ElektronikHome

Pilih Mana: Simbadda atau Edifier?

Speaker merupakan perangkat yang memudahkan kita kala ingin mendengarkan musik atau radio dan semacamnya. Saat ini sudah banyak sekali beredar di pasaran speaker yang memiliki berbagai fitur dan spesifikasi yang baik dengan harga yang murah, salah satunya yaitu Simbadda dan Edifier.

Simbadda biasa dipakai untuk mereka yang gemar mendengarkan musik yang keras karena memiliki suara bass yang menggelegar, sedangkan Edifier biasa dipakai untuk mereka yang gemar mendengarkan musik santai saat sedang senggang di rumah.

Simbadda dan Edifier ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik dalam audio maupun desain. Yuk simak terus penjelasan selengkapnya melalui artikel kali ini. Disini aja ya!

Simbadda

Mungkin diluar sana banyak yang menyangka kalau Simbadda merupakan produk buatan luar negeri, namun siapa sangka merek ini adalah buatan Indonesia dan sudah ada pada tahun 1996 silam. Saat itu, Simbadda cuma dipasarkan di suatu toko kecil bernama Atakindo di kawasan Plaza Pinangsia, Glodok, Jakarta.

Sampai sekarang, Simbadda masih memiliki strategi untuk membuat produk-produknya hadir dengan desain yang keren. Walaupun harganya relatif lebih terjangkau, speaker besutan Simbadda memiliki desain yang tidak kalah dari brand luar negeri, mulai dari yang simple sampai elegan, Simbadda memilikinya.

Speaker Simbadda juga bisa dengan mudah kamu sambungkan ke laptop, PC, smartphone, dan DVD. Suara musik yang jernih juga dapat kamu dapatkan dengan Output power sampai dengan 30 Watt RMS.

Tombol pengaturan bass dan volume kontrol yang ada pada Speaker Aktif Simbadda membuat kamu bisa sesuka hati mengatur seberapa keras/lembutnya musik yang kamu mau. Baca juga Pilih Mana: Simbadda atau Polytron?

Kelebihan Simbadda

  • Harga murah
    Meskipun speaker ini memiliki harga yang murah, namun kualitasnya mampu disandingkan dengan para kompetitornya yang buatan luar negeri. Kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai performa dan suara yang dihasilkan Simbadda.
  • Memiliki fitur True Surround Sound
    Simbadda menyematkan teknologi True Surround Sound (TSS) yang membuat suara speaker ini terdengar jelas memenuhi seluruh ruangan. Tidak hanya teknologi True Surround Sound (TSS), Simbadda juga dilengkapi konektivitas bluetooth, port USB maupun slot SD Card yang akan mempermudah kamu mendengarkan musik melalui USB atau SD Card secara langsung.
  • Memiliki suara bass yang menggelegar
    Suara dihasilkan Simbadda memiliki bass yang lebih dominan. Maka dari itu tak heran banyak orang yang suka dengan Simbadda untuk mendengarkan musik dengan suara bass yang menggelegar.

Kekurangan Simbadda

  • Suara bass yang terlalu powerful
    Jika tadi memiliki suara menggelegar, tentu saja ada sebagian orang suka dan yang tidak suka. Untuk mereka yang gemar mendengarkan musik dangdut mungkin akan suka dengan speaker ini. Tapi untuk mereka yang gemar mendengarkan musik pop dan sebagainya akan kurang suka dengan speaker ini.
  • Hanya menyediakan format musik mp3
    Untuk kamu yang masih menyimpan musik dalam format selain mp3 mesti siap kecewa sebab format musik yang bisa dimainkan di speaker Simbadda melalui USB/MMC card reader hanyalah musik yang mempunyai format mp3.
  • Treble lebih dominan
    Suara yang dihasilkan oleh speaker Simbadda dinilai lebih menonjol pada suara treble. Namun untuk kamu yang kurang gemar dengan suara treble yang lebih dominan, tidak perlu khawatir sebab speaker Simbadda mempunyai pilihan equalizer yakni jazz, rock, classic, flat dan pop.

