ElektronikHome

Pilih Mana: TV LG atau TV Sony?

Melihat kemajuan teknologi saat ini, kini TV tidak lagi digunakan sebagai alat untuk menonton film atau mengakses informasi. Lebih dari itu, TV kini dipergunakan dengan sederet teknologi untuk membuatnya menjadi sebuah alat pencari hiburan yang berkualitas, seperti yang dilakukan oleh perusahaan teknologi dengan meluncurkan smart TV seperti LG dan TV Sony.

LG dan Sony sudah bersaing dipasaran elektronik terutama dalam menghadirkan produk TV , keduanya selalu menawarkan teknologi dan fitur yang paling terbaru untuk menjadikan produk TV mereka yang paling unggul. Namun, Jika kalian bingung untuk memilih diantara keduanya, Yuk langsung disimak artikel di bawah ini.

TV LG

LG Electronics berdiri sejak tahun 1958 dan memimpin jalan dalam lanjutan era digital berkat keahlian ahli teknologi dalam pembuatan berbagai peralatan rumah seperti radio dan TV. Baca juga Pilih Mana: TV LG atau Panasonic?

LG Electronics telah meluncurkan banyak produk baru, dengan menerapkan teknologi baru dalam bentuk perangkat mobile dan TV digital di abad ke-21 dan terus memperkuat statusnya sebagai perusahaan global.

Perusahaan ini berkantor pusat di LG Twin Towers di Yoido, Seoul. LG Electronics merupakan ikon dari LG Group.

Rekomendasi TV LG

1. LG OLED 55B6P
LG. Memiliki desain yang sangat tipis, sehingga kalian bisa menyamakannya dengan ketebalan gadget kalian. Ukuran dari LG OLED 55B6P hanya dua pilihan yaitu 55 inch dan 65 inch.

Gambar yang ditampilkan sangat halus dan akurat karena LG OLED 55B6P dilengkapi dengan layar OLED dan resolusi yang full HD. Keunggulan selanjutnya adalah LG OLED 55B6P termasuk ke dalam kategori smart TV, karena memiliki web os sebagai keunggulannya. Sehingga kalian dapat membuka aplikasi-aplikasi populer seperti di smartphone.

2. LG 32LH510D
TV LG 32LH510D ini hadir dengan teknologi digital terbaru bersama dengan berbagai fitur dan teknologi menarik. LG 32LH510D didesain dengan elegan, sehingga menghadirkan kesan mewah pada TV kalian. Selain itu, ada fitur yang sangat digemari anak-anak, yaitu fitur built-in games. Teknologi digital yang ditanamkan LG 32LH510D, menjadikan gambar yang dihasilkan layar lebih jernih.

3. LG LED Smart TV 49 49UJ652T
TV LG ini merupakan Smart TV dengan layar berpanel IPS berukuran 49 inci. Panel IPS ini artinya, Anda bisa melihat gambar dengan sempurna dari berbagai sisi. Anda akan dimanjakan juga dengan gambar yang jernih, halus dan tampak nyata.

Resolusi TV LG 49UJ652T ini 3840 x 2160 pixel (Ultra HD), dengan dimensinya 1.107mm x 232.9mm x 705mm.

Fitur yang ada juga lengkap, Anda bisa menggunakan sebagai Smart TV dan bisa digunakan untuk beberapa jenis permainan atau games. Selain itu, TV ini juga terdapat wifi, USB, dan HDMI.

SonyKeterangan
Asal Negara Jepang
Tahun Berdiri Pada Tahun 1946
Yang diunggulkan Sony merupakan produsen elektronik terbesar di dunia, dan salah satu perusahaan terbesar di Jepang dan dunia.

Kelebihan TV LG

  • Layar tipis
    Karena menggunakan panel LED, layar televisi ini menawarkan sudut pandang yang luas. Bahkan, saat menonton dengan kemiringan 45 derajat, tampilan layar masih terlihat jelas. Selain itu, TV LED LG ini juga menghadirkan berbagai port yang mudah dijangkau.
  • Kualitas layar yang baik
    Jika mengulas tentang kualitas layar, maka TV keluran LG ini menjadi pemenangnya. Pasalnya TV dari merek ini memiliki kualitas layar TV dengan kerapatan pixel dan resolusi yang baik sehingga terlihat terang dan jelas.
  • Fitur suara luar biasa
    LG menghadirkan sebuah TV dengan fitur suara yang bisa dikatakan luar biasa, LG memberikan suara luar biasa dari Dolby Digital Plus yang pastinya akan membuat setiap pengalaman menonton pengguna TV LG jadi lebih mendebarkan.

Kekurangan TV LG

  • Harga mahal
    Kekurangan yang pertama dari LG yaitu harga yang dibandrol cukup mahal, karena TV LG menawarkan fitur yang canggih dengan harga yang di bandrol cukup setara dengan fitur yang ada pada TV LG ini.Namun, harga dari TV LG ini membuat sebagian orang berfikir kembali untuk membelinya.
  • Daya yang digunakan cukup besar
    TV LG mengonsumsi daya cukup besar setiap kali perangkat ini menyala atau beroperasi, bahkan capaian dayanya mencapai 256 watt.
  • Bobot TV berat
    TV Panasonic memiliki bobot lebih ringan hingga 25,7 kg dibandingkan dengan TV LG yang memiliki bobot hingga 68,2 kg. Sehingga membuat para penggunanya harus tepat dalam memilih posisi penempatan TV. Karena jika ingin dipindahkan butuh bantuan beberapa orang.

