Makanan dan MinumanParenting

Pilih Mana: Susu UHT atau Susu Bubuk?

Susu menjadi hal minuman yang mungkin dibutuhkan oleh seluruh orang, karena dengan susu juga dapat memenuhi keseimbangan kesehatan pada tubuh kita. Tidak hanya orang dewasa saja yang butuh mengkonsumsi susu anak kecil juga. Nah, banyak sekali jenis susu yang bisa dipilih seperti Susu UHT dan juga Susu Bubuk.

Susu UHT dan juga Susu Bubuk adalah kedua jenis susu yang banyak menjadi pilihan banyak orang karena keduanya memiliki banyak manfaat dan sangat mudah untuk Anda dapatkan. Selain itu juga Susu UHT dan juga Susu Bubuk memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan Susu UHT dan juga Susu Bubuk?

Langsung saja yuk Anda bisa simak penjelasan versi Selera.id di bawah ini.

Susu UHT atau Susu Bubuk

Susu UHT

Susu UHT adalah susu yang diproses dengan cara dipanaskan pada suhu tinggi dalam waktu yang singkat. Seluruh kuman, virus, bakteri, mikroba, dan lain sebagainya akan mati terbunuh pada proses pemanasan singkat tersebut. Baca juga rekomendasi Susu Rendah Lemak Terbaik

Susu UHT biasanya dikemas dalam kemasan multi lapisan aseptik berteknologi modern sehingga bakteri tidak dapat berkembang di dalam kemasan Susu UHT tersebut. UHT pada Susu UHT adalah singkatan dari Ultra High Temperature.

Banyak sekali merk yang menjual Susu UHT yang bisa Anda dapatkan di berbagai toko atau juga mall juga swalayan yang ada di kota Anda. Tidak hanya untuk dewasa, umumnya Susu UHT juga bisa diminum anak kecil khusus usia 1 tahun ke atas ya.

Dengan mengkonsumsi Susu UHT juga dapat membuat tubuh Anda atau juga anak Anda menjadi lebih sehat dan juga lebih segar. Manfaat dari Susu UHT ini memang sangat bagus sekali selain praktis juga harganya cukup ekonomis.

Kelebihan Susu UHT

  • Lebih praktis
    Kelebihan yang utama dari Susu UHT sudah pasti dari sisi kemasan sendiri Susu UHT sangat memiliki kemasan yang travell friendly dalam artian kemasan yang sangat praktis bisa Anda bawa kemana-mana lho. Sediakan terus dalam paper bag Anda hingga siap untuk Anda konsumsi guys hehe.
  • Kadaluarsa yang cukup lama
    Dan yang terpenting bagi mengkonsumsi Susu dalam bentuk atau jenis apapun, kadaluarsa harus banget Anda perhatikan ya. Jangan mengkonsumsi lagi Susu yang kadaluarsanya sudah lewat. Hal baiknya Susu UHT memiliki jangka cukup panjang untuk masa kadaluarsa bisa 6-10 bulan lamanya.
  • Sumber protein dan kalsium
    Jangan sangka jika Susu UHT tidak memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Apakah Anda tahu bahwa Susu UHT memiliki sumber protein dan juga kalsium? Satu sajian Susu UHT bisa mengandung 300 mg kalsium, dan juga Susu UHT dapat menjadi salah satu sumber protein hewani yang mudah dikonsumsi.

Susu UHT atau Susu Bubuk

Kekurangan Susu UHT

  • Dapat menimbulkan alergi
    Kekurangan yang pertama dari Susu UHT sudah pasti adalah bahwa banyaknya orang yang tidak cocok mengkonsumsi Susu UHT akan menimbulkan alergi pada wajah atau sekeliling tubuh. Untuk itulah jika sudah terjadi hal seperti ini hentikan konsumsian ini ya.
  • Membuat sakit pencernaan
    Selain dapat membuat timbulnya alergi, Susu UHT juga memiliki kekurangan yaitu dapat membuat pencernaan Anda menjadi sakit. Hal ini dapat membuat pencernaan Anda lancar atau bab menjadi cair guys hehe. Jadi, Anda pastikan bahwa Susu UHT tidak membuat masalah pada tubuh Anda.
  • Hanya untuk anak usia atas 1 tahun
    Mungkin bagi Anda ingin memberikan Susu UHT pada anak usia 6 bulanan, tentu saja hal ini sangat tidak dianjurkan. Jangan memberikan Susu UHT pada anak usia di bawah 1 tahun, karena Susu UHT cocok dikonsumsi anak usia 1 tahun ke atas ya para ibu.

Susu Bubuk

Siapa yang tidak tahu dengan Susu Bubuk. Susu bubuk pertama kali dibuat pada 1802 oleh seorang dokter Rusia, Osip Krichevsky. Susu bubuk banyak sekali ditemukan di negara-negara berkembang karena biaya transportasi dan penyimpanannya sangat murah.

