Pilih Mana: Speaker Harman Kardon atau JBL?

Speaker, sebuah perangkat audio yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, mengalami perkembangan yang luar biasa sepanjang waktu.

Pada awalnya, speaker adalah perangkat sederhana yang menggunakan konsep elektrodinamik. Elektrodinamik, ditemukan oleh Ernst Siemens pada tahun 1874, menjadi dasar bagi pengembangan speaker modern. Pada masa ini, cone kertas dan magnet digunakan untuk menghasilkan getaran yang menerjemahkan sinyal listrik menjadi gelombang suara.

Dengan munculnya era digital, speaker mengalami transformasi besar. Speaker digital menggunakan sinyal digital langsung dari perangkat pemutar, menghasilkan kualitas suara yang lebih akurat dan bebas dari kebisingan. Kemudian, teknologi Bluetooth membawa era speaker nirkabel, memungkinkan pemutaran musik tanpa kabel yang rumit.

Speaker portable menjadi semakin populer dengan peningkatan kualitas suara dan teknologi baterai. Speaker Bluetooth portable memungkinkan pengguna untuk membawa pengalaman mendengarkan musik kemanapun mereka pergi, tanpa mengorbankan kualitas suara.

Salah satu merek speaker yang sangat populer sekarang adalah Harman Kardon dan JBL. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai dua merek speaker tersebut. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Speaker Harman Kardon

Harman Kardon didirikan pada tahun 1953 oleh dua insinyur, Sidney Harman dan Bernard Kardon. Sejak awal, perusahaan ini menetapkan standar tinggi dalam reproduksi audio dengan menggabungkan teknologi canggih dan fokus pada kualitas suara yang luar biasa.

Harman Kardon dikenal dengan inovasinya dalam teknologi suara. Mereka terus mengembangkan dan mengimplementasikan fitur-fitur canggih seperti pemrosesan suara digital, teknologi koreksi fase, dan peningkatan bass adaptif untuk menciptakan pengalaman audio yang lebih mendalam dan imersif.

Harman Kardon menawarkan serangkaian speaker Bluetooth dan nirkabel yang menyajikan kualitas suara yang luar biasa tanpa kabel yang rumit. Produk seperti seri Harman Kardon Onyx Studio dan Citation series telah memenangkan hati penggemar audio.

Kelebihan Speaker Harman Kardon

Kualitas Suara yang Premium

Harman Kardon dikenal dengan kualitas suara premiumnya. Speaker mereka menghasilkan suara yang kaya, jernih, dan mendalam. Teknologi canggih yang digunakan dalam pengolahan suara membawa pengalaman mendengarkan yang mendekati keaslian rekaman.

Dibuat dengan Desain yang Elegan dan Ikonik

Kelebihan Harman Kardon tidak hanya terletak pada kualitas audio, tetapi juga pada desain yang elegan dan ikonik. Speaker mereka seringkali menjadi pernyataan gaya dengan bahan berkualitas tinggi, garis yang bersih, dan perhatian terhadap detail.

Inovasi Teknologi Suara yang Canggih

Harman Kardon terus mengintegrasikan inovasi dalam teknologi suara ke dalam produk-produk mereka. Pemrosesan suara digital, teknologi koreksi fase, dan peningkatan bass adaptif adalah beberapa contoh fitur canggih yang mengangkat kualitas audio mereka ke level yang lebih tinggi.

Speaker Nirkabel dan Bluetooth

Mengikuti tren teknologi modern, Harman Kardon menawarkan serangkaian speaker nirkabel dan Bluetooth. Ini memberikan fleksibilitas tanpa kabel yang rumit, memungkinkan pengguna untuk menikmati musik dari perangkat seluler atau perangkat lain dengan mudah.

Kekurangan Speaker Harman Kardon

Ukuran yang Besar pada Beberapa Model

Beberapa model speaker Harman Kardon, terutama yang dirancang untuk memberikan suara berkualitas tinggi, mungkin memiliki ukuran yang lebih besar. Ini dapat menjadi tantangan bagi mereka yang memiliki ruang terbatas atau menginginkan speaker yang lebih portabel.

Rekomendasi Speaker Harman Kardon

Harman Kardon Allure

Harman Kardon Allure adalah speaker yang memiliki desain modern dan elegan. Speaker ini dibekali lampu LED yang menambah kesan mewah pada penampilannya. Bass yang dihasilkan juga terdengar lebih bagus saat diputar dengan volume sedang. Kapasitas baterai 6.000 mAh juga membuatnya bisa digunakan selama 10 jam non-stop tanpa harus diisi ulang. Sayangnya, speaker ini belum dibekali fitur waterproof sehingga hanya bisa digunakan di dalam ruangan saja.

Harman Kardon Esquire Mini 2

Speaker Harman Kardon Esquire Mini 2 hadir dengan performa audio yang lantang dan jernih. Dengan desain stylish dan body terbuat dari material aluminium, speaker ini menawarkan pilihan warna hitam, silver, serta coklat. Speaker ini memiliki dentuman bass yang cukup menggelegar untuk ukuran portable mini.

Harman Kardon Onyx Studio 5

Rekomendasi speaker Harman Kardon berikutnya adalah Onyx Studio 5. Desainnya memiliki body bulat dengan kedudukan yang lebih baik dari seri sebelumnya, sehingga mampu berdiri secara kokoh. Speaker ini juga dilengkapi dengan konektivitas bluetooth hingga jarak 10 meter.

