BeautyCultureFashionFashionKecantikanLifestyle

Pilih Mana: Titanium atau Palladium?

Perhiasan merupakan benda wajib yang harus dimiliki oleh kaum wanita untuk mempercantik diri. Selain itu, perhiasan berfungsi sebagai pengikat dalam acara pernikahan sepasang kekasih. Tak heran jika perhiasan selalu dicari.

Jenis-jenis perhiasan pun beragam, seperti cincin, gelang, kalung, liontin, anting dan lain sebagainya. Namun, material apa saja yang digunakan untuk membuat sebuah perhiasan?

Kali ini kami akan merekomendasikan 2 material perhiasan yang perlu Anda ketahui yaitu, Titanium dan Palladium. Keduanya memiliki karakter dan ciri khasnya masing-masing. Untuk itu, simak pembahasan ini sampai selesai!

Titanium

Bagi para kolektor perhiasan tentu tak asing lagi dengan nama Titanium, yang merupakan jenis logam berkekuatan hampir seperti baja. Bobotnya yang ringan membuat kekuatan perhiasan berbahan dasar Titanium banyak diminati orang-orang.

Titanium memiliki ketahanan luar biasa dalam suhu yang ekstrem hingga 150 derajat celcius. Sifatnya yang antikorosi membuat para pengrajin perhiasan menjadikannya sebagai salah satu bahan utama untuk membuat perhiasan. Baca Juga Pilih Mana: Cincin Titanium atau Silver?

Kelebihan Titanium

1. Cocok Dipakai Sebagai Perhiasan
Kelebihan utama dari Titanium adalah dapat berfungsi sebagai perhiasan. Anda dapat menjadikan Titanium sebagai perhiasan seperti cincin dan kalung di acara pernikahan ataupun sekedar untuk mempercantik diri sendiri.

2. Desain Yang Unik Dan Elegan
Perhiasan berbahan titanium biasanya memiliki desain yang unik sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil kasual dan elegan. Biasanya para penyedia perhiasan titanium memiliki model yang sangat beragam, mulai dari yang simpel hingga yang rumit.

3. Daya tahan yang sangat baik
Perhiasan dari titanium mempunyai daya tahan yang sangat baik dan mampu menyesuaikan diri dengan beberapa larutan yang bersifat merusak, seperti klorin dan air laut. Hal tersebut membuat banyak orang yang melirik keberadaan perhiasan titanium, jika dibandingkan dengan perhiasan berbahan logam campuran.

4. Harganya yang relatif lebih murah
Harga perhiasan berbahan titanium jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan harga perak. Titanium bisa menjadi pilihan Anda yang ingin memiliki perhiasan dengan harga yang bersahabat dikantong. Akan tetapi harga mahal dan murahnya titanium juga bergantung pada kerumitan dan bahan lain yang digunakan.

Kekurangan Titanium

1. Tidak ada nilai jual kembali
Tidak seperti perak, perhiasaan titanium tidak ada nilai jual kembali. Ini mungkin karena titanium bukanlah tergolong logam murni, namun meskipun begitu titanium juga tetap cocok digunakan sebagai alternatif memiliki perhiasan yang murah.

2. Bentuknya paten
Kekurangan perhiasan titanium ialah bentuknya sudah paten. Sehingga ketika perhiasan titanium dibentuk maka ukurannya tidak dapat diubah-ubah. Hal ini dikarenakan titanium memiliki tekstur yang sangat keras, bahkan 3 kali lebih keras dari logam platinum.

Lihat juga:  7 Merk Kacamata Untuk Wajah Bulat Yang Bagus 2022

Palladium

Palladium merupakan logam mulia berwarna putih yang mengkilap. Logam ini masih satu kelompok dengan platinum, ruthenium, rhodium, osmium, dan iridium. Rusia dan Afrika adalah pemasok terbesar logam palladium di dunia.

Di pasar dunia, harga palladium dengan kadar murni dibanderol seharga 2.500 dollar AS per ounce atau setara Rp 36,54 juta (kurs Rp 14.600). Selain digunakan sebagai perhiasan, paladium sangat berguna untuk industri otomotif.

Di Indonesia sendiri dapat dikatakan keberadaannya cukup langka, tak banyak toko emas yang menjual logam ini dikarenakan stoknya yang sangat terbatas di pasaran.

Kelebihan Palladium

1. Cocok Digunakan untuk acara Pernikahan
Palladium memiliki sifat anti alergi dan oksidasi korosi. Oleh karena itu, cincin palladium akan sangat cocok jika digunakan sebagai cincin pernikah untuk pria, sebab lebih tahan terhadap macam-macam aktivitas maskulin, juga kilaunya lebih terjaga.

2. Harga jauh lebih murah
Alasan mengapa cincin Palladium menjadi istimewa adalah harganya yang cukup murah. Jika dibandingkan material lain, Palladium menjadi alternatif jika harga emas yang kian hari kian menaik tajam.

3. Mudah dirawat dan dibersihkan
Kelebihan lain dari Palladium juga mudah dirawat dan mudah dibersihkan, sehingga tidak perlu repot untuk membersihkannya. Cukup bersihkan dengan kain halus saja.

4. Keras dan Awet Tahan Lama
Karena sifatnya memiliki kekerasan yang baik, maka tak heran Palladium diklaim sangat awet serta tahan benturan dan goresan apapun.

Kekurangan Palladium

1. Palladium Cukup Sulit Dibentuk
Kekurangan yang utama dari Palladium adalah terletak pada kekerasannya. Meskipun diklaim awet dan tahan lama karena kerasnya, Palladium menjadi sangat sulit untuk di bentuk.

Pilih Mana: Titanium atau Palladium?

Keterangan TitaniumPalladium
Kelebihan - Cocok Dipakai Sebagai Perhiasan - Desain Yang Unik Dan Elegan - Daya tahan yang sangat baik - Harganya yang relatif lebih murah- Cocok Digunakan untuk acara Pernikahan - Harga jauh lebih murah - Mudah dirawat dan dibersihkan - Keras dan Awet Tahan Lama
Kekurangan - Tidak ada nilai jual kembali - Bentuknya paten- Palladium Cukup Sulit Dibentuk

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai Titanium dan Palladium yang dapat Anda ketahui. Keduanya sama-sama cocok digunakan untuk koleksi perhiasan Anda. Hanya saja ada beberapa perbedaan yang harus membuat Anda menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Selebihnya pilihan ada ditangan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Titanium atau Palladium

VS