Pilih Mana: Ventela atau Patrobas?

Sneakers atau sepatu olahraga merupakan jenis sepatu yang kini semakin populer di kalangan masyarakat. Selain digunakan untuk aktivitas olahraga, sneakers juga menjadi salah satu tren fashion yang diminati oleh banyak orang. Sneakers memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis sepatu lainnya, seperti desain yang stylish, nyaman saat digunakan, dan memberikan performa yang baik dalam berbagai jenis aktivitas. 

Selain itu, sneakers juga tersedia dalam berbagai model dan warna yang membuatnya semakin menarik bagi para penggemar fashion. Tak heran jika sneakers menjadi salah satu jenis sepatu yang paling banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Di Indonesia sendiri, telah banyak produsen lokal yang membuat sneakers dengan kearifan lokal dan tak kalah dengan produksi dari luar negeri. Dua diantaranya adalah Ventela dan Patrobas, meski sama-sama produk lokal. Kedua sepatu ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini.

Ventela

Pada pandangan pertama, ketika Anda melihat sepatu Ventela, mungkin Anda akan mengingat merek Converse yang sempat populer di Indonesia. Namun, sebenarnya Ventela adalah merek lokal yang didirikan oleh William sejak tahun 2017. Ventela menawarkan berbagai model sepatu, termasuk hi-top sneakers, low sneakers, dan slip on. Desainnya yang sederhana dan tidak ketinggalan zaman membuat sepatu Ventela cocok untuk dipadukan dengan berbagai gaya busana.

Sepatu Ventela memadukan kualitas dan gaya yang menarik. Mereka menggunakan bahan berkualitas tinggi untuk membuat sepatu mereka, sehingga Anda dapat merasa nyaman dan percaya diri saat mengenakannya. Desain yang sederhana namun elegan membuat sepatu Ventela cocok untuk dipakai di berbagai kesempatan, dari acara formal hingga kasual.

Selain itu, Ventela juga berkomitmen untuk mendukung industri lokal. Mereka menggunakan bahan-bahan dari Indonesia dan memproduksi sepatu mereka di Indonesia. Dengan membeli sepatu Ventela, Anda juga turut mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Kelebihan Ventela

Meskipun produk lokal, Ventela juga memiliki berbagai kelebihan yang dapat membuat Ventela banyak digandrungi oleh penggemarnya.

Harga Lebih Terjangkau

Meskipun desain sepatu Ventela terlihat mirip dengan Converse dan Vans, namun harga sepatu Ventela jauh lebih murah dibandingkan kedua merek tersebut, bahkan lebih Ventela juga lebih murah dari sebagian besar merk lokal lainnya.

Nyaman Digunakan

Kenyamanan sepatu Ventela tidak perlu diragukan lagi karena sepatu ini sangat nyaman digunakan. Bahkan, sepatu Ventela dapat dikatakan setara dengan merek-merek kelas atas karena dibuat dengan menggunakan bahan-bahan terbaik dan berkualitas tinggi.

Warna yang Bervariasi

Sepatu Ventela hadir dalam berbagai varian, baik high-top maupun low-top. Selain itu, tersedia pula berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera, seperti hitam/putih, hitam dengan sol gum, hitam polos, hijau tua, biru navy, merah marun, kuning, dan masih banyak lagi.

Kekurangan Ventela

Walau terlihat banyak memiliki kelebihan, Ventela juga tidak dapat menghindar dari beberapa kekurangannya. Berikut penjelasannya.

Belum Memiliki Banyak Ukuran

Berbeda dengan merek senior seperti Converse, Sepatu Ventela memiliki seri yang masih terbatas sehingga belum banyak pilihan perbandingan selain dari variasi warna yang ditawarkan.

Tekstur yang Masih Keras

Salah satu kekurangan dari sepatu Ventela adalah tekstur bahan yang masih cukup keras dan kurang fleksibel, sehingga terkadang tidak nyaman saat pertama kali digunakan. Bagi beberapa pengguna dari sepatu ini, hal ini menjadi poin penting dalam kekurangan dari Ventela.

Patrobas

Patrobas didirikan pada tahun 2014 untuk mengatasi masalah yang kerap ditemui di masyarakat, yaitu harga sepatu berkualitas yang relatif tinggi. Brand ini merupakan sepatu lokal asal Indonesia yang diproduksi di Tangerang Selatan dan memiliki logo “PB” pada setiap sepatunya, yang merupakan singkatan dari “Price” dan “Benefit”. Dengan filosofