Pilih Mana: Vario 160 atau Beat Deluxe?

Rivalitas sepeda motor matic di Indonesia makin memuncak membuat banyak perusahaan kian besar-besaran menawarkan produk dengan fitur berkembang serta bisa diharapkan sebagai alat transportasi harian banyak orang. Dari demikian banyak model motor matic yang berkeliling di pasaran, pasti membuat kita bertanya-tanya dalam menentukan yang terbaik.

Terdapat beberapa aspek yang mempengaruhi sebuah motor matic dibilang sebagai yang terbaik. Serupa aspek fitur yang diberikan, performa mesin sampai bahan bakar yang hemat Sehingga dari itu kami akan menolong Anda menentukan alat transportasi yang sesuai buat Anda gunakan.
Vario

Terdapat 2 merek yang kami rekomendasikan yaitu Vario 160 dan Beat Deluxe. Kedua merek ini merupakan raja dalam pasar otomotif Indonesia. Lalu, apa perbedaan dari keduanya? Mari kita bahas!

Vario 160

PT Astra Honda Motor (AHM) resmi menjual Honda Vario 160. Motor ini jadi amunisi terkini perdana Honda di awal tahun 2022. Telah 16 tahun memukau publik Indonesia, Honda Vario terakhir kali disegarkan pada tahun 2018. Honda sendiri mengatakan “All New” pada Vario 160 ini. Direktur Penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menjelaskan Vario 160 ini adalah hasil peninjauan publik Indonesia yang mau menggunakan motor matik 150 cc dengan kesan matik besar.

Kelebihan Vario 160

Tetap Lincah

Sesuai yang dijelaskan ketika peluncuran, Honda Vario 160 2022 ini membesar dari bagian ukuran dibandingkan Honda Vario 150 yang jadi pendahulunya. Sosoknya tampak membesar lebih bermuatan dan juga tebal. Akan tetapi rupanya dimensinya tidak berubah banyak. Panjangnya naik dari mulanya 1.919 milimeter ke 1.929 milimeter luas tetap 679 milimeter adapun tinggi dari 1.062 milimeter menjadi 1.088 milimeter Besar tampaknya peningkatan ketinggian keseluruhan motor dari pemakaian ukuran ban yang lebih besar sehingga dapat mendongkrak tinggi motor.

Sehingga ketika dipakai sehari-hari, motor ini konsisten terasa gesit digunakan selap-selip di kemacetan kota. Sumbu roda yang 1.277 milimeter membuat peran pengendara untuk membelokkan motor terasa mudah. Terutama bobotnya hanya 115 kilogram (CBS) serta 117 kilogram (ABS). Paling ringan di kelasnya saat ini. Jadi memang motor ini sungguh cocok untuk andalan di perkotaan yang lalu lintasnya cenderung padat.
Konsumsi BBM Irit

Efisiensi penggunaan bahan bakar jadi salah satu pertimbangan untuk membeli motor ini, soalnya terhitung irit lho. Klaim pabrikan untuk urusan minum Honda Vario 160 2022 ini tembus 46,9 km/liter dengan metode WMTC Euro 3 dan ISS On. Kalau dari hasil pengetesan justru bisa lebih irit lagi. Dengan penghitungan full to full, maka didapatkan hasil 47,4 km/liter. Total jarak yang ditempuh sekitar 221 km dan digunakan harian, sendiri dan berboncengan. Dari hasil panel MID speedometer, raihannya 48,4 km/liter. Hasil ini dicapai dengan bobot rider sendiri dan bahan bakar yang digunakan oktan 92. Irit bukan?

Akselerasi menyenangkan

Untuk mengejar waktu jam masuk sekolah atau kantor, Honda Vario 160 pun bisa diandalkan. Respon mesinnya yang sigap dan karakternya yang kuat dari putaran bawah, tengah sampai atas. Dari data Racebox, untuk melesat 0-60 km/jam hanya butuh waktu 5,07 detik saja. Kemudian dari 0-80 km/jam butuh 9,05 detik dan 0-100 km/jam 16,16 detik. Untuk menempuh jarak 0-100 meter pun hanya 7,69 detik, jarak 0-402 meter cuma 19,46 detik saja.

Akomodasi Lega

Dek rata masih dipertahankan untuk menjaga fleksibilitas membawa barang. Tersedia juga sebuah gantungan barang di depan, serta konsol tertutup dengan power outlet di dalamnya serta konsol terbuka yang bisa menyimpan botol air mineral. Bagasinya yang luas dengan kapasitas 18 liter dan bisa menampung sebuah helm full face atau open face. Meski ruang penyimpanan untuk barang lain seperti sarung tangan dan jas hujan sudah tak ada lagi.

Kaki-Kaki Padat

Profil ban yang digunakan di Honda Vario 160 ini lebih besar dan lebar. Tujuannya selain menyesuaikan penampilan juga untuk mengejar kestabilan motor, serta agar pendistribusian tenaga dari mesin ke roda lebih baik. Ukuran bannya yang naik secara signifikan, dari awalnya untuk depan 90/80 menjadi 100/80. Sementara belakang 100/80 menjadi 120/70. Ban baru tadi menyelimuti pelek palang Y yang dilabur warna coklat kehitaman dan hitam tergantung tipenya.

Kekurangan Vario 160

Jok keras & Sulit Tertutup

Kesan saat pertama duduk di atas motor ini yaitu joknya yang terasa keras. Meski secara bentuk joknya keren karena tampak sporty, tapi mengendarainya untuk jangka waktu lama terasa panas dan cepat pegal di bokong. Masih terkait jok, banyak yang mengalami jok sulit terkunci. Bukan cacat tapi butuh perlakuan khusus, tak bisa menutup jok dengan membanting dan menekan bagian tengah, tapi harus tepat di ujung jok dan ditekan dengan lembut namun kuat sampai terdengar bunyi klik.

