Aplikasi

Pilih Mana: Twitter atau Instagram?

Twitter dan Instagram adalah dua platform media sosial terpopuler di dunia modern. Twitter secara umum merupakan aplikasi berbagi konten sedangkan Instagram adalah aplikasi sharing foto dan video. Terdapat beberapa perbedaan antara keduanya berdasarkan fitur unik dan penggunanya. Pilih mana: twitter atau instagram, mari simak selengkapnya pada kesempatan ini.

Menurut Liputan6.com, Instagram berhasil mendapatkan pengguna lebih dari 300 juta di seluruh dunia, jumlah tersebut diketahui melampaui dari jumlah pengguna Twitter yakni 284 juta pengguna. Namun meskipun begitu popularitas dari Twitter ternyata masih lebih unggul dibanding Instagram.

Twitter

Twitter didirikan Maret 2006 oleh Jack Dorsey. Twitter setara dengan microblogging karena disiarkan dari pesan singkat ke seluruh dunia. Twitter juga merupakan cara terbaik untuk menemukan orang yang menarik secara online dan mengikuti pesan mereka. Anda bisa melacak ratusan tweets dan membacanya sekilas. Ini sangat ideal untuk dunia defisit perhatian. Twitter membatasi pesan yang ditujukan untuk mempermudah pencarian. Tweet ini harus dibatasi hingga 140 karakter. Ukuran ini mengajarkan penggunaan untuk menulis dan berbahasa secara cerdas dan baik. Keterbatasan ukuran ini membuat Twitter menjadi alat sosial yang sangat populer.

Fitur topik yang sedang tren memungkinkan pengguna Twitter dari seluruh dunia melihat apa yang semua orang di Twitter bicarakan. Twitter juga dapat menyimpan dan mengarsipkan semua tweet mereka sehingga mereka dapat melihat tweet mana yang terbaik dan menggunakan tweet yang sama untuk di tweets kembali di masa mendatang.

– Akun:
Twitter digunakan untuk mengirim siaran setiap hari atau bahkan setiap jam. Anda mengirim pesan dalam 140 karakter (ini biasanya termasuk hyperlink). Untuk menerima tweets, Anda harus mengikuti untuk berlangganan orang yang menarik. Anda juga memiliki pilihan untuk berhenti mengikuti jika orang tersebut menjadi tidak menarik. Anda juga bisa menggunakan twitter reader untuk membaca feed twitter Anda. Baca Juga Pilih Mana: Twitter atau Facebook?

– Filter :
Aplikasi filter foto Twitter menawarkan delapan jenis efek yang bisa digunakan. Pengguna bisa memilih vignette, hitam putih, hangat, keren, vintage, cinematic, happy dan gritty untuk mengubah tampilan foto. Selain delapan pilihan efek ini, Twitter juga memberikan pilihan kesembilan yang tanpa efek apapun. Anda juga dapat mengubah ukuran, memindahkan dan memotong foto Anda. Selain itu Twitter juga dilengkapi fitur Auto-Encrease yang secara otomatis mengatur foto dalam setting terbaik.

Fitur yang diberikan Twitter kepada penggunanya:

1. Fitur Reply Tweet
Fitur reply (balasan) ini bisa Anda gunakan untuk membalas tweet yang dimiliki oleh teman Anda. Anda bisa memulai tweet percakapan atau membalas tweet dengan menekan tombol reply dibawah tweet teman Anda. Saat Anda melakukan Reply on tweet maka balasan Anda akan muncul di timeline atau home twitter Anda. Salah satu cara unik di twitter adalah kita harus “menyebutkan” pengguna yang ingin dibalas sehingga masuk di notifikasi mereka. Tombol mention ini diwakili dengan huruf “at” yaitu @.

2. Fitur Retweet
Fitur retweet ini bisa Anda gunakan untuk meneruskan atau menyebarkan tweets orang lain ke halaman timeline Anda. Disini Anda juga bisa menyematkannya dengan beberapa komentar yang ingin ditambahkan. Nanti tweet yang Anda retweet itu akan dilihat oleh para pengikut Anda melalui timeline mereka. Retweet umumnya ada 2 tipe, yaitu Anda dengan mode retweet langsung user lain, yang hanya klik iconnya. Atau cara kedua dengan Anda menulis kembali tweet dari user yang ingin Anda retweet, lalu kita tulis RT di depan tweet.

3. Fitur Like Tweet
Fitur ini sangat berguna bila Anda ingin menyimpan tweet yang menurut Anda bagus. Untuk melakukannya sangat mudah, cukup tekan simbol cinta atau ‘love’ di bawah tweet, maka tweet akan tersimpan di menu Like.