Speaker JBL

JBL, singkatan dari James Bullough Lansing, didirikan pada tahun 1946 oleh James Lansing. Sejak awal, JBL telah menetapkan standar tinggi untuk kualitas suara dan inovasi teknologi audio. Dengan sejarah panjangnya, JBL telah menjadi pilihan utama di berbagai arena, mulai dari profesional audio hingga konsumen umum.

Salah satu keunggulan utama JBL adalah kualitas suaranya yang menggebrak. Speaker JBL dikenal dengan kemampuannya menghasilkan suara yang jernih, mendalam, dan kaya akan detail. Ini membuat produk JBL menjadi favorit di kalangan penggemar musik, produser musik, dan pecinta audio profesional.

JBL merambah dunia nirkabel dengan lini speaker Bluetooth portable yang populer. Seri JBL Charge, Flip, dan Pulse telah memenangkan hati pengguna dengan kombinasi suara berkualitas tinggi dan desain yang mudah dibawa ke mana-mana.

Kelebihan Speaker JBL

Desain yang Menawan

Kelebihan lain dari speaker JBL adalah desain yang menawan. Produk-produk JBL seringkali memiliki estetika yang elegan, dengan kombinasi bahan berkualitas tinggi dan detail-desain yang cermat. Speaker JBL tidak hanya alat audio, tetapi juga menjadi elemen dekoratif yang mempercantik ruangan.

Teknologi Bluetooth dan Nirkabel

JBL terus berinovasi dalam menghadirkan kenyamanan. Sebagian besar speaker JBL mendukung teknologi Bluetooth, memungkinkan pengguna untuk memutar musik secara nirkabel dari perangkat seluler atau perangkat lain. Koneksi nirkabel ini memberikan fleksibilitas dan kebebasan tanpa kabel yang kusut.

Portabilitas pada Model Terseleksi

Seri speaker portable JBL, seperti JBL Flip dan JBL Charge, menawarkan portabilitas tinggi. Desain yang ringkas dan baterai yang tahan lama membuat speaker JBL menjadi teman setia untuk pengguna yang sering bepergian atau ingin mendengarkan musik di luar ruangan.

Kekurangan Speaker JBL

Bobot yang Mungkin Lebih Berat

Beberapa model speaker JBL, terutama yang dirancang untuk memberikan kualitas suara yang besar, dapat memiliki bobot yang lebih berat. Ini dapat menjadi faktor penting jika Anda mencari speaker yang mudah dibawa atau dipindahkan.

Rekomendasi Speaker JBL

JBL Flip 4

Speaker bluetooth JBL Flip 4 memiliki desain body yang sporty dan dibalut dengan speaker grill yang dipadukan dengan karet doff. Karet doff ini tidak mudah kotor atau dekil, sehingga menjaga kebersihan speaker. Di sisi kanan dan kiri terdapat sub muffler JBL dengan bass radiator yang akan berdenyut ketika musik diputar dengan volume tinggi. Suara bassnya yang super gurih, ditambah gerakan denyutan dari bass radiator membuat tampilan speaker bluetooth JBL Flip 4 terlihat sangar. Bagian sampingnya dilengkapi tombol power, lima lampu indikator baterai, dan tombol stereo mode atau party mode untuk mengatur suara musik lebih unik lagi.

JBL Charge 4

Speaker bluetooth JBL Charge 4 hadir dengan slogan “Play and Charge Endlessly”. Desainnya yang kokoh dan premium membuatnya tahan lama, bahkan lebih lama dibanding speaker bluetooth JBL lainnya. Selain itu, suara jernih dan bass mantap yang dihasilkan membuat pengalaman mendengarkan musik menjadi lebih menyenangkan. Terlebih lagi, kamu tidak perlu khawatir baterai HP akan habis selama menggunakan speaker ini karena dapat digunakan untuk mengisi daya.

JBL Speaker Xtreme 2

Speaker JBL Xtreme 2 hadir dengan desain yang khusus untuk dibawa kemana-mana. Tali yang cukup kokoh dan panjang membuatnya mudah untuk dibawa. Power output 40 watt, 4 buah speaker aktif, 2 buah mid bass, 2 buah filter serta durasi waktu 15 jam menjadikan speaker ini sangat ideal untuk digunakan.

Material yang digunakan pun terbilang premium dan berkualitas tinggi. Meski desainnya tidak terlalu spesial, namun suara yang dihasilkan jauh lebih jernih dan berkualitas tinggi. Speaker JBL Xtreme 2 adalah pilihan ideal bagi Anda yang ingin mendapatkan suara berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Perbandingan Speaker Harman Kardon dan JBL

Speaker Harman KardonSpeaker JBL
Kelebihan- Kualitas Suara yang Premium
- Dibuat dengan Desain yang Elegan dan Ikonik
- Inovasi Teknologi Suara yang Canggih
- Speaker Nirkabel dan Bluetooth
- Desain yang Menawan
- Teknologi Bluetooth dan Nirkabel
- Portabilitas pada Model Terseleksi
Kekurangan- Ukuran yang Besar pada Beberapa Model- Bobot yang Mungkin Lebih Berat
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Sebelum membuat keputusan, pertimbangkan kebutuhan mendengarkan Anda, lingkungan penggunaan, dan anggaran. Baik Harman Kardon maupun JBL menawarkan kualitas audio yang luar biasa, jadi memilih di antara keduanya bergantung pada preferensi pribadi Anda dan bagaimana Anda berencana menggunakan speaker tersebut.

Anda Pilih Speaker Harman Kardon atau JBL?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!