Kotoran Roda

Dengan dek yang rata, banyak pengguna Honda Vario 160 meletakkan barang bawaan di sana, dan memanfaatkan gantungan barang yang tersedia. Dek rata memang menawarkan kepraktisan membawa barang. Tapi jika kondisi jalanan basah setelah hujan, baiknya hindari membawa barang yang mudah kotor dan tidak anti air di area tersebut. Karenanya kotoran dari roda depan akan masuk lewat sela-sela sambungan bodi kasar dan bodi halusnya. Masalah lainnya muncul ketika hujan atau jalanan basah, kotoran dari roda belakang bisa sampai mengenai helm pengendara lho. Hal ini kami rasakan saat melintasi jalanan basah, helm sampai kotor terkena cipratan.

Beat Deluxe

Honda Beat bukanlah motor matic termurah di Indonesia. Meskipun begitu, motor ini tetap digandrungi masyarakat Indonesia yang mencari motor matic murah, namun tetap canggih dan berkelas. Terlebih lagi sudah ada Honda Beat Deluxe yang menyempurnakan generasi-generasi sebelumnya. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki Honda Beat Deluxe, mulai dari desain, fitur, performa, hingga teknologi yang dibawanya. Dari segi harga juga terjangkau dan menjadi motor matic termurah yang dipasarkan Honda di Indonesia.

Kelebihan Beat Deluxe

Desain Stylish dan Elegan

Varian ini memiliki warna polos yang dipadukan dengan emblem bertuliskan “Beat” untuk menciptakan kesan lebih elegan dan stylish. Total ada empat pilihan warna yang ditawarkan, yakni silver, hijau, hitam, dan biru. Untuk desain memiliki lekukan bodi tajam yang terlihat futuristik dan modern. Untuk dimensinya juga ringkas dan kompak dengan dimensi 1.877 x 669 x 1.074 mm dan bobot hanya 89 kg. Dengan dimensi yang kompak dan bobot sangat ringan maka sangat tepat jika memilih motor ini untuk melewati jalan perkotaan yang padat dan macet. Apalagi desainnya sangat stylish sehingga mampu menarik perhatian banyak orang.

Dilengkapi Fitur Power Charger

Salah satu keunggulan dari Honda Beat Deluxe ialah dilengkapi dengan fitur Power Charger. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengisi daya smartphone ataupun gadget lainnya langsung dari motor. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu risau kehabisan baterai di tengah perjalanan.

Dilengkapi Teknologi Combi Brake System

Kamu tidak perlu cemas terpeleset ketika mengerem mendadak di jalur yang licin. Karna Beat Deluxe mempunyai keunggulan yang sudah dilengkapi teknologi Combi Brake System.Teknologi tersebut bekerja dengan metode menghubungkan rem depan serta rem belakang dengan cara otomatis sehingga pengendara motor dapat lebih gampang mengendalikan motor saat melakukan pengereman.

Bagasi Luas

Keuntungan memilih Honda Beat Deluxe adalah memiliki bagasi yang besar. Bagasi motor ini bisa menampung barang bawaan hingga 12 Liter. Dengan bagasi seluas itu, sobat bisa menaruh jaket, topi, tas dan barang bawaan lainnya dengan mudah. Namun sayang bagasi tersebut tidak bisa digunakan untuk menyimpan helm.

Konsumsi Bahan Bakar Sangat Irit

Kecanggihan teknologi mesin Honda Beat Deluxe yang ditambah fitur Idling Stop System dan ACG Starter membuat konsumsi bahan bakar Beat Deluxe sangat irit. Motor ini tercatat memiliki konsumsi BBM hingga 60.6 km/liter ketika fitur Idling Stop System diaktifkan.

Kekurangan Beat Deluxe

Tenaga Mesin Masih Standar

Honda Beat Deluxe dilengkapi mesin SOHC berkapasitas 110cc yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 6.6 kW pada 7.500 rpm dan torsi mencapai 9.3 Nm pada 5.500 rpm. Tenaga dan torsi yang dihasilkan sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk berkendara secara nyaman. Namun diantara motor matic lainnya, bisa dikatakan Beat Deluxe memiliki tenaga yang lebih kecil.

Panel Meter Belum Full Digital

Kekurangan lainnya adalah belum memiliki panel meter full digital. Meskipun begitu, motor ini tetap memiliki panel meter dengan desain modern dan mampu menampilkan indikator berkendara secara lengkap.

Belum dilengkapi fitur keyless

Fitur Keyless menjadi fitur yang cukup penting karena bisa meningkatkan keamanan sepeda motor dari para maling. Namun sayang fitur Keyless belum tersedia pada Honda Beat Deluxe.

Perbandingan Vario 160 dan Beat Deluxe

VarioBeat
Kelebihan- Tetap Lincah
- Akselerasi menyenangkan
- Akomodasi Lega
- Kaki-Kaki Padat
- Desain Stylish dan Elegan
- Dilengkapi Fitur Power Charger
- Dilengkapi Teknologi Combi Brake System
- Bagasi Luas
- Konsumsi Bahan Bakar Sangat Irit
Kekurangan- Jok keras & Sulit Tertutup
- Kotoran Roda
- Tenaga Mesin Masih Standar
- Panel Meter Belum Full Digital
- Belum dilengkapi fitur keyless
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Vario 160 memiliki desain modern, mewah, fitur, maupun performa yang baik. Di sisi lain Beat Deluxe hadir membawa peningkatan disisi desain, fitur, dan juga performa yang baik. Jadi, kamu pilih yang mana? Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Vario 160 atau Beat Deluxe?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!