Elektronik

Pilih Mana: TV LED atau Plasma?

Dari masa ke masa kualitas, dan bentuk TV selalu mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi membuat TV semakin berkualitas dan semakin menjadi lebih baik. Saat ini telah ada beberapa jenis TV yang dapat Anda gunakan. Dua di antaranya yaitu TV LED dan TV Plasma. Jika Anda harus memilih satu di antara dua TV ini, manakah TV yang akan Anda pilih? TV LED atau Plasma?

TV LED saat ini banyak digunakan karena memiliki kualitas yang sangat baik. TV LED memberikan kualitas gambar dan sudut pandang yang baik. Tidak hanya TV LED, TV Plasma juga merupakan TV yang memiliki kualitas yang sangat baik pula. TV Plasma banyak digunakan karena memiliki harga yang relatif lebih murah.

TV LED

TV LED merupakan TV yang memiliki monitor LED (Light Emitting Diode). TV LED ini sebenarnya memiliki teknologi yang sama dengan LCD. Dengan pengembangan lebih lanjut dari LCD, TV LED memiliki efek display yang lebih baik pada warna yang ditampilkan yaitu lebih banyak memiliki variasi warna. Baca juga: TV LED vs TV Tabung.

Kelebihan TV LED

Berikut kelebihan TV LED yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Layar yang Sangat Baik

Salah satu keunggulan TV LED adalah memiliki layar yang sangat baik. Layar TV LED menggunakan backlight dari lampu LED (ligh emiting diode).Keunggulan backlight LED (layar LED) ini dapat mengangkat kapasitas resolusi pada layar menjadi berlipat ganda. TV LED juga memiliki dynamic contrast ratio yang sangat banyak, sehingga gambar yang dihasilkan pada layar LED jauh lebih bagus daripada layar TV Plasma.

  • Memiliki Ukuran Tipis dan Ringan

Kelebihan lain yang dimiliki TV LED adalah ukuran yang dimiliki. TV LED memiliki ukuran yang tipis dan lebih ringan. Dengan ukuran yang dimiliki ini, Anda dapat dengan mudah membawa TV LED ini jika ingin pindah rumah atau melakukan perbaikan. TV LED memiliki ukuran yang lebih baik daripada TV Plasma.

  • Hemat Konsumsi Daya Listrik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh TV LED ini adalah daya listrik yang dihabiskan relatif lebih kecil. Dalam hal penggunaan daya listrik, TV LED dinilai paling hemat dibandingkan TV Tabung, TV Plasma, dan TV LCD. Layar TV LED lebih juga hemat dalam hal konsumsi daya. Dikutip dari Liputan6.com TV LED bisa lebih irit hingga 50% daripada TV Tabung.

Kekurangan TV LED

Berikut kekurangan TV LED yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Mahal

Seperti yang kita tahu teknologi TV LED memiliki harga yang cukup menguras kantong. Anda membutuhkan budget yang jauh lebih besar jika ingin memiliki TV LED. TV LED tergolong paling mahal dibandingkan jenis TV lainnya seperti TV Tabung, TV Plasma dan TV LCD.

  • Peka Terhadap Sentuhan

Kekurangan lain yang dimiliki oleh TV jenis ini adalah terlalu peka terhadap sentuhan. Anda perlu hati-hati dalam membawa perangkat modern ini karena sentuhan yang cukup kuat pada layar akan mengakibatkan bercak garis pada layarnya.

  • Peka Terhadap Getaran

TV LED juga sangat peka terhadap getaran. Sebagai bahan pertimbangan, jangan menaruh speaker terlalu dekat dengan TV LED Anda karena getaran yang ditimbulkan mampu memberikan hentakan hebat pada layar TV Anda.

  • Biaya Perbaikan Cukup Tinggi

Dibandingkan TV Plasma, pesawat TV jenis ini lebih rumit dalam perbaikan karena memiliki perangkat yang terbilang modern dan menggunakan teknologi digital dengan perangkat super kecil. Karena itu, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan TV jenis ini cukup mahal. Anda perlu menyiapkan budget ekstra.

