Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Rush atau Honda BR-V?

Mobil merupakan alat transportasi yang sangat penting untuk manusia, selain bisa membawa banyak barang, tentu bisa menemani kita dalam menelusuri jalanan kota. Tentu nya kita juga menginginkan spesifikasi yang mumpuni, seperti halnya mobil yang kerap kita temui yaitu Toyota Rush dan Honda BR-V. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua mobil ini? So kali ini saya akan membahas Toyota Rush dan Honda BR-V. Stay tune guys.

Toyota Rush

Toyota Rush dikembangkan oleh engineer serta pendesain asal Indonesia dan Jepang yang dikomandoi Eiji Fujibayashi selaku Chief Engineer Toyota Rush. Rush generasi kedua saat ini tidak lagi mengenakan ban serep yang tergantung di pintu. Selanjutnya, ban itu dipindah ke kolong belakang mobil untuk membuat dimensi kendaraan semakin panjang.

Pada generasi pertama, Toyota Rush menggendong ban serep di pintu belakang atau kerap diucap konde. Konsep semacam ini dinilai jadi salah satu ciri khas SUV yang tren di tahun 80-2000 an. Seiring kepentingan kabin yang lebih lega, tim engineer lantas memindahkan ban serep itu. Baca juga Pilih Mana: Toyota Agya atau Honda Brio?

Desain Toyota Rush

Bicara soal desain, Toyota mengadopsi gaya dari Toyota Fortuner dengan lampu depan yang menyipit. Ciri khas pada Rush terbaru yakni lubang angin yang cukup besar di grill. Kap mesin juga tampak lebih berotot berkat terdapatnya lekuk di bagian tengah.

Hilangnya konde ini membuat performa Rush jadi wagu, alias membingungkan. Karena, sepintas desainnya seperti dengan Honda Mobilio tetapi ada yang mengatakan mirip seperti Calya versi besar. Lagi-lagi, body kit hitam doff menghiasi bemper belakang Toyota Rush untuk membuat kesan mobil tangguh seperti SUV modern. Sementara itu secara konsep, Rush merupakan mobil keluarga.

Berlanjut mangulas komponen interior Rush, atmosfer di dalamnya begitu lega dengan konsep berubah total dibandingkan generasi pertama. Ubahan sangat terlihat pada dashboard tampak lebih mewah serta modern dan kombinasi warna interior hitam- putih.

Supaya semakin nyaman, kamu mungkin perlu menata sandaran bangku baris kedua supaya lebih merebah. Sebabnya, bahan busa joknya cukup keras sehingga membuat pegal apabila dibuat tegak buat standarnya. Kabin yang kosong membuat ruang bagasi di belakang bangku baris ketiga cukup besar buat membawa beberapa koper.

Mesin Toyota Rush

Selanjutnya soal dapur pacu, All New Rush memakai mesin baru Dual VVT- i 2NR- VE yang tadinya dipakai oleh Toyota Veloz serta Toyota Sienta. Mesin itu dapat menciptakan daya cukup besar, yaitu menggapai 104 PS pada 6. 000 rpm serta torsi 13. 9 kgm pada 4. 200 rpm. Mesin yang dipakainya merupakan mesin 4 Silinder DOHC 16 katup yang mempunyai kemampuan bahan bakar 10% lebih baik dibanding Rush generasi sebelumnya.

Fitur Toyota Rush

Bicara mobil keluarga, pasti wajib didukung dengan fitur kenyamanan serta hiburan yang oke. Toyota Rush di 2019 setidaknya memiliki head unit touchscreen buat mengusir kejenuhan dikala perjalanan jauh. Head unit ini dapat dikoneksikan dengan smartphone menggunakan bluetooth.

Setelah itu buat fitur kenyamanan dibantu sistem AC dengan climate control serta pengaturan suara di setir yang terdapat di komponen jari kiri. Pengemudi ikut dimanjakan soal data berkendara lewat panel instrumen multi color LCD lengkap dengan MID (Multi Information Display).

Harga Toyota Rush

Harga All New Toyota Rush G M/T Rp. 239.900.000
Harga All New Toyota Rush G A/T Rp. 249.900.000
Harga All New Toyota Rush TRD M/T Rp. 251.300.000
Harga All New Toyota Rush TRD A/T Rp. 261.300.000

Honda BR-V

Honda mematok Honda BR-V di bagian low SUV atau mobil crossover. Honda Indonesia sendiri memastikan kalau BR-V ini telah diatur buat porsi pasar yang berbeda. Tidak hanya itu, banyak pihak yang menilai kalau Honda BRV ini serupa dengan Honda Mobilio yang saat ini jadi primadona baru di segmen low MPV.

Sekilas, wajah BR-V memanglah sedikit banyak seperti dengan Mobilio, cuma saja ground clearance-nya lebih besar dan bodinya lebih bongsor. Walaupun begitu, Honda BR-V sendiri sesungguhnya merupakan pengembangan dari platform All New Honda Jazz.

