek asli ataupun dengan merek lainnya.

Kelebihan Sepeda Pacific

  • Harga terjangkau
    Sepeda Pacific memiliki harga yang cukup terjangkau, sudah banyak orang yang mengklaim akan hal ini. Dan sepeda Pacific sudah banyak menjadi pilihan untuk orang yang suka dengan olahraga sepeda khususnya.
  • Sistem pengereman yang baik
    Berbagai jenis sepeda dari sepeda Pacific ini memiliki fitur yang cukup baik seperti contohnya rem pada sepeda yang cukup tangguh, dengan sekali rem yang tidak terlalu kamu tekan membuat sepeda berhenti dengan maksimal. Sistem pengereman yang dimiliki sepeda Pacific ini sudah hydrolic. Sistem hydrolic ini merupakan sistem pengereman yang cakram baik bagian depan maupun belakang tentunya.
  • Fork yang bagus
    Sepeda Pacific telah dilengkapi dengan sistem fork yang bagus, salah satu produknya yaitu Sepeda Pacific Exotic 200 dengan bahan dari zoom yang bagus dikelasnya membuat kamu nyaman saat bersepeda.

Kekurangan Sepeda Pacific

  • Ban belakang kurang bagus
    Beberapa konsumen kadang menemukan kekecewaan ketika membeli sepeda Pacific ini. Hal ini dikarenakan beberapa produk sepeda ini memiliki ban belakang yang tidak pas hal ini sangat disayangkan sekali ya guys.
  • Toko resmi jarang ditemukan
    Meski pada sepeda Pacific ini memiliki banyak kelebihan yang sudah dijelaskan di atas, tetapi kekurangan satu ini cukup disayangkan yaitu toko resmi sepeda Pacific ini jarang ditemukan di daerah-daerah tertentu.
  • Fitur kurang pas
    Sepeda Pacific termasuk sepeda yang murah, namun dipaksa diberi fitur dengan kualitas tinggi, sepeda murah namun diberi groupset (fitur) yang lebih bagus, dibandingkan produk sepeda sekelasnya.

Pada tabel di bawah ini terdapat beberapa model atau tipe sepeda Pacific yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

Model Sepeda PacificHarga
Sepeda MTB 20 inch Pacific Double Suspensi Doubel CakramRp. 2.500.000 (per September 2019)
Pacific Sepeda Hybrid TRX 2707 Rp. 2.200.000 (per September 2019)
Sepeda BMX 20 Inch PacificRp. 1.500.000 (per September 2019)
Sepeda Fixie Pacific Trx-2707 Rp. 1.600.000 (per September 2019)
Sepeda 16 Lipat Pacific New 2980 RX V-BrakeRp. 1.300.000 (per September 2019)

Sepeda United

Sepeda United adalah salah satu merek sepeda yang sangat populer di Indonesia, produk dan model dari sepeda United ini sudah banyak dikeluarkan. Sepeda United ini juga sudah sangat terkenal di kalangan internasional, bahkan setiap tahun merek sepeda ini mengekspor keluar negeri.

PT Terang Dunia Internusa adalah perusahaan yang memproduksi sepeda United ini. PT Terang Dunia Internusa ini berdiri pada tahun 1992, di kawasan kampung Momonot yang terletak di Desa Telanjung Udik, Gunung Putri.

Kelebihan Sepeda United

  • Sudah terkenal
    Salah satu kelebihan yang dimiliki sepeda dari merek United ini adalah bahwa sepeda ini sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat, baik masyarakat indonesia maupun masyarakat luar negeri. Apalagi bagi kamu yang pecinta sepeda pasti tahu dengan merek sepeda United ini benar ya.
  • Kualitas rem yang sangat baik
    Pengalaman yang tinggi untuk sepeda gunung menjadi salah satu keunggulan dari merk sepeda terbaik yang satu ini, dilengkapi dengan rem cakram hidrolik dan sistem saklar penguncian suspensi, yang berguna untuk mengerem mendadak di jalanan terjal.
  • Harga yang cukup terjangkau
    Kelebihan yang dimiliki sepeda United ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau ya guys, hal ini serupa dengan merek sepeda Pacific yang sudah dijelaskan di atas. Jika memang adanya selisih hanya selisih puluhan ribu saja atau ratusan ribu saja.
Lihat juga:  Pilih Mana Sepeda Polygon atau Pacific?

