KendaraanOtomotifUncategorized

Pilih Mana: Toyota Agya atau Toyota Calya?

Saat ini memiliki mobil adalah sebuah keharusan bagi beberapa orang. Selain harganya yang murah dan bagus, mobil berfungsi sebagai kendaraan penunjang aktivitas sehari-sehari. Apalagi selain murah, kualitas dan fitur yang diberikan sangat baik menjadi incaran bagi masyarakat di Indonesia.

Ada beberapa mobil murah bagus yang sudah dilengkapi sejumlah fitur canggih seperti rem ABS dan sensor parking. Seperti salah satu merek Low Cost Green Car (LCGC) terbesar adalah Toyota. Merek itu menawarkan dua produk unggulannya, Toyota Agya dan Toyota Calya.

Apa kelebihan dari kedua mobil keluaran Toyota ini? Berikut rangkuman selengkapnya yang wajib Anda ketahui!

Toyota Agya

Toyota Agya merupakan sebuah mobil yang masuk ke dalam skema Low Cost Green Car (LCGC). Harga mobil Agya memiliki 6 varian dengan biaya termurah yaitu Rp 143.800.000. Untuk vers maticnya, mulai dari Rp 157 juta hingga Rp 169 jutaan. Baca Juga Pilih Mana: Honda Mobilio atau Toyota Avanza?

Mobil ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2012. Walau sejak kemunculannya tidak banyak perubahan generasi sampai saat ini, namun beberapa waktu yang lalu Toyota Agya ini mendapati facelift.

Facelift merupakan penyegaran ringan yang dilakukan PT Toyota Astra Motor pada Maret 2020 tersebut menjadikan tampang mobil Agya semakin sporty danb trendy. Satu fitur yang cukup menarik pada mobil Agya facelift ini adalah kehadiran engine start-stop button. Fitur tersebut tentu tergolong cukup canggih untuk ukuran mobil seperti ini.

Sementara di sektor mesin New Agya saat ini tetap mengusung dua opsi mesin; 1.000 cc dan 1.200 cc berpenggerak depan. Transmisi mobil Agya pun masih menganut tipe torque converter.

Kelebihan Toyota Agya

1. Memiliki Fitur Engine Start-Stop Button
Toyota memberikan fitur keren ini di LCGC Agya wajib diapresiasi. Agya bahkan tercatat sebagai satu-satunya LCGC yang memiliki engine start-stop button. Fitur ini berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan mesin kendaraan tanpa menggunakan kunci.

2. Eksterior Sporty
Berkat bumper depan dan belakang baru, Toyota Agya jadi semakin keren dan sporty.

3. Varian banyak
Tidak hanya terdiri dari dua opsi mesin, New Agya tersedia dalam total 6 varian. Dua varian merupakan bermesin 1.000 cc dan 4 varian menggunakan dapur pacu 1.200 cc.

Kelemahan Toyota Agya

1. Belum CVT
Jika menilik ke Honda Brio Satya yang sudah mengusung continuously variable transmission (CVT). Nampaknya Toyota perlu banyak belajar, pasalnya Toyota masih mempertahankan transmisi otomatis konvensional yang secara pengalaman mengemudi tak sehalus CVT yang dimiliki Brio.

2. Fitur keselamatan terbatas
Untuk airbag, Toyota hanya menyediakan untuk mobil Agya varian tertinggi. Bahkan mobil Toyota Agya juga belum dilengkapi rem dengan anti lock braking system (ABS).

3. Mesin Masih Rendah
Meskipun terkenal dengan mesinnya yang berkode NR, nyatanya tenaga yang dihasilkan Agya masih di bawah Honda Brio Satya yang memiliki tenaga mencapai 88 Hp. Sedangkan Agya masih bermesin 1.200 cc tenaganya hanya 86 Hp.

Toyota Calya

Saat kehadirannya pada tahun 2016 lalu, Toyota Calya langsung menggebrak di pasar Low Cost Green Car (LCGC) dengan model MPV. Dengan mesin 1.2L, Toyota Calya langsung didaulat sebagai MPV Toyota dengan harga paling terjangkau plus paling efisien. PT Toyota Astra Motor membanderol Calya dengan harga Rp129,6 juta tipe E MT pada tipe terendah dan Rp150 juta tipe G AT yang jadi tipe tertingginya.

Selain itu, Toyota Calya telah dibekali dengan fitur-fitur yang dinilai cukup untuk memberikan kenyamanan dan keamanan penggunanya. Selain itu, performa mesin yang digunakan pun terbilang cukup baik.

Kelebihan Toyota Calya

1. Kapasitas 7 Penumpang
Bagi masyarakat Indonesia mobil dengan kapasitas penumpang banyak terlihat lebih banyak diminati. Hal ini dikarenakan karakter orang Indonesia yang sering bepergian dengan keluarga, sehingga kapasitas penumpang menjadi prioritas ketika membeli mobil. Sebab bagi mayoritas orang Indonesia mobil yang dapat menampung banyak orang adalah mobil idaman.

