Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Tenderloin atau Sirloin?

Steak merupakan makanan yang dibuat dari bahan daging, salah satunya daging sapi. Dari dulu hingga sekarang, telah banyak orang yang menyukai makan steak, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Dua bagian daging sapi yang paling sering digunakan untuk membuat steak adalah tenderloin dan sirloin. Manakah jenis steak yang paling Anda sukai? Steak tenderloin atau sirloin?

Steak tenderloin dan steak sirloin merupakan dua steak yang memiliki rasa enak. Banyak orang yang menyukai dua steak ini. Tenderloin banyak disukai orang-orang yang menggemari daging yang memiliki tekstur daging yang lembut dan memiliki kandungan lemak yang sedikit. Sedangkan sirloin banyak disukai karena harganya yang relatif lebih murah dan tetap nikmat untuk disantap. Baca juga Pilih Mana: Steak atau Sushi?

Steak Tenderoin

Tenderloin merupakan daging yang diambil dari bagian tengah badan sapi. Nama lain dari tenderloin ini sering juga disebut dengan has dalam atau fillet. Daging tenderloin merupakan daging yang paling lunak sebab otot atau daging tersebut sangat jarang digunakan untuk beraktivitas.

Kelebihan Steak Tenderloin

Berikut beberapa kelebihan steak tenderloin yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kandungan Lemak yang Lebih Sedikit

Kelebihan lain dari steak tenderloin adalah dagingnya yang sangat rendah lemak sehingga cocok untuk Anda untuk menerapkan pola makan sehat. Kandungan lemak yang lebih sedikit juga dapat membantu pelanggan yang memakannya terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kandungan lemak berlebih. Dengan demikian, steak tenderloin merupakan makanan yang sehat untuk Anda konsumsi. Dikutip dari Kumparan.com tenderloin merupakan makanan yang cocok dimakan bagi Anda yang sedang berdiet.

  • Memiliki Tekstur yang Lebih Lembut

Jarangnya otot-otot pada daerah sekitar tenderloin yang bekerja membuat teksur tenderloin sangat empuk dan lembut. Tenderloin dianggap penikmat steak lebih mudah dikunyah. Hal ini berbeda dengan sirloin yang memiliki tekstur yang lebih keras. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tenderloin memiliki kualitas tekstur daging yang lebih baik daripada sirloin.

  • Proses Pengolahan yang Cepat

Karena tenderloin hampir tidak mengandung lemak, maka daging yang satu ini cenderung lebih membutuhkan proses pengolahan yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Tak hanya itu, tenderloin juga lebih cepat kering. Pengolahan yang lebih cepat ini dapat menghemat waktu lebih banyak dalam pengolahan daging.

Kekurangan Steak Tenderloin

Berikut beberapa kekurangan steak sirloin yang perlu Anda ketahuI:

  • Harga Lebih Mahal

Meskipun beberapa restoran steak menjual steak sirloin dan tenderloin dengan harga yang setara, namun umumnya steak tenderloin dijual dengan harga yang lebih mahal. Tenderloin bagian yang paling sedikit untuk dapat diambil dan dijadikan hidangan steak, selain itu teksturnya juga lebih lembut daripada sirloin. Hal itu menjadikan menu steak tenderloin lebih lebih mahal dari steak sirloin.

  • Hanya Sedikit Daging yang Dapat Diambil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh tenderloin adalah hanya sedikit bagian tenderloin yang dapat diambil. Sementara sirloin merupakan bagian yang paling banyak digunakan dalam hidangan steak. Sedikitnya daging yang dapat diambil dari tenderloin ini membuat harga steak tenderloin lebih mahal daripada steak sirloin.

  • Nilai Gizi Tenderloin Dapat Berubah

Hampir semua nilai gizi daging bisa saja berubah ketika proses memasaknya berbeda, termasuk tenderloin. Anda dapat memasak tenderloin dengan cara yang tepat agar kadar gizi dan nutrisi dalam tenderloin tidak berubah dan tetap sehat untuk dimakan.

Kelebihan Steak TenderloinKekurangan Steak Tenderloin
- Memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit - Harga lebih mahal
- Memiliki tekstur yang lebih lembut- Hanya sedikit daging yang dapat diambil
- Proses pengolahan yang cepat- Nilai gizi tenderloin dapat berubah

Steak Sirloin

Sirloin merupakan daging yang berasal dari bagian bawah iga sapi hingga ke bagian sisi luar tenderloin atau pada bagian has dalam sapi. Sirloin merupakan bagian sapi yang paling sering dipakai untuk melakukan aktivitas sehingga memiliki tekstur yang agak keras.

