ElektronikGadgetsLayananSmartphoneTechnology

Pilih Mana: Telkomsel atau XL?

Perusahaan riset jaringan mobile Opensignal kembali meluncurkan laporan yang berisi rapor operator seluler di Indonesia. Laporan dari Opensignal ini berhasil meranking 5 operator seluler Indonesia tercepat di tahun 2021.

Laporan Opensignal tentang kinerja operator seluler di Indonesia ini berdasar pada riset yang telah dilakukan selama 90 hari sejak 1 Agustus hingga 29 Oktober 2021. Dalam laporan tersebut, Opensignal telah mencatat 5 operator seluler dengan kecepatan download dan upload terbaik di Indonesia, salah satunya Telkomsel dan XL yang sama-sama mendominasi pasar Indonesia.

Kedua operator seluler ini memang masih jadi pilihan banyak masyarakat Indonesia hingga saat ini. Dnegan menghadirkan pelayanan dan jaringan terbaik, membuat keduanya layak disebut raksasa provider terbaik di bumi pertiwi.

Namun, apa sajakah layanan yang diberikan oleh keduanya? Dan apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing operator ini? Simak pembahasan berikut ini!

Telkomsel

Telkomsel merupakan salah satu provider terbaik yang banyak digunakan di Indonesia. Jaringan kartu perdana Telkomsel dikenal sangat luas. Pada tahun 2011, Telkomsel berhasil menjadi operator seluler ke-7 di dunia dengan 1 juta pelanggan dalam satu negara. Baca Juga 5 Kartu Telkomsel Terbaik 2022 Yang Wajib Anda Miliki

Faktanya, Telkomsel memiliki jaringan yang paling luas di Indonesia dan mampu menjangkau pelosok pelosok negeri, tak heran jika mayoritas masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan kartu Telkomsel. Dapat dikatakan Telkomsel merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar yang ada di Indonesia hingga saat ini.

Sejumlah produk yang Telkomsel tawarkan di antaranya adalah kartu As prabayar, simPATI yang prabayar, serta kartu Halo yang pasca prabayar. Bukan hanya itu saja, Telkomsel juga sudah mempunyai layanan internet yang nirkabel dengan jaringan telepon seluler yaitu Telkomsel Flash. Sehingga pengguna bisa memilih sendiri produk mana yang diinginkan.

Kelebihan Telkomsel

1. Jangkauan Jaringan Luas
Jika jaringan lain tidak semuanya bisa menyebar ke pelosok, maka Telkomsel bisa menjawab keresahan itu. Berkat jangkauan jaringan yang luas dan mudah hingga ke pelosok negeri, membuat Telkomsel banyak disukai oleh pelanggan.

2. Kualitas Jaringan Baik
Selain memiliki kualitas jaringan yang lebih baik dibanding operator lain, Telkomsel juga merupakan standar jaringan dunia, sehingga memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada pelanggan.

3. Inovasi Produk dan Layanan Terbaik
Telkomsel menghadirkan banyak inovasi dan layanan, yang membuatnya memiliki banyak pilihan paket untuk pengguna.

4. Layanan Pelanggan yang Andal
Layanan yang diberikan oleh customer service Telkomsel kepada pelanggan terbilang Andal. Pelanggan atau pengguna yang merasa mendapatkan kesulitan, bisa mengakses pusat layanan yang tersedia. Tercatat Telkomsel memiliki sekitar 550 ribu pusat layanan dengan standar ISO.

5. Infrastrktur yang Memadai
Dibandingkan dengan operator yang lain, infrastruktur penunjang jaringan Telkomsel juga lebih baik dibandingkan dengan operator lain. Hal tersebut terlihat dengan adanya 27.800 infrastruktur yang ada di seluruh Indonesia, yang digunakan untuk membantu akses jaringan menjadi lebih lancar. Lebih dari 24 ribu desa yang ada di Indonesia telah merasakan adanya infrastruktur tersebut untuk mengakses berbagai jaringan.

