HomeMakanan dan MinumanMasak

Pilih Mana: SunCo atau Filma?

Minyak goreng merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk memasak berbagai macam makanan. Untuk menghasilkan makanan yang lezat, sehat dan renyah tentunya kita perlu memilih dan mempertimbangkan berbagai macam minyak yang terbaik sebelum memasak makanan yang kita inginkan.

Dalam memilih minyak goreng yang akan kita gunakan tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan contohnya seperti lemak baik lemak jenuh maupun lemak tak jenuh. Hal tersebut penting untuk diperhatikan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sampai detik ini ada banyak berbagai merk minyak yang beredar dan dapat dijumpai di pasaran, oleh karena itu kita harus selektif dalam memilih minyak goreng yang akan kita beli. Beberapa minyak goreng yang laris di pasaran dan sering dikonsumsi adalah Sunco dan Filma. Lalu di antara kedua minyak tersebut manakah minyak yang bagus untuk digunakan dalam kehidupan sehari–hari? Mari simak ulasan berikut!

SunCo

Minyak goreng SunCo merupakan salah satu minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit pilihan dan difortivikasi memiliki kandungan vitamin A. menggunakan buah kelapa sawit yang segar karena pengolahannya tidak lebih dari 24 jam setelah buah sawit dipetik.SunCo memiliki tahapan proses sebanyak 5x sehingga membuat minyak goreng SunCo memiliki warna yang bening dan berkualitas, sesuai dengan slogannya bahwa minyak goreng SunCo dapat diminum seperti air. Berikut kelebihan dan kekurangan minyak SunCo.  Baca juga: 10 Merk Minyak Sayur Paling Bagus 2022

Kelebihan SunCo

1.   Memiliki lima kali proses pemurnian

Warna jernih yang dimiliki oleh minyak SunCo ini didapatkan dari proses yang dilakukan sebanyak lima kali dimana proses itu adalah tiga kali proses pemurnian dan dua kali proses penyaringan. Hal ini dibuktikan dengan slogan mereka bahwa minyak ini dapat diminum seperti air putih, yang menandakan bahwa minyak ini tidak lengket di tenggorokan.

2.   Mudah ditemui dan harga yang terjangkau

Walaupun SunCo merupakan merk minyak goreng baru akan tetapi untuk menemukannya di berbagai toko dan e-commerce lainnya tergolong mudah, selain itu harga yang terjangkau juga merupakan kelebihan yang sangat disukai oleh konsumen

UkuranHarga (per Oktober 2022)
Minyak Goreng SunCo (2 L/kemasan pouch)Rp. 28.600,-
Minyak Goreng SunCo (2 L/6 pcs)Rp. 130.000,-
Minyak Goreng Sunco (1 L/kemasan pouch)Rp. 29.000,-
Minyak Goreng SunCo (5 L/jerigen)Rp. 76.000,-

 3.   Kandungan antioksidan yang tinggi

Minyak goreng SunCo tidak mengandung kolestrol apapun, alhasil bagus buat kesehatan jantung. Produk ini kaya dengan kandungan antioksidan, serta bebas dari faktor persoalan penyumbatan lemak arteri. SunCo dibuat dari bahan-bahan segar dari perkebunan tanpa bahan pengawet.

SunCo berisi pro vitamin A (beta-karoten) serta vitamin E (tocopherol serta tocotrienol) yang bersifat sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan ini sudah terbukti bisa menghambat pembentukan kanker. Sunco berisi mono-unsaturated fatty acid (asam oleat serta poli-asam lemak tak jenuh (asam linoleat)) yang bisa menolong untuk menjaga tingkat kolesterol darah yang normal.

Kekurangan SunCo

1.   Dapat menyebabkan penyumbatan

Tak dapat dipungkiri ketika memakan makanan yang berminyak akan menyebabkan penyakit jantung. Walaupun minyak SunCo tidak memiliki kandungan kolestrol akan tetapi kandungan asam lemak tak jenuh yang dimiliki oleh minyak ini dapat digolongkan tinggi, sehingga akan menyebabkan penyumbatan jika dikonsumsi terus menerus dan dapat meningkatkan kadar kolestrol di dalam darah.

