Pilih Mana: Toyota Agya atau Daihatsu Sirion?

Saat ini mobil kecil menjadi banyak incaran orang yang menginginkan sebuah kendaraan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Harganya yang masuk dalam kategori terjangkau. Tentunya tidak terlalu sulit bagi sebagian orang untuk membelinya, apalagi dengan ukurannya yang kecil, membuatnya lincah ketika berada dijalanan, terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan, yang notabennya sering mengalami kemacetan dan jalan sempit.

Bagi Anda yang sedang mencari mobil kecil, kami merekomendasi Toyota Agya dan Daihatsu Sirion untuk menjadi bahan pertimbangan Anda. Kedua mobil ini bersaing pada fitur-fitur tertentu yang membuatnya jadi pilihan yang cocok untuk digunakan. Mari kita bahas!

Toyota Agya

Toyota Agya adalah mobil yang masuk ke dalam jajaran Low Cost Green Car (LCGC). Pasalnya, harga mobil ini yang terjangkau membuatnya menjadi salah satu mobil favorit keluarga Indonesia. Baca Juga Pilih Mana: Honda Mobilio atau Toyota Avanza?
Mobil ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2012. Salah satu fitur yang cukup menarik pada mobil Agya facelift ini adalah kehadiran engine start-stop button. Fitur tersebut tentu tergolong cukup canggih untuk ukuran mobil seperti ini.

Di sektor mesin New Agya mengusung dua opsi mesin; 1.000 cc dan 1.200 cc berpenggerak depan. Transmisi mobil Agya pun masih menganut tipe torque converter. Harga mobil Agya memiliki 6 varian dengan biaya termurah yaitu Rp 143.800.000. Untuk vers maticnya, mulai dari Rp 157 juta hingga Rp 169 jutaan.

Kelebihan Toyota Agya

Tampil Modern dan Sporty

Berkat penyegaran pada bagian eksteriornya, Toyota Agya tampil lebih modern dan sporty. Bumper depan yang baru ditandai dengan lampu proyektor headlamp dengan lampu LED (pada tipe TRD) dan grille radiator berbentuk trapesium yang menciptakan kesan modern.

Selain itu di bagian samping terpasang spion dengan lampu sinyal untuk berbelok. Di bagian belakang desain lampu rem membentuk huruf “L” yang menghasilkan kesan mewah.

Harganya Murah

Dari segi harga, Toyota Agya terbilang cukup murah jika dibandingkan mobil tipe sekelasnya dari merek lain. Harga termurah yaitu Rp 143.800.000. Untuk vers maticnya, mulai dari Rp 157 juta hingga Rp 169 jutaan saja.

Terdapat Fitur Engine Start-Stop Button

Toyota memberikan fitur keren ini di LCGC Agya wajib diapresiasi. Agya bahkan tercatat sebagai satu-satunya LCGC yang memiliki engine start-stop button. Fitur ini berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan mesin kendaraan tanpa menggunakan kunci.

Varian banyak

Tidak hanya terdiri dari dua opsi mesin, New Agya tersedia dalam total 6 varian. Dua varian merupakan bermesin 1.000 cc dan 4 varian menggunakan dapur pacu 1.200 cc.

Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Dikarenakan menggunakan mesin 1000cc, mobil ini di klaim irit bahan bakar dan ramah lingkungan dan hingga mencapai 20 kilometer per liter nya.

Kelemahan Toyota Agya

Mesin Masih Rendah

Meskipun terkenal dengan mesinnya yang berkode NR, nyatanya tenaga yang dihasilkan Agya masih di bawah Honda Brio Satya yang memiliki tenaga mencapai 88 Hp. Sedangkan Agya masih bermesin 1.200 cc tenaganya hanya 86 Hp.

Belum CVT

Jika menilik ke Honda Brio Satya yang sudah mengusung continuously variable transmission (CVT). Nampaknya Toyota perlu banyak belajar, pasalnya Toyota masih mempertahankan transmisi otomatis konvensional yang secara pengalaman mengemudi tak sehalus CVT yang dimiliki Brio.

Fitur keselamatan terbatas

Untuk airbag, Toyota hanya menyediakan untuk mobil Agya varian tertinggi. Bahkan mobil Toyota Agya juga belum dilengkapi rem dengan anti lock braking system (ABS).

Daihatsu Sirion

Bertahun-tahun hadir di Negeri Jiran dengan nama Perodua Myvi, pada 2007 PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan Daihatsu Sirion di Tanah Air yang didatangkan langsung dari Malaysia dalam bentuk Completely Built Up (CBU).

Daihatsu Sirion, salah satu city car yang populer di Indonesia. Meski bukan yang paling laku, seperi nasib saudara kembarnya di Malaysia, Sirion memiliki beberapa keunggulan tersendiri yang menjadikannya tetap menarik perhatian.

Kelebihan Daihatsu Sirion

Desain Sporty dan elegan

Mobil Daihatsu Sirion ini didesain lebih elegan dan sporty. Bodi luarnya terdapat garis lembut membulat pada semua sisi. Dibagian depan juga terdapat grille langsing memanjang hingga ke kedua sektor penerangan. Di sisi lain lampu utama sudah berteknologi LED. Penggunaan upper spoiler, yakni antena mirip sirip hiu yang sesuai bodi bikin tampilannya Daihatsu Sirion makin sporty.