4. Fitur Following (Mengikuti)
Fitur ini memungkinkan Anda mengikuti orang lain dan secara otomatis akan menjadi pengikut orang lain. Dengan melakukan hal berikut maka tweet orang yang Anda ikuti akan selalu tampil di timeline Anda.

Lihat juga:  Pilih Mana: Ruangguru atau Zenius?

5. Fitur Follower (Pengikut)
Fitur pengikut ini adalah kebalikan dari mengikuti. Jadi ini merupakan orang lain yang mengikuti akun Twitter Anda. Jika Anda tidak melakukan follback atau mengikuti kembali orang tersebut maka tweet orang tersebut tidak akan pernah muncul di timeline Anda.

Instagram

Instagram didirikan Oktober 2010 oleh Kevin Systorm dan Mike Krieger. Instagram telah ada selama beberapa tahun belakangan dan telah mendapatkan popularitas karena adanya obsesi baru dengan fotografi bergerak. Ini adalah aplikasi jejaring sosial yang dibuat khusus untuk berbagi foto dan video melalui ponsel cerdas. Mirip seperti Twitter dan Facebook, saat Anda membuat akun, Anda akan mendapatkan profil berita dan feed.

– Akun:
Sebelum mendapatkan akses untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu membuat akun Instagram. Anda bisa mendaftar dengan email atau akun Facebook Anda. Instagram hanya membutuhkan username dan password. Saat profil dibuat, ini ditetapkan ke publik, dan siapa saja dapat menemukan dan melihat profil Anda bersama dengan foto dan video Anda. Bila Anda menetapkan profil Anda menjadi ‘pribadi atau private’ hanya pengikut terpilih yang dapat melihat aktifitas akun Instagram Anda. Anda dapat berkomentar dan menyukai pos dengan mengklik dua kali pada konten. Anda juga dapat berbagi konten dengan mengklik panah. Atau juga dapat menemukan dan mengikuti teman dan akun yang menarik menggunakan tab pencarian dan melihat postingan khusus untuk Anda. Instagram juga memungkinkan pengguna untuk Live chat secara real-time, dan tag atau link merek, influencers, situs web dan lain-lain.

– Filter:
Instagram yang memiliki lebih banyak persediaan filter dengan 18 pilihan efek. Pengguna dapat memilih efek Amaro, Rise, Hudson, Valencia, X-Pro II, Sierra, Willow, Lo-Fi, Earlybird, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Nashville, 1977 dan Kelvin. Selain itu Instagram juga memberikan pilihan efek normal bagi pengguna yang ingin menampilkan foto dalam bentuk aslinya. Selain itu Instagram Anda bisa memutar, menambah batas, menambahkan titik fokus dan blur serta menambah atau mengurangi nilai kontras pada foto.

Fitur yang diberikan Instagram kepada penggunanya:

1. Tag dan Hashtags
Seperti kebanyakan jejaring sosial lainnya, Instagram juga memiliki tag dan hashtag yang fungsinya menandai teman atau foto grup dalam satu label.

2. Caption
Caption berfungsi sebagai deskripsi, disini pengguna bisa memberikan beberapa kata tentang foto yang diunggah.

3. Integrasi ke Jejaring Sosial
Instagram juga memungkinkan pengguna untuk berbagi foto atau video ke jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan Flicrk. Saat alat ini diaktifkan maka setiap kali foto dibagikan, Instagram juga akan otomatis membaginya ke jejaring sosial yang sudah terhubung.

TwitterInstagram
- Didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey- Didirikan pada bulan Oktober 2010 oleh Kevin Systorm dan Mike Krieger
- Tidak mendukung komunikasi real time- Mendukung komunikasi real time melalui live video
- Menyediakan kapasitas 140 karakter untuk setiap tweet maupun status twitter- Menyediakan kapasitas cukup banyak yaitu 2200 karakter untuk caption

Kesimpulan

Keduanya merupakan media sosial terpopuler sedunia. Jika memilih Twitter, Anda akan dapat menemukan banyak komunitas yang bisa sekaligus berbagi informasi secara real time. Sedangkan jika Anda merupakan pengguna yang sangat senang sharing foto dan video mungkin Instagram jauh lebih Anda butuhkan dan tampilkan hasil foto dan video Anda sekreatif mungkin untuk mendapatkan banyak Likers. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Twitter vs Instagram

VS

Leave a Reply