Lihat juga:  10 Merk Yogurt Terbaik 2020
Susu bubuk adalah bubuk yang dibuat dari susu kering yang solid. Susu bubuk mempunyai daya tahan yang lebih lama daripada susu cair dan tidak perlu disimpan pada lemari es karena kandungan uap airnya sangat rendah.

Seperti halnya juga makanan-makanan kering lainnya, susu kering dianggap tidak mudah rusak dikarenakan sedikitnya kandungan air ya guys (bakteri sangat cepat berkembangbiak pada makanan yang basah atau minuman).

Lama simpan susu bubuk tergolong lama, maksimal 2 tahun tentunya dengan penanganan yang baik dan benar. Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu full cream milk powder, partly skim milk powder, dan skim milk powder. Anda bisa membeli susu bubuk dengan berbagai merk di Carrefour.

Susu UHT atau Susu Bubuk

Kelebihan Susu Bubuk

  • Bertahan lama
    Kelebihan yang utama dari Susu Bubuk yaitu untuk batas kadaluarsa dari Susu Bubuk dapat bertahan sangat lama bisa jadi hingga 2 tahun lamanya. Jadi jangan khawatirkan ya guys. Namun, tetap perhatikan tanggal kadaluarsa ya.
  • Banyak mengandung vitamin
    Nah bagusnya Susu Bubuk sangat cocok untuk anak yang sedang beranjak dewasa. Untuk itulah banyak para ibu yang memilih Susu Bubuk untuk anak dibandingkan dengan susu lainnya. Jika ingin memberikan MPASI pada anak juga Susu Bubuk bisa menjadi pilihan yang sangat tepat ya ibu-ibu hehe.
  • Tidak perlu ditaruh lemari pendingin
    Kelebihan lainnya jika Anda tidak ada lemari pendingin maka Susu Bubuk bisa Anda taruh pada tempat yang biasa saja suhunya. Karena Susu Bubuk dibuat dari air panas lho. Hal ini juga cocok untuk Anda bawa bepergian ya lebih praktis juga tentunya.

Kekurangan Susu Bubuk

  • Dapat menimbulkan diare
    Kekurangan yang pertama oleh Susu Bubuk yaitu bahwa Susu Bubuk dapat menyebabkan pencernaan anak yang tidak baik. Susu Bubuk dapat menimbulkan diare pada anak nih. Jadi pastikan Susu Bubuk cocok digunakan oleh anak.
  • Dapat menimbulkan alergi
    Selain dapat menimbulkan masalah diare, Susu Bubuk juga dapat menimbulkan alergi ketika dikonsumsi yang tidak cocok untuk Anda gunakan atau dikonsumsi oleh anak Anda. alergi tersebut bisa jadi alergi gatal hingga kemerahan pada tubuh.
  • Kadar gula yang cukup tinggi
    Kebanyakan Susu Bubuk memiliki kandungan gula yang cukup tinggi ya. Maka dari itu harus sekali memilih kadar gula yang standar. Karena sudah pasti jika Susu Bubuk ini banyak kandungan gulanya dapat membuat obesitas pada anak. Jadi hati-hati ya perhatikan penggunaan.
KeteranganSusu UHT Susu Bubuk
Cocok DigunakanDewasa dan anak-anakDewasa dan anak-anak
Masa KadaluarsaUmumnya 6-10 bulan Umunya bisa 2 tahun lamanya
Proses PembuatanSiap diminumPerlu diseduh

Susu UHT vs Susu Bubuk

Susu UHT dan juga Susu Bubuk keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan yang sudah dijelaskan di atas. Susu UHT memang lebih praktis tidak perlu diseduh, namun susu UHT lebih segar jika disimpan pada lemari es.

Susu UHT cocok untuk dikonsumsi anak untuk menunda lapar atau hanya memberikan untuk anak yang membutuhkan gizi saja. Sedangkan Susu Bubuk cocok untuk anak yang memerlukan sampingan makanan atau MPASI.

Pilih Mana: Susu UHT atau Susu Bubuk?

Susu UHT Susu Bubuk
Kelebihan- Lebih praktis - Kadaluarsa yang cukup lama - Sumber protein dan kalsium - Bertahan lama - Banyak mengandung vitamin - Tidak perlu ditaruh lemari pendingin
Kekurangan- Dapat menimbulkan alergi - Membuat sakit pencernaan - Hanya untuk anak usia atas 1 tahun - Dapat menimbulkan diare - Dapat menimbulkan alergi - Kadar gula yang cukup tinggi

Kesimpulan

Susu UHT dan juga Susu Bubuk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya juga bisa Anda pilih sesuai dengan tingkat kebutuhan saja. Namun, untuk anak yang sangat cocok sepertinya Susu Bubuk, karena bisa menjadi MPASI untuk anak. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Susu UHT vs Susu Bubuk

VS

Leave a Reply