Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Sienta atau Honda BR-V?

Toyota dan Honda merupakan produsen mobil yang namanya sudah melintang ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri Toyota dan Honda sudah memiliki penikmatnya mulai dari orang dewasa hingga yang masih muda. Seperti halnya Toyota Sienta dan Honda BR-V, kedua mobil ini cukup banyak digemari dengan spesifikasi yang mumpuni. Penasaran dengan detail dari kedua mobil tersebut? So kali ini saya akan membahas Toyota Sienta dan Honda BR-V. Stay tune ya.

Toyota Sienta

Perlu diketahui kalau Sienta sendiri ialah salah satu produk MPV yang resmi dirilis oleh PT Toyota Astra Motor di ajang IIMS yang diselenggarakan pada April 2016 lalu. Sebagai salah satu mobil MPV yang mempunyai pasar cukup bagus di Indonesia, tentu saja keunggulan serta kekurangan Toyota Sienta jadi salah satu perihal yang cukup banyak jadi topik yang banyak dicari oleh mayoritas pelanggan di Indonesia.

Perihal itu tidak lepas dari statement atau perkiraan kalau Toyota Sienta ini ialah MPV yang dapat mengganggu pasar Avanza maupun Innova Series mengenang harga jualnya berada di antara kedua mobil itu.

Bahkan, rasa penasaran publik akan kelebihan serta kekurangan Toyota Sienta pun juga tidak lepas dari kehadirannya yang memang belum terbukti di kancah Asia Tenggara serta dikhawatirkan akan seperti Toyota Nav1 di mana mempunyai rekor pemasaran yang sangat kurang baik. Baca juga Pilih Mana: Nissan Serena atau Mazda Biante?

Desain Toyota Sienta

Bagian depan mobil ini mengalami ubahan paling jelas dibanding area lain. Soalnya saat ini Toyota memberikan front bumper dengan front grille yang lebih dominan dengan detail berupa garis strip mendatar yang disampul aksen chrome di frame luar grille.

Tampak belakang Toyota Sienta 2019 mempunyai konsep yang serupa dengan Toyota Sienta pra-facelift. Cuma saja konsep tail lamp saat ini berganti dengan bentuk yang lebih segar, yang diamati dari konsep lampu rem yang lekukannya mengikuti bagian terluar dari taillight serta telah memakai teknologi LED. Bila dicermati di bawah logo Toyota saat ini pada panel plat nomor terdapat aksen bertuliskan Sienta

Konsep dashboard Toyota Sienta 2019 tidak berbeda jauh dengan tipe pra- facelift dengan tipe Jepang, yang berbeda dengan tipe Indonesia dalam hal penempatan tuas transmisi. Apalagi untuk urusan setir sampai instrument cluster juga masih memakai rancangan yang sama dengan tipe keluaran awal.

Walaupun begitu, terdapat sedikit detail baru yang membuat konsep dashboard Toyota Sienta 2019 terasa lebih fresh. Perihal ini ialah pemakaian konsep warna two- tone hitam dan abu- abu yang membuat kesan dashboard sedikit lebih premium.

Mesin Toyota Sienta

Jantung pacu yang ditawarkan Toyota Sienta sama-sama berkapasitas 1.5 liter, baik tipe hybrid ataupun non hybrid. Bedanya merupakan tipe hybrid memakai mesin Toyota Hybrid System II with Reduction Mechanism berkode 1NZ-FXE, yang mempunyai kapasitas 1.5 liter dengan daya yang dihasilkan 76 hp dengan kemampuan BBM menggapai 28.2 km/ liter.

Sebaliknya buat tipe non hybrid memakai mesin 2NR-FKE yang dapat menciptakan daya sampai 108 dk sebab teknologi siklus Atkinson, VVT-iE, dan Cooled Exhaust Gas Recirculation. All-New Sienta tersedia dalam tipe front wheel drive atau all- wheel drive, dan mengadopsi transmisi Super CVT-i.

Fitur Toyota Sienta

Fitur keselamatan Toyota Sienta 2019 sudah dibantu oleh sistem airbag di 6 area (pengendara, penumpang depan, airbag tirai, dan airbag samping pengendara dan penumpang).

Tidak hanya itu ada juga sistem keselamatan aktif seperti Intelligent clearance sonar, Hill start assist control, Pre-crash safety (laser radar+monocular camera system), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam( AHB), serta Toyota Safety Sense dengan pedestrian (daytime) detection.

Dalam kondisi standar Toyota Sienta 2019 di Jepang tidak dibekali oleh head unit, cuma telah dipasangkan total 6 speaker di dalam kabin. Walaupun begitu, Toyota sediakan banyak alternatif head unit double din dengan layar digital yang dapat dipilih oleh konsumen Jepang, baik T-Connect navi berukuran 7 hingga 9 inci, atau head unit model standar.

Buat penumpang belakang ada opsi yang dapat ditambahkan berupa rear seat display dengan dimensi 12.1 inci full HD. Bahkan opsi yang tidak kalah menarik yakni penambahan high resolution sound package, camera drive recorder, serta opsi panoramic view monitor.

Harga Toyota Sienta

Toyota Sienta E (MT) Rp 230.000.000,-
Toyota Sienta E (CVT) Rp 245.000.000,-
Toyota Sienta G (MT) Rp 245.000.000,-
Toyota Sienta G (CVT) Rp 260.000.000,-
Toyota Sienta V (MT) Rp 260.000.000,-
Toyota Sienta V (CVT) Rp 275.000.000,-
Toyota Sienta Q (CVT) Rp 295.000.000,-

Lihat juga:  Pilih Mana: Datsun Go atau Toyota Calya?

