Home

Pilih Mana: Sika atau No Drop?

Bocor maupun rembes merupakan permasalah yang biasa pada saat musim hujan tiba. Tidak hanya disebabkan genteng retak tapi juga karena dinding tidak kedap dan sambungan kurang rapi sehingga tidak kuat menahan terpaan air hujan. Apalagi, saat iklim tidak menentu seperti saat ini. Hujan sering disertai angin kencang yang menerpa ke berbagai arah. Karena itu beberapa produsen mengeluarkan cat pelapis anti bocor seperti Sika dan No Drop.

Dalam artikel kali ini akan kita bahas lebih lanjut mengenai Sika dan No Drop tersebut, untuk melihat perbandingan maupun perbedaan yang ada pada kedua produk. Selain itu kami juga memberikan sedikit tips memilih cat anti lembab dan jamur sebagai tambahan informasi penting untuk kalian lho! Stay tune ya!

Sika

Sika Indonesia berkomitmen untuk unggul dalam solusi yang inovatif dan tetap menyesuaikan produk serta sistem untuk kebutuhan para pelanggan dan pengguna. Sika merupakan perusahaan global dan lokal (Glo-kal), yang menempatkan kebutuhan pelanggan lokal pada pusat kegiatan bisnisnya. Produk dan sistem Sika Indonesia didukung dengan paket layanan yang komprehensif, dirancang khusus untuk kebutuhan pasar lokal.

Produk anti bocor Sika berbasis semen, yang terdiri dari 2 komponen, untuk area basah yang tidak terekspos dan area yang terendam air, contohnya kamar mandi, bak mandi, dan kolam renang. Baca juga Pilih Mana: No Drop atau Jotun?

Saat akan diaplikasikan, cairan pelapis anti bocor ini dicampurkan dengan semen dan kemudian dikuaskan pada permukaan dinding atau lantai beton. Pelapis anti bocor ini diaplikasikan sebelum plesteran keramik dipasang.

Sika Indonesia merupakan pilihan yang tepat dan sangat baik untuk memenuhi permintaan produk bahan kimia dan bahan perekat berkualitas tinggi untuk konstruksi bangunan dan industri manufaktur.

Kelebihan Sika

  • Tahan benturan dan getaran
    Kelebihan yang dimiliki oleh Sika yaitu semua jenis dan varian dari Sika tahan benturan dan getaran. Artinya kualitas yang dimiliki oleh Sika sangat mumpuni untuk kamu gunakan dalam urusan mengisi rongga atau sekat yang diperlukan pada bangunan kamu.
  • Konsistensi dapat diatur
    Konsistensi yang ada pada produk cat anti bocor Sika ini dapat di sesuaikan sesuai dengan kebutuhan, Oleh sebab itu Sika ini dapat menjadi produk pilihan yang tepat dan sudah menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia.
  • Gampang pengaplikasiannya
    Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh Sika yaitu gampang dalam mengaplikasiannya. Karena kalian cukup menambahkan air untuk memakai Sika dalam keperluan bangunan kamu dan sesuaikan kosnistensi yang kalian butuhkan.

