Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Corolla Altis atau Honda Civic?

Memiliki mobil sedan dengan adanya fitur-fitur terbaik dan desain yang memukau khas zaman modern tentu menjadi nilai plus dan kepuasan tersendiri. Tidak hanya itu, mesin yang diusung juga sangat berenergi untuk menemani menyusuri kota, seperti halnya Toyota Corolla Altis dan Honda Civic. Kedua mobil ini banyak diganderungi oleh orang-orang khususnya anak muda. Penasaran dengan detail dari kedua mobil tersebut? Kali ini saya akan bahas mengenai Toyota Corolla Altis dan Honda Civic. Stay tune ya.

Toyota Corolla Altis

Mobil legendaris yang bernama Toyota Corolla Altis kelihatannya akan tetap jadi salah satu sedan elegan yang memang tidak ada duanya. Bukan tanpa alasan, pasalnya semenjak diluncurkan secara perdana pada tahun 1996 dahulu, sedan ciptaan Toyota bernama Toyota Corolla Altis satu ini memanglah sengaja didatangkan buat penuhi keinginan untuk para konglomerat yang membutuhkan suatu mobil sedan elegan nan elok dengan penampilan yang mumpuni.

Maka dari itu, buat semakin menjaga minat para pelanggan bakal mobil elegan ini, Toyota Corolla Altis terbaru juga kembali didatangkan dalam rancangan konsep yang lebih memajukan nilai prestisius dengan kesan yang lebih modern serta elegan dari tipe sebelumnya dengan menunjukkan bagian eksterior raga mewah dan interior yang lebih nyaman dikendarai. Baca juga Pilih Mana: Toyota Alphard atau Toyota Vellfire?

Desain Toyota Corolla Altis

Pada bagian depan, Toyota Corolla Altis bakal mengangkat headlamp terbaru bergaya sipit nan tajam yang terlihat begitu sempurna dan dilengkapi dengan teknologi LED Daytime Running Light (DRL) serta reflektor garis yang terletak di dalamnya. Tentu saja, tidak hanya tampak lebih elok, dipastikan headlamp dari Toyota Corolla Altis ini akan mampu memancarkan cahaya terang sehingga bakal memudahkan pengendara kala berkendara di malam hari.

Tidak cukup hingga di sana saja, pada komponen wajahnya ini terlihat grille depan berlagak Strike Upper Grille Design yang terbuat terkesan lebih tipis dengan satu tingkat sehingga membuat bumper depan Toyota Corolla Altis juga mengalami sedikit perubahan.

Dengan membawa tema interior Iconic Dynamic, ruang kabin pada sedan elegan yang satu ini terbuat lebih besar sehingga bakal membuat penumpangnya juga lebih merasa lapang dalam bergerak. Tidak hanya itu, pada bagian dashboard Toyota Corolla Altis ini juga kelihatannya cukup menarik buat dibahas.

Alasannya, nampak gimana Toyota mengangkat konsep dashboard dengan rancangan Modern Center Cluster Design dengan memajukan bagian kemewahan serta fungsionalitas tinggi. Di sisi itu, ada juga head unit Advanced Audio serta LCD touchscreen seluas 4.2 inci dengan beberapa menu pilihan yang fungsional.

Mesin Toyota Corolla Altis

Kali ini Toyota Corolla Altis bakal muncul dengan dipersenjatai zona dapur pacu yang begitu kuat, yakni berbentuk mesin bertipe IL 4 silinder dengan 16 katup yang dilengkapi teknologi DOHC Dual VVT-i dan mempunyai kapasitas kubikasi yang menggapai 1798 cc. Mengenali teknologi permesinan pada ruang pacu yang dibawa Toyota Corolla Altis itu maka dipastikan performa yang diperoleh juga tidak bakal mengecewakan sama sekali.

Di bagian lain, power gahar yang diperoleh dari mesin itu juga nantinya bakal disalurkan lewat 2 sistem pengiriman, ialah transmisi otomatis berteknologi CVT 7 percepatan Speed Sport Sequential Shiftmatic with Paddle Shift serta transmisi manual 6 percepatan. Walaupun kedua versi Toyota Corolla Altis itu mempunyai sistem transmisi yang berbeda tetapi daya yang disemburkan mempunyai kesamaan.