Honda BR-V

Masuk dalam segmen Low SUV (Sport Utility Vehicle) yang sepanjang ini dikuasai oleh Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Honda BR-V mulai ada di dealer-dealer resmi Honda pada dini 2016 setelah versi konsepnya mengadakan debut dunia di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

BR- V singkatan dari Bold Runabout Vehicle, model ini didasarkan dari platform Honda Brio dan Honda Mobilio dengan konsep interior serta dashboard seperti Honda Jazz. Walaupun banyak yang mengatakan BR-V ialah Mobilio tipe“ tinggi” tetapi tetap saja, penjualannya dapat menandingi Mobilio, Jazz, dan Brio di tahun pertamanya.

Desain Honda BR-V

Grill depan berbentuk bilah mendatar tebal yang dibuat kaku bukan melandai seperti Mobilio. Sedangkan lampu utama pula didesain supaya lebih terlihat tajam. Karakter ini kemudian digabungkan juga dengan lekukan tegas di bumper depan dan dicocokkannya aksen silver buat under spoiler.

Disamping, tarikan garis konsep dari fender terus dipertahankan sampai komponen ujung pintu depan. Ini pasti menyumbang pemahaman konsep gagah yang telah diucapkan Honda. Bentuk velg dipilih bentuk akar yang jauh terlihat lebih kekar, sedangkan ruang roda ditambah lewat fender tipis sebagai ciri khas suatu mobil SUV.

BR- V mempunyai posisi duduk pengemudi serta penumpang depan yang rendah, tapi mempunyai konsep dashboard yang tinggi. Sayangnya bangku pengendara tidak ada pengaturan ketinggian baik manual ataupun elektrik. Alhasil untuk pengendara dengan postur badan kecil bakal sedikit kesusahan mendapat visibilitas ke area depan dengan leluasa.

Mesin Honda BR-V

Mesin berteknologi i-VTEC yang terdapat pada Honda BRV ini mempunyai kelebihan sebab walaupun bersilinder kecil, tetapi dapat menciptakan daya yang sebanding dengan mesin bersilinder besar. Tidak hanya itu mesin i-VTEC bisa meminimalisir konsumsi bahan bakar dan aman buat digunakan sebagai kendaraan harian.

Buat Honda BR-V ini, Honda mengusung mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter terdiri dari 4-silinder model segaris DOHC 16 katup. Mesin i-VTEC pada mobil ini sanggup membagikan muntahan power maksimum menggapai 120 HP pada 6.600 rpm dan torsi maksimum menggapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Buat variannya, detail Honda BRV bakal dibagi dalam 3 jenis, yakni S (M/T), E (M/T, CVT) dan Prestige (CVT). Buat versi paling tinggi yaitu Prestige (CVT), di mana versi itu Honda bakal membenamkan fitur khusus, seperti fitur Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Nanoe ionizer dan Aero Kit.

Fitur Honda BR-V

Fitur keamanan yang standar semacam potensioner seatbelt buat mendukung keamanan pengemudi sudah terpasang pada Honda BR V ini. Tidak hanya itu, terdapat pula fitur Dual Airbag System yang bakal membagikan keamanan tambahan kala terjadi benturan mendadak.

Pada komponen pengereman, Honda BRV telah dibantu dengan fitur Anti-lock Brake System (ABS) serta pula Electronic Brake Force Distribution (EBD). Fitur-fitur modern pada Honda BRV itu berperan buat menghindari roda terkunci pada dikala terjadi pengereman mendadak.

Tidak hanya itu, teknologi EBD pula memungkinkan pengemudi memperoleh kestabilan dalam mengendalikan kendaraan. Buat fitur berikutnya, Honda BR-V dibekali dengan fitur keamanan yang komplit, tetapi sepertinya fitur itu cuma bakal dikasih pada versi paling tinggi Honda BRV, yakni BR- V Prestige.

Fitur-fitur yang ditawarkan Honda antara lain Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist, di mana kedua fitur itu mempermudah pengoperasian Honda BR-V serta bakal memelihara kestabilannya. Tidak hanya itu, terdapat juga teknologi Immobilizer Key yang juga ikut dibenamkan pada mobil ini. Jadi, tidak hanya unggul dalam konsep serta performa, detail Honda BRV ini pula mempunyai fitur keamanan serta kenyamanan yang lengkap.

Harga Honda BR-V

Honda BR-V tipe S 6M/T Rp 226,500,000,-
Honda BR-V tipe E 6M/T Rp 236,500,000,-
Honda BR-V tipe E CVT Rp 246,500,000,-
Honda BR-V tipe Prestige CVT Rp 261,500,000,-

Pilih Mana: Toyota Sienta atau Honda BR-V?

Toyota SientaHonda BR-V
Kelebihan - Memiliki mesin 2NR yang canggih - Desain modern - Sliding door elektrik yang praktis- BBM irit - Harga cukup terjangkau - Interior yang cukup luas
Kekurangan- Jok tengah tidak captain seat - Harga varian Q terlalu mahal- Fitur keselamatan kurang lengkap - Suara mesin terdengar hingga kabin dalam

Kesimpulan

Seperti yang sudah saya ulas diatas bahwa Toyota Sienta dan Honda BR-V menjadi salah satu mobil yang cukup diganderungi oleh orang-orang karena spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang cukup terjangkau. Tentukan pilihan mobilmu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Sienta vs Honda BR-V

VS