HomeMasak

Pilih Mana: Teflon Maspion vs Maxim

Teflon merupakan peralatan memasak yang dapat digunakan untuk menumis, menggoreng, bahkan sesekali juga boleh digunakan untuk merebus. Oleh sebab itu, kehadiran teflon di dapur tidak boleh terlewatkan. Saat ini telah tersedia beragam merek teflon yang terkenal, seperti teflon Maspion dan Maxim.

Kali ini Selera.id akan membandingkan kedua teflon terbaik antara teflon Maspion dan Maxim, Selain itu kami juga memberikan beberapa tips untuk memilih teflon anti lengket yang sangat bermanfaat dan tidak boleh terlewatkan. Yuk langsung saja disimak artikel di bawah ini!

Teflon Maspion vs Maxim

Teflon Maspion

PT Maspion Teflon Division merupakan perusahaan di bawah bendera Maspion Group memproduksi peralatan masak anti lengket merek Maxim. Bekerja sama dengan PT DuPont Indonesia untuk lapisan anti lengket Teflon yang terjalin selama 24 tahun.

Wajan teflon dari maspion terdiri dari ukuran 18 cm( centimeter) serta 23 centimeter. Mempunyai susunan anti lengket yang hendak mempermudah cara memasak kalian. Baca juga Pilih Mana: Oven Cosmos atau Oven Kirin?

Teflon Maspion ini juga dilengkapi dengan gagang yang anti panas. Alhasil dapat menjauhi masalah yang tidak di inginkan dikala memasak.

Material teflon Maspion ini dibuat dari metal, dengan sedemikian itu teflon ini sanggup menghantarkan panas menyeluruh ke semua bagian makanan, serta membuat santapan matang lebih cepat.

Teflon Maspion ini memiliki lapisan antilengket yang akan membantu Anda dalam memasak makanan agar lebih sehat dan aman, karena mengurangi penggunaan minyak goreng.

Kelebihan Teflon Maspion

  • Desain menarik
    Maspion wajan teflon frypan set ini memiliki desain yang menarik dan dibuat sedemikian rupa sehingga nyaman dipakai. Gagang yang tahan panas menghindarkan Anda dari kecelakaan saat memasak.
  • Panas lebih merata
    Maspion wajan teflon frypan set ini dibuat dari material logam pilihan yang mampu membuat panas terdistribusi cepat dan merata ke seluruh bagian. Masakan jadi tidak mudah gosong dan matang sempurna.
  • Mudah dibersihkan
    Bahan yang antilengket membuat Maspion wajan teflon frypan set ini sangat mudah dibersihkan. Anda tak perlu khawatir lagi dengan sisa masakan yang lengket setelah memasak.

Kekurangan Teflon Maspion

  • Harga yang cukup mahal
    Kekurangan yang pertama pada teflon Maspion sebenarnya merupakan kekurangan umum pada segala jenis teflon karena secara umum teflon ini dibuat dengan bahan lebih unggul jika di bandingkan dengan peralatan masak yang terbuat dari alumunium dan stainless steel. Oleh karenanya, harga yang di bandrol sebanding dengan kualitas yang diberikan.
  • Tidak tahan lama
    Teflon Maspion merupakan teflon anti lengket yang biasanya alat masak ini tidak bertahan dalam jangka waktu yang panjang, Karena disebabkan bahan anti lengket tersebut akan mudah tergores dan mengelupas.
  • Dapat berbahaya bagi kesehatan
    Kekurangan yang terakhir pada teflon Maspion yaitu masih berkaitan dengan kekurangan sebelumnya yaitu penggunaan teflon ini dapat mengelupas, Hal tersebut bisa aja membahayakan saat memasak karena mengingat teflon Maspion ini terbuat dari logam yang dapat berbahay jika tercampur dengan makanan.

Teflon Maspion vs Maxim

Teflon Maxim

Teflon dari Maxim di mana telepon ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga kamu pun mampu memasak dengan. Diameter dari wajan ini sendiri mencapai 26 cm yang mana pada bagian lapisan luarnya telah dilindungi dengan adanya polyester.

Bahan politisi pada teflon Maxim ini menjadikan masakanmu akan lebih matang dengan sempurna. Tak hanya itu saja teflon Maxim ini memiliki material yang sangat kuat, bahan anti karat dan juga anti lengket ketika dipakai menjadikan teflon Maxim ini lebih awet dan juga tahan lama.

Pastinya kamu pun tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dalam perbaikan. Kamu juga bisa memasak tanpa minyak menggunakan wajan ini. Sehingga dapat membuat makanan kamu jadi rendah lemak setiap hari, untuk mendukung gaya hidup lebih sehat.

Kelebihan Teflon Maxim

  • Menggunakan sedikit minyak
    Alat masak teflon Maxim ini dapat digunakan untuk memasak dengan sedikit minyak atau bahkan tanpa minyak sama sekali. Hal ini menjadikan masakan Anda lebih sehat sehingga kesehatan keluarga tercinta pun lebih terjaga.
  • Bebas dari BPA sehingga lebih sehat
    Bebas PFOA Perfluorooctanoic acid (PFOA) merupakan bahan kimia kontroversial yang dapat ditemukan pada proses produksi PTFE sehingga Maxim hanya memperoduksi alat masak yang bebas BPA. Maxim sudah dilengkapi dengan sertifikasi oleh FDA dan lembaga sehingga tidak perlu diragukan akan kualitasnya.
  • Makanan matang lebih merata
    Teflon Maxim ini dilengkapi dengan Itotech Induction Technology dapat digunakan pada kompor induksi. Itotech dapat mendistribusikan panas secara merata sehingga hasil masakan mempunyai tingkat kematangan yang rata. Dapat juga digunakan pada kompor gas listrik elektrik dan halogen.