Di mana, kolaborasi antara bagian mesin serta transmisi itu diklaim akan mampu menciptakan power maksimal sampai 151 Ps tiap putaran 6400 rpm serta pula membuat Toyota Corolla Altis ini mampu menggapai titik maksimal torsi sampai 19.4 Kgm per 4000 rpm.

Tidak cuma itu saja, zona permesinan yang diusung mobil sedan yang berbahan bakar Gasoline ini pula bakal dibekali skema injeksi EFI alhasil konsumsi bahan bakar pada sektor dapur pacu dari detail Toyota Corolla Altis ini juga dapat ditekan secara maksimal serta efisien dan lebih ramah lingkungan.

Fitur Toyota Corolla Altis

Buat mendukung jaminan keselamatan penumpang maka Toyota Corolla Altis juga telah dibekali rem mutahir yang berteknologi ABS, EBD, dan BA yang ditentukan bakal membagikan mutu pengereman kuat dan mampu mencegah terjadinya ban selip. Tentu saja, hal ini bakal mempermudah pengendalian laju Toyota Corolla Altis ini oleh pengendara kala terjadi pengereman mendadak.

Tidak hanya itu, sebagian fitur kenyamanan juga pula ikut disertakan pada ruang kabin di sektor interiornya, semacam head unit dengan layar sentuh 4.2 inci lengkap dengan menu pilihan dan ragam panel fungsional yang sedia mendukung aktivitas entertainment.

Tidak hanya itu, pada Toyota Corolla Altis ini terdapat juga fitur lain berupa alarm system, sensor parkir, seat bealt, serta yang tidak kalah bernilai SRS Airbag yang sedia menjamin keselamatan kala terjadi kecelakaan ataupun benturan keras. Dengan macam fitur yang dibenamkan pada detail Toyota Corolla Altis itu maka tidak heran bila akan banyak pelanggan yang terpikat buat membelinya.

Harga Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla Altis Manual Rp 429.000.000,-
Toyota Corolla Altis Otomatis Rp 464.000.000,-

Lihat juga:  Pilih Mana: Aerox atau NMax?

Honda Civic

Honda meluncurkan versi baru yang merupakan upgrade dari tipe sebelumnya pada kategori mobil sedan, yakni Honda Civic di mana semenjak pertama kali kehadirannya di Indonesia telah menarik atensi di nyaris seluruh kalangan. Tidak heran bila sedan yang satu ini dijadikan salah satu tonggak kebanggaan yang dipunyai oleh vendor asal Jepang tersebut.

Kedatangan Honda Civic 2016 ini semakin membuat penasaran para penggemar sedan semenjak peresmian perdananya di Frak furt Motor Show 2015 September lalu. Pastinya dengan mengangkat Branding yang serupa dalam kategori sedan, Honda Civic teranyar kali ini harus mempunyai banyak angka plus ketimbang pendahulunya.

Desain Honda Civic

Mulai dari komponen depan yang komplit dengan garis bodi yang nampak tajam serta lurus hingga sampai pada bagian belakang. Sedangkan itu, pada bentuk di bagian atas pula ditambahkan lengkungan sebagai ciri kalau Honda Civic generasi ini sedia buat menerjang halangan angin yang dilewati.

Tidak sampai di situ, pada bagian headlamp telah mempercayakan teknologi HID Projector Light dengan konsep grill pada bagian depan yang dipoles oleh sentuhan krom semakin menciptakan bentuk Honda Civic ini terkesan lebih sporty serta memancarkan aura kemewahannya.

Merambah area kabin, Honda Civic menyediakan ruang yang lumayan besar dengan warna hitam yang membagikan opini elegan. Dengan konsep kabin yang cukup besar itu, Honda Civic terbaru ini sanggup menampung 4–5 orang penumpang termasuk pengendara.

Pada kabin depan ada dashboard yang dilengkapi dengan berbagai macam panel serta fitur berteknologi tinggi, ialah dengan kedatangan Intelligent Multi-Information Display (i-MID) yang bakal membagikan data penting pada pengendaranya mengenai jumlah bahan bakar, waktu, jarak, yang telah ditempuh serta jarak yang masih dapat ditempuh dengan sisa bahan bakar yang masih tersisa.

