Parenting

Pilih Mana: Tommee Tippee atau Comotomo?

Botol susu anak dan bayi atau biasa disebut dot merupakan salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar dapat memberikan susu dengan nyaman kepada anak. Saat ini banyak sekali produsen susu yang menghadirkan produk botol susu, dengan model dan jenisnya yang beragam. Salah satu merk yang unggul untuk botol susu yaitu, Tommee Tippee atau Comotomo.

Kali ini akan kita bahas kedua merk botol susu Tommee Tippee dan Comotomo, Selain itu kami juga menjelaskan Tips memilih botol bayi yang tepat dan juga kalian dapat menyimak rekomendasi variasi produk dan harga dari Tommee Tippee atau Comotomo. Stay tune ya!

Tommee Tippee

Salah satu merk botol susu berkualitas yang cocok untuk bayi kalian adalah botol susu Tommee Tippee. Merk botol susu ini sering menjadi pilihan para ibu dikarenakan memiliki kualitas yang sangat bagus. Selain itu,Tommee Tippee ini juga aman untuk anak, dan memiliki varian model yang unik karena memiliki desain sedemikian rupa sehingga mirip dengan bentuk payudara ibu (oleh karena itu botol ukuran relatif besar). Baca juga Pilih Mana: Comotomo atau Mimijumi?

Botol susu Tommee Tippee merupakan salah satu botol susu yang paling banyak dicari oleh para Ibu.

Beberapa produk Tomme Tippe beserta harga pada tabel di bawah ini, Untuk harga pada tabel dapat berbeda sesuai tempat penjualannya:

Nama ProdukHarga Per September 2019
Tommee Tippee Express and Go Breast Milk PouchesRp 138.000
Tommee Tippee Bottle Anti Colic 0m+260ml Rp 126.000
Tommee Tippee Botol Susu Bayi Tomtip 260ml Rp 90.000
Tommee Tippee Anti Colic Teat Medium 3m+ Rp 60.000

Kelebihan Tomme Tippee

  • Memiliki teknologi teknologi Anti-Colic
    Botol susu anti-kolik merupakan teknologi pada botol susu bayi yang dilengkapi pipa dan sistem katup yang unik untuk membantu mengurangi jumlah udara yang terminum oleh bayi di saat menyusui. Memiliki sistem kerja aliran udara yang aman, udara akan dialirkan melalui pipa hingga ke ujung botol tanpa melalui susu.
  • Ramah lingkungan
    Berdasarkan tag-line dari Tomme Tippe yaitu “close to nature”. Mengartikan bahwa botol susu ini memberikan kesan pada sang bayi untuk merasakan menyusui secara alami dan nyaman.
  • Gampang dibersihkan
    Walau memiliki bentuk tidak datar dan berlekuk, botol susu bayi Tommee Tippee Closer to Nature tidak sulit untuk dibersihkan. Botol susu bayi ini juga tidak memiliki banyak bagian sehingga kalian tidak perlu khawatir akan kehilangannya. Produk ini juga tidak memiliki banyak sela sehingga dapat dibersihkan secara total.

Kekurangan Tomme Tippee

  • Harga lumayan mahal
    Tidak heran bila botol susu Tommee Tippee dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi jika dilihat dari kualitas dan kepopularitasan brandnya. Harga botol dan dot Tommee Tippee cukup bervariasi karena tergantung dari ukuran dan dot masing-masing.
  • Ukuran cukup besar
    Desain unik dari Tommee Tippee dengan teknologi anti colic membuat ukurannya lebih besar dari botol susu biasa. Tetapi,  ukurannya ini membuat ibu mudah saat memegangnya atau mengarahkannya ke mulut bayi. Selain itu, Tommee Tippee menyediakan berbagai ukuran variasi dot dengan aliran susu tergantung kuat-lemah hisapan bayi.
  • Hanya tesedia di toko bayi tertentu
    Botol dan dot dari Tomme Tippe ini di cukup sulit ditemukan, karena hanya tersedia pada toko bayi tertentu, Namun, jangan khawatir zaman sekarang kita diberikan kemudahan untuk berbelanja online. Kalian dapat langsung memesan di web resmi maupun toko online yang menjual Tommee Tippee.

Comotomo

Comotomo merupakan brand botol bayi dari Amerika Serikat (USA). Comotomo botol susu anti-kolik pertama di dunia yang terbuat dari silikon, dengan desain dual anti-colic vent dan bentuk natural menyerupai payudara Ibu, sehingga mendorong bayi meminum ASI/ susu secara nyaman

Botol susu Comotomo ini diklaim memiliki material yang aman, BPA Free, dan memiliki bahan lembut “natural feel” saat dipegang oleh bayi. Terbuat dari bahan silikon yang fleksibel.

Botol bayi Comotomo merupakan best-seller di America dari jutaan SKU dan produk botol bayi yang ditawarkan di USA market place. Comotomo dijual dalam 2 warna : Pink dan Hijau, 2 ukuran : 150 ml dan 250 ml dalam Single Pack Twin Pack.

