Aplikasi

Pilih Mana: Twitter atau Facebook?

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat di jaman sekarang ini. Bagaimana tidak, semua informasi dapat dengan mudah diakses melalui internet. Bahkan di dunia internet telah memiliki berbagai situs jejaring sosial yang sering digunakan sebagai alat komunikasi dan berbagi informasi, misalnya twitter, facebook, line dan jejaring sosial lainnya. Pilih mana: twitter atau facebook? Yang jadi favorit Anda. Simak lebih lanjut perbedaan keduanya di bawah ini.

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan informasi tentang:
– Pengertian Twitter atau Facebook,
– Sejarah (pendiri dan tahun berdirinya) Twitter atau Facebook,
– Manfaat dari Twitter atau Facebook,
– Dampak atau pengaruh yang dirasakan pengguna Twitter atau Facebook, dan
– Fitur pelengkap dari Twitter atau Facebook.

Secara garis besar, baik Twitter dan Facebook adalah situs atau layanan gratis jejaring sosial yang berfokus untuk membangun jaringan atau hubungan sosial antar manusia di berbagai tempat. Perbedaan mendasar antara kedua layanan ini menurut yahoo ialah pada Twitter, tidak mengenal teman namun lebih kepada ‘follow and follower’ yang mana jika following berarti teman yang Anda ikuti dan follower berarti teman yang mengikuti Anda. Lain halnya dengan Facebook yang hanya mengenal sebutan teman atau ‘friends’.

Di bawah ini beberapa aspek perbedaan antara Twitter dan Facebook:

1. Pengertian
Salah satu jejaring sosial dan microblogging online yang memungkinkan pengguna mengirim serta membaca pesan berbasis teks, yang dikenal dengan tweet atau ‘kicauan’ inilah merupakan pengertian Twitter. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling banyak dikunjungi di Internet, dan mendapat julukan sebagai “pesan singkat dari Internet”. Di Twitter, pengguna yang tidak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sementara pengguna terdaftar dapat memposting tweet melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Facebook merupakan sebuah situs jejaring sosial populer yang memungkinkan pengguna menambahkan profil dengan foto, kontak atau informasi personel lainnya dan bisa bergabung dengan komunitas untuk terhubung dan berinteraksi dengan pengguna lainnya yang ada di Facebook. Baca juga Pilih Mana: Facebook Lite atau Facebook Biasa?

2. Sejarah
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh seorang anggota dewan perusahaan Podcasting dari perusahaan Odeo. Jack Dorsey memperkenalkan gagasan Twitter dalam pertemuan tersebut. Dan akhirya proyek ini dimulai secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaannya sendiri pada bulan April 2007. Popularitas Twitter mulai meningkat di tahun 2007 bahkan penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 tweet per hari menjadi 60.000 per hari. Ini merupakan reaksi positif yang didapat oleh Twitter dalam salah satu festival yang diikutinya.

Mark Zuckerberg merupakan pendiri Facebook yang terkenal kaya raya dan memilih hidup dengan sederhana bersama istri dan anaknya. Dirinya merupakan mantan siswa SMA Ardsley dan seorang mahasiswa Harvard yang lahir 14 Mei 1984. Facebook yang ia buat pada awalnya ditujukan hanya untuk siswa dari Harvard College saja. Dalam dua bulan ke depan, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak universitas lain kemudian ditambahkan secara berurutan dalam waktu satu tahun peluncurannya. Secara resmi facebook diluncurkan pada Februari 2004.

3. Manfaat
Facebook memiliki manfat sebagai tempat untuk menemukan teman, bahkan banyak yang menyatakan bahwa dengan adanya Facebook dapat dengan mudah menemukan teman lama yang selama ini jauh atau tidak ada kabar. Facebook dapat dijadikan tempat bermain dan juga belajar (dalam hal yang positif). Selain itu facebook memberikan manfaat seperti forum (tempat membicarakan apa saja) atau tempat diskusi dengan teman Facebook yang Anda miliki.

Twitter memiliki manfaat sebagai tempat para komunitas untuk menemukan dan berbagi informasi secara real time. Pada twitter Anda diminta untuk tidak hanya menyimpan sesuatu di dalam hati namun dapat Anda ungkapkan dan utarakan melalui tweet-tweet Anda. Jika tweet Anda menarik dapat dipastikan banyak yang meretweet apa yang Anda tulis. Dan manfaat lainnya yakni membangun personal brand, karena Twitter menyediakan tempat untuk Anda berbagi foto, link ke situs web atau blog, dan ruang untuk menyalurkan ide-ide.