Desain Honda BR-V

Honda BR-V juga tampak lebih ‘slim’ bila dibanding dengan mobil-mobil jenis crossover lainnya. Konsep headlamp pada BR-V mengangkat bentuk long shape dengan garis tegas ke samping dengan teknologi projector headlamp. Dimensi lampunya juga tidak begitu lebar, sekilas mengingatkan pada bentuk headlamp Honda HR-V.

Lihat juga:  Pilih mana: Satria fu vs Mx king?

Sebaliknya pada front grill, Honda BRV menngusung bentuk frame bertingkat dengan aksen krom mengkilat yang dilengkapi emblem merek Honda tepat di bagian tengah. Buat bumper depan, BR-V terlihat semakin bergaya sebab diatur dengan jarak yang sedikit tinggi dari tanah, berpadu dengan fog lamp yang cukup besar semakin menunjukkan kalau Honda BRV memiliki fascia yang benar-benar jantan.

BR-V menawarkan bagian interior yang cukup menawan dengan penataan panel yang friendly, selain pastinya dilengkapi dengan fitur yang komplit. Dashboard Honda BR-V didominasi warna hitam dengan ruang kabin yang dibuat semenarik mungkin agak seperti dengan Honda Jazz.

Pada kabin depan terlihat kalau Honda BRV tidak menampilkan performa interior yang murahan sebab dilengkapi dengan fitur audio player Double DIN dengan layar 6. 1 inci touch screen yang sudah cukup mendukung kebutuhan entertainment di dalam kabin.

Mesin Honda BR-V

Mesin berteknologi i-VTEC yang terdapat pada Honda BRV ini mempunyai kelebihan sebab walaupun bersilinder kecil, tetapi dapat menciptakan daya yang sebanding dengan mesin bersilinder besar. Tidak hanya itu mesin i-VTEC bisa meminimalisir konsumsi bahan bakar dan aman buat digunakan sebagai kendaraan harian.

Buat Honda BR-V ini, Honda mengusung mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter terdiri dari 4-silinder model segaris DOHC 16 katup. Mesin i-VTEC pada mobil ini sanggup membagikan muntahan power maksimum menggapai 120 HP pada 6.600 rpm dan torsi maksimum menggapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Buat variannya, detail Honda BRV bakal dibagi dalam 3 jenis, yakni S (M/T), E (M/T, CVT) dan Prestige (CVT). Buat versi paling tinggi yaitu Prestige (CVT), di mana versi itu Honda bakal membenamkan fitur khusus, seperti fitur Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Nanoe ionizer dan Aero Kit.

Fitur Honda BR-V

Fitur keamanan yang standar semacam potensioner seatbelt buat mendukung keamanan pengemudi sudah terpasang pada Honda BR V ini. Tidak hanya itu, terdapat pula fitur Dual Airbag System yang bakal membagikan keamanan tambahan kala terjadi benturan mendadak.

Pada komponen pengereman, Honda BRV telah dibantu dengan fitur Anti-lock Brake System (ABS) serta pula Electronic Brake Force Distribution (EBD). Fitur-fitur modern pada Honda BRV itu berperan buat menghindari roda terkunci pada dikala terjadi pengereman mendadak.

Tidak hanya itu, teknologi EBD pula memungkinkan pengemudi memperoleh kestabilan dalam mengendalikan kendaraan. Buat fitur berikutnya, Honda BR-V dibekali dengan fitur keamanan yang komplit, tetapi sepertinya fitur itu cuma bakal dikasih pada versi paling tinggi Honda BRV, yakni BR-V Prestige.

Fitur-fitur yang ditawarkan Honda antara lain Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist, di mana kedua fitur itu mempermudah pengoperasian Honda BR-V serta bakal memelihara kestabilannya. Tidak hanya itu, terdapat juga teknologi Immobilizer Key yang juga ikut dibenamkan pada mobil ini. Jadi, tidak hanya unggul dalam konsep serta performa, detail Honda BRV ini pula mempunyai fitur keamanan serta kenyamanan yang lengkap.

Harga Honda BR-V

Honda BR-V tipe S 6M/T Rp 226,500,000,-
Honda BR-V tipe E 6M/T Rp 236,500,000,-
Honda BR-V tipe E CVT Rp 246,500,000,-
Honda BR-V tipe Prestige CVT Rp 261,500,000,-

Pilih Mana: Toyota Rush atau Honda BR-V?

Toyota Rush Honda BR-V
Kelebihan - Memiliki fitur ABS dan EBD - Memiliki fitur VSC - Hemat BBM- BBM irit - Harga lebih bersahabat - Tampilan sporty dan elegan
Kekurangan- Rem belakang masih menggunakan rem tromol - Masih menggunakan transmisi konvensional - Interior kurang modern - Fitur keselamatan masih kurang lengkap

Kesimpulan

Toyota Rush dan Honda BR-V tentu menjadi mobil idaman untuk sebagian orang, karena desain yang modern, mesin yang mumpuni dan harga yang cukup terjangkau. Namun jika kalian menginginkan harga yang lebih bersahabat, maka Honda BR-V akan menjadi jawaban yang pas, spesifikasi nya pun tak kalah keren dari Toyota Rush. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Rush vs Honda BR-V

VS

 

 

Leave a Reply