Aplikasi

Pilih Mana: UC Browser atau Opera Mini?

Untuk pengguna gadget, pasti sudah tak asing lagi dengan dua mesin pencari ini yakni UC Browser dan Opera Mini. Kegunaan dari keduanya pun sama yaitu sebagai perantara kita dan internet untuk membantu pekerjaan dan tugas sehari-hari, apalagi jika keperluan mobilitas Anda cukup tinggi. namun seringkali timbul pertanyaan, manakah diantara UC Browser dan Opera Mini yang paling bagus dan kencang? Mari simak ulasannya di bawah ini.

UC Browser

UC Browser adalah penyedia teknologi perangkat lunak mobile internet dan layanan aplikasi terdepan. Didirikan sejak 2004, misi UCWeb adalah memberikan pengalaman berinternet yang lebih baik bagi miliaran pengguna di seluruh dunia. Mesin pencari ini menjadi produk unggulan UCWeb, karena tersedia untuk lebih dari 3000 model ponsel yang berbeda dari lebih dari 200 produsen ponsel.

Tak hanya itu, UC Browser bisa digunakan di semua sistem operasi seperti Symbian, Windows Mobile, Android, iOS, Win CE, Java, MTK, dan Blackberry. UC Browser tersedia di beberapa platform smartphone dan platform ponsel, namun sistem operasi Android mobile merupakan basis pengguna terbesar bagi perusahaan, dengan total 300 juta dari total 500 juta pengguna. Baca juga Pilih Mana: Mozilla Firefox atau Google Chrome?

Saat ini, UCWeb terus berkembang pesat, 80% dari lebih dari 1000 karyawannya terus aktif dalam penelitian dan pengembangan produk. Bahkan, UCWeb telah mendapatkan dan sedang dalam proses mengajukan lebih dari 200 hak paten di bidang mobile browsers.

Browser ini menggunakan teknologi akselerasi awan dan kompresi data. Server UC Browser sendiri bertugas sebagai proxy yang mengompres dan membuat data dari halaman web sebelum mengirimkannya ke pengguna. Proses ini membantu memuat konten web dengan lebih cepat. UC Browser dapat beradaptasi dengan beberapa lingkungan jaringan dan mendukung format download multi-file. Selain itu, UC Browser memiliki fitur web HTML5 dan fitur sinkronisasi awan. Fitur ini memiliki fitur “unduhan cepat” yang meningkatkan kecepatan download menggunakan teknik download koneksi beberapa benang.

Kelebihan UC Browser

1. Kompres atau crop data saat browsing
UC Browser bisa mengompres data yang kita ambil hingga 90%, jadi kita bisa menyimpan paket data yang kita gunakan lebih hemat, namun karena fitur ini, terkadang kita akan mendapatkan gambar yang sedikit buram dan tidak terlalu jelas.

2. Tombol navigasi yang elegan dan jernih
Tombol navigasi yang terletak di bawah ini memungkinkan kita untuk mengoperasikan hanya dengan satu tangan, meski hanya berisi 5 tombol navigasi namun fungsinya sangat lengkap.

3. Smart download
Fitur ini bisa mengatur unduhan Anda secara bebas, Anda juga bisa mendownload file secara bersamaan dengan catatan hanya tiga file yang didownload bersamaan, Anda juga bisa melakukan STOP, START atau PAUSE pada file yang sedang didownload, dan ini keunggulan UC Browser paling mencolok dari browser lain, termasuk Opera Mini.

4. Keamanan privasi
Pengguna UC Browser tidak perlu khawatir dengan keamanan privasi saat roaming data, karena pihak perusahaan telah memastikan privasi penggunanya, bahkan Anda bisa berlayar tanpa jejak.

5. Ads on
UC Browser sudah menyediakan banyak ads on yang bisa memenuhi kebutuhan browsing Anda, seperti FB Faster lebih cepat yang bisa membuat browsing Facebook dengan cepat. Ada pula adblok yang bisa memblok iklan menyebalkan.

6. Papan Clipboard
Berkat fitur pada UC Browser ini juga menjadi kelebihan dibandingkan browser lainnya karena kita bisa menyimpan beberapa teks dalam jumlah yang sangat besar.

7. Modus malam
Modus malam bisa menjaga cahaya agar tidak terlalu terang, karena cahaya yang terlalu terang di layar pada malam hari tidak baik untuk matamu.

8.Video kontrol
Fitur superior dari UC Browser yang tak kalah menariknya adalah kita bisa melakukan kontrol penuh terhadap video yang kita mainkan, bahkan bagi Anda yang memiliki ponsel dengan fitur air gesture, Anda dapat gunakan untuk mengendalikan video saat bermain video via UC Browser.

9. Pilihan berita
Dalam aplikasi UC Browser sudah ada berita menarik untuk Anda lihat. Selain itu, bagi Sobat yan gemar menonton bola juga telah disediakan berita-berita terbaru mulai dari hasil skor para pemain sepak bola dan lain-lain.