Lihat juga:  Pilih Mana: Aqua atau Cleo?

Kelebihan Steak Sirloin

Berikut beberapa kelebihan steak sirloin yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Lebih Murah

Salah satu kelebihan yang dimiliki sirloin adalah memiliki harga yang relatif lebih murah daripada tenderloin. Sirloin memiliki daging yang lebih banyak untuk dapat digunakan daripada tenderloin. Sirloin juga memiliki daging yang lebih keras daripada tenderloin sehingga harga steak sirloin lebih murah daripada tenderloin.

  • Mengandung Banyak Vitamin

Pada daging sirloin terdapat vitamin yang terkandung penting untuk tubuh. Kandungan vitamin tersebut di antaranya adalah vitamin B12, B6, dan riboflavin. Selain itu, vitamin penting lain yang ada di sirloin, yaitu vitamin E, K, folat, pantotenat, dan tiamin.

  • Dapat Mencukupi Kebutuhan Kalori

Kelebihan lain yang dimiliki sirloin adalah memiliki jumlah kalori yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh Anda. Terdapat 400 kalori dari 8 ons sirloin dan 280 kalori dari proteinnya, sedangkan 120 kalori dari lemaknya. Jika kita mengonsumsi steak sirloin dalam satu hari, maka sudah bisa memenuhi kebutuhan kalori harian.

  • Mengandung Banyak Mineral

Sirloin memiliki kandungan mineral yang cukup banyak. Dengan mengonsumsi steak sirloin, maka tubuh akan mendapatkan mineral. Mineral yang terkandung seperti seng, fosfor, zat besi, selenium, dan kalium.

Kekurangan Sirloin

Berikut beberapa kekurangan sirloin yang perlu Anda ketahui:[/su_note]

  • Memiliki Tekstur Daging yang Lebih Keras

Otot-otot sirloin lebih banyak bergerak sehingga menghasilkan tekstur daging yang lebih keras daripada tenderloin. Hal ini juga dikarenakan sirloin terletak berada di dekat bagian pinggang dan panggul sapi. Tekstur yang keras ini juga menjadi penyebab banyak orang lebih menyukai steak tenderloin daripada steak sirloin.

  • Memiliki Kandungan Lemak yang Lebih Banyak

Kekurangan lain yang dimiliki steak sirloin adalah memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi. Kandungan lemak yang tinggi ini tidak cocok bagi Anda yang membutuhkan daging untuk kebutuhan diet. Daging yang mengandung banyak lemak juga tidak baik untuk dikonsumsi secara terus menerus karena akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan.

  • Nilai Gizi Steak Sirloin Dapat Berubah

Nilai gizi steak sirloin bisa saja berubah jika proses memasaknya berbeda. Cara masak steak terbaik adalah dengan menggunakan panas tinggi, memanggang, dan memasukkan ke dalam oven. Cara ini dipercaya paling baik karena dapat menurunkan kadar lemak di dalamnya. Dengan cara ini kandungan nilai gizi pada sirloin dapat bertahan dengan baik.

Kelebihan Steak SirloinKekurangan Steak Sirloin
- Harga relatif lebih murah- Memiliki tekstur daging yang lebih keras
- Mengandung banyak vitamin- Memiliki kandungan lemak yang lebih banyak
- Mengandung banyak mineral- Nilai gizi steak sirloin dapat berubah

Pilih Mana: Steak Tenderloin atau Sirloin

Di atas telah dijelaskan kelebihan dan kekurangan steak tenderloin dan steak sirloin serta perbedaannya. Perbedaan antara kedua hal tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

Steak TenderloinSteak Sirloin
- Steak yang dibuat dari daging bagian tengah sapi - Steak yang dibuat dari daging bagian bawah iga sapi
- Memiliki kandungan lemak yang lebih rendah- Memiliki kandungan lemak yang lebih rendah
- Tekstur daging lebih lembut- Tekstur daging lebih keras

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai steak tenderloin dan sirloin di atas, dapat disimpulkan bahwa steak tenderloin merupakan steak yang paling sehat dan baik untuk dikonsumsi. Namun, untuk mendapatkan steak ini, Anda memerlukan untuk mengeluarkan biaya yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan steak sirloin.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tenderloin vs Sirloin

VS

Leave a Reply