ElektronikHomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Setrika Maspion atau Setrika Cosmos?

Tampil rapi setiap hari tidak lepas dari adanya peran dari setrika yang bisa digunakan di rumah. Bayangkan, jika tidak ada alat pelicin pakaian ini.  Pakaian terkesan jelek dan tidak rapi.

Jika dulu kita menggunakan setrika dengan arang sebagai bahan pemanas. Saat ini, hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan untuk merapikan pakaian. Tinggal colok setrika elektrik ke sumber listrik, atur tingkat kepanasan, lalu mulai menggosok hingga rapi.

Saat ini, sudah banyak juga berbagai merek pembuat peralatan elektronik yang juga menghadirkan produk setrika unggulan. Misalnya Maspion dan Cosmos, yang berlomba-lomba dalam hal produk elektronik dengan menawarkan fitur yang menarik. Lalu mana yang lebih baik dari keduanya? Simak ulasan berikut ini!

Setrika Maspion

Maspion merupakan lokal yang memproduksi berbagai jenis peralatan elektronik terbesar di Indonesia. Perusahaan ini berfokus pada produksi dan pemasaran berbagai produk peralatan rumah tangga seperti peralatan dapur, peralatan rumah tangga plastik, barang pecah belah, dan produk elektronik seperti halnya setrika.

Maspion membuat setrika lokal dengan kualitas terbaik. Dengan banyaknya pilihan varian jenis setrika, brand setrika baju Maspion dipersenjatai dengan temperature control untuk mengatur suhu pada setiap jenis pakaian yang akan disetrika.

Produk pelicin pakaian ini sendiri terbuat dari bahan pelat non-stick yang membuatnya tidak akan lengket ketika menyetrika pakaian.

Kelebihan Setrika Maspion

1. Hemat Daya Listrik
Setrika Maspion mempunyai watt yang relatif rendah sehingga kamu tidak perlu khawatir soal tingginya tagihan listrik. Jadi mau menyetrika sebanyak dan selama apapun akan tetap hemat listrik.

2. Harga Terjangkau
Berbicara soal harga, setrika Maspion memiliki harga yang relatif terjangkau karena ini merupakan merek karya lokal yang sehingga biaya distribusi bisa dihapuskan. Hal inilah yang menjadi kelebihan penting dari Maspion.

3. Terdapat banyak pilihan
Terdapat banyak sekali pilihan jenis setrika Maspion yang salah satunya mungkin yang sangat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Kekurangan Setrika Maspion

1. Desain kurang menarik
Desain yang diusung oleh Maspion sendiri dirasa kurang menarik dan terkesan jadul. Hal ini tentu berpengaruh untuk menarik minat calon pembeli agar mau membeli produk ini.

2. Kerap mengalami kendala pada penghubung arus listrik
Hal yang sering terjadi pada setrika Maspion adalah arus listrik yang mengalami kendala. Jadi pada saat dihubungkan ke arus listrik tapi lampu indikator tidak mau menyala dan setrika tidak mau panas.

3. Setrika berkerak
Sesungguhnya ini bisa terjadi pada semua merk setrika, namun Maspion juga tak jarang mengalami hal ini. Untuk itu senantiasa rawat dan jaga setrika kamu agar senantiasa bersih dan memberikan hasil yang maksimal.

Setrika Cosmos

Cosmos bukanlah pemain baru. Merek ini telah eksis sejak tahun 1990-an dan terkenal dengan produk-produk yang kualitasnya bisa disejajarkan dengan produk luar negeri. Selain itu, Cosmos juga menawarkan varian setrika yang lebih beragam. Saat ini, terdapat lima seri setrika Cosmos yang masih beredar di pasaran, yaitu CIS-418, CIS-428, CIS-438, CIS-318, dan CIS-318F.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oven Listrik atau Gas?

Keunggulan setrika Cosmos adalah desainnya yang menarik. Bahan yang digunakan pun diklaim dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun. Merek Cosmos juga salah satu merek pioner yang berhasil mendapatkan Standar Sertifikat Indonesia (SNI). Tentu merek ini aman untuk digunakan.

Kelebihan Setrika Cosmos

1. Berstandar Nasional Indonesia
Mungkin bagi Anda yang bertanya apakah Cosmos sudah berstandar SNI atau belum? Jawabannya iya sudah, merek Cosmos mendapatkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Jadi, tak ada keraguan lagi untuk menggunakan setrika Cosmos ini.

2. Konsumsi Listrik Irit
Kelebihan lain dari setrika merek cosmos adalah konsumsi listrik yang hemat. Cosmos diklaim lebih hemat listrik 2x lipat dari pada setrika pada umumnya.

3. Licin dan Mudah Saat Disetrika
Sementara itu, kelebihan lainnya setrika cosmos licin dan mudah menyetrika. Artinya jika dalam beberapa jam bisa disetrika dengan setrika biasa, maka akan menghasilkan 20 baju dalam menggunakan setrika cosmos.

4. Anti lengket
Masalah yang mungkin ditemui saat menggunakan setrika listrik adalah ketika setrika tiba-tiba menempel pada pakaian. Saat menggunakan setrika dari Cosmos. Setrika yang diproduksi Cosmos telah dilengkapi dengan lapisan keramik pada bagian sole plate-nya yang berfungsi sebagai konduktor panas.

Kekurangan Setrika Cosmos

1. Tidak Dapat Merapikan Semua Dasar Kain
Kekurangan Cosmos adalah setrika ini tidak bekerja dengan baik dalam merapikan semua dasar kain yang lebih berat seperti kain campuran poliester atau wol. Setrika cosmos hanya dapat bekerja maksimal pada kain ringan seperti katun dan linen.

2. Waktu Panas Lama
Kekurangan lain dari setrika cosmos ini adalah butuh waktu lama untuk panas. Anda perlu menunggu beberapa menit agar dapat menyetrika baju.

Pilih Mana: Setrika Maspion atau Setrika Cosmos?

Keterangan Setrika MaspionSetrika Cosmos
Kelebihan - Hemat Daya Listrik - Harga Terjangkau - Terdapat banyak pilihan- Berstandar Nasional Indonesia - Konsumsi Listrik Irit - Licin dan Mudah Saat Disetrika - Anti lengket
Kekurangan - Desain kurang menarik - Kerap mengalami kendala pada penghubung arus listrik - Setrika berkerak- Beberapa Daerah Masih Sulit Mendapat Sinyal - Harga Paket Internet Relatif Lebih Tinggi

Kesimpulan

Demikianlah review dan perbedaan dari setrika merek Maspion dan Cosmos yang patut Anda jadikan pertimbangan saat hendak membeli. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Setrika Maspion atau Setrika Cosmos

VS