Mesin Honda Civic

Honda Civic 2016 ini dibekali dengan mesin berkualitas tinggi dengan isi silinder 1.498 cc. Honda Civic mengangkat mesin jenis 4 silinder segaris 16 katup dengan teknologi VTEC Turbo DOHC, Drive By Wire (DBW). Mesin itu sanggup menghasilkan daya sebesar 173 ps pada putaran 5.500 rpm serta torsi sebesar 220 Nm pada putaran 1.700 rpm dengan analogi kompresi sebesar 10,6:1.

Kedatangan teknologi turbocharger, tampaknya jadi andalan pemacu jantung besi kendaraan roda 4 ini. Dengan daya yang begitu maksimal itu tentunya bakal sanggup menerbangkan Honda Civic ini di jalanan.

Buat sistem transmisinya memercayakan sistem otomatis dengan teknologi CVT with Earth Dreams Technology dengan 5 tingkat percepatan alhasil bakal lebih gampang buat akselerasi serta mencapai kecepatan besar. Nah, detail Honda Civic ini ternyata telah pula memakai sistem pasokan bahan bakar dengan teknologi Direct Injection sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien.

Fitur Honda Civic

Honda Civic 2016 pula dilengkapi dengan fitur keamanan berbentuk teknologi G CON+ACE yaitu bentuk rangka bodi didesain sedemikian rupa buat kurangi dampak bila terjadi benturan. Setelah itu, juga dibekali dengan fitur Dual SRS Airbag buat keselamatan 2 penumpang di depan.

Berbicara mengenai benturan, Honda Civic ini menggunakan teknologi ABS dan EBD buat sistem pengeremannya buat menghindari kecelakaan. Sistem pengereman itu juga sudah disematkan dengan teknologi Brake Override System buat memperoleh pengereman yang responsif dan lebih tepat kala pengendara mulai letih menginjak rem dan gas bersama-sama.

Di samping itu, Honda Civic 2016 pula dilengkapi dengan fitur keamanan antara lain, Alarm System, Keyless Entry, Auto lock System, Smart Entry, Immobilizer, serta Rear Trunk Opener sebagai alat membuka pintu bagasi belakang melalui keyless entry atau tombol yang terdapat di dalam mobil.

Tidak hanya itu, pengendara serta penumpang Honda Civic ini juga dapat menikmati fitur hiburan yakni dilengkapi dengan sistem audio film dengan layar sentuh berukuran 7 inci, sistem navigasi, DVD Player, Mp3/ WMA, AM/ FM Radio. Alhasil, perjalanan Kamu bakal lebih terasa aman dengan sensasi kualitas suara audio yang begitu bersih. Di samping itu, detail Honda Civic ini pula dilengkapi fitur pendukung semacam HDMI Port, USB Port Wireless Smart Connection, Bluetooth dan WiFi Tethering.

Harga Honda Civic

All New Civic 1.5 L Rp 535.000.000,-
All New Civic HATCHBACK 1.5 TURBO S CVT 440.500.000,-
All New Civic HATCHBACK 1.5 TURBO E CVT 480.000.000,-

Pilih Mana: Toyota Corolla Altis atau Honda Civic?

Toyota Corolla AltisHonda Civic
Kelebihan - Kabin yang lega - Handling mumpuni dan sempurna - Hentakan suspensi cukup sempurna dan lembut- Eksterior mewah dan modern - Fitur interior yang modern - Suara mesin halus
Kekurangan- BBM cukup boros - Kontrol setir yang terlalu ringan- Harga cukup mahal - Harga sparpart dan perawatan yang mahal

Kesimpulan

Toyota dan Honda tentu sudah menyematkan spesifikasi dan fitur yang canggih kedalam mobil produksinya yakni Toyota Corolla dan Honda Civic yang baru saja saya ulas tadi. Namun jika kalian menginginkan desain yang modern khas anak muda, maka Honda Civic akan menjadi jawaban yang pas buat kamu. Tentukan pilihan mobilmu sesuai pilihan dan selera kamua ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Corolla Altis vs Honda Civic

VS

Leave a Reply