Kelebihan TV LEDKekurangan TV LED
- Memiliki layar yang sangat baik - Harga relatif mahal
- Memiliki ukuran tipis dan ringan- Peka terhadap sentuhan
- Hemat konsumsi daya listrik- Biaya perbaikan cukup tinggi

TV Plasma

Saat ini TV Tabung akan tergantikan oleh TV dogital. Salah satu TV digital yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini adalah TV Plasma. TV ini memiliki teknologi layar datar yang memanfaatkan jutaan sel plasma yang diletakkan di antara dua panel layar kaca.

Kelebihan TV Plasma

Berikut beberapa kelebihan TV plasma yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Lebih Murah

Salah satu kelebihan TV Plasma adalah memiliki harga yang lebih murah daripada TV LED. Harga tentunya selalu menjadi pertimbangan seseorang untuk membeli sebuah barang, termasuk TV. Dibandingkan TV LED dan TV LCD harga TV Plasma lebih murah, namun lebih mahal jika dibandingkan dengan TV Tabung.

  • Memiliki Sudut Pandang yang Baik

Jika dilihat dari segi sudut pandang, TV plasma memiliki kualitas yang sangat baik dan lebih lebar. Dengan memiliki sudut pandang yang baik ini, Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih baik saat menonton menggunakan TV Plasma.

  • Awet dan Tahan Lama

Keunggulan lain yan dimiliki TV Plasma adalah awet dan tahan lama. meskipun memiliki harga yang lebih murah daripada TV LED, namun TV Plasma lebih awet dan tahan lama daripada TV LED. Keunggulan TV Plasma satu ini yang menjadikan TV Plasma banyak yang menyukai.

Kekurangan TV Plasma

Berikut beberapa kekurangan TV plasma yang perlu Anda ketahui:

  • Boros Mengonsumsi Daya Listrik

Salah satu kekurangan TV Plasma adalah boros dalam mengonsumsi daya listrik. Dengan memakai TV ini beban listrik Anda akan meningkat. Jika Anda membutuhkan TV yang tidak boros dalam mengonsumsi daya listrik, sebaiknya Anda tidak menggunakan TV Plasma. Dibandingkan dengan Tv LED, TV Plasma jauh lebih boros dalam mengonsumsi daya listrik.

  • Kualitas Gambar Dapat Menurun

Kekurangan lain yang dimiliki oleh TV Plasma ini adalah kualitas gambar yang dihasilkan tidak stabil. Tidak stabil di sini maksudnya gambar yang dihasilkan TV Plasma dapat menurun seiring berjalannya waktu. Semakin lama TV Plasma ini dipakai, semakin menurun pula kualitas gambar yang akan ditampilkan. Kualitas gambar yang diberikan TV LED lebih baik jika dibandingkan dengan TV Plasma.

  • Memiliki Bobot Lebih Berat daripada TV LED

TV Plasma memiliki ukuran yang lebih baik daripada TV Tabung. Namun TV jenis ini masih lebih berat dan lebih besar daripada TV LCD dan TV LED. Bobot yang berat ini dapat membuat Anda lebih sulit untuk membawanya ke mana-mana.

Kelebihan TV PlasmaKekurangan TV Plasma
- Harga relatif lebih murah- Boros mengonsumsi daya listrik
- Memiliki sudut pandang yang baik- Kualitas gambar dapat menurun
- Awet dan tahan lama- Memiliki bobot lebih berat daripada TV LED

Pilih Mana: TV LED atau TV Tabung?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara TV LED dan TV Tabung. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

TV LEDTV Plasma
- Memiliki bentuk yang tipis dan ringan- Memiliki bentuk yang lebih berat daripada TV LED
- Lebih hemat mengonsumsi daya listrik- Lebih boros mengonsumsi daya listrik
- Harga relatif mahal- Harga relatif murah daripada TV LED

Kesimpulan

Dilihat dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki TV LED dan TV Plasma, dapat disimpulkan bahwa TV LED memiliki bentuk, tampilan layar yang lebih baik daripada TV Tabung. TV LED juga lebih hemat menggunakan daya listrik. Namun, jika dilihat dari segi keawetan, TV Plasma lebih awet dan tahan lama.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

TV LED vs Plasma

VS

Leave a Reply