ElektronikPhotography

Pilih mana: Tripod vs Gorilla Pod?

Bagi Anda yang sangat suka mengambil gambar seperti selfie atau suka berfoto bersama teman dan keluarga tentu akan merepotkan jika pengambilannya blur dan tidak fokus.

Hal ini sering menjadi masalah untuk beberapa orang. Namun rupanya, kendala-kendala di atas bisa dihadapi loh, yakni menggunakan alat yang ampuh untuk menstabilkan fokus kamera. Alat tersebut datang dari Tripod dan Gorilla Pod.

Keduanya sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan dalam penggunaannya nanti. Nah, Bagi Anda yang ingin tahu. Langsung simak artikelnya di Selera.id kali ini!

Tripod vs Gorilla Pod

Tripod

Tripod menjadi salah satu pendamping kamera yang cukup penting ada dalam aktivitas pemotretan. Tripod sendiri merupakan alat yang penting bagi fotografer profesional maupun amatir, tapi karena perkembangan fotografi digital yang cepat, tripod mulai redup pesonanya.

Namun, tanpa sadar masih ada beberapa orang yang lebih memilih menggunakan tripod untuk menjaga keseimbangan untuk menopang bodi kamera saat memotret. Apalagi cara penggunaannya yang cukup mudah sehingga Anda bisa memotret dengan lebih nyaman.

Meskipun terdengar biasa saja. Tapi, ada beragam keunggulan yang bisa Anda dapatkan. Nah, jika Anda memutuskan untuk memilih produk tripod ini sebagai referensi dalam memotret nanti.

Maka tenang, kami telah memaparkannya lengkap untuk Anda. Berikut pembahasan kelebihan dan kekurangannya di bawah ini:

Baca artikel lainnya 10 Merk Tripod Terbaik 2020

Kelebihan Tripod

Berikut ini Kelebihan Tripod:

  • Menghasilkan gambar yang stabil
    Kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari produk tripod ini yaitu hasil gambar yang stabil dan fokus. Jadi, Bagi Anda yang menginginkan hasil gambar yang maksimal dan tidak blur maka Anda perlu memiliki produk ini.
  • Desain yang praktis
    Desain tripod juga dibuat dengan bentuk praktis, sangat mudah untuk dibawa ke mana saja sehingga bisa dibawa di tas tanpa mengganggu aktivitas Anda. Penyimpanannya juga tidak butuh ruang yang banyak dan besar loh. So, sangat berguna untuk Anda yang memiliki ruang yang minim dan seadanya.
  • Memiliki banyak varian jenis
    Tripod dikenal sebagai penyangga yang memiliki tiga kaki dan berfungsi untuk menopang kamera atau HP. Tripod untuk ponsel biasanya berukuran lebih kecil, tetapi ada juga jenis tripod yang bisa digunakan untuk kamera dan disesuaikan untuk HP. Kelebihan ini yang membuat produk tripod masih diminati.

Tripod vs Gorilla Pod

Kekurangan Tripod

Berikut ini Kekurangan Tripod:

  • Pengoperasiannya cukup ribet
    Berbeda dengan pesaingnya monopod, Tripod memiliki pengoperasian yang cukup ribet. Jika Anda gunakan untuk memotret di medan yang cenderung ekstrim mungkin akan membuat Anda sedikit kesulitan mengoperasikannya. Cara penggunaannya juga cukup ribet, Anda harus merentangkan ketiga kakinya satu persatu. Jika permukaan tidak rata membuat tripod tidak seimbang.
  • Harganya relatif mahal
    Kekurangan lain yang dihadirkan dari produk Tripod ini terletak pada harganya. Harga yang ditawarkan oleh produk tripod ini relatif mahal jika disandingkan dengan pesaingnya monopod. Meskipun begitu, kualitas tripod ini sangat relate kok dengan harganya.
  • Bobotnya yang cenderung berat
    Kekurangan yang ada pada tripod ini ada pada bobotnya yang cukup berat. Meski praktis dan mudah dibawa namun cukup menguras energi jika harus menentengnya dalam waktu yang agak lama. Tripod bisa berbobot 3 kali lebih berat dibanding monopod. Belum lagi bentuknya yang lebih tebal meskipun sudah dilipat.

Gorilla Pod

Gorilla Pod dirilis pertama kali oleh perusahaan bernama Joby. Pada awal peluncurannya, Gorilla Pod ditujukan hanya untuk kamera digital Gorillapod atau sering disebut Gorilla Tripod merupakan sejenis mini tripod fleksibel yang dapat digunakan pada bidang atau permukaan yang tidak rata.

