Pilih Mana: Stussy atau Supreme NYC ?

Fashion streetwear telah menjadi tren yang tak terbantahkan dalam dunia mode. Pakaian yang awalnya dirancang untuk kenyamanan di jalan kini telah menjadi bagian integral dari budaya pop dan gaya hidup anak muda. Streetwear adalah gaya pakaian yang berasal dari budaya jalanan, terutama berakar pada budaya skateboard, hip-hop, dan seni jalanan. Ini adalah gaya yang fokus pada kenyamanan, ekspresi diri, dan individualitas. Pakaian streetwear seringkali terdiri dari kaos, jaket, celana cargo, dan sepatu olahraga. Gaya ini juga sering memasukkan elemen-elemen seperti logo yang mencolok, cetakan grafis, dan warna-warna yang cerah.

Merek-merek streetwear ini hanyalah sebagian kecil dari dunia fashion streetwear yang kaya dan beragam. Gaya ini terus berkembang dan mempengaruhi budaya mode secara global. Apakah Anda mencari pakaian yang nyaman untuk berjalan-jalan atau ingin tampil modis di jalanan kota, merek-merek ini menawarkan berbagai pilihan gaya yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Dalam artikel ini kita akan membahas dua merek brand fashion streetwear yang sudah terkenal, yaitu Stussy dan Supreme NYC. Simak terus artikel berikut!

Stussy

Stussy adalah salah satu merek streetwear paling ikonik di dunia. Didirikan pada tahun 1980-an di Laguna Beach, California, oleh Shawn Stussy, merek ini telah memainkan peran penting dalam mengubah pemandangan mode jalanan dan budaya pop. Merek ini dimulai sebagai usaha kecil oleh Shawn Stussy, seorang surfer dan seniman, yang secara manual menciptakan pakaian surf dengan menambahkan tanda tangan uniknya, yang terlihat seperti tanda tangan seorang dokter, pada papan surf yang dia buat. Tanda tangan ini kemudian menjadi logo merek, dan Stussy lahir.

Kelebihan Stussy

Berikut beberapa kelebihan dari Stussy yang perlu Anda ketahui:

Desain yang Unik

Salah satu ciri khas Stussy adalah desain yang unik dan berbeda. Logo tangan yang khas, kolaborasi seniman terkenal, dan inspirasi dari musik dan seni jalanan menjadikan produk Stussy selalu terlihat segar dan menarik.

Berkualitas Tinggi

Stussy tidak hanya mengedepankan desain yang keren, tetapi juga kualitas produknya. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan pakaian dan aksesori Stussy selalu berkualitas tinggi, sehingga produk mereka tahan lama dan nyaman digunakan.

Kolaborasi Bergengsi

Stussy dikenal dengan kolaborasinya dengan merek-merek bergengsi lainnya. Kolaborasi dengan merek seperti Nike, Converse, dan New Balance telah menciptakan produk-produk yang sangat diincar oleh penggemar streetwear. Ini memberikan eksklusivitas kepada produk-produk tersebut.

Ketersediaan Global

Stussy telah menyebar ke seluruh dunia, menjadikan produknya lebih mudah diakses oleh penggemar fashion di berbagai negara. Ini membuat merek ini semakin dikenal dan dihormati secara global.

Terkenal Karena Memiliki Sejarah Panjang

Stussy memiliki sejarah yang panjang dan kaya dalam industri fashion. Didirikan pada tahun 1980-an, merek ini telah membantu membentuk dan mendefinisikan gaya streetwear. Pengalaman bertahun-tahun dalam industri ini telah mengukuhkan Stussy sebagai pemimpin dalam hal desain dan gaya.

Kekurangan Stussy

Berikut beberapa kekurangan dari Stussy yang perlu Anda ketahui:

Harga yang Tinggi

Salah satu kekurangan yang mungkin dihadapi oleh banyak calon pembeli adalah harga produk Stussy yang cenderung tinggi. Produk-produk mereka seringkali memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan merek streetwear lainnya. Hal ini mungkin membuat sebagian orang terbatasi dalam membeli produk Stussy.

Eksklusivitas yang Tinggi

Meskipun eksklusivitas adalah salah satu kelebihan Stussy, hal ini juga dapat menjadi kekurangan. Kolaborasi dengan merek lain seringkali menghasilkan produk-produk yang sangat sulit ditemukan dan sangat mahal jika dibeli dari reseller. Ini dapat menghalangi beberapa orang untuk mengakses produk Stussy yang mereka inginkan.

Ketersediaan Produk Terbaru

Produk Stussy yang paling baru seringkali hanya tersedia di toko fisik atau toko daring tertentu, terutama pada awal peluncurannya. Ini bisa menjadi kendala bagi mereka yang tidak tinggal di dekat toko fisik Stussy atau tidak dapat mengakses toko daring tertentu.

