HomeKesehatanParenting

Pilih mana: Sikat Gigi Elektrik vs Sikat Gigi Manual?

Menyikat gigi tentunya merupakan kegiatan yang sering dan rutin setiap orang lakukan. Untuk menjaga kebersihan gigi agar terhindar dari plak gigi dan kotoran yang melekat di gigi Anda. Anda pasti perlu menyikat gigi dengan sikat gigi yang baik.

Ada dua jenis sikat gigi yang saat ini banyak orang lakukan. Sikat Gigi Elektrik dan Sikat Gigi Manual menjadi pilihan untuk menjadi alat untuk membersihkan daerah gigi Anda. Nah, baik yang manual maupun elektrik Anda bisa sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan loh.

Keduanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Perbandingan sikat gigi manual dan elektrik dapat Anda simak di artikel kali ini. Karena Selera.id telah membahasnya lengkap untuk Anda.

Sikat Gigi Elektrik vs Sikat Gigi Manual

Sikat Gigi Elektrik

Sikat Gigi Elektrik merupakan sikat gigi yang dapat berputar dan bergetar, dengan daya di dalamnya, sehingga seseorang dapat menghilangkan penumpukan plak dari gusi dan gigi Anda. Saat menggunakan sikat gigi elektrik, alat itu akan menimbulkan getaran-getaran kecil di dalam mulut orang yang menggunakannya.

Sikat Gigi ini juga sangat efektif untuk orang yang memiliki radang sendi atau kekurangan lain, seperti cacat fisik, sikat gigi elektrik merupakan pilihan yang sangat bagus bagi mereka. Nah, untuk Anda yang tertarik untuk memilikinya Anda bisa mendapatkannya di situs belanja online.

Baca artikel lainnya 10 Sikat Gigi Elektrik Yang Bagus 2020

Kelebihan Sikat Gigi Elektrik

Berikut ini Kelebihan Sikat Gigi Elektrik:

  • Memiliki fitur yang keren
    Kelebihan yang dimiliki oleh sikat gigi elektrik yaitu adanya fitur untuk mengatur lamanya waktu saat menyikat gigi, bagi para pengguna sikat gigi ini, sangat efektif untuk meningkatkan fokus Bahkan, dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa pengguna sikat gigi elektrik akan sangat meningkatkan seberapa baik mereka telah membersihkan gigi mereka. Keren bukan?
  • Sangat efektif menghilangkan plak
    Hal yang bagus dari penggunaan sikat gigi elektrik ialah alat ini sangat efektif untuk menghilangkan plak gigi. Sikat gigi ini mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi dan sepanjang gusi. Bahkan, mampu menghilangkan plak tujuh kali lebih bersih dibanding sikat gigi manual. Sehingga, pengguna akan terhindar dari berbagai risiko penyakit gigi.
  • Penggunaannya yang fleksibel
    Tidak hanya itu, kelebihan lain yang ditawarkan oleh sikat gigi elektrik ini sangat baik untuk orang yang memiliki radang sendi atau kekurangan lain, seperti cacat fisik, sikat gigi elektrik merupakan pilihan yang sangat bagus bagi mereka.

Sikat Gigi Elektrik vs Sikat Gigi Manual

Kekurangan Sikat Gigi Elektrik

Berikut ini Kekurangan Sikat Gigi Elektrik:

  • Harganya yang relatif mahal
    Jika dibanding dengan sikat gigi manual tentu dapat dikatakan bahwa sikat gigi elektrik ini memberikan harga yang relatif mahal. Ya, sangat relate dengan fitur dan keunggulan yang dihadirkan bukan? Jadi, tidak masalah untuk Anda coba. Apalagi jika Anda memiliki budget yang cukup besar.
  • Desain yang kurang praktis
    Sikat gigi Elektrik memiliki ukuran yang kurang praktis. Apalagi jika melihat bobotnya yang cenderung berat dibanding sikat gigi manual. Hal ini yang membuat sikat gigi elektrik kurang friendly untuk dibawa kemana-mana.
  • Perawatannya cukup ribet
    Kekurangan lain yang terdapat pada Sikat gigi elektrik satu ini yakni ada pada perawatannya yang cukup ribet karena harus membersihkan sela-sela sikatnya. Sehingga Anda harus lebih berhati-hati jika harus membersihkannya.