Kabin bergaya modern

Kelebihan lain dari Daihatsu Sirion adalah kabin yang bergaya modern. Dikarenakan sasaran penggunaan mobil Sirion ini adalah anak muda, sehingga interiornya pun diberi kesan terlihat muda dan kekinian. Penyematan warna gelap diberikan disemua sisi interior Sirion. Pada bagian dasbornya pun diberikan garis lurus dengan aksen yang pas dan simpel.

Di dalam kabin Daihatsu Sirion ini dilengkapi berbagai fitur terkini yang berfungsi membantu penggunanya. Pada versi terbarunya, Daihatsu Sirion disematkan head unit yakni layar sentuh 7 inci. Selain itu mobil ini memiliki fungsi mirror link, agar dapat dihubungkan ke smartphone.

Mesin bertenaga

Mesin pada mobil Sirion ini cukup bertenaga. Daihatsu Sirion versi lama dan yang baru tetap menyematkan mesin 1NR-VE DOHC Dual VVT-i . Mesin berkapasitas 1.329cc tersebut menghasilkan tenaga 95 PS juga torsi 119 Nm, yang tentunya buat sebuah city car pasti cukup besar.

Irit BBM

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, Daihatsu Sirion ini termasuk mobil city car yang cukup irit konsumsi bahan bakarnya. Ini dikarenakan Sirion telah mengadopsi teknologi mesin terbaru yakni Drive by Wire. Dalam konsumsi BBM, jarak tempuhnya tercatat sekitar 18 km/liter. Selain itu, putaran mesin rendah, penyaluran tenaga mesin karakternya terasa lebih halus.

Dimensi Kabin Luas

Kelebihan lainnya dari Daihatsu Sirion ini yakni Kabin yang luas. Ukuran mobil ini memiliki dimensi panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, serta tinggi 1.525 mm. Daihatsu New Sirion juga mempunyai dimensi yang cukup lega, dibagian depan maupun belakang. Bahkan keleluasaan legroom dan headroom cukup untuk penumpang dewasa yang memiliki postur hingga 177 cm.

Bagasi yang luas

Kelebihan lain dari mobil Daihatsu Sirion ini selanjutnya yakni Bagasi yang luas mas bro. Kapastias yang terhitung besar ini juga mampu menampung banyak barang.Pada New Sirion, selain lapang, kabinnya juga memiliki slot penyimpanan yang beraneka seperti glove box, side door pocket, power outlet, console tray, USB dan lain sebagainya.

Fitur keamanan mumpuni

Terakhir, fitur safety pada Daihatsu Sirion ini juga sudah mumpuni. Selain itu, tersemat fitur keselamatan standar seperti empat airbag (dua depan, dua samping), serta seatbelt di tiga-titik untuk seluruh penghuni mobil Sirion, terdapat fitur tambahan seperti rem Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), hingga Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC).

Kekurangan Daihatsu Sirion

Harga Mahal Dibanding Kompetitor

Daihatsu Sirion dijual dengan harga Rp200,1 juta pada tipe terendahnya. Angka tersebut terbilang lebih mahal Rp500 ribu dibanding kompetitornya seperti Agya yang dijual sekitar Rp169 jutaan aja. Hal inilah yang membuat konsumen berpikir dua kali saat akan membeli.

Kabin Terlalu berisik

Salah satu hal yang menjadi keluhan para pengguna mobil ini adalah Kabinnya yang terlalu berisik. Ini dikarenakan tidak memiliki peredam kabin pada ruang interior yang membuat suasana nyaman akan terganggu dengan suara bising tersebut.

Dimensi Kalah Dibanding Kompetitor

Jika disejajarkan dengan Suzuki Baleno, dimensi pada mobil Sirion masih kalah. Mobil ini memilki dimensi panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.525 mm serta ground clearance 150 mm. Sementara itu untuk Suzuki Baleno memiliki dimensi sekitar 3.995 mm, lebar 1.745 mm, tinggi 1.510 mm dan ground clearance 170 mm.

Fitur canggih hilang

Seperti yang kita tahu bahwa PT Astra Daihatsu Motor mengimpor mobil Sirion ini dari Malaysia. Sehingga fiturnya pun disesuaiakan dengan fitur negara kita. Misalnya Daihatsu New Sirion yang terbaru memang tidak dirakit di Indonesia, yang seharusnya terdapat fitur canggih seperti pre-collision braking. Namun di Indonesia, fitur tersebut dihilangkan.

Perbandingan Toyota Agya dan Daihatsu Sirion

Toyota AgyaDaihatsu Sirion
Kelebihan- Tampil Modern dan Sporty
- Harganya Murah
- Terdapat Fitur Engine Start-Stop Button
- Varian banyak
- Bahan Bakar Ramah Lingkungan
- Desain Sporty dan elegan
- Kabin bergaya modern
- Mesin bertenaga
- Irit BBM
- Dimensi Kabin Luas
- Bagasi yang luas
- Fitur keamanan mumpuni
Kekurangan- Mesin Masih Rendah
- Belum CVT
- Fitur keselamatan terbatas
- Harga Mahal Dibanding Kompetitor
- Kabin Terlalu berisik
- Dimensi Kalah Dibanding Kompetitor
- Fitur canggih hilang
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Mobil kecil menjadi salah satu syarat kendaraan bagi masyarakat perkotaan yang identik dengan gaya hidup praktis dan dinamis. Untuk itu, kedua mobil tersebut dirasa cocok untuk Anda gunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari, terlebih fitur yang didapat pun sudah sangat baik. Anda pilih yang mana?

Anda Pilih Toyota Agya atau Daihatsu Sirion?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!