Supreme NYC

Merek streetwear Supreme NYC telah menjadi ikon dalam dunia fashion jalanan. Didirikan pada tahun 1994 di New York City oleh James Jebbia, Supreme telah mengubah cara orang memandang pakaian dan aksesori. Supreme pertama kali membuka toko di Lafayette Street, New York City, pada tahun 1994. Dalam beberapa tahun pertama, mereka hanya menjual pakaian dan aksesori skateboard. Namun, dengan cepat, merek ini mulai menarik perhatian pecinta fashion jalanan, terutama di kalangan remaja. Kemitraan dengan merek terkenal seperti Nike, The North Face, dan Louis Vuitton membuat Supreme semakin dikenal.

Kelebihan Supreme NYC

Berikut beberapa kelebihan dari Supreme NYC yang perlu Anda ketahui:

Kemitraan Ikonik

Salah satu daya tarik utama Supreme adalah kemampuannya untuk berkolaborasi dengan merek-merek terkenal seperti Nike, The North Face, Louis Vuitton, dan lainnya. Kolaborasi-kolaborasi ini menghasilkan produk-produk yang sangat diinginkan oleh penggemar streetwear di seluruh dunia. Setiap kolaborasi adalah peristiwa besar dalam komunitas streetwear.

Desain yang Berani

Supreme tidak pernah takut untuk menghadirkan desain yang mencolok dan provokatif. Logo kotak merah yang terkenal dan pemilihan warna-warna cerah menjadikan produk-produk Supreme mudah dikenali. Beberapa produk mereka bahkan menciptakan pesan-pesan sosial yang kuat, mencerminkan keberanian dalam berbicara melalui fashion.

Eksklusivitas

Produk-produk Supreme sering kali diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas. Ini menciptakan tingkat eksklusivitas yang tinggi di sekitar merek ini. Ketersediaan yang terbatas dan hype yang dibangun seputar setiap perilisan membuat setiap pembelian Supreme menjadi prestise.

Kualitas Premium

Walaupun harga produk Supreme bisa sangat tinggi, mereka dikenal karena menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan pembuatan yang cermat. Ini membuat produk-produk Supreme tahan lama dan dapat bertahan dalam penggunaan sehari-hari.

Keberanian dalam Eksperimen Fashion

Supreme terus berani dalam eksperimen fashion. Mereka tidak hanya memproduksi pakaian, tetapi juga aksesori, perhiasan, dan barang-barang rumah tangga dengan desain yang sama-sama mencolok. Kemampuan mereka untuk tetap berinovasi telah memastikan bahwa merek ini tetap relevan.

Kekurangan Supreme NYC

Berikut beberapa kekurangan dari Supreme NYC yang perlu Anda ketahui:

Harga yang Tinggi

Salah satu kekurangan utama Supreme adalah harganya yang tinggi. Produk-produk mereka sering kali jauh di atas harga rata-rata untuk jenis barang yang serupa. Hal ini membuat produk Supreme sulit diakses oleh banyak orang dan mengarah pada masalah eksklusivitas yang bisa membuat beberapa calon penggemar merasa terhalang.

Ketergantungan pada Hype

Supreme terkadang dianggap lebih sebagai simbol status dan hype daripada nilai intrinsik produknya. Beberapa orang membeli produk Supreme hanya karena merek tersebut sedang tren, bukan karena desain atau kualitasnya. Ini dapat mengaburkan fokus pada aspek fashion yang seharusnya lebih penting.

Keterbatasan Pasar Geografis

Meskipun Supreme telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan memiliki toko di berbagai negara, masih ada banyak wilayah di dunia yang belum memiliki akses langsung ke produk Supreme. Ini berarti bahwa beberapa penggemar streetwear di luar daerah yang dilayani toko-toko Supreme harus mengandalkan pembelian online, yang sering kali penuh dengan tantangan seperti masalah persediaan dan kecepatan pengiriman.

Perbedaan Stussy dan Supreme NYC

StussySupreme NYC
Kelebihan- Desain yang Unik
- Berkualitas Tinggi
- Kolaborasi Bergengsi
- Ketersediaan Global
- Terkenal Karena Memiliki Sejarah Panjang
- Kemitraan Ikonik
- Desain yang Berani
- Eksklusivitas
- Kualitas Premium
- Keberanian dalam Eksperimen Fashion
Kekurangan- Harga yang Tinggi
- Eksklusivitas yang Tinggi
- Ketersediaan Produk Terbaru
- Harga yang Tinggi
- Ketergantungan pada Hype
- Keterbatasan Pasar Geografis
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Stussy dan Supreme NYC adalah dua merek streetwear yang sangat dihormati dan berpengaruh, masing-masing dengan gaya, sejarah, dan pengikut yang unik. Pilihan antara keduanya seringkali tergantung pada preferensi pribadi, anggaran, dan gaya hidup. Yang pasti, keduanya telah memainkan peran penting dalam membentuk budaya fashion jalanan global, dan persaingan antara keduanya terus berlanjut di dunia streetwear.

Anda Pilih Stussy atau Supreme NYC?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!