Olahraga

Pilih Mana: Treadmill atau Jogging?

Kesehatan merupakan hal yang sangat mahal. Semua orang pastinya ingin sehat dan memiliki tubuh yang bugar. Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Salah satu caranya yaitu berolahraga dengan melakukan lari. Untuk melakukan aktivitas lari Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu treadmill dan jogging. Dari kedua cara tersebut, manakah yang akan Anda gunakan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh? Treadmill atau jogging?

Treadmill dan jogging merupakan dua aktivitas yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Treadmill merupakan aktivitas lari yang memanfaatkan alat treadmill. Sedangkan jogging merupakan aktivitas lari yang dilakukan di luar ruangan dan di alam bebas. Banyak yang menyukai treadmill karena lebih praktis dan memiliki fitur pendukung lainnya. Namun, banyak pula orang yang lebih menyukai jogging karena dapat menikmati pemandangan di luar ruangan. Baca juga Pilih Mana: Body Lotion atau Body Butter?

Treadmill

Treadmill merupakan aktivitas berlari yang dilakukan dengan memanfaatkan alat treadmill. Alat Olahraga treadmill bisa dengan mudah ditemukan jika kita berolah raga di gym atau fitness center. Orang biasanya melakukan treadmill untuk membakar lemak dan menjaga kebugaran tubuh.

Kelebihan Treadmill

Berikut kelebihan treadmill yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menyesuaikan Inklinasi

Energi yang akan Anda keluarkan saat berlari di treadmill lebih rendah daripada energi yang Anda keluarkan saat berlari di luar ruangan. Untuk bisa menyesuaikan dan meningkatkannya, Anda bisa menyesuaikan atau mengatur inklinasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Memiliki Penyerap Kejut

Treadmill saat ini telah memiliki teknologi yang sangat maju. Selain memiliki alat pengukur denyut jantung, treadmill saat ini juga telah dilengkapi dengan fitur yang dapat menyerap kejut. Fitur ini berfungsi untuk mengurangi dampak hantaman pada sendi.

  • Tidak Terpengaruh Cuaca

Kelebihan berlari di treadmill adalah Anda tidak perlu khawatir terhadap cuaca apa saja. Apapun cuacanya Anda tetap bisa berlari. Anda tidak akan terpengaruh karena adanya hujan, panas dan cuaca lainnya yang dapat menghambat. Anda juga tidak perlu khawatir dengan medan yang akan Anda hadapi. Anda juga tidak akan terkena polusi karena berada di dalam ruangan.

  • Lebih Aman

Berlari dengan memanfaatkan treadmill tergolong cara yang aman untuk berolahraga. Anda akan terhindar dari berbagai kemungkinan cedera yang diakibatkan oleh berbagai faktor yang ada di luar ruangan.

Kekurangan Treadmill

Berikut kekurangan treadmill yang perlu Anda ketahui:

  • Biaya Relatif Lebih Besar

Berlari menggunakan treadmill membutuhkan biaya yang lebih besar daripada jogging atau berlari di luar ruangan. Anda membutuhkan perlengkapan lari, membeli treadmill atau biaya untuk bergabung menjadi member gym.

  • Membuat Bosan

Berlari di dalam ruangan dengan pemandangan yang sama dan tertutupi oleh dinding dapat membuat orang merasa jenuh dan bosan. Anda tidak bisa menikmati suasana alam yang lebih natural, melihat dan berinteraksi dengan orang banyak dan baru, serta menghirup udara segar di luar ruangan.

  • Kurang Cocok untuk Latihan Lomba Lari

Berlari di treadmill tidak bisa melatih orang yang akan melakukan lomba lari. Untuk aktivitas lomba lari, Anda perlu mengatur kecepatan dengan waktu dan jarak tertentu. Hal ini tidak bisa Anda lakukan di treadmill. Karena kecepatan kaki Anda menyesuaikan treadmill, bukan diatur oleh diri sendiri.

Kelebihan TreadmillKekurangan Treadmill
- Dapat menyesuaikan inklinasi- Biaya relatif lebih besar
- Memiliki penyerap kejut- Dapat menyebabkan jenuh dan bosan
- Tidak terpengaruh cuaca apapun- Kurang cocok untuk latihan lomba lari

Jogging

Jogging merupakan aktivitas lari untuk menyerap oksigen dan membuat fungsi jantung agar bekerja lebih cepat dari biasanya. Aktivitas ini biasanya dilakukan di luar ruangan untuk mendapatkan udara segar.

