KendaraanOlahraga

Pilih Mana: Sepeda United atau Sepeda Element?

Kegiatan olahraga yang menyehatkan tidak hanya dilakukan dengan jogging tetapi bisa juga dilakukan dengan bersepeda. Selain menguatkan otot kaku, bersepeda juga bisa menghilangkan rasa stres akibat pekerjaan kantor atau sebagainya. Untuk itu biasakan bersepeda saat ini juga dengan beberapa merek terkenal seperti Sepeda United dan Sepeda Element.

Sepeda United dan Sepeda Element adalah merek sepeda yang cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Jenis dari kedua merek sepeda terkenal ini terbilang cukup banyak sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan calon pembelinya.

Terus pantengin artikel ini yang akan membahas lebih dalam mengenai Sepeda United dan Sepeda Element agar bisa kamu jadikan acuan dalam memilih dan membeli sepeda andalan kamu. Check it out!

Sepeda United

Sepeda United adalah salah satu merek sepeda yang sangat populer di Indonesia, produk dan model dari sepeda United ini sudah banyak dikeluarkan. Sepeda United ini juga sudah sangat terkenal di kalangan internasional, bahkan setiap tahun merek sepeda ini mengekspor keluar negeri.

PT Terang Dunia Internusa merupakan perusahaan yang memproduksi sepeda United yang sudah berkecimpung pertama sekali di aspek suku cadang sepeda, selama 50 tahun. Tetapi, baru pada tahun 1991, perusahaan ini memberanikan diri untuk membuat serta menjual sepeda sendiri yang diberi merek United.

Memiliki pengalaman mumpuni di bidang persepedaan membuat PT Terang Dunia Internusa dapat memproduksi sepeda dengan berbagai jenis dan model, dan untuk banyak kalangan, baik usia muda maupun tua. Baca juga Pilih Mana: Sepeda Polygon atau Sepeda Element?

Kelebihan Sepeda United

  • Koleksi yang lengkap
    Terdapat 9 kategori sepeda yang dipasarkan oleh PT Terang Dunia Internusa. Selain sepeda anak-anak, sepeda United memiliki sepeda di jenis BMX, city bike, mountain bike, sepeda lipat, tandem bike, fixed gear bike (fixie), road bike, dan hybrid bike.
  • Material yang baik
    Salah satunya yakni material hi-ten steel atau baja, merupakan bahan yang mempunyai harga paling ekonomis diantara bahan frame sepeda united lainnya. Mempunyai kelebihan tidak gampang patah sebab dibuat dari besi. Umumnya bahan ini didesain untuk jenis sepeda umum dan sport yang amatir.
  • Harga lebih terjangkau
    Jika dibandingkan dengan para kompetitornya, United terbilang memiliki harga yang cukup ekonomis. Hal ini cocok untuk kamu para pemula yang hanya sekedar bersepeda mengelilingi taman atau jalanan kota.

Kekurangan Sepeda United

  • Pilihan warna kurang variatif
    Kekurangan pertama yang dimiliki United adalah varian warna nya yang tergolong sedikit dan kurang variatif. Hal ini tentu saja mempengaruhi minat dari calon pembeli.
  • Bahan yang mudah berkarat
    Kebanyakan bahan yang digunakan oleh sepeda United yang khusus untuk pemula adalah hi-ten steel baja yang memiliki kekurangan mudah karatan dan berat. Hal ini tentu saja lumrah mengingat material ini memiliki harga yang tergolong murah.
  • Outlet masih kurang banyak
    Kekurangan terakhir yaitu outlet atau toko sepeda resmi dari United terbilang masih sedikit tersebar di seluruh Indonesia. Tentu ini menyulitkan mereka yang ingin memiliki United untuk sepeda andalan mereka.

Rekomendasi Sepeda United

United Hybrid Slick 71
Frame sepeda United Slick 71 ini tahan karat dan tergolong ringan. Sepeda ini pula dilengkapi dengan sistem pengereman yang sederhana sehingga konsumennya dapat menghemat biaya perawatan. Pemula yang belum terbiasa dengan maintenance sepeda juga tidak perlu khawatir sebab ban sepeda ini mudah untuk dilepas dan dipasang kembali.

United Hybrid Felipe H72
Rangka sepeda United Felipe H72 dibuat dari bahan alloy yang enteng dan tahan karat. Ban sepedanya didesain slim sehingga membuat kamu merasa nyaman dalam berkendara dan bisa melaju lebih cepat di jalur aspal.

United Hybrid Felipe H73
Frame sepeda ini dibuat dari alloy aluminium yang ringan dan memakai komponen utama keluaran Shimano, sehingga kualitas produknya sudah terjamin terutama soal ketahanan. Dengan bobotnya yang enteng, sepeda ini tetap nyaman dikendarai di jalan yang berkerikil sekalipun!

United Nucleus 3.00
Didesain secara khusus, roda pada produk ini amat mudah untuk kamu lepas pasang sehingga kamu bisa dengan mudah menggantinya saat rusak atau menambal ban yang bocor. Sistem penggantian giginya juga tergolong mudah, cukup menekannya memakai jempol dan telunjuk kamu untuk mencapai gear yang kamu butuhkan.

