ElektronikGadgets

Pilih Mana: Smartband vs Smartwatch

Zaman sekarang ini akan semakin berkembangnya sebuah teknologi. Sama halnya dengan petunjuk waktu atau jam tangan atau teknologi mencatat kesehatan. Kini sudah hadir Smartband dan Smartwatch yang memiliki fitur sangat canggih lho. Keduanya memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Mungkin kebanyakan orang masih mengira ini sama, namun jika yang sudah tahu pasti mengerti perbedaan keduanya. Untuk mengetahui perbedaan dan juga kelebihan dan kekurangan keduanya Anda bisa membaca penjelasan yang sudah kami paparkan di bawah ini. Selamat membaca.

Smartband vs Smartwatch

Smartband

Di tengah gencarnya serbuan perangkat wearable di Indonesia, ada satu produk yang rupanya sudah lebih dulu masuk. Bahkan, produk ini sudah ada sebelum perangkat wearable menjadi tren dan hype di kalangan pecinta gadget. Baca juga Smartwatch Murah Terbaik 

Meskipun bukan lagi primadona di industri perangkat wearable, Smartband masih menjadi perangkat pilihan kaum urban sebagai asisten pribadi yang memantau kebugaran untuk kesehatan Anda kok guys.

Berbeda dengan smartwatch, Smartband memiliki desain dan fungsi yang lebih sederhana, serta harga yang memang cukup kompetitif. Dan juga meskipun memiliki bentuk yang hampir sama dengan smartwatch, perangkat wearable ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Kelebihan Smartband

Berikut beberapa kelebihan Smartband:

  • Sebagai fitness tracker
    Kelebihan yang utama dari produk ini adalah bisa sebagai fitness tracker Smartband adalah sebagai fitness tracker atau pelacak kebugaran penggunanya. Sebagai sebuah perangkat fitness tracker, Anda dapat menggunakan Smartband untuk mencatat semua kegiatan yang kamu lakukan.
  • Desain sederhana dan ramping
    Smartband memiliki desain lebih sederhana dan ramping. Perangkat ini lebih terlihat seperti gelang tangan pada umumnya. Hal ini tentunya berbeda dengan smartwatch yang memiliki bentuk yang sangat mirip dengan jam tangan dan cenderung lebih tebal.
  • Memutar lagu dan notifikasi
    Smartband lainnya selain sebagai fitness tracker adalah memutar lagu. Dengan fungsi ini, kamu dapat memutar lagu kapanpun dan dimanapun tanpa perlu menjangkau smartphone. Selain itu, Smartband juga dapat menampilkan notifikasi yang masuk ke smartphone, baik dari media sosial, chat, maupun pesan singkat.

Kekurangan Smartband

Berikut beberapa kekurangan Smartband:

  • Harga yang begitu mahal
    Kekurangan yang pertama dari Smartband adalah harga yang dijual cukup sangat mahal. Kekurangan ini memang sebenarnya dimiliki oleh berbagai merk Smartband Namun memang dari harga yang mahal tersebut Anda dapat memiliki kualitas yang terbaik juga terjamin.
  • Lebih cocok untuk kebugaran saja
    Kekurangan lainnya dari Smartband yaitu memang bentuknya seperti jam ini hanya akan lebih cocok untuk Anda yang sedang melakukan kebugaran atau kesehatan yang sangat ketat. Dengan menggunakan Smartband juga untuk mencatat semua kegiatan yang kamu lakukan.
  1. Tidak begitu pas untuk sehari-hari
    Jika Anda ingin menggunakan produk Smartband untuk kegiatan sehari-hari maka tidak begitu cocok guys. Mengapa demikian? Ya, karena produk ini akan lebih cocok untuk saat Anda melakukan kegiatan kesehatan atau kebugaran. Namun, jika Anda ingin tidak masalah ya.

Smartband vs Smartwatch

Smartwatch

Siapa yang tidak kenal dengan produk smartwatch? Gadget satu ini memiliki fungsi yang serupa dengan jam tangan konvensional, namun memiliki banyak fungsi serta manfaat lainnya. Walaupun memang harga yang dijual sangat mahal namun fitur terjamin.

Smartwatch diketahui sebagai perangkat pintar yang biasanya terhubung dengan Smartphone untuk menjalankan beberapa fungsi disamping fungsinya sebagai jam tangan. Smartwatch dirancang untuk jaringan dan mengintegrasikan dengan perangkat pribadi lainnya melalui Wi-Fi dan teknologi Bluetooth.

Melalui produk atau barang Smartwatch pengguna dapat mengakses berita, cuaca, olahraga, telepon, pesan dan bahkan pada versi Smartwatch terbaru pengguna dapat mengetahui informasi kesehatan badannya. Jika Anda ingin membeli Smartwatch di online shop di Tokopedia banyak ya.

Dan perlu Anda ingat juga bahwa Smartwatch ini tidak dirancang untuk menggantikan fungsi smartphone, Smartwatch dirancang memberi “alert” pada pengguna untuk pesan dan panggilan yang masuk pada smartphone.

Kelebihan Smartwatch

Berikut beberapa kelebihan Smartwatch:

  • Sebagai alat notifikasi
    Selain menunjukkan waktu, smartwatch memiliki kemampuan untuk menyinkronkan data dari smartphone. Sehingga kalian dapat melihat notifikasi dari sosial media, chat dan semua aplikasi tanpa repot mengeluarkan smartphone.
  • Sangat travel friendly
    Apabila kalian seseorang yang suka berpetualang, maka smartwatch bisa menjadi teman setia selama perjalanan. Selain bisa menunjukkan boarding pass dengan praktis, gadget ini juga mempunyai fitur waterproof. Fitur tahan air memang sangat berguna bagi para traveller.
  • Monitor kegiatan fitness secara detail
    Tidak hanya mendengarkan lagu saja, kamu juga bisa memonitor aktivitas fitness-mu dengan smartwatch, lho. Smartwatch terbaru nggak hanya menunjukkan kalori dan waktu workout kamu saja, tapi juga menghitung banyaknya repetisi gaya yang kamu lakukan ketika workout.
Lihat juga:  7 Merk Bluetooth Headset Nirkabel Terbaik 2020

Kekurangan Smartwatch

Berikut beberapa kekuranganSmartwatch:

  • Harga yang tinggi
    Kekurangan yang pertama yang bisa Anda ketahui adalah bahwa berbagai produk atau dari merk brand Smartwatch ini memiliki harga yang sangat tinggi atau mahal. Dibandingkan dengan Smartband memang harganya begitu sangat cukup jauh.
  • Kamera resolusi kecil
    Bagi Anda yang hobi fotografi, smartwatch bukanlah pilihan. Karena fitur yang dihadirkan tidak memenuhi ekspektasi kalian. Rata-rata smartwatch memiliki kamera ukurannya hanya 0.3 megapiksel.

Smartband vs Smartwatch

  • Baterai yang kecil
    Tak lepas dari kesamaan smartwatch dengan jam tangan biasa. Smartwatch sendiri memiliki baterai yang bisa dibilang seperti smartphone. Dengan kapasitas yang tidak begitu besar dan daya tahan yang paling lama 2-3 hari. Jika digunakan dengan sering atau keperluan fiturnya makan akan lebih cepat memakan daya.
Rekomendasi Smartband TerbaikRekomendasi Smartwatch Terbaik
Apple Watch Series 5Samsung Gear Fit 2 Pro
IQI i4 AirXiaomi Mi Band 2
Asus ZenWatch 3Garmin Vivosmart 4
Samsung Gear S3 ClassicLenovo G10
Huawei Watch 2Huawei Honor Band 4

Smartband vs Smartwatch

1. Ukuran
Perbedaan yang utama yang akan kami bahasa adalah mengenai ukuran yang ada pada keduanya. Perbedaan paling mencolok antara Smartwatch dan Smartband adalah ukurannya.

Smartwatch biasanya ukurannya lebih besar dibandingkan Smartband. Ukuran smartwatch lebih besar karena banyak fitur dan fasilitas yang diberikan.

2. Fungsi
Dan juga selanjutnya Anda bisa mengetahui perbedaan dari mengenai fungsi keduanya. Perbedaan kedua yang paling penting adalah fungsi keduanya.

Smartwatch selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, biasanya juga bisa digunakan untuk mengirim pesan lewat SMS atau WA, bahkan bisa digunakan untuk telpon dan mengabadikan foto lewat kamera kecil yang dimilikinya.
Sedangkan Smartband, biasanya digunakan untuk menunjukkan waktu dan fitness tracker seperti mengukur detak jantung, jumlah kalori dan jumlah langkah.

3. Fitur
Kemudian Anda harus mengetahui mengenai fitur keduanya juga. Hal paling mencolok antara Smartwatch dan Smartband adalah fitur yang diberikan.

Fitur yang dimiliki oleh Smartwatch akan sangat melimpah dan biasanya akan memanjakan pemiliknya dengan fitur yang canggih. Sedangkan untuk Smartband ya fiturnya terbatas.jangan berharap lebih ya.

4. Harga
Dari semua perbedaan yang sudah kami sebutkan sebelumnya akhirnya berujung di masalah harga. Karena ada uang semua bisa hehe.

Harga Smartwatch sudah pasti akan lebih mahal dari Smartband.

Pilih Mana: Smartband vs Smartwatch

Smartband Smartwatch
Kelebihan- Sebagai fitness tracker - Desain sederhana dan ramping - Memutar lagu dan notifikasi - Sebagai alat notifikasi - Sangat travel friendly - Monitor kegiatan fitness secara detail
Kekurangan- Harga yang begitu mahal - Lebih cocok untuk kebugaran saja - Tidak begitu pas untuk sehari-hari - Harga yang tinggi - Kamera resolusi kecil - Baterai yang kecil

Kesimpulan

Setelah kami membahas beberapa hal penting tentang Smartwatch dan Smartband. Menurut kami memilih Smartwatch dan Smartband itu balik ke kebutuhan Anda. jangan membeli hanya akan membuat uang mubazir aja ya. Dan jangan memaksakan juga ya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Smartband vs Smartwatch

VS

Leave a Reply