TV Sony

Awal perusahaan Sony didirikan yaitu akhir Perang Dunia II di tahun 1945. Masaru Ibuka adalah yang memulai membuka sebuah toko bangunan di Nihonbashi Tokyo. Ia bergabung dengan Akio Morita dan mendirikan sebuah perusahaan bernama Tokyo Tsushin Kogyo dan memproduksi tape recorder yang disebut Tipe-G.

Lihat juga:  Pilih Mana: Honor View 10 atau Honor Play?
Setelah perusahaan Masaru berkembang pesat dan akhirnya berganti nama menjadi Sony. Produknya juga beragam dari handphone hingga televisi.

Berbagai macam televisi dihadirkan dari TV plasma, TV tabung, LCD, hingga jenis LED. Tiap produk dari Sony hadir dengan keunggulan tertentu yang membuatnya menjadi produk yang digemari banyak masyarakat.

Rekomendasi TV Sony

1. Sony KDL-65X9000 Bravia TV LED
Sony KDL-65X9000 Bravia TV LED ini hadir dengan ukuran 69 inci. Produk ini memiliki resolusi 3.840 x 2.160 piksel. Hadir dengan speaker yang luar biasa, produk ini dibekali teknologi Magnetic Fluid Speaker untuk memberikan kualitas audio yang lebih bagus.

Televisi Sony ini memiliki teknologi Triluminos yang merupakan teknologi eksklusif Sony untuk menampilkan banyak warna yang detail.

2. Sony 55X7000F UHD 4K Smart TV LED
Produk ini memiliki resolusi 4K HDR dan teknologi upscaling. Kamu bisa menonton acara lebih baik dari segala sudut. Selain itu bisa juga mempertahankan warna lebih tepat dan menyajikan gambar lebih detail. Televisi ini tampilannya sangat elegan dan menawan. 

3. Sony KLV-40R352C LED TV
Sony Bravia KLV-40R352C LED TV ini memiliki layar seluas 40 inci. Produk ini hadir dengan teknologi X-Reality PRO Picture di mana fungsinya untuk menciptakan kualitas visual yang detail dan nyata. Ada juga teknologi Motionflow XR 100 Hz yang bisa membuat saat bermain game atau menonton video jadi lebih seru.

SonyKeterangan
Asal Negara Jepang
Tahun Berdiri Pada Tahun 1946
Yang diunggulkan Sony merupakan produsen elektronik terbesar di dunia, dan salah satu perusahaan terbesar di Jepang dan dunia.

Kelebihan TV Sony

  • Desain minimalis
    TV Sony ini memang mempunyai desain yang elegan dan ramping. Sony menggunakan rangka pinggir yang sangat tipis. Hal ini membuat kamu bisa fokus menonton dengan lebih baik. Efek dramatis pada tayangan televisi pun lebih terasa berkat dukungan layar yang lebar. Karena desainnya yang tipis, kalian dapat menempatkan televisi yang satu ini di mana saja, baik di atas meja maupun ditempel di dinding.
  • Resolusi yang jernih dan gambar detail
    Sony menawarkan tampilan yang jernih dan memesona pada layar televisi yang satu ini. Hal ini tidak lepas dari hadirnya resolusi Full HD dan fitur Clear Resolution Enhancer. Fitur ini membuat tampilan gambar di TV Sony sangat detail, mulai dari gambar yang penuh noise hingga gambar yang jernih.
  • Port lengkap
    Sony sudah membekali berbagai port untuk memudahkan kalian untuk menghubungkan TV LED layar lebar ini dengan perangkat lainnya. Kalian dapat menggunakan TV Sony ini sebagai layar untuk bermain game PS3 atau PS4 karena port cukup lengkap.

Kekurangan TV Sony

  • Biaya perawatan dan perbaikan mahal
    Walaupun memiliki banyak kelebihan, TV Sony memiliki kelemahan tersendiri. Teknologi yang lebih canggih dan material yang lebih bagus membuat biaya perawatan dan perbaikan TV jenis ini cukup mahal. Harganya hampir sama dengan harga beli TV baru.
  • Service center yang tidak merata 
    Seperti yang kita ketahui bahwa toko resmi Sony di Indonesia sedikit sulit ditemukan bahkan sangat jarang dijumpai, Oleh sebab itu jika terjadi kerusakan sangat susah untuk memperbaikinya di service center langsung dan jika di bawa ke toko elektronik harus menunggu lama karena Komponen TV Sony juga sudah sedikit langka.
  • Harga TV Sony mahal
    Bukan rahasia umum dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh TV Sony, harga yang di bandrol untuk mnedapatkan TV sony juga lumayan menguras kocek, Namun, itu semua tergantung pada masing-masing orang ya, jika kalian mempunyai budget lebih tidak ada salahnya mencoba memiliki TV Sony dengan kualitas yang sangat jempolan.

Pilih Mana: TV LG atau TV Sony?

TV LG TV Sony
Kelebihan- Layar tipis - Kualitas layar yang baik - Fitur suara luar biasa - Desain minimalis - Resolusi yang jernih dan gambar detail - Port lengkap
Kekurangan- Harga mahal  - Daya yang digunakan cukup besar - Bobot TV berat - Biaya perawatan dan perbaikan mahal - Service center yang tidak merata  - Harga TV Sony mahal

Kesimpulan

Kedua TV LG dan TV Sony mempunyai kualitas yang tak perlu ragukan lagi dalam hal memanjakan pengguna smart TV, Namun dari artikel di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, Jika kalian ingin memilih TV yang perawatannya mudah dan teknisi cukup banyak LG dapat menjadi pilihan, Tetapi TV Sony juga tak kalah dalam hal performa dan kualitas serta dilengkapi dengan port yang lengkap. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

TV LG VS TV Sony

VS

Leave a Reply