FashionLainnyaLifestyle

Pilih mana: Tas Ransel vs Tas Selempang?

Tas berfungsi untuk menaruh dan meletakkan barang bawaan. Penggunaan tas sendiri tentu tergantung pada kebutuhan yang dimiliki oleh masing-masing orang. Pada umumnya tas memiliki dua jenis yang biasa digunakan banyak orang.

Tas Ransel dan Tas Selempang. Pasti sangat familiar dengan kedua bentuk tas tersebut bukan? Dengan menggunakan kedua tas tersebut akan membantu Anda dalam membawa barang saat bepergian.

Namun, selain fungsi dan kegunaan yang Anda perhatikan. Anda juga perlu mempertimbangkan faktor lain seperti bahan, dan ukuran tas Anda. Baik ransel atau selempang, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Jika Anda bingung untuk memilih tas mana yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Anda bisa langsung cek artikel di bawah ini. Karena kami akan menjelaskan beberapa perbandingan yang ada pada Tas Ransel dan Tas Selempang ini. Yuk stay tune di Selera.id saja!

Tas Ransel vs Tas Selempang

Tas Ransel

Tas Ransel adalah sebuah wadah atau tempat yang dipakai di punggung seseorang dan dilindungi oleh dua tali yang memanjang vertikal melewati bahu, tetapi ada juga pengecualian, contohnya tas ransel yang dibuat untuk benda-benda ringan biasanya hanya membutuhkan 1 tali. Tas ransel digunakan si pemakai untuk memudahkan dalam membawa bawaan sesuai kebutuhan.

Ada banyak merk dan brand produk ransel yang hadir, tanpa terkecuali menunjang kualitas dan kegunaan yang mumpuni. Tas ransel di desain dengan menarik dan praktis. Sehingga Anda bisa membawanya kemanapun Anda pergi.

Tas ransel sendiri memiliki berbagai ukuran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Harganya juga cukup bervariasi. Jadi, Anda bisa memilih merk dan produk tas ransel sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Baca artikel lainnya 11 Tas Ransel Terbaik 2020

Kelebihan Tas Ransel

Berikut ini Kelebihan Tas Ransel:

  • Memiliki ukuran yang fleksibel
    Kelebihan pertama yang ada pada Tas jenis Ransel ini yaitu ada pada ukuran dan fungsinya. Pada umumnya tas ransel memiliki lebih banyak bagian yang bisa membuatnya menampung banyak barang dan diletakkan secara teratur. Oleh karena itu sangat cocok untuk Anda yang ingin bepergian dan membawa banyak barang.
  • Tidak membuat pegal
    Kelebihan lainnya saat membawa jenis tas ransel ini. Anda akan jauh merasa lebih aman ketika berkendara. Karena beban pada bahu bisa berkurang karena tas ransel ditahan oleh bangku motor atau mobil. Hal ini juga ampuh mengurangi resiko sakit pada punggung karena beban ditahan oleh dua bahu dan pinggang.
  • Sangat mudah di bawa
    Tas punggung cocok dibawa ke tempat yang agak jauh karena tas punggung mempunyai bagasi yang lebih luas dibanding tas selempang, seperti kamping, mendaki gunung atau ke tempat jauh lainnya.

Tas Ransel vs Tas Selempang

Kekurangan Tas Ransel

Berikut ini Kekurangan Tas Ransel:

  • Desain kurang menarik
    Kekurangan yang ada pada tas ransel ternyata varian desain yang dihadirkannya kurang menarik mata. Karena pada umumnya tas ini memang hadir untuk memudahkan penggunanya dalam membawa barang dan benda yang cukup banyak dan berat.
  • Kurang stylish
    Bagi Anda yang suka jalan-jalan atau sedang menghadiri pesta dan acara. Maka tas jenis ini sangat tidak cocok serta kurang pas digunakan jika untuk keperluan mengangkut barang yang tidak banyak dan memiliki ukuran kecil. Bentuknya dan modelnya juga kurang stylish untuk tampil keren.
  • Tidak tahan lama
    Karena sering mengangkut barang yang cukup berat, membuat tas jenis ini tidak tahan lama saat digunakan. Talinya kadang sering copot dan putus ketika membawa barang yang cukup banyak. Hal ini yang sangat disayangkan oleh sebagian penggunanya.

Tas Selempang

Siapa yang tidak kenal dengan Tas selempang, Tas yang memiliki desain stylish dan unik ini juga dikenal dengan nama lainnya, yaitu tas sling bag. Tas yang masih populer hingga saat ini merupakan tas dengan berbagai ukuran. Penggunaan tas yang satu ini cukup digantung pada bahu atau bisa juga digunakan dengan cara disilangkan ke badan.

Tas selempang juga merupakan tas yang pada umumnya memiliki satu tali, serta umumnya tas selempang hanya dapat membawa barang yang berukuran kecil. Oleh karena itu sangat cocok digunakan saat menghadiri berbagai acara, pesta dan lainnya. Karena sangat fleksibel serta memiliki beragam model untuk Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Baca juga: Pilih Mana: Tas Bodypack atau Tas Kalibre?

Lihat juga:  Pilih Mana: Tas Eiger atau Tas Kalibre?