Spesifikasi UnitedKeterangan
DidirikanPT. Terang Dunia Internusa
Tahun berdiri Tahun 1991
Web resmiunitedbike.com
Lihat juga:  Pilih Mana: Honda BR-V atau Honda H-RV?

Sepeda Element

Element ini termasuk produk sepeda produksi lokal aliasan produksi Indonesia. Namun produk sepeda yang paling dikenal dari merek ini merupakan produk sepeda gunung yang sudah cukup dikenal dan terkenal dengan nama Element.

Element mempunyai berbagai macam jenis sepeda tidak cuma sepeda gunung. Terdapat sekitar 6 jenis sepeda yang dapat menjadi opsi dan bisa menyesuaikan dengan segala kebutuhan kamu, diantaranya yaitu sepeda lipat, sepeda BMX, sepeda Balap, sepeda Fixie dan sepeda anak.

Walaupun karya asli lokal, produk sepeda Element senantiasa mengutamakan kualitas sebab pembuatan sepeda-sepeda Element didukung dengan teknologi-teknologi terkini serta terbaik. Termasuk juga sepeda balap produksi Element yang dapat kamu bandingkan kualitasnya dengan merek yang lain.

Kelebihan Sepeda Element

  • Jenis yang bervariatif
    Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa Element memiliki banyak jenis sepeda seperti sepeda lipat, sepeda BMX, sepeda Balap, sepeda Fixie dan sepeda anak. Hal ini bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu.
  • Harga yang terjangkau
    Sama halnya dengan United, Element tergolong memiliki harga yang cukup terjangkau. Jadi bakal cocok banget buat kamu yang masih pemula jika ingin membeli sepeda asli buatan Indonesia ini.
  • Kualitas terbaik
    Sepeda ini dibuat dengan rangka atau frame yang terbuat dari bahan alloy yang menjamin kekuatan serta kekokohannya. Dan sebagian fiturnya memudahkan pesepeda dalam menaklukkan berbagai macam medan jalanan yang terjal sekalipun.

Kekurangan Sepeda Element

  • Kurang terkenal
    Kekurangan yang pertama dari Sepeda Element yaitu kurang terkenal. Hal ini akan membuat orang jadi kurang percaya dengan Element dan cenderung membeli sepeda yang sudah terkenal.
  • Outlet masih sedikit
    Sama halnya dengan sepeda United, Element juga memiliki outlet yang masih sedikit di seluruh Indonesia.
  • Sistem pengereman masih memakai cakram mekanik non series
    Hal ini tentu membuat pengereman sepeda Element kurang sebaik para kompetitor nya. Namun hal ini bukan menjadi hal yang besar jika kamu hanya berkeliling taman atau jalanan sekitar rumah saja.

Rekomendasi Sepeda Element

Element Ecosmo 20
Element memiliki banyak pilihan sepeda lipat yang berkualitas dengan ragam pilihan harga. Untuk yang pertama, kamu bisa memilih Element Ecosmo ukuran ban 20 inci. Kerangka atau frame dari sepeda lipat baik serta ekonomis ini dibuat dari bahan alloy yang ringan dan tahan karat.

Element US Military
Element ini dibuat dari bahan campuran logam (alloy) yang ringan dan tahan terhadap karat. Sedangkan performanya sendiri, sepeda ini memiliki responsibilitas handling yang amat baik untuk menghadirkan kenyamanan pada saat pemakaian sepeda dengan jarak yang jauh.

Element XC 925
Jika kamu mempunyai budget lebih, kamu bisa membeli XC 925 dari Element. Sepeda ini terbuat dari Frame Hydroformed Alloy inner cable yang mempunyai Shifter Shimano Deore 30 Speed dengan piringan cakram rem hidrolik. Sepeda ini juga ditunjang oleh fork ION-L suspension yang bisa membantu mempertahankan keseimbangan.

Element FRC 51
Sepeda balap ini didesain dengan frame alloy yang ringan namun tetap kokoh. Jumlah speed yang dapat ditawarkan sepeda balap ini yaitu 14. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir untuk kecepatan sebab sepeda ini amat cukup untuk menopang kebutuhan bersepeda santai di jalanan yang rata maupun sedikit menanjak.

Spesifikasi ElementKeterangan
DidirikanPT. Roda Maju Bahagia
Tahun berdiri Tahun 2016
Web resmielementbike.com

Pilih Mana: Sepeda United atau Sepeda Element?

Sepeda UnitedSepeda Element
Kelebihan- Koleksi yang lengkap - Material yang baik - Harga lebih terjangkau - Jenis yang bervariatif - Harga yang terjangkau - Kualitas terbaik
Kekurangan- Pilihan warna kurang variatif - Bahan yang mudah berkarat - Outlet masih kurang banyak - Kurang terkenal - Outlet masih sedikit - Sistem pengereman masih memakai cakram mekanik non series

Kesimpulan

Sepeda United dan Sepeda Element sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Varian dari kedua jenis sepeda ini juga cukup beragam, jadi kamu tidak perlu bingung lagi akan memilih yang mana untuk dijadikan sepeda andalan kamu. Jika kamu kesusahan dalam mencari outlet dari kedua sepeda terkenal ini, kamu bisa memesan lewat web resmi mereka atau toko-toko online lainnya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepeda United vs Sepeda Element

VS