Kekurangan Teflon Maxim

  • Jangka waktu penggunaan yang pendek
    Kekurangan yang pertama pada teflon Maxim ini yaitu jangka waktu penggunaan teflon ini yang tidak bertahan lama karena di sebabkan teflon dengan jenis ini mudah aus sehingga menyebabkan gampang mengelupas, sehingga dapat membuat boros jika diharuskan dalam pengeluaran budget rumah tangga.
  • Bawah teflon yang mudah hitam
    Kekurangan selanjutnya pada teflon Maxim ini yaitu saat penggunaan bagian bvawah teflon ini gampang menghitam dan sedikit sulit di bersihkan, Oleh sebab itu membutuhkan perawatan yang ekstra agar teflon terjaga tampilannya.
  • Tidak dapat digunakan dalam suhu panas tinggi
    Kekurangan terakhir pada teflon Maxim ini yaitu alat masak ini tidak dapat digunakan daalam suhu panas yang tinggi sehingga jika sedang memasak harus mengatur panas yang pas, Jika digunakan dengan suhu panas yang tinggi teflon ini lebih cepat rusak.

Teflon Maspion vs Maxim

Teflon Maspion vs Maxim

Teflon Maspion Teflon Maxim
Brand Maspion Maxim
Asal Indonesia Indonesia
Hal yang paling di unggulkan Memiliki desian yang menarik dan gampang dibersihkan.Memiliki teknolhi yang membuat masakan cepat merata dan lebih sehat digunakan untuk keluarga.
Rata-rata harga - Per November 2019Rp. 80.000 - Rp. 250.000.Rp. 130.000 - Rp. 320.000.

Tips Memilih Teflon Anti Lengket

1. Perhatikan bahan material yang digunakan
Agar tidak lengket,  Teflon biasanya dibuat dengan berbagai jenis bahan. Mulai dari teflon, keramik, dan juga bahan stainless steel ataupun logam seperti teflon Maspion. Setiap bahan pelapis ini memiliki keistimewaan dan kekurangannya masing-masing, yang dapat anda jadikan pertimbangan.

Teflon dengan berbagai bahan material memiliki harga yang cukup beragam dimulai dengan harga yang paling murah dan ada juga harga yang paling tinggi. Dengan menggunakan teflon anti lengket biasanya anda tidak membutuhkan minyak goreng terlalu banyak karena makanan tidak mudah lengket. Berbagai pilihan teflon anti lengket dapat kalian beli juga secara online di berbagai e-commerce seperti di Shopee.

Tetapi, lapisan teflon anti lengket ini cukup mudah terkelupas, tidak tahan api besar, dan cukup ringkih. Sehingga, kurang awet umur pemakaiannya.

2. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan
Teflon anti lengket yang ada di pasaran, tersedia dalam berbagai macam ukuran. Ada yang berukuran kecil dengan diameter 12 cm untuk memasak seperti, pancake dan telur ceplok, ada juga yang berdiameter sampai 30 cm untuk menumis dan menggoreng dalam jumlah banyak.

Jika anda  yang sudah memiliki keluarga, Disarankan untuk memilih teflon dengan diameter minimal 28 cm agar dapat  langsung memasak dalam jumlah banyak. Jika Anda hanya sekedar memasak telur ceplok ataupun pancake, anda juga dapat memilih teflon dengan diameter 12 cm supaya hasil masakan memiliki bentuk yang sempurna.

3. Perhatikan material gagang yang dipilih
Tidak hanya ukuran dan bahan pelapis, gagang dari teflon anti panas ini juga sangat bervariasi. Anda akan menemukanteflon yang bergagang plastik, kayu, dan logam. Teflon dengan gagang berbahan plastik dan kayu sangat aman digunakan. Sebab ringan, mudah digenggam, dan tidak menghantarkan panas.

Pilih Mana: Teflon Maspion vs Maxim

Teflon Maspion Teflon Maxim
Kelebihan- Desain menarik - Panas lebih merata - Mudah dibersihkan - Menggunakan sedikit minyak - Bebas dari BPA sehingga lebih sehat - Makanan matang lebih merata
Kekurangan- Harga yang cukup mahal - Tidak tahan lama - Dapat berbahaya bagi kesehatan - Jangka waktu penggunaan yang pendek  - Bawah teflon yang mudah hitam - Tidak dapat digunakan dalam suhu panas tinggi 

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari artikel di atas bahwa teflon Maspion dan teflon Maxim adalah teflon anti lengket yang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Tetapi, Kami dapat merekomendasikan untuk memilih teflon Maxim karena dilengkapi dengan teknologi yang dapat membuat makanan lebih cepat merata dan bebas dari BPA sehingga lebih sehat. Namun, untuk menentukan teflon yang terbaik untuk Anda pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Teflon Maspion vs Teflon Maxim

VS

Leave a Reply