Gorilla Pod bisa dikatakan memiliki desain yang unik dan fleksibel karena ketiga kakinya tidak hanya tegak, melainkan elastis seperti karet dan konstruksinya kokoh. Ketiga kakinya dapat diputar hingga 360 derajat. Kaki-kakinya pun dapat dililitkan di batang pohon, stang sepeda, tiang dan bisa disesuaikan di segala medan.

Nah, ternyata gorilla pod juga memiliki kelebihan dan kekurangan loh. Ingin tahu? Penasaran? Tenang kami akan mengulasnya lengkap di bawah ini:

Lihat juga:  Pilih Mana: Microwave Samsung vs Sharp

Baca juga: Pilih Mana: Webcame atau Camecorder?

Kelebihan Gorilla Pod

Berikut ini Kelebihan Gorilla Pod:

  • Memiliki banyak varian warna
    Kelebihan dari Gorilla Pod terletak pada varian warna produknya. Dibanding dengan pesaingnya, Gorilla Pod ini menghadirkan lima pilihan warna menarik yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera seperti terdapat warna merah, kuning, hijau, biru dan merah muda.
  • Sangat fleksibel
    Jika bicara mengenai pengaplikasian Gorilla Pod ini tentu akan menjadi kabar yang baik untuk Anda. Karena Anda bisa menggunakannya meski di medan yang ekstrim sekalipun. Seperti ketika Anda ingin memotret dari angle atas kepala, Anda akan sangat mudah melakukannya jika dengan Gorilla Pod. Bentuknya yang fleksibel membuat penggunaannya sangat mudah sesuai dengan selera Anda.
  • Hasil gambar lebih stabil
    Kelebihan lain yang ada pada Gorilla pod ini yaitu hasil gambar yang dihasilkan jauh lebih stabil. Dengan menggunakan alat ini membuat tangan Anda tidak akan gampang pegal. Apalagi jika Anda harus memotret dan merekam video berjam-jam dalam satu hari. Nah, dengan adanya Gorilla Pod ini membuat pengambilan video terasa lebih nyaman dan hasilnya pun akan lebih maksimal.

Tripod vs Gorilla Pod

Kekurangan Gorilla Pod

Berikut ini Kekurangan Gorilla Pod:

  • Rentan dipalsukan
    Kekurangan yang terdapat pada produk ini terletak pada produknya yang rentan dipalsukan. GorillaPod abal-abal seringkali terlihat dari bentuknya yang tidak pada umumnya, serta materialnya terbuat dari bahan plastik yang mudah patah jika dipuntir. Oleh karena itu, Anda ada baiknya memeriksa kembali barang yang akan Anda beli.
  • Ukurannya kurang mumpuni
    Jika bicara mengenai ukuran, GorillaPod memiliki ukuran yang tidak bisa setinggi tripod pada umumnya. Cenderung pendek, namun meski begitu Anda bisa meletakkannya dimanapun. Karena sangat mudah menyesuaikan kondisi.
  • Harganya relatif mahal
    Berbagai produk Gorilla Pod bisa Anda temui, tetapi beberapa produknya dijual dengan harga yang relatif mahal. Nah, untuk Anda yang masih ingin mencoba menggunakan produk gorilla pod mesti menyiapkan budget yang cukup besar ya!

Fungsi Menggunakan Tripod

  1. Pertama, dapat mengurangi beban hingga tidak mengakibatkan kelelahan akibat menopang beban kamera.
  2. Kedua, dengan menggunakan tripod, Anda bisa melakukan pemotretan shutter speed rendah dan pemotretan long exposure.
  3. Ketiga, Dengan tripod juga dapat membantu Anda untuk mencapai angle yang sulit dalam pemotretan landscape. Baik dalam medan yang terjang maupun ekstrim.
    Serta bisa membantu pemotret dalam menghasilkan foto HDR dan hasil gambar yang maksimal.

Pilih mana: Tripod vs Gorilla Pod?

Keterangan Tripod Gorilla Pod
Kelebihan-Menghasilkan gambar yang stabil -Desain yang praktis -Memiliki banyak varian jenis-Memiliki banyak varian warna -Sangat fleksibel -Hasil gambar lebih stabil
Kekurangan -Pengoperasiannya cukup ribet -Harganya relatif mahal -Bobotnya yang cenderung berat-Rentan dipalsukan -Ukurannya kurang mumpuni -Harganya relatif mahal

Kesimpulan

Dari perbandingan mengenai Tripod dan Gorilla Pod diatas dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Jadi, penggunaannya akan lebih maksimal jika digunakan dengan tujuan yang tepat. Jadi, sebenarnya tidak sulit kok untuk memilih satu diantara mereka. Anda hanya perlu siapkan saja budget dan tujuan Anda membeli agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tripod vs Gorilla Pod

VS

Leave a Reply