Beberapa produk Comotomo beserta harga pada tabel di bawah ini, Untuk harga pada tabel dapat berbeda sesuai tempat penjualannya:

Nama ProdukHarga Per September 2019
Comotomo Bottle Twin Pack 250mlRp 270.000
Comotomo SINGLE 150mlRp 260.000
Comotomo baby bottle single pack 250MLRp 260.000
Comotomo Botol Susu Bayi Original 100% 50z 150 Ml - B10019Rp 165.000

Kelebihan Comotomo

  • Aman dan tersertifikasi
    Botol bayi Comotomo disertifikasi dan sesuai dengan standard US FDA (Food and Drugs Administration) dan CPSIA (Customer Product Safety Improvement Act: hukum keamanan produk untuk konsumen yang ditandatangani President George W. Bush di 2008). Botol bayi Comotomo juga 100% BPA free dan terbuat dari medical grade Silicone material yang tahan panas sampai dengan 180 – 220 derajat Celcius yang sangat aman digunakan oleh anak dan juga bayi.
  • Botol susu Comotomo sangat elastis
    Tekstur botol bayi ini sangatlah elastis dan fleksibel. Bentuk botol ini juga menyerupai telur. Jadi, ada bagian yang lebar dan juga ramping. Hal ini untuk memudahkan untuk anak menggenggam ataupun meremasnya. Dari sini, diharapkan bayi dapat mengalami sensasi yang sama dengan ketika menyusui langsung.
  • Gampang dibersihkan
    Botol Comotomo ini gampang dibersihkan hanya dengan menggunakan tangan atau sponge sehingga tidak menimbulkan goresan yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Ini berbeda dengan beberapa botol susu bayi yang ada di pasaran, yang mempunyai bagian-bagian yang kecil sehingga repot dibersihkan.
Lihat juga:  Pilih Mana: HiLo atau Zee?

Kekurangan Comotomo

  • Harga mahal
    Kekurangan pertama pada botol susu Comotomo yaitu terletak pada harganya yang mahal dibandingkan brand botol susu lainnya. Brand asal Amerika ini dibanderol hampir 300 ribu rupiah untuk kemasan single 150 ml dan 250 ml. Namun tentu saja harga yang mahal sebanding dengan kualitas dan keamanan yang ditawarkan produk botol susu Comotomo ini.
  • Aroma susu terkadang masih tertinggal
    Kekurangan selanjutnya dari produk botol susu Comotomo ini yaitu, ketika sehabis di gunakan sering meninggalkan aroma susu pada dot yang sedikit mengganggu, Oleh sebab itu untuk membersihkannya perlu sabun khusus agar aroma susu dapat hilang.
  • Sulit ditemukan
    Botol susu merk Comotomo susah ditemukan pada toko bayi ready stock karena barangnya impor dari luar negeri, dan juga harganya lumayan jauh lebih mahal daripada brand botol susu lainnya. kalian dapat membeli Comotomo di toko online.

Tips memilih botol bayi yang tepat

1. Sesuaikan botol dan dot dengan usia bayi
Ukuran botol dan dot bayi yang ada cukup beragam. Biasanya, hal ini disesuaikan denagan usia bayi serta kemampuan menyusunya. Semakin bertambahnya usia bayi, semakin besar juga ukuran dot dan botolnya. Jadi, ibu sebaiknya memberikan botol yang sesuai usianya. Terutama untuk bayi baru lahir perlu sangat diperhatikan.

2. Pilihlah botol yang memiliki ventilator
Karena bayi belum bisa menelan cairan dalam jumlah banyak sekaligus, kalian harus mencari botol susu bayi yang memiliki ventilator. Ventilator pada bagian ini yaitu untuk mengatur aliran cairan susu yang diisap melalui dot.

3. Perhatikan tekstur dotnya jangan terlalu keras
Agar anak terutama bayi tidak terjadi bingung puting dan dot, sebaiknya ibu mencari botol susu bayi yang bagian dotnya menyerupai puting payudara. Dilihat dari tingkat kekenyalan, kelembutan, dan elastis. Kondisi dot ini tidak akan membuat bayi sulit menyesuaikannya ketika harus beralih dari menyusu langsung ke botol.

4. Tidak berbau dan mengandung pewarna berbahaya
Beberapa dot yang berbahan plastik dapat mengeluarkan aroma tertentu. Bahkan, baunya sulit hilang setelah dicuci berkali-kali. Sebenarnya, bau seperti ini dapat mengganggu si kecil ketika mengkonsumsi susu. Oleh sebab itu, Pilihlah botol yang tidak berbau. Selain itu, pilih botol yang polos tidak berwarna. Ini karena untuk menghindari ada warna yang luntur dan masuk ke dalam botol.

5. Carilah botol susu yang gampang dibersihkan hingga sela-selanya
Lebih baik hindari botol susu bayi yang mempunyai banyak sela dan lekukan. Ini karena ada kemungkinan sisa-sisa bubuk susu tertinggal di dalamnya. Jika sulit dibersihkan, sisa kotoran tersebut akan mengundang datangnya bakteri dan jamur. Tentunya, si kecil dapat mengalami gangguan kesehatan karena hal tersebut.

Pilih Mana: Tommee Tippee atau Comotomo?

Tommee Tippee Comotomo
Kelebihan - Memiliki teknologi teknologi Anti-Colic - Ramah lingkungan - Gampang dibersihkan- Aman dan tersertifikasi - Botol susu Comotomo sangat elastis - Gampang dibersihkan
Kekurangan - Harga lumayan mahal - Ukuran cukup besar - Hanya tesedia di toko bayi tertentu- Harga mahal - Aroma susu terkadang masih tertinggal - Sulit ditemukan

Kesimpulan

Tommee Tippee dan Comotomo merupakan produsen produk bayi yang menghadirkan berbagai produk bayi memiliki kualitas yang tinggi. Namun dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa kedua produk Tommee Tippee dan Comotomo memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kalian mencari botol susu yang memiliki botol yang elastis dan lembut Comotomo dapat menjadi pilihan, Tetapi, botol susu Tommee Tippee tidak kalah unggul karena dot nya yang lembut dan aman untuk anak. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tommee Tippee vs Comotomo

VS

Leave a Reply