6. Tarif yang Memadai
Kelebihan telkomsel dibandingkan operator lain membuatnya memiliki banyak pelanggan setia. Harganya mungkin memang sedikit lebih tinggi dibandingkan operator lain, namun kualitas layanan yang didapatkan bisa dibandingkan dan Telkomsel tetap unggul.

Kekurangan Telkomsel

1. Harga Paket Internet Relatif Lebih Tinggi
Kekurangan yang pertama adalah harga paket internet yang ditawarkan oleh telkomsel relatif lebih tinggi. Jika diperhatikan maka paket internet kartu ini memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kartu lainnya. Namun hal itu cukup sebanding dengan kualitas dan feedback yang akan didapatkan.

Lihat juga:  7 Merk Wireless Charger Terbaik 2022

2. Beberapa Daerah Masih Sulit Mendapat Sinyal
Meski memiliki jaringan yang luas, namun tetap saja ada beberapa daerah yang masih kesulitan dalam mendapatkan signal untuk mengakses layanan dari Telkomsel. Meskipun terkadang mendapat sinyal, namun akses internet juga kadang menjadi kendala.

XL

PT XL Axiata atau yang dikenal juga dengan XL merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi yang beroperasi secara komersial pada 8 Oktober 1996. Perusahaan ini didirikan pada 6 Oktober 1989 dengan nama PT Grahametropolitan Lestari. PT ini bergerak pada di bidang perdagangan hingga jasa umum.

Hingga beberapa tahun kemudian, Perseroan mengambil langkah baru dengan melakukan kerja sama dengan Rajawali Group dan juga investor asing. Selanjutnya, nama Perseroan pun berubah menjadi PT Excelcomindo yang bergerak di bidang penyediaan layanan telepon dasar.

Kelebihan XL

1. Jaringan Stabil
Tidak mau kalah dengan kompetitornya Telkomsel, XL memiliki jaringan yang sangat baik dan juga stabil, sehingga bisa digunakan untuk mengakses banyak hal.

2. Akses Internet Lancar
Selain itu, XL memiliki kecepatan akses internet yang lanca dan baik. Hal ini tak lepas dari sinyalnya yang kuat terutama yang berada di jaringan 4G. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik untuk menggunakan jenis kartu ini.

3. Paket Internet Bervariasi
Paket internet yang ditawarkan XL tidak main-main, ada banyak paket mulai dari internet, telpon hingga sms yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan demikian, dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

3. Customer Service Ramah
XL melengkapi pelayanannya agar semakin baik dengan adanya Customer Service yang ramah dan tentunya mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para penggunanya.

4. XL Prioritas
Produk tersebut memungkinkan Anda untuk menjadi seorang pelanggan dengan fasilitas VIP atau VVIP. Dalam hal ini, pelanggan akan mendapatkan pelayanan yang diutamakan.

Kekurangan XL

1. Harga Panggilan Telepon Masih Mahal
Meskipun harga internet cukup terjangkau, namun untuk melakukan panggilan dengan operator kartu yang lain masih saja sangat mahal. Hal ini bisa menyebabkan pemakaian pulsa yang lebih boros saat teman berbicara Anda menggunakan jenis kartu yang berbeda.

2. Jaringan Tidak Merata
Kekurangan selanjutnya ialah kurangnya pemerataan jaringan 4G di tiap daerah. Alhasil, sinyal XL masih kurang maksimal.

Pilih Mana: Telkomsel atau XL?

Keterangan NetlflixHBO GO
Kelebihan - Lebih Populer - Koleksi Konten Lengkap - Tersedia fitur yang Memanjakan Penggunanya- Teks Terjemahan (subtitle) Berbagai Bahasa - Download Untuk Menonton Secara Offline - Menonton 2 tayangan bersamaan
Kekurangan - Harga Lebih Mahal- Katalog Film Tidak Banyak - Biaya Langganan masih cukup tinggi

Kesimpulan

Demikianlah Kelebihan serta kekurangan Telkomsel dan XL yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan saat ingin menggunakan kedua kartu ini. Untuk penggunaan kartu seluler, sesuaikan dengan ketersediaan jaringan yang bisa mudah di akses di daerah Anda. Selamat memilih!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Telkomsel atau XL

VS