Kelebihan Jogging

Berikut kelebihan jogging yang perlu Anda ketahui:

  • Biaya Relatif Murah

Salah satu kelebihan jika Anda melakukan jogging, Anda tidak memerlukan biaya sama sekali untuk sewa tempat ataupun sewa alat. Anda mungkin hanya akan memerlukan biaya untuk perlengkapan jogging. Namun, biaya yang diperlukan relatif lebih murah daripada biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli treadmill atau bergabung dalam gym.

  • Memiliki Variasi Permukaan

Keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan jika melakukan jogging adalah, Anda dapat melatih keseimbangan dan koordinasi. Hal ini dikarenakan ketika berlari di luar ruangan, Anda akan mendapati permukaan rute yang tidak terduga dan lebih menantang. Anda harus mengatur keseimbangan ketika berlari di medan yang tidak merata. Anda akan menemukan permukaan yang sangat bervariasi, seperti permukaan jalan trotoar, jalan yang berpasir, jalan yang menanjak dan masih banyak lagi. Dengan adanya variasi permukaan yang lebih menantang, sangat mungkin jika kalori Anda akan terbakar lebih banyak.

  • Mengurangi Rasa Bosan

Saat Anda berlari di luar ruangan, panca indera Anda akan terstimulasi. Anda dapat saling menyapa ketika bertemu dengan orang lain, menghirup udara segar, merasakan angin dan banyak lagi hal lain yang akan Anda rasakan. Hal-hal tersebut belum tentu ada jika Anda melakukan treadmill. Selain itu, terdapat manfaat lain yang akan Anda dapatkan jika jogging di luar ruangan. Dikutip dari Tempo.co manfaat lain tersebut yaitu, dapat membakar lebih banyak kalori, menambah energi tubuh dan memperbaiki mood.

  • Dapat Melatih untuk Mengatur Kecepatan

Anda dapat berlatih untuk mengatur kecepatan saat jogging di luar ruangan. Anda perlu menyesuaikan dan menstabilkan kecepatan lari Anda dengan jarak yang ditempuh. Biasanya untuk mengikuti lomba lari orang melakukan latihan seperti ini, bukan latihan dengan memanfaatkan treadmill.

Kekurangan Jogging

Berikut kekurangan jogging yang perlu Anda ketahui:

  • Dipengaruhi Cuaca

Kekurangan melakukan lari atau jogging di luar ruangan adalah dipengaruhi oleh cuaca. Kadang, Anda telah menentukan jadwal kapan saja Anda akan melakukan jogging. Misalnya 2 kali seminggu atau satu kali seminggu. Saat tiba waktu yang dijadwalkan tersebut ternyata hujan, atau terjadi apapun, Anda terpaksa harus menunda kegiatan jogging Anda.

  • Adanya Risiko Cedera Tulang dan Sendi

Kekurangan lainnya jika Anda melakukan jogging adalah adanya risiko Anda mengalami cedera tulang dan sendi. Hal ini dikarenakan Anda akan menemukan medan-medan yang tidak dapat Anda prediksi. Misalnya menanjak, licin, berbatu dan banyak penyebab lainnya.

  • Tidak Memiliki Penyerap Kejut

Jogging atau berlari di luar ruangan akan sangat berbeda. Treadmill menyediakan teknologi penyerap kejut untuk mengurangi pengaruh hantaman pada sendi. Sedangkan jika Anda jogging atau berlari di luar ruangan, saat terjadi hantaman pada sendi Anda bisa mengatasinya dengan cara manual.

Kelebihan JoggingKekurangan Jogging
- Biaya relatif murah- Aktivitas tergantung cuaca
- Memiliki variasi permukaan- Adanya risiko cedera tulang dan sendi
- Dapat mengurangi rasa bosan- Tidak memiliki penyerap kejut

Pilih Mana: Treadmill atau Jogging?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara treadmill dan jogging. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Treadmill Jogging
- Memanfaatkan alat- Tidak memanfaatkan alat
- Dilakukan di dalam ruangan- Dilakukan di luar ruangan
- Tidak memiliki variasi permukaan- Memiliki variasi permukaan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai treadmill dan jogging di atas dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki fungsi yang sama-sama menyehatkan. Cara yang lebih baik tergantung dari tujuan dan kondisi Anda sendiri. Jika Anda membutuhkan udara segar dan ingin melatih untuk mengatur kecepatan, maka jogging lebih baik untuk dilakukan. Tapi jika Anda ingin lari dengan rutin tanpa ingin terganggu oleh cuaca dan variasi permukaan, Anda sebaiknya memanfaatkan treadmill.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Treadmill vs Jogging

VS

Leave a Reply