Lihat juga:  Pilih Mana: Doku atau Ovo?

4. Dampak atau Pengaruh
Dampak positif dari Facebook yaitu :
– Sebagai media hiburan untuk kehidupan sehari-hari,
– Menciptakan komunitas positif,
– Mampu mengenal dan berteman dengan banyak orang.

Dampak negatif dari Facebook yaitu :
– Dijadikan tempat untuk sindir menyindir,
– Dapat disalahgunakan oleh beberapa orang yang kurang ajar, misalnya upload foto atau video yang tidak pantas,
– Membuat sering lupa waktu saat menggunakannya.

Dampak positif dari Twitter yaitu :
– Ajang memperluas pergaulan,
– Dapat dijadikan media promosi, media informasi dan alat komunikasi jarak jauh.

Dampak negative dari Twitter yaitu :
– Dapat membuat penggunanya kecanduan mengakses Twitter yang akhirnya membuat lupa waktu,
– Membatasi pertemuan langsung,
– Dapat menjadi pemicu konflik antar pengguna akun lain.

5. Fitur Pelengkap
Ada beberapa fitur pelengkap pada aplikasi twitter dan facebook seperti di bawah ini :

– Jumlah Karakter
Update status Twitter terbatas pada 140 karakter (huruf, angka, simbol atau spasi) yang akhirnya pengguna akun harus pintar dalam menyingkat beberapakata jika apa yang ingin ditulis ternyata melebihi kapasitas karakternya. Sedangkan update status di Facebook dapat dibuat hingga 420 karakter, tidak heran update status di Facebook bisa panjang bahkan dapat dibuat menjadi beberapa paragraf.

– Konfirmasi
Di Twitter, Jika Anda tidak mengaktifkan privasi, maka semua orang bisa membaca update status yang Anda buat, termasuk orang yang tidak memiliki akun twitter. Setiap orang juga bisa mengikuti tanpa harus meminta konfirmasi dari Anda. Sedangkan Facebook Anda diharuskan mengkonfirmasi satu per satu teman agar dapat melihat update status yang Anda buat.

– Kolom Komentar
Ketika Anda ingin mengomentari update status Twitter orang lain, Anda harus menyertakan @name Twitter yang ingin Anda komentari atau balas. Lain halnya dengan Facebook yang menyediakan kolom komentar yang dapat ditulis di bawah update status tersebut, begitu seterusnya dan komentar itu tersusun secara berurutan (threaded).

TwitterFacebook
- Ditemukan oleh Jack Dorsey- Ditemukan oleh Mark Zuckerberg
- Diluncurkan pada tanggal 6 Juli 2006 - Diluncurkan pada tanggal 4 February 2004
- Twitter tidak mendukung fitur instant messaging- Facebook mendukung fitur instant messaging
- Saat ini sudah digunakan sebanyak 500 juta pengguna dan tersedia dalam 29 bahasa- Saat ini sudah digunakan sebanyak 1 milyar pengguna dan tersedia dalam 140 bahasa

Kesimpulan
Dari beberapa aspek perbedaan yang bisa Anda ketahui tentang perbedaan Twitter dan Facebook. Dapat kami simpulkan semuanya tergantung dari bagaimana Anda sebagai penguna ingin memanfaatkannya. Namun dari yang sering kita lihat bahwa beberapa artis, selebritis, politisi, menteri, sampai presiden lebih memilih menggunakan Twitter. Ini mungkin karena akun mereka biasanya diikuti oleh ribuan orang, dan tentu sangat repot jika mereka harus mengkonfirmasi satu persatu. Tetapi meskipun begitu, Facebook tetap menjadi pilihan masyarakat dengan alasan dapat dengan mudah menemukan teman lamanya disana. Semuanya memiliki dampak positif dan negatif, sebagai pengguna Anda dituntut untuk bijak saat menggunakan salah satu atau kedua jejaring sosial ini agar tidak merugikan diri Anda dan juga waktu yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Twitter vs Facebook

VS

Leave a Reply