Rekomendasi Simbadda

Simbadda CST 80N
Simbadda menyematkan teknologi True Surround Sound (TSS) yang membuat suara speaker ini terdengar jelas memenuhi seluruh ruangan. Kamu juga bisa langsung memutar lagu-lagu yang ada di USB atau SD Card melalui speaker ini, sebab Simbadda CST 80N mempunyai port USB dan slot SD Card.

Simbadda Toba 8
Simbadda Toba 8 merupakan speaker aktif paling canggih yang mengusung konsep sederhana. Speaker Simbadda terbaik ini terdiri dari 2 satelit dan satu subwoofer. Frekuensi respon yang ditawarkan oleh speaker ini adalah 30 Hz–20 kHz. Kamu bisa menyambungkan speaker ini ke PC, televisi, maupun radio tape dengan memakai kabel jack 3.5 mm yang telah disediakan.

Simbadda CST 58N
Biarkan Simbadda CST 58N ini menghiasi sudut ruangan kamu dan memberikan kualitas audio yang lebih baik. Sama seperti Simbadda CST 80N, speaker aktif ini juga diperkaya dengan teknologi TSS. Tidak cuma sampai di situ, kamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu favorit yang tersimpan di USB atau SD Card langsung di speaker ini. Pasalnya, speaker ini mempunyai port USB dan slot SD Card.

Simbadda Keterangan
AsalIndonesia
Tahun berdiriTahun 1996
Rata-rata harga Rp 185.000 - Rp 2.510.000,- per September 2019

Edifier

Brand asal Dongguan dan Beijing, China ini sudah populer sampai Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Asia Pasifik berkat teknologi perangkat audio yang bisa bersaing di tingkat internasional.

Brand Edifier menghadirkan subwoofer berukuran kecil, lengkap dengan control pad berkabel yang isinya variatif, terdapat tombol skip next atau back, volume up dan down, play dan pause, serta source dan mute. Fitur ini akan memudahkan kamu saat mendengarkan lagu.

Bukan cuma lagu, kamu juga dapat mendengarkan siaran radio FM melalui speaker Edifier ini. Dengan membeli produk tersebut, kamu sudah mendapatkan speaker set, kabel, serta beberapa serinya memberikan line in berukuran 3,5 inci untuk disambungkan dengan laptop atau komputer. Singkat kata, Edifier sanggup penuhi semua kebutuhan audio mu.

Lihat juga:  Pilih Mana: Blender Miyako atau Maspion?

Kelebihan Edifier

  • Desain menarik
    Edifier tahu caranya untuk menghasilkan perangkat audio yang sedap dipandang mata. Materialnya yang dipakai membuat desain yang dihasilkan sangat enak dipandang. Cakap untuk dibawa, cakap juga untuk dijadikan furniture rumah. Desain menawan dari perangkat home theater Edifier juga dapat mempercantik rumah kamu selain untuk membuat suasana ruang tengah lebih hidup.
  • Cocok untuk segala kebutuhan
    Untuk musik, menonton film, atau gaming, semua bisa dilakukan oleh Edifier. Secara garis besar, kamu bisa memakai semua dengan satu perangkat. Toh, kamu juga bisa memakai home theater untuk merasakan pengalaman bermain game yang lebih meriah. Namun, memang lebih baik untuk membedakan spesifikasi setiap perangkat dengan kebutuhan kamu.
  • Lini produk audio yang lengkap
    Perangkat audio apapun yang kamu cari, Edifier punya jawabannya. Kelebihan dari Edifier yaitu lini produk yang luas dan lengkap. Edifier menyediakan produk portable yang bisa menemani kamu ke mana pun, mulai dari earphone, headphone, dan juga Bluetooth speaker.

Kekurangan Edifier

  • Tombol volume tidak ada ujungnya
    Kekurangan pertama dari Edifier adalah tombol volume yang tidak ada ujungnya. Artinya dia akan berputar terus, sehingga kamu perlu mendengarkan suara musik nya dahulu agar bisa menentukan suara tersebut sudah maksimal atau belum.
  • Volume selalu reset setiap dimatikan
    Jika kita sudah menyetel volume dengan level tertentu akan te-reset kembali saat kita mematikannya. Sebenarnya ini adalah yang baik untuk mereka yang gemar mendengarkan musik keras-keras. Namun ini menjadi kekurangan tersendiri saat orang sudah berada di volume yang sesuai dengan keinginannya karena harus menyetel kembali volume nya.
  • Remote kurang nyaman dipakai
    Beberapa speaker dari Edifier memiliki remote juga agar memudahkan dalam pengaturan volume. Namun remote yang dibekali dari Edifier ini dinilai kurang nyaman dipakai dan keras untuk dipencet.

Rekomendasi Edifier

Edifier R1280T 2.0
Suaranya setara, apik, fitur EQ juga bisa kamu atur sesuai keinginan. Bicara desain, sudah pasti keren, terlebih harganya juga terjangkau untuk pemburu audio bermutu. Edifier tipe ini juga memiliki driver bass sebesar 4 inci dan port refleks bass yang ber kalibrasi, jadi suara bass-nya tegas dan kencang.

Edifier R1280DB
Lain lagi dengan Edifier satu ini. Dengan warna hitam yang chic, speaker ini dilengkapi Bluetooth, perangkat perekam, Optical Input, Near Field Speaker 4 inci, Bookshelf Speaker, dan RMS sebesar 42w. Speaker berbahan kayu ini juga bisa kamu hubungkan ke televisi, telepon, tablet, laptop, dan sebagainya.

Edifier C3X 2.1
Speaker amplifier dengan desain futuristik? Sudah tentu ada di Edifier C3X 2.1! Cocok untuk menyempurnakan momen santai di rumah sembari nonton tv atau menikmati tayangan dari home theater. Dilengkapi dengan subwoofer berukuran 45 watt dan amplifier berteknologi Digital Signal Processing sehingga dijamin suara akan keras namun senantiasa nyaman didengar, tidak pecah atau terdistorsi.

Simbadda Keterangan
AsalChina
Tahun berdiriTahun 1996
Rata-rata harga Rp 158.000 - Rp 4.300.000,- per September 2019

Tips merawat speaker supaya memiliki suara yang bagus

Agar kamu bisa mendengarkan musik yang jernih dan enak didengar tentu saja harus memiliki speaker yang terawat juga tentunya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu merawat speaker agar senantiasa memiliki suara yang bagus.

  1. Hindari dari kondisi ruangan yang panas
    Menyimpan atau memakai speaker Kamu dalam lingkungan yang panas akan menyebabkan kualitas suara mereka untuk menurunkan dari waktu ke waktu dan memperpendek jangka hidup mereka. Cari lingkungan iklim yang sejuk di mana mereka bisa disimpan dengan aman maupun saat bepergian. Cobalah untuk menjauhkan mereka dari sinar matahari yang kuat.
  2. Hindari dari lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi
    Lingkungan kelembaban yang tinggi tidak baik untuk speaker. Sekali lagi, yang terbaik yaitu untuk menyimpan mereka dalam lingkungan iklim yang sejuk di mana mereka tidak mengalami berbagai tingkat kelembaban.
  3. Hindari dari debu
    Gunakan penyedot debu untuk membersihkan bagian-bagian speaker kamu dari waktu ke waktu. Membiarkan debu menumpuk pada akhirnya akan mulai mempengaruhi kualitas suara speaker kamu.

Pilih Mana: Simbadda atau Edifier?

Simbadda Edifier
Kelebihan- Harga murah - Memiliki fitur True Surround Sound - Memiliki suara bass yang menggelegar - Desain menarik - Cocok untuk segala kebutuhan - Lini produk audio yang lengkap
Kekurangan- Suara bass yang terlalu powerful - Hanya menyediakan format musik mp3 - Treble lebih dominan - Tombol volume tidak ada ujungnya - Volume selalu reset setiap dimatikan - Remote kurang nyaman dipakai

Kesimpulan

Simbadda dan Edifier adalah speaker yang bisa kamu jadikan andalan untuk mendengarkan musik kesukaan kamu. Beberapa kelebihan dan kekurangan tentu tersemat di kedua speaker tersebut. Namun saya lebih merekomendasikan Edifier untuk speaker andalan kamu karena lebih memiliki performa audio yang lebih enak di dengar. Tentukan pilihan speaker kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Simbadda vs Edifier

VS