Kelebihan Tas Selempang

Berikut ini Kelebihan Tas Selempang:

  • Memiliki desain yang modis dan stylish
    Kelebihan pertama yang ditawarkan oleh jenis tas selempang ini ada pada desainnya yang bervariasi dan menarik tentu membuat pemakainya bisa tampil modis dan stylish. Dan tentu tetap keren ketika dibawa saat menghadiri beberapa acara dan pesta.
  • Memiliki bentuk yang ringan
    Tas selempang sendiri memiliki ukuran yang beragam serta sangat ringan. Sehingga tas selempang lebih bisa diandalkan saat membawa barang-barang kecil di bawa untuk pergi nongkrong atau hangout dengan teman-teman.
  • Harganya cukup terjangkau
    Selain, memiliki banyak model dan gaya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dan bervariasi. Anda bisa mendapatkannya sembari menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Meski terjangkau, kualitasnya tidak main-main loh. Jadi, wajib untuk Anda miliki.

Tas Ransel vs Tas Selempang

Kekurangan Tas Selempang

Berikut ini Kekurangan Tas Selempang:

  • Tidak bisa memuat banyak barang
    Bagi Anda yang ingin mendaki dan berpergian jauh maka tas jenis selempang ini tidak cocok untuk Anda pilih karena ukurannya yang minim dan kecil. Tidak bisa memuat barang banyak untuk Anda bawa nanti. karena tas selempang tidak muat untuk barang-barang yang berukuran besar seperti pakaian, laptop, tali dan lain sebagainya.
  • Beresiko mendapatkan cedera bahu
    Jika tas selempang diisi terlalu padat dan berat maka akan membahayakan bahu loh. Karena tas selempang hanya mempunyai satu tali dan pada umumnya beban yang ditumpu hanya pada titik tertentu seperti bahu. Oleh karena ini sangat mudah mengalami cedera bahu dan juga timbul rasa pegal di area bahu dan leher.
  • Kurang pas digunakan saat berkendara
    Kekurangan lainnya yang ada pada jenis tas ini yaitu Tas selempang cenderung agak ribet dibawa saat mengendarai motor. Dan sangat kurang pas untuk dibawa bepergian jauh.

Kegunaan Tas Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada beberapa kegunaan yang Anda bisa ketahui mengenai tas. Berikut penjelasannya di bawah ini:

  1. Tas digunakan untuk menaruh buku-buku pelajaran dan peralatan sekolah lainnya
    Jenis tas yang biasanya digunakan untuk penyimpanan peralatan sekolah ini adalah tas sekolah. Dimana tas sekolah ini pastinya akan membantu setiap pelajar dalam membawa peralatannya ke sekolah.
  2. Tas digunakan sebagai tempat menyimpan barang belanjaan
    Untuk kegunaan tas selanjutnya adalah untuk menyimpan barang belanjaan. Tidak mungkin juga ketika berbelanja, anda tidak menggunakan tas untuk membawanya. Anda bisa melibatkan fungsi tas plastik, kain, maupun sintetis untuk mempermudah pembawaan barang belanjaan.
  3. Sebagai alternatif untuk tampil keren
    Saat ini penampilan menjadi hal utama yang banyak dipertimbangkan, baik ketika bekerja ataupun bepergian. Banyak orang yang menggunakan media tas sebagai pelengkap penampilannya. Jenis tas handbag (tas tangan) ataupun model clutch sering digunakan sebagai alternatif yang pas untuk memperindah penampilan.
  4. Tas digunakan untuk memudahkan ketika bepergian
    Bepergian dalam konteks ini ada dua hal yaitu bepergian jauh dan bepergian dekat. Ketika bepergian jauh, biasanya akan membawa banyak barang sehingga memerlukan jenis tas dengan kapasitas yang cukup. Bisa menggunakan tas ransel ataupun duffel bag. Dan ketika sedang bepergian tidak terlalu jauh, biasanya seseorang membutuhkan tas jenis sling bag untuk menyimpan barang-barang kecilnya. Bentuk dan ukurannya yang sederhana bisa membuat pengguna mudah untuk menggunakannya.

Pilih mana: Tas Ransel vs Tas Selempang?

Keterangan Tas RanselTas Selempang
Kelebihan -Memiliki ukuran yang fleksibel -Tidak membuat pegal -Sangat mudah di bawa-Memiliki desain yang modis dan stylish -Memiliki bentuk yang ringan -Harganya cukup terjangkau
Kekurangan -Desain kurang menarik -Kurang stylish -Tidak tahan lama-Tidak bisa memuat banyak barang -Beresiko mendapatkan cedera bahu -Kurang pas digunakan saat berkendara

Kesimpulan

Dari perbandingan mengenai jenis Tas Ransel dan Tas Selempang diatas tentu Anda harus memilih dan menggunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Karena akan sangat kurang pas jika Anda salah menggunakan. Meskipun keduanya memiliki kesamaan dan fungsi yang sama yaitu menampung atau membawa barang. Tetapi keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri yang bisa Anda pakai sesuai dengan keadaan.

Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tas Ransel vs Tas Selempang

VS

Leave a Reply