2.   Minyak goreng sering tertinggal di makanan

Ketika selesai menggoreng makanan, terkadang minyak setelah menggoreng pasti akan tertempel di makanan. Membutuhkan waktu yang lama untuk meniriskan makanan yang telah digoreng agar benar–benar terbebas dari minyak yang menempel. Hal ini dapat memberikan efek yang buruk untuk kesehatan apalagi jika minyak yang digunakan telah dipakai berulang kali.

Lihat juga:  Pilih Mana: Air Purifier atau Air Humidifier?

Filma

Minyak goreng Filma ialah minyak goreng terbaik dari kelapa sawit pilihan yang diproses dengan teknologi modern, dengan pengendalian mutu terbaik untuk memastikan kualitas kejernihannya. Minyak goreng ini akan tetap bening ketika sudah digunakan berkali–kali.Dibandingkan dengan minyak yang lain, minyak goreng ini juga mengandung vitamin A, D, dan E serta omega-6 plus omega-9. Omega-9 diyakini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Berikut kelebihan dan kekurangan dari minyak filma.

Kelebihan Filma

1.   Warna minyak yang jernih

Minyak goreng filma memiliki warna kuning keemasan yang lebih jernih dikarenakan produk ini dibuat dengan sistem pemurnian terintegrasi. Proses ini menghasilkan minyak goreng yang lebih jernih akan tetapi untuk warna yang dimiliki itu lebih emas dibandingkan minyak goreng yang lain.

2.   Minyak tidak mudah menempel pada makanan

Minyak goreng filma memiliki kualitas temperature yang baik, dalam artian bahwa minyak filma dapat menjaga masakan agar tidak mudah teroksidasi (gosong). Dengan kualitas temperature yang dimiliki membuat minyak ini tidak mudah menempel pada hasil gorengan dan penyajian makanan lebih nikmat dikarenakan masak dengan sempurna dan tidak berminyak.

3.   Kandungan nutrisi yang tinggi

Minyak goreng filma adalah minyak goreng non kolesterol. Minyak goreng Filma mengandung 3 Nutrisi yaitu: Omega 6, Omega 9 dan Vitamin E. Filma mengandung asam lemak tak jenuh, Omega 9 dan Omega 6. Asam lemak tak jenuh dapat membantu menjaga kadar kolesterol sebagaimana adanya. Omega 6 adalah asam lemak esensial yang diperlukan tubuh. Ini membuat Filma menjadi minyak goreng yang sehat jika digunakan dalam proses memasak.

Kekurangan Filma

1.   Harga yang relative lebih tinggi

Untuk harga dari minyak goreng filma sendiri bisa dikategorikan sebagai minyak yang tergolong mahal, akan tetapi hal ini tetap seimbang dengan kualitas yang dimiliki oleh minyak ini sendiri.

UkuranHarga (per Oktober 2022)
Minyak Goreng Filma (2 L/kemasan pouch)Rp. 29.500,-
Minyak Goreng Filma (2 L/6 pcs)Rp. 165.000,-
Minyak Goreng Filma (1 L/kemasan pouch)Rp. 29.900,-
Minyak Goreng Filma (5 L/jerigen)Rp. 68.000,-

2.   Berpotensi terkena penyakit jantung

Hampir setiap makanan yang menggunakan minyak akan memiliki efek terkena penyakit jantung dikarenakan penggunaan minyak secara terus menerus akan menyebabkan penyumbatan baik itu di arteri maupun di jantung. Walaupun minyak filma memiliki berbagai macam omega dan nutrisi di dalamnya tidak dapat menjadi sebuah patokan jika minyak ini dapat mencegah penyakit jantung.

Pilih mana: SunCo atau Filma?

Keterangan SunCoFilma
Kelebihan - Memiliki lima kali proses pemurnian - Mudah ditemui dan harga yang terjangkau - Kandungan antioksidan yang tinggi- Warna minyak yang jernih - Minyak tidak mudah menempel pada makanan - Kandungan nutrisi yang tinggi
Kekurangan - Dapat menyebabkan penyumbatan - Minyak goreng sering tertinggal di makanan- Harga yang relative lebih tinggi - Berpotensi terkena penyakit jantung
Beli disiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Itulah informasi serta kelebihan dan kekurangan mengenai minyak SunCo dan Tropical yang bisa diketahui dan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih minyak goreng. Dapat disimpulkan bahwa setiap minyak goreng dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita dengan catatan penggunaan yang benar dan konsumsi yang tidak berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah minyak goreng sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

SunCo vs Filma

VS