Kekurangan Sepeda United

  • Pilihan warna terbatas
    Beberapa banyak yang mengklaim bahwa pada saat mereka akan membeli merek sepeda United ini, dengan model tipe yang disukai kebanyakan warna yang tersedia cukup sedikit nih guys. Sehingga untuk membeli sepeda United ini biasanya warna sudah ditentukan dari sebuah toko tersebut.
  • Beberapa tipe model hanya teknologi satu gear
    Beberapa tipe model dari sepeda United ini hanya teknologi satu gear yaitu teknologi satu gear yang diterapkan tidak disarankan untuk dipakai menempuh perjalanan jauh, karena jika dipaksakan, anda sendiri yang akan merasakan betapa lelahnya.
  • Fitur yang pas-pasan
    Beberapa juga pecinta sepeda ketika membeli sepeda United dengan harga yang terjangkau, bahwa memiliki fitur yang pas-pasan tetapi hal ini bukan termasuk fitur yang tidak bagus ya guys. Tetap saja bagus, fitur pas-pasan tersebut sepertinya sesuai dengan harga yang dijual.

Sepeda Pacific dan United adalah kedua merek sepeda yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Kedua merek tersebut juga banyak menjual jenis sepeda sesuai kebutuhan kamu. Apakah kamu sudah mengetahui jenis-jenis sepeda? Jika belum di bawah ini akan menjelaskan beberapa jenis sepeda yang terkenal.

Pada tabel di bawah ini terdapat beberapa model atau tipe sepeda United yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

Model Sepeda UnitedHarga
Sepeda MTB 27.5 United Detroit 1.0 Rp. 2.100.000 (per September 2019)
United Sepeda Hybrid Slick 71 Rp. 2.100.000 (per September 2019)
United Trance BMXRp. 1.300.000 (per September 2019)
Fixie United Soloist 7.2 Rp. 1.700.000 (per September 2019)
Sepeda 16 Lipat United Stylo Rp. 1.500.000 (per September 2019)

Jenis Sepeda

  • Sepeda Gunung (MTB)
    Sesuai dengan namanya, sepeda ini terasa lebih cocok bila digunakan dalam area pegunungan atau medan berat lainnya. Sepeda gunung atau bisa dikenal dengan sebutan Mountain Bike (MTB) ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970.
  • Sepeda Balap
    Sepeda balap merupakan jenis sepeda yang digunakan di jalan raya dengan kecepatan tinggi. Para atlet balap sepeda biasanya menggunakan jenis sepeda yang satu ini. Sepeda balap ini jika dipacu di jalan datar mampu melaju hingga kecepatan 60 km/jam.
  • Sepeda Hybrid
    Jenis sepeda yang satu ini merupakan perpaduan antara sepeda gunung dan sepeda balap. Sepeda yang satu ini lebih cocok digunakan di jalan raya.
  • Sepeda BMX
    Sepeda ini banyak digunakan untuk atraksi ekstrim dan juga merupakan jenis sepeda yang paling disukai oleh kaum lelaki. Sekarang ini banyak sekali komunitas sepeda BMX yang tersebar di seluruh dunia.
  • Sepeda Lipat
    Meskipun terbilang baru, jenis sepeda yang satu ini rupanya telah banyak memikat para pengguna sepeda. Mereka yang mengusung gerakan “bike to work” juga banyak yang menggunakannya.
  • Sepeda Fixie
    Sepeda fixie mempunyai desain yang cukup unik dengan tampilan warnanya yang cerah. Selain itu, sepeda fixie juga terlihat lebih sederhana karena tidak adanya kabel kabel rem yang umumnya ada di sepeda. Meskipun tanpa adanya kabel kabel rem, sepeda fixie ini bisa mengurangi kecepatan dengan cara menggoes kebelakang.
  • Sepeda Onthel
    Sepeda onthel adalah sepeda klasik yang pernah populer di Indonesia sekitar tahun 70-an. Meskipun sekarang ini keberadaanya tidak sepopuler zaman dulu, akan tetapi sepeda onthel masih tetap eksis di beberapa wilayah Indonesia, terutama di daerah pedesaan.

Pilih Mana: Sepeda Pacific atau Sepeda United?

Sepeda PacificSepeda United
Kelebihan- Harga terjangkau - Sistem pengereman yang baik - Fork yang bagus - Sudah terkenal - Kualitas rem yang sangat baik - Harga yang cukup terjangkau
Kekurangan- Ban belakang kurang bagus - Toko resmi jarang ditemukan - Fitur kurang pas - Pilihan warna terbatas - Beberapa tipe model hanya teknologi satu gear - Fitur yang pas-pasan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai sepeda Pacific dan sepeda United adalah kedua merek sepeda yang sudah terkenal di indonesia bahkan sampai ke luar negeri keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya juga banyak mengeluarkan model atau jenis sepeda yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jadi, untuk pemilihan sepeda bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan kamu ya, untuk harga kedua merek tersebut menjual sepeda mulai dari harga terjangkau hingga harga yang mahal.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepeda Pacific vs Sepeda United

VS

Leave a Reply