HomePerabotan Rumah Tangga

Pilih mana: Toaster vs Microwave?

Bagi Anda yang sangat suka memasak dan memanaskan makanan namun tidak ingin ribet dan repot.  Anda bisa menggunakan alat  yang praktis dan simpel satu ini. Tentu sudah tidak asing ketika mendengar alat ini. Datang dari Toaster dan Microwave. Sekilas keduanya memiliki fungsi dan bentuk yang sama yaitu bisa untuk memanaskan makanan.

Tetapi, keduanya juga mempunyai kegunaan yang cukup berbeda loh. Toaster dan Microwave pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih produk yang tepat. Agar makanan bisa terolah dengan baik dan manfaatnya lebih maksimal.

Nah, jangan sampai Anda salah menggunakan alat masak yang kurang tepat ya. Untuk mengetahuinya, Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Tenang, Anda bisa kok mengetahuinya dengan simak artikel kali ini. Kalau begitu langsung saja stay tune di Selera.id.

Toaster vs Microwave

Toaster

Toaster merupakan alat peralatan yang ada di dapur dan berguna untuk memanggang roti. Bagi Anda yang sering sarapan pagi menggunakan roti maka tentu tidak asing dengan toaster satu ini. Nah, pastinya memanggang roti satu persatu secara manual, akan sangat merepotkan.

Apalagi jika Anda harus menyalakan kompor dan mengambil pemanggang roti. Ada baiknya membeli mesin khusus saja. Selain memanggang roti, Toaster sendiri juga memiliki berbagai jenis dan bentuk yang bisa Anda sesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan.

Ada banyak merk yang dihadirkan produk toaste ini. Anda bisa menjumpainya di berbagai toko elektronik dan pasar dengan harga yang bervariasi. Dengan begitu Anda dapat memilih produk toaster dengan budget yang Anda miliki. Baca artikel lainnya Pilih mana: Teko Listrik vs Dispenser?

Kelebihan Toaster

Berikut ini Kelebihan Toaster:

  • Sangat aman dan praktis
    Kelebihan dari toaster ini yaitu sangat aman dan praktis. Karena menggunakan tenaga listrik, Anda jadi bisa meminimalisir kecelakaan di dapur seperti terkena wajan panas misalnya. Mesin toaster juga bisa menghasilkan roti yang terpanggang secara merata ke seluruh permukaan roti. Penggunaannya juga relatif praktis, Anda hanya perlu menaruh roti yang ingin Anda panggang dan tanpa menunggu lama. Roti pun telah tersedia.
  • Menjaga kehangatan makanan
    Nah, dibanding dengan microwave. Toaster memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menjaga kehangatan makanan. Meski dipasang pada suhu rendah, toaster sendiri masih bisa terjaga kehangatannya. Tak hanya itu, karena makanan dipanaskan dari bagian luar, ada efek crispy (bukan efek lunak) yang dihasilkan dari toaster. Jadi, selain menjaga makanan tetap hangat. Toaster juga bisa memberikan makanan Anda tetap gurih.
  • Harga yang terjangkau
    Kelebihan lainnya yang ada pada toaster yaitu Harganya yang cukup terjangkau dibanding dengan microwave. Anda bisa mendapatkan toaster ini dengan harga berkisar antara 300-600 ribu. Ada banyak jenis dan merk yang dapat Anda pilih dan tentu Anda juga bisa menyesuaikan dengan harganya.

Toaster vs Microwave

Kekurangan Toaster

Berikut ini Kekurangan Toaster:

  • Penggunaan daya yang tinggi
    Meski memiliki banyak kelebihan. Kekurangan ini sangat disayangkan bagi penggunanya yaitu penggunaan dayanya yang tinggi, tenaga listrik yang dibutuhkan juga cukup besar, jadi Anda harus menyiapkan anggaran listrik ekstra jika berniat membeli toaster satu ini.
  • Ukurannya cenderung kecil
    Biasanya mesin toaster memiliki ukuran yang relatif kecil, sehingga kapasitasnya pun terbatas dan kurang cocok digunakan untuk Anda yang berniat membuat roti panggang dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, untuk kapasitas sendiri. Toaster ini bisa dibilang sangat tidak mumpuni.
  • Butuh waktu lama untuk memanaskan
    Berbeda dengan microwave, toaster sendiri memakai sistem suhu udara (hot air) untuk memanaskan makanan. Toaster ini juga hanya dapat memanaskan makanan dari luar. Jadi, ketika memanaskan dengan toaster Anda harus menunggu lama.
Lihat juga:  10 Termos Air Panas Terbaik 2020

Microwave

Microwave merupakan Alat masak elektronik yang dikenal multifungsi. Karena dengan menggunakan microwave Anda bisa merebus, memanaskan, hingga memanggang. Jadi, dianggap sangat memudahkan proses memasak. Satu alat bisa untuk memasak apa saja.