Lihat juga:  Pilih Mana: Honda Revo FI dan Suzuki Titan?

2. Fitur Kenyamanan Lengkap
Toyota Calya terbilang punya fitur-fitur kenyamanan yang lengkap untuk mobil di harga Rp160 jutaan. Seperti power window, pengaturan spion yang bisa terbuka otomatis, head unit layar sentuh, 2 buah airbag, Bluetooth, konektifitas iPhone, USB, AUX, rem ABS serta sensor parkir mundur.

Tidak hanya itu saja, terdapat juga rem cakram depan, kursi ISOFIX, Side Impact Beam, kunci Immobilizer dan sabuk pengaman untuk seluruh penumpang. Dengan fitur tersebut, tak heran jika banyak orang yang membeli mobil ini.

3. One Touch Tumble
Yang menarik dari mobil ini adalah kepraktisan hal-hal kecil yang disediakan Toyota, seperti fitur One Touch Tumble. Fitur ini membuat kursi tengah bisa di Sliding hanya dengan satu tarikan, lalu kursi belakang bisa dilipat dengan mudah lewat penarik di bagian belakang. Selain itu, sabuk pengaman di baris kedua penumpang tengah juga dapat ditarik dengan mudah.

4. Suspensi Lebih Baik
Keunggulan Toyota Calya lainnya adalah suspensinya yang lebih di bagian depan. Suspensi Calya nyatanya lebih baik dibanding Avanza sekalipun yang harganya lebih mahal.

5. Konsumsi BBM Irit
Dikarenakan mesin yang digunakan berkode 3NR dengan kapasitas 1.197 cc, 4 silinder, penggerak roda depan, maka konsumsi BBM Toyota Calya ini benar-benar irit, sehingga banyak digunakan sebagai unit taksi Online.

Kekurangan Toyota Calya

1. Performa Mesin Lemot
Banyak yang mengatakan bahwa performa mesin dari Toyota Calya ini terasa lemot. Meskipun konsumsi BBM yang irit, tenaga mesin Calya dapat dikatakan lemot karena hanya ditenagai 86 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimal 107 Nm @4.200 rpm. Walaupun pedal gas diinjak sedalam mungkin, mesinnya tak akan mampu berjalan kencang.

2. Jok Baris Ketiga Tidak Nyaman
Di kursi baris ketiga mobil ini tidak disarankan untuk perjalanan jauh, sebab duduk di baris ketiga Calya benar-benar tidak nyaman. Ruang kaki yang terlalu sempit bisa membuat penumpang yang duduk di baris ketiga cepat merasa pegal, ditambah lagi ruang kepalanya yang sempit tidak cocok untuk yang berpostur tinggi.

3. AC Kurang Menjangkau Kursi Baris ketiga
Kekurangan berikutnya dari mobil ini adalah suhu dingin AC yang tidak terasa hingga jok paling belakang. Sehingga ketika cuaca siang hari sangat terik, AC-nya pun kurang terasa hingga baris kedua. Bagi penumpang di baris ketiga, tentunya ini menjadi malapetaka sebab mereka tak bisa menikmati hembusan AC layaknya penumpang depan dan tengah.

4. Interior Seadanya
Ketika membuka pintu, tampilan interior yang terlihat sangat sederhana bisa dibilang seadanya. Tak jarang dipenuhi dengan bahan plastik murah yang tipis. Selain itu, doortrim-nya juga mudah tergores. Kabar baiknya, built quality mobil ini cukup rapi serta bagian dasbor terlihat matching dengan paduan warna yang diberikan. Setidaknya, lebih baik dari Agya yang menjadi saudaranya yang warnanya cukup monoton menurut kami.

Pilih Mana: Toyota Agya atau Toyota Calya?

Keterangan Toyota AgyaToyota Calya
Kelebihan - Memiliki Fitur Engine Start-Stop Button - Eksterior Sporty - Varian banyak- Kapasitas 7 Penumpang - Fitur Kenyamanan Lengkap - One Touch Tumble - Suspensi Lebih Baik - Konsumsi BBM Irit
Kekurangan - Belum CVT - Fitur keselamatan terbatas - Mesin Masih Rendah- Performa Mesin Lemot - Jok Baris Ketiga Tidak Nyaman - AC Kurang Menjangkau Kursi Baris ketiga

Kesimpulan

Toyota Agya dan Calya memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing. Jika Anda ingin menampung banyak orang, maka Toyota Agya sangatlah cocok, namun jika Anda ingin fleksibilitas, maka Agya lah jawaban yang tepat. Selamat memilih!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Agya atau Toyota Calya

VS