Kekurangan UC Browser

UC Browser tidak mendukung RSS feed dan javascrip yang bisa menjadi kendala bagi beberapa orang yang ingin menampilkan mode desktop atau mode PC di handphone. Seringkali juga kacau pada bagian hasil kompresi halaman web.

Lihat juga:  Pilih Mana: Opera Mini atau UC Browser?

Opera Mini

Opera Mini adalah browser web mobile yang dikembangkan oleh perusahaan Opera Software AS. Opera Mini dirancang untuk platform Java ME, sebagai saudara kandung low-end untuk Opera Mobile, namun sekarang dikembangkan secara eksklusif untuk Android dan iOS. Mesin pencari ini sebelumnya dikembangkan untuk Windows 10 mobile, Windows Phone 8.1, BlackBerry, dan Symbian. Versi tersebut tetap dipertahankan, meski belum dikembangkan.

Sama seperti UC Browser, Opera Mini juga menggunakan akselerasi awan dan teknologi kompresi data. Server Opera Mini sendiri bertindak sebagai proxy yang memampatkan dan membuat data dari halaman web sebelum mengirimkannya ke pengguna. Proses ini membantu memuat konten web dengan lebih cepat.

Tampilannya mungkin beralih antara mode potret dan lanskap dengan penekanan tombol, atau akan beralih secara otomatis pada ponsel dengan sensor orientasi. Orientasi default bisa diubah. Kualitas gambar dapat diatur ke “Rendah”, “Medium”, atau “Tinggi”. Waktu memuat halaman dipengaruhi oleh pengaturan kualitas gambar yang dipilih. Opera Mini hanya mendukung satu font, yang dapat disetel ke ukuran “Kecil”, “Medium”, atau “Large”. Jika halaman web menggunakan Courier atau font monospace generik, satu font masih digunakan, namun karakternya diberi spasi sehingga masing-masing karakter memiliki jumlah ruang yang sama.

Kelebihan Opera Mini

1. Kompres atau crop data saat browsing
Opera Mini dapat memangkas data penjelajahan Anda hingga 50%, yang dapat menghemat paket data seluler saat browsing, meskipun data yang kita ambil dalam cropping tidak akan terlalu mempengaruhi citra yang kita lihat namun resolusi gambar tetap akan turun yang menyebabkan gambarnya sedikit kurang tajam.

2. Support javascrip dan RSS feed
Bagi sebagian orang yang membuka mode desktop (PC) di mobile browser adalah penting, maka browser ini cocok karena Opera Mini bisa menampilkan mode desktop tanpa ada kendala.

3. Navigasi yang mudah dan nyaman
Bila Anda menggunakan Opera Mini, maka Anda akan merasa nyaman saat browsing web dengan fitur navigasi yang sangat mudah dioperasikan dan nyaman untuk kebutuhan browsing sehari-hari.

4. Manajer download
Fitur ini membantu mengelola unduhan Anda dan sebagai alat unduh, sehingga Anda dapat mendownload video yang dilihat meskipun tidak ada tombol download di situs ini.

5. Simpan halaman
Yang paling unggul dari Opera Mini adalah fitur save page dimana fitur ini akan menyimpan halaman yang Anda kunjungi sehingga Anda bisa membaca atau melihatnya nanti tanpa mengunjungi situs lagi.

6. Modus malam
Sama seperti UC Browser, Opera Mini juga punya modus malam yang bekerja untuk mengatur latar belakang dan cahaya menjadi nyaman dan aman saat digunakan di malam hari atau untuk orang yang suka cahaya rendah.

7. Blok iklan
Fitur ini digunakan di banyak browser terkenal dimana fitur ini berfungsi sebagai blocker iklan membandel yang bisa beresiko terhadap ponsel yang kita gunakan, bahkan kita bisa membaca artikel tanpa iklan sama sekali.

Kekurangan Opera Mini

Yang paling menonjol dari Opera Mini adalah konsumsi RAM yang cukup tinggi akan membuat penghalang untuk beberapa ponsel. Bagi sebagian orang yang berselancar di web dengan fitur motion picture sangat penting, Anda tidak bisa mendapatkan fitur motion picture jika menggunakan Opera Mini karena ia belum mendukung gambar.

UC BrowserOpera Mini
- Teknologi perangkat lunak mobile internet dan layanan aplikasi terdepan sejak 2004- Browser web mobile yang dikembangkan oleh perusahaan Opera Software AS
- Menawarkan fitur file manager yang memudahkan dalam proses download- Menawarkan kecepatan akses saat browsing dan kemudahan dalam segi navigasi
- Konsumsi RAM cukup tinggi- Tidak mendukung RSS feed dan javascrip

Kesimpulan

Jadi, manakah yang paling bagus? Semuanya kembali pada kenyamanan masing-masing. Kedua browser sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda membutuhkan fitur file manager, add on, video streaming, maka UC Browser pilihannya. Namun jika Anda hanya membutuhkan kecepatan akses saat browsing dan kemudahan dalam segi navigasi, maka Opera Mini jawabannya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

UC Browser vs Opera Mini

VS

Leave a Reply