Jika bicara mengenai Microwave. Berbeda dengan toaster microwave memiliki cara kerjanya sendiri. Dengan microwave Anda bisa memasak makanan tanpa api, yakni dengan memancarkan radiasi gelombang mikro.

Ada banyak produk Microwave yang dapat Anda jumpai di pasaran dan nyatanya juga memiliki macam-macam jenis yang bisa disesuaikan dengan fungsi memasaknya. Nah, ada baiknya sebelum membeli Anda pertimbangkan terlebih dahulu budget dan tujuan Anda membeli. Agar penggunaannya tidak sia-sia dan salah.

Baca artikel lainnya 8 Merk Oven Listrik Yang Paling Bagus 2020

Kelebihan Microwave

Berikut ini Kelebihan Microwave:

  • Sangat menghemat waktu dan energi
    Jika biasanya Anda membutuhkan waktu setengah jam untuk membuat sebuah masakan dengan menggunakan kompor atau alat masak lainnya. Maka tidak dengan microwave, Anda hanya membutuhkan waktu ¼-nya saja untuk bisa memasak atau memanaskan makanan. Tentu ini sangat menghemat energi juga.
  • Memiliki kualitas matang yang baik
    Kelebihan lainnya yang terdapat pada microwave ini yaitu makanan akan cepat matang secara menyeluruh. Sehingga bagi Anda yang menginginkan makanan yang matang sempurna tidak perlu menunggu waktu yang lama. Anda tidak perlu khawatir mengenai kematangannya. Dijamin aman dan lezat.
  • Teksturnya masih terjaga
    Microwave juga memiliki kelebihan dalam menjaga tekstur makanan loh. Rasa dan tekstur makanan saat dimasak atau dihangatkan dengan microwave ini tidak berubah. Jadi, Anda bisa tetap merasakan nikmatnya makanan tersebut tanpa harus kehilangan tekstur aslinya.

Toaster vs Microwave

Kekurangan Microwave

Berikut ini Kekurangan Microwave:

  • Kurang aman
    Kekurangan satu ini mungkin terdengar tidak menyenangkan. Apalagi bagi penggunanya. Kandungan yang ada pada microwave kadang bisa berpindah ke makanan ketika dipanaskan dengan microwave. Jadi, cukup berbahaya jika tidak dicermati dengan baik. Oleh karena itu ada baiknya, cek kembali microwave yang akan Anda beli termasuk dengan material dan kandungan yang terdapt dalam produk microwave.
  • Pengoperasiannya yang sedikit rumit
    Ketika menggunakan microwave Anda juga harus senantiasa berhati-hati mengoperasikannya, agar wadah yang digunakan tidak berubah bentuk karena terlalu tinggi menentukan suhu atau terlalu lama waktu menghangatkan makanan. Pengoperasiannya yang cukup ribet ini membuat microwave  sangat disayangkan oleh penggunanya.
  • Harganya yang relatif mahal
    Terlepas dari keunggulannya. Microwave sendiri memiliki kekurangan lain yaitu Jika membahas harga, harga microwave sendiri di pasaran bisa mencapai 700 ribu hingga satu juta loh. Relatif mahal untuk Anda yang sedang berhemat dan hanya memiliki budget yang standar. Jadi, sebelum membeli ada baiknya cek kembali budget yang Anda miliki terlebih dahulu.

Pilih mana: Toaster vs Microwave?

Keterangan Toaster Microwave
Kelebihan-Sangat aman dan praktis -Menjaga kehangatan makanan -Harga yang terjangkau-Sangat menghemat waktu dan energi -Memiliki kualitas matang yang baik -Teksturnya masih terjaga
Kekurangan -Penggunaan daya yang tinggi -Ukurannya cenderung kecil -Butuh waktu lama untuk memanaskan-Kurang aman -Pengoperasiannya yang sedikit rumit -Harganya yang relatif mahal

Kesimpulan

Dari pembahasan Toaster dan Microwave diatas sebagai alat memasak, memanggang dan memanaskan makanan. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan namun ingin memiliki alat ini. Anda bisa mencoba produk toaster. Sedang jika Anda memiliki budget yang besar, kami sarankan untuk memiliki microwave. Selamat Mencoba!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toaster vs Microwave

VS

 

Leave a Reply