Kekurangan Sika

  • Tidak dapat dijadikan cat untuk menghiasi bangunan
    Kekurangan yang ada pada Sika ini yaitu tidak bisa dijadikan cat warna bangunan kamu. Berbeda dengan No Drop yang sudah tersedia berbagai pilihan warna yang sekaligus lapisan anti bocor. Sika hanya dihadirkan dengan warna yang putih oleh sebab itu harus menggunakan cat tambahan jika ingin dinding lebih tampak berwarna.
  • Nama yang masih asing
    Kekurangan yang lain dimiliki oleh Sika yaitu kurang terkenal. Beberapa orang tentu akan lebih memilih produk yang sudah terkenal di sektornya ketimbang meraba-raba merek mana cairan pelapis anti bocor yang cocok untuk bangunan mereka.
  • Kerap kekurangan cairan
    Terakhir kekurangan yang ada yaitu tukang-tukang atau beberapa pemakai Sika kerap kekurangan cairan saat menggunakan cat ini untuk perekat atau lapisan bangunan mereka. Untuk itu gunakan Sika sesuai dengan prosedur yang sudah disiapkan.
Produk-Produk Sika Harga Per September 2019
Sika Cat Pelapis Anti Bocor Untuk Dinding SikaCoat grey 4kgRp 230.000
Sika Cat Pelapis Anti Bocor Untuk Dinding SikaCoat whiteRp 230.000
Sika Cat Pelapis Anti Bocor khusus atap Sikalastic-560 white 4kgRp 430.000
Sika Cat Pelapis Anti Bocor Untuk Dinding SikaCoat latte 4kgRp 228.000
Harga produk Sika yang ada pada tabel di atas dapat berubah sesuai waktu dan berbeda tergantung pada tempat penjualannya.

No Drop

No Drop ialah cat pelapis anti bocor yang memiliki sifat elastis, kedap air serta sangat tahan cuaca sehingga sangat cocok untuk digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis/seng dan permukaan terakota.

Banyak masyarakat Indonesia yang memilih No Drop yang dan percaya bahwa No Drop adalah cat pelapis anti bocor yang memiliki sifat elastis, kedap air serta sangat tahan cuaca sehingga sangat cocok untuk digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis atau seng.

Kegunaan dan Keistimewaan yang dimiliki No Drop yaitu, Kedap air, Sangat tahan cuaca, Sangat elastis, Tahan lama, Dekoratif, Lebih kuat.

Kelebihan No Drop

  • Dapat melindungi tembok dari retakan kecil dan rembesan air
    Salah satu produk No Drop yaitu No Drop Tinting dapat menjadi cat pelapis anti bocor dekoratif yang dapat melindungi tembok dari retak rambut dan rembesan air sekaligus memperindah tembok rumah anda dengan cat warna cerah dan beraneka ragam. Terbuat dari resin yang mengandung acrylic sehingga cocok untuk tembok luar maupun dalam.
  • Awet dan tahan lama
    Kelebihan lainnya adalah bahwa No Drop memiliki jangka waktu ketahanan yang cukup lama sekitar hingga 5 tahun lamanya. Apalagi manfaat dari No Drop ini yang biasanya digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes dan seng yang sudah terbukti tingkat ketahanannya.
  • Memiliki pilihan warna yang menarik
    Pilihan warna cat No Drop juga sangat banyak dan bervariasi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan tema dan konsep rumah yang sudah direncanakan. Terdapat lebih dari 20 jenis warna No Drop yang dapat kalian pilih untuk berbagai bagian dinding hunian kalian. Untuk mengefisienkan pilihan warna yang akan digunakan, Kalian dapat mempertimbangkannya dengan melihat variasi harga No Drop yang sesuai dengan kebutuhan.
Lihat juga:  Pilih Mana: Vinilex atau Mowilex?

Kekurangan No Drop

  • Cat interior dan eksterior masih dibedakan
    Kekurangan pertama yaitu bahwa No Drop ini untuk cat interior dan eksterior masih sangat dibedakan, tidak adanya cat yang menjadi satu untuk kegunaan yang sama sangat menjadikan kekurangan No Drop menjadi yang mencolok.
  • Harga relatif mahal
    Kekurangan yang lain ini tidak menjadi patokan untuk orang memilih cat tembok karena terkadang orang akan lebih memilih kualitas yang baik tetapi tidak semua orang seperti ini ya. No Drop memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan cat lainnya.
  • Tidak tersedia warna oplosan
    Kekurangan terakhir pada cat No Drop ini yaitu warna tidak bisa dicampur sesuai dengan keinginan kita atau biasa di sebut di oplos, beberapa cat merk lain sudah memberikan fitur ini, Namun, No Drop belum menyediakan fitur seperti itu jadi kita hanya dapat memilih warna yang sudah tersedia.
Produk-Produk No DropHarga Per September 2019
No Drop 1 kg Rp. 50.000
No Drop 4 kg Rp. 230.000
No Drop 20 kg Rp. 810.000
Harga produk No Drop yang ada pada tabel di atas dapat berubah sesuai waktu dan berbeda tergantung pada tempat penjualannya.