Sikat Gigi Manual

Sikat Gigi Manual merupakan sikat gigi yang tentu tidak akan asing lagi untuk Anda dengar. Harganya yang murah dan ekonomis menjadi sesuatu hal yang dipertimbvangkan oleh orang. Oleh karena itu, pemakaian sikat gigi manual memiliki banyak peminatnya.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan produk sikat gigi manual ini di berbagai pasar dan supermarket bahkan di situs belanja online sekalipun.Banyak varian dan jenis produk sikat gigi manual yang bisa dengan mudah Anda pilih. Baca juga:

Kelebihan Sikat Gigi Manual

Berikut ini Kelebihan Sikat Gigi Manual:

  • Harganya yang terjangkau
    Dibanding dengan sikat gigi elektrik yang menawarkan harga selangit, sikat gigi manual ini lebih mudah didapatkan dan tentu saja dengan harga yang lebih terjangkau. Anda dapat membeli sikat gigi manual dimana saja, baik di toko kelontong, apotek, hingga stasiun.
  • Sangat friendly
    Selain itu, ada lagi kelebihan yang ditawarkan produk sikat gigi manual ini. Bisa dibilang penggunaan sikat gigi manual ini tidak perlu lagi mengisi daya sebelum menggunakannya. Berbeda dengan sikat gigi elektrik, sikat gigi manual akan sangat mudah Anda bawa bepergian karena ukurannya yang friendly. Sehingga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja.
  • Baik untuk anak-anak
    Bagi Anda yang memiliki anak, pasti akan lebih baik untuk menggunakan sikat gigi manual, karena anak-anak dapat menggunakan sikat gigi manual dengan aman dan efektif. Anak Anda bisa menyesuaikan tekanan dengan manual saat menggosok sehingga tidak menimbulkan iritasi atau melukai gusi.
Lihat juga:  9 Baby Play Gym Terbaik 2020

Sikat Gigi Elektrik vs Sikat Gigi Manual

Kekurangan Sikat Gigi Manual

Berikut ini Kekurangan Sikat Gigi Manual:

  • Rentan membuat gusi terluka
    Kekurangan dalam penggunaan sikat gigi manual ini mungkin sangat sering Anda alami. Seperti orang-orang cenderung menyikat gigi mereka lebih keras saat menggunakan sikat gigi manual. Hal ini kemudian membuat gusi akan lebih rentan terluka.
  • Perlu tenaga dan waktu lebih lama
    Sikat gigi manual memerlukan tenaga dan waktu yang lebih lama agar kegiatan menyikat gigi Anda lebih efektif. Anda juga jadi harus benar-benar memperhatikan berapa lama waktu menyikat gigi dan tekanan yang diberikan saat sikat gigi.
  • Mudah rusak
    Bulu sikat yang terdapat dalam sikat gigi manual akan cenderung lebih mudah rusak. Sehingga bisa dikatakan tidak baik jika harus menggunakannya dalam jangka waktu lama. Namun, hal ini tidak menjadi masalah besar karena waktu paling baik untuk mengganti sikat gigi rutin selama 3 bulan sekali.

Tips Merawat Sikat Gigi

  1. Selalu Bersihkan Sikat Gigi Setelah Dipakai
    Setelah dipakai, sisa-sisa makanan, plak, dan pasta gigi yang menempel pada gigi berpindah ke bulu-bulu sikat gigi. Sikat gigi wajib dibersihkan dengan air bersih hingga benar-benar bersih sebelum kembali disimpan.
  2. Keringkan Setelah Dipakai
    Jika sudah dibersihkan, biarkan sikat gigi mengering. Hal ini bertujuan agar kepala sikat gigi tidak lembab dan tidak menimbulkan bau tak sedap.
  3. Satu Sikat Gigi untuk Satu Orang
    Jangan pernah mengizinkan orang lain untuk memakai sikat gigi atau sebaliknya, Hindari menghindari meminjam sikat gigi orang lain (bahkan milik keluarga sendiri). Karena, bagaimanapun juga pada bulu sikat gigi seseorang ada bekas dari dalam rongga mulut pemakainya yang bisa memicu berbagai penyakit dari bakteri yang ditransfer ke mulut.
  4. Rutin Mengganti Sikat Gigi
    Ganti sikat gigi paling lama setiap tiga bulan. Jika sebelum tiga bulan bulu sikatnya mulai rusak atau renggang, artinya Anda harus langsung menggantinya. Karena sikat gigi yang bentuknya sudah tidak ideal, benda ini pun jadi berpengaruh lagi untuk mengangkat kotoran pada gigi.

Pilih mana: Sikat Gigi Elektrik vs Sikat Gigi Manual?

Keterangan Sikat Gigi Elektrik Sikat Gigi Manual
Kelebihan -Memiliki fitur yang keren -Sangat efektif menghilangkan plak -Penggunaannya yang fleksibel-Harganya yang terjangkau -Sangat friendly -Baik untuk anak-anak
Kekurangan -Harganya yang relatif mahal -Desain yang kurang praktis -Perawatannya cukup ribet-Rentan membuat gusi terluka -Perlu tenaga dan waktu lebih lama -Mudah rusak

Kesimpulan

Dari perbandingan mengenai Sikat Gigi Elektrik dan Sikat Gigi Manual diatas maka dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan sikat gigi yaitu kondisinya sesuai dengan standar ADA agar Anda dapat memastikan bahwa telah menggunakan sikat gigi yang aman dan efektif. Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sikat Gigi Elektrik vs Sikat Gigi Manual

VS

Leave a Reply