Auto TechOtomotif

Pilih Mana: Shell Super atau Pertamax?

Mungkin hampir semua orang mengetahui produsen Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia adalah Pertamina. Namun sebenarnya tidak demikian. Ada produsen lain yang setara dengan Pertamina yaitu, Shell. Kedua produsen BBM ini, memiliki nilai RON yang sama pada spesifikasi bahan bakarnya. Pertamina memiliki produk Andalan yaitu Pertamax, sedangkan Shell mengeluarkan shell super untuk BBM berkelasnya.

Meski demikian tentu terdapat perbedaan antara kedua bahan bakar tersebut, karena memiliki keunggulan tertentu. Shell sendiri dikenal memiliki bahan bakar yang cukup berkualitas, sedangkan Pertamina memiliki SPBU yang sangat banyak jumlahnya di Indonesia.

Mengingat tingginya nilai RON dari kedua jenis bahan bakar ini, uji emisi yang dijalankan menyatakan bahwa Shell Super dan Pertamax sama-sama lolos dengan nilai HC 10 ppm untuk Pertamax, dan 9 ppm untuk Shell Super. Untuk lolos, angka HC yang disyaratkan maksimal adalah 200 ppm.

Uji emisi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa kedua bahan bakar ini menghasilkan gas CO sebanyak 0%, sehingga lolos dari uji emisi yang dilakukan.

Shell Super

Sebagai salah satu alternatif penyedia bahan bakar di Indonesia, Shell memiliki beberapa produk yang dipasarkan secara umum. Salah satu dari produk andalannya adalah Shell Super, yang memiliki oktan setara dengan Pertamax milik Pertamina. Namun tentu saja, terdapat beberapa kelebihan bahan bakar Shell Super yang tidak dimiliki Pertamax, sebagai salah satu daya tarik yang ditawarkan. Baca Juga Pilih Mana: Pertalite atau Pertamax?

Keunggulan utama dari Shell Super, yang merupakan salah satu produk dari Shell, adalah keberadaan teknologi Dynaflex yang diformulasikan khusus oleh bagian riset dan pengembangan dari Shell itu sendiri. Shell Super dijual dengan harga per liter Rp15.800, sedangkan Pertamax pada harga Rp12.500.

Kelebihan Shell Super

1. Hemat Dalam Jangka Panjang
Efisiensi penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi, sehingga cenderung lebih hemat dalam penggunaan jangka panjang.

2. Meminimalisir Terjadinya Endapan
Mampu membantu membersihkan bagian pembakaran kendaraan dan meminimalisir terjadinya endapan yang dapat memicu korosi mesin.

3. Melindungi Kendaraan Dari Gesekan Mesin
Membantu melindungi mesin kendaraan dengan mengurangi dampak buruk gesekan pada mesin atau tingkat keausan.

4. Menjaga Kondisi Mesin
Pada penggunaan jangka panjang akan mengurangi biaya perawatan kendaraan karena efek Dynaflex yang dimilikinya untuk bagian dalam mesin yang membantu menjaga kondisi mesin.

Kekurangan Shell Super

1. Harganya Lebih Mahal Dibanding Pertamax
Jika dilihat dari harga, Shell Super memiliki harga yang relative lebih mahal dari Pertamax. Hal ini menjadi salah satu kekurangan yang membuat Shell kalah pamor dibanding Pertamina.

Pertamax

Pertamax merupakan bahan bakar kendaraan bermotor bebas timbal yang memiliki nilai oktan yang sama dengan Shell Super. Nilai oktan bahan bakar jenis Pertamax adalah 92.

Dengan nilai oktan yang sebanyak itu, bahan bakar pertamax cocok digunakan untuk kendaraan bermotor dengan rasio kompresi 10:1 sampai dengan 11:1. Perlu diketahui bahwa, dalam series Pertamax terdapat Pertamax 92 dan Pertamax Turbo.

Lihat juga:  Pilih Mana: Knalpot Besi Galvanis atau Stainless Steel?

Kelebihan Pertamax

1. Ramah Lingkungan
Kelebihan pertamax adalah lebih ramah lingkungan. Hal ini disebabkan pembakaran yang lebih baik dan efisien, sehingga emisi gas yang dikeluarkan oleh bahan bakar ini lebih bersih.

2. Pembakaran Lebih Sempurna
Pertamax membuat proses perawatan kendaraan menjadi jauh lebih mudah dikarenakan tidak memiliki timbal dan memiliki proses pembakaran yang lebih sempurna sehingga klep, head, piston, serta busi sehingga memiliki kadar kerak atau deposit lebih minim.

3. Lebih Irit Dari Bensi Lain
Pertamax jauh lebih irit dibandingkan bensin lain. Pasalnya, Pertamax yang lebih sulit dibakar yang membuat proses pembakaran pada ruang pembakaran lebih baik.

4. Performa lebih responsif
Dengan nilai oktan yang tinggi, Pertamax dapat membuat mesin kendaraan bermotor lebih responsif. Hal ini disebabkan, kandungan bahan aditif Pertamax dapat membuat putaran gas dan beban kerja mesin lebih ringan.

Kekurangan Pertamax

1. Harga Lebih Mahal Dari Yang Lain
Harga Pertamax dibanderol jauh lebih mahal di banding BBM jenis lain. Ini dikarenakan Pertamax memang diperuntukkan bagi kaum menengah ke atas yang memakai kendaraan mewah.

2. Mesin menjadi lebih cepat panas
Bagi Anda yang kendaraannya tidak memiliki radiator, menggunakan Pertamax berpotensi membuat mesin menjadi lebih panas. Tentu ini tidak baik untuk kendaraaan Anda.

3. Menimbulkan efek knocking pada kendaraan
Mesin knocking adalah keadaan dimana mesin dapat mengeluarkan suara yang kasar. Ini terjadi karena kualitas bahan bakar yang kurang baik serta oktan yang sanagat rendah.

Performa mesin dari Shell Super dan Pertamax

Perihal performa mesin oleh Shell super vs Pertamax, dilakukan pula uji coba dengan mobil berspesifikasi sama. Mobil yang menggunakan BBM Shell Super menghasilkan nilai torsi 97,3 Nm dengan tenaga 73,9 hp. Sementara, laju mobil menggunakan pertamax dihasilkan angka torsi bernilai 98,4 Nm dan tenaga sebesar 75,3 hp.

Pilih Mana: Shell Super atau Pertamax?

Keterangan Shell SuperPertamax
Kelebihan - Hemat Dalam Jangka Panjang - Meminimalisir Terjadinya Endapan - Melindungi Kendaraan Dari Gesekan Mesin - Menjaga Kondisi Mesin- Ramah Lingkungan - Pembakaran Lebih Sempurna - Lebih Irit Dari Bensi Lain - Performa lebih responsif
Kekurangan - Harganya Lebih Mahal Dibanding Pertamax- Harga Lebih Mahal Dari Yang Lain - Mesin menjadi lebih cepat panas - Menimbulkan efek knocking pada kendaraan

Kesimpulan

Dalam uji performa mesin tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan bakar pertamax dinyatakan unggul daripada shell super. Itulah sekilas perbandingan keunggulan Shell Super dan Pertamax. Kedua BBM ini punya kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Namun, keduanya sama-sama worth it untuk dibeli. Silahkan memilih.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Shell Super atau Pertamax

VS