Tips Memilih Cat Anti Lembab dan Jamur

1. Membersihkan jamur terlebih dahulu jika sudah terlanjur timbul pada Dinding 
Jika kalian telah terlanjur mengecat dinding rumah kalian ataupun telah terdapat jamur yang banyak di dinding rumah, hal pertama yang harus dilakukan yaitu melakukan pengerokan pada cat dinding lama, lakukan lah dengan benar dan sampai rata agar tidak membuat belang saat proses pengecatan.

2. Gunakan cat yang tahan air 
Jika daerah rumah kalian cukup lembab gunakan lah cat waterproofing. Jika dinding anda berjamur gunakan atau lapisi dinding dengan lapisan primer/anti alkali agar dinding tidak menjamur.

3. Pilihlah cat yang premium
Jika kalian ingin mengecat dinding anda dengan cat jenis waterproofing, kalian dapat membeli cat dengan merk No Drop, atau Sika Raintite. Cat jenis ini dapat ditemukan di toko bangunan terdekat rumah.

4. Gunakan anti alkali dan waterproofing secara terpisah untuk menghemat biaya
Warna yang disuguhkan oleh jenis cat pada penjelasan sebelum nya yang memiliki ungsi khusus sudah sangat baik. Namun jika kalian tidak keberatan mengeluarkan kocek lebih dan ingin dinding rumah kalian lebih indah, gunakanlah anti alkali dan waterproofing secara terpisah. Kalian dapat melapisi dinding anda dengan kedua jenis cat itu kemudian memberi cat lain sebagai warna yang diinginkan.

5. Gunakan cat khusus interior 
Untuk bagian dalam rumah, dianjurkan untuk anda menggunakan cat tembok interior yang berbahan anti air sehingga, di dalam ruangan pun dapat terjaga kelembabannya.

6. Pilihlah cat khusus eksterior
Untuk kebutuhan cat interior dan eksterior saat ini sudah dibedakan karena kandungan yang digunakan pun berbeda, Karena cat eksterior dilengkapi bahan lebih tinggi untuk melindungi rumah dari rembesan air hujan. Untuk .

7. Aplikasi cat secara berlapis 
Sebagai tips untuk cat rumah kalian agar tahan lama, cobalah untuk mengecat dinding rumah anda dengan beberapa kali lapisan dan jangan hanya sekali. Ini dilakukan agar warna dinding rumah anda terlihat kuat dan tahan lama. Cobalah untuk melakukan 2-3 kali pengecatan setelah anda memberi lapisan anti alkali dan Waterproofing.

Pilih Mana: Sika atau No Drop?

Sika No Drop
Kelebihan- Tahan benturan dan getaran - Konsistensi dapat diatur - Gampang pengaplikasiannya - Dapat melindungi tembok dari retakan kecil dan rembesan air  - Awet dan tahan lama - Memiliki pilihan warna yang menarik
Kekurangan- Tidak dapat dijadikan cat untuk menghiasi bangunan - Nama yang masih asing - Kerap kekurangan cairan - Cat interior dan eksterior masih dibedakan - Harga relatif mahal - Tidak tersedia warna oplosan

Kesimpulan

Sika dan No Drop merupakan pelapis anti bocor yang sangat terkenal dengan kemampuannya yang dapat menahan air agar tidak merembes kedalam rumah. Dari artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya mempunyai kelebihannya masing-masing, seperti pada Sika yang mampu menutupi keretakan dinding sehingga mencegah kebocoran tetapi, Sika ini tidak memiliki variasi warna tidak seperti No Drop yang mempunyai banyak variasi warna yang dapat mempercantik warna rumah kalian. Namun, dari keduanya dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan ya guys!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sika vs No Drop

VS