ElektronikHiburan

Pilih Mana: Speaker Bose atau Harman Kardon?

Mendengarkan musik maupun untuk menonton film menggunakan speaker yang berkualitas memang memberikan pengalaman yang cukup seru. Siapa yang tidak mengenal Speaker Bose dan Harman Kardon, keduanya merupakan  merk speaker yang cukup terkenal dengan kualitas audio-nya yang sangat jernih.

Bagi kalian yang bingung untuk memilih speaker dari dua merk Bose maupun Harman Kardon. Kalian bisa mendapatkan informasi tambahan mengenai keduanya pada artikel berikut ini.

Speaker Bose atau Harman Kardon

Speaker Bose

Perusahaan Bose berasal dari negara Amerika Serikat ini sudah memproduksi sejak 1964. Dari sejak berdiri hingga saat ini, Bose hanya mengkhususkan diri dalam memproduksi peralatan audio berkualitas. Baca juga Pilih Mana: Speaker Bose atau JBL?

Produk dari Bose Corporation dapat dijumpai pada sistem audio mobil, headset, hingga speaker umum. Bahkan, amplifier pun mereka ciptakan. Kesan eksklusif dan high end dari speaker merek Bose membuat produk ini selalu diincar para pencinta audio.

Speaker Bose selalu mengedepankan kualitas dan kuantitas sehingga mampu merebut konsumen di pasar indonesia maupun di pangsa pasar barang elektronik dunia.
Rekomendasi Speaker Bose Harga Per Oktober 2019
Bose SoundLink Micro Bluetooth Speaker Rp. 1.600.000
Bose SoundLink Revolve Rp. 4.200.000
Bose Freespace 3 Satellite Speakers Rp. 3.200.000
Bose Soundlink Color Bluetooth SpeakerRp. 2.500.000

Kelebihan Speaker Bose

  • Desain speaker yang beragam dan unik
    Kelebihan yang terakhir dari speaker Bose ini yaitu speaker ini selalu menghadirkan speaker dengan desain yang unik dan kekinian, sehingga selain memiliki kualitas yang sangat tinggi desain speaker Bose ini juga memiliki desain yang wajib kamu miliki saat ini.
  • Memiliki berbagai fitur yang cukup memumpuni
    Speaker ini bisa dijangkau hingga jarak 10 meter. Kamu cukup mengaktifkan koneksi Bluetooth di gadget kamu, lalu lakukan pairing. Selanjutnya, kalian dapat menikmati suara canggih dari Speaker Bose ini, salah satu variasi Bose yang memiliki fitur in yaitu speaker Bose Soundlink Color.
  • Suara yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi
    Kelebihan speaker Bose yang lainnya yaitu dari segi suara yang dihasilkan oleh speaker ini yaitu sangat jernih, natural, dengan nada bass yang bulat. Suara full range yang dimiliki mampu mengeluarkan nada rendah hingga tinggi dengan sama baiknya.

Kekurangan Speaker Bose

  • Harga relatif mahal
    Kekurangan yang pertama dan menjadi pertimbangan banyak orang yaitu dari segi harga speaker Bose ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Speaker Bose ini dapat dibandrol dengan harga mulai dari jutaan rupiah sampai dengan puluhan juta rupiah, Tetapi dengan performa tinggi yang ada pada speaker ini harga tersebut sebanding dengan kualitas yang ada.
  • Kurang cocok jika ditempatkan pada ruang terbuka
    Speaker dengan merk ini sangat bagus suaranya, jernih, dan berkualitas menjadi kelebihan nya, namun sayangnya beberapa speaker Bose kurang cocok jika ditempatkan pada ruang terbuka karena kualitas suara akan menurun.
  • Store resmi yang jarang
    Kekurangan selanjutnya darik speaker Bose ini yaitu store resmi Bose di Indonesia sendiri masih sangat jarang, Sehingga jika kalian ingin membelinya kalian dapat ke toko elektronik yang pastinya produk Bose tidak selalu lengkap ya.

Speaker Harman Kardon

Harman Kardon terkenal sebagai salah satu produsen perangkat audio premium yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Harman Kardon merupakan anak usaha dari Samsung Electronics ini khusus dalam membuat kebutuhan speaker untuk otomotif.

Meski begitu, Harman Kardon juga dapat  membuat berbagai perangkat audio berkualitas tinggi, seperti speaker komputer dan headphone. Kini, mereka juga menciptakan speaker portable mengikuti tren.

Harman Kardon memulai kiprahnya dari tahun 1953 dan telah berhasil menghadirkan deretan produk speaker yang berkualitas international.
Rekomendasi Speaker Harman KardonHarga Per Oktober 2019
Harman Kardon Esquire Mini Wireless Speaker Rp. 2.300.000
Harman Kardon Aura Studio 2 productnationRp. 2.700.000
Harman Kardon Go + PlayRp 5.400.000
Harman Kardon Aura Studio 2Rp. 7.000.000

Kelebihan Speaker Harman Kardon

  • Desain Keren dan Stylish
    Speaker dari Harman Kardon ini dibekali dengan desain yang sangat menawan, keren dan stylish. Produk speakernya didesain dengan unik dan juga futuristik, Contohnya pada produk speaker Nova 2.0 yang memilki desain dengan model transparan. Produk speakernya pun rata-rata hanya memiliki sedikit tombol saja seperti tombol power, volume up/downd dan juga lambing status koneksi Bluetooth.
  • Kualitas suara yang jernih
    Speaker dari Harman Kardon sudah terbukti dengan memiliki kualitas yang jernih dan sangat nyaman untuk didengarkan. Produsen speaker Harman Kardon ini juga menghadirkan dual passive radiator pada produk ini, sehingga bisa membuat nada rendah sekalipun akan enak untuk didengar.
  • Fitur yang simpel
    Jika kalian tidak suka dengan banyaknya fitur yang rumit dan sulit dioperasikan, kalian tidak perlu khawatir karena speaker Harman Kardon ini memiliki fitur instalasi perangkat audio yang cukup simple karena speaker yang digunakan sudah dalam bentuk nirkabel atau tanpa kabel.
Lihat juga:  Pilih Mana: Simbadda atau Polytron?

Kekurangan Speaker Harman Kardon

  • Harga yang mahal
    Untuk speaker Harman Kardon ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal bisa sampai jutaan rupiah. Namun, dengan harga yang relatif mahal cukup sebanding dengan kualitas yang diberikan.
  • Tidak dapat tersambung pada radio
    Kita dapat memutar sejumlah musik melalui gadget kita hanya dengan mengkoneksikan nya melalui jaringan bluetooth, Tetapi sayangnya tidak bisa memutar radio yang ada di smartphone kita. Mungkin karena biasanya radio akan aktif kalau terhubung dengan earphone.
  • Speaker akan mati jika memindahkan sumber listrik
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada Harman Kardon ini yaitu Speaker akan mati sendiri pada saat kalian ingin  memindahkan colokan atau sumber listrik PLN ke baterai.

Jenis – Jenis Speaker

1. Speaker Aktif
Speaker aktif ini mengacu pada penggunaan crossover sebagai bagian dari pengirim suara. Keberadaan crossover ini akan membagi dengan tepat suara bernada rendah dan suara bernada tinggi. Sehingga tidak ada frekuensi yang hilang saat sudah keluar melalui speaker.

Selain itu, speaker aktif juga dilengkapi dengan amplifier. Fungsi amplifier ini untuk menambah besar daya yang dihasilkan speaker sehingga terdengar lebih menggelegar. Tanpa harus dibantu oleh amplifier terpisah yang umumnya disediakan oleh satu set home audio berkualitas.

Speaker aktif ini termasuk hemat Karena kalian tidak perlu membeli amplifier terpisah yang harganya juga tidak bisa dibilang murah. Speaker ini cocok digunakan untuk di dalam ruangan saja.

2. Pasif
Speaker pasif tidak dilengkapi dengan amplifier. Meski juga dilengkapi dengan crossover, tapi alat bantu ini juga bersifat pasif. Butuh dorongan tenaga dari amplifier untuk mendapatkan suara keras dan powerfull.

Speaker pasif bisa diparalel atau ditambah jumlah speaker pasif dalam satu rangkaian. Selama amplifiernya memiliki power yang mencukupi, Kalian dapat menambah jumlah speaker sesuai keinginan. Speaker ini sering digunaan untuk acara outdoor

3. Powered
Serupa dengan speaker aktif, speaker powered ini juga memiliki amplifier yang menyatu dalam sistem suaranya. Tetapi, terkadang speaker powered tidak disertai crossover aktif. Sehingga kualitas suara yang dihasilkan tidak sebagus speaker aktif yang dilengkapi crossover aktif.

Keunggulan dari speaker powered yaitu bentuknya yang ramping dan ringkas. Sehingga sangat cocok untuk digunakan di mana saja karena mudah dibawa-bawa. Bahkan untuk model terkini, speaker ini banyak dilengkapi dengan koneksi wireless.

Pilih Mana: Speaker Bose atau Harman Kardon?

Speaker Bose Harman Kardon
Kelebihan- Desain speaker yang beragam dan unik - Memiliki berbagai fitur yang cukup memumpuni - Suara yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi - Desain Keren dan Stylish - Kualitas suara yang jernih - Fitur yang simpel
Kekurangan- Harga relatif mahal - Kurang cocok jika ditempatkan pada ruang terbuka - Store resmi yang jarang - Harga yang mahal - Tidak dapat tersambung pada radio - Speaker akan mati jika memindahkan sumber listrik

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa speaker Bose dan Harman Kardon memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, Tetapi keduanya memiliki satu keunggulan yaitu memiliki kualitas suara yang dihasilkan dari speakernya cukup berkualitas tinggi sehingga banyak yang tertarik dengan keduanya. Namun, Untuk memilih diantara keduanya kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian ya, speaker Bose dan Harman Kardon ini pun memiliki berbagai macam jenis sepaker yang akan kalian temukan. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Speaker Bose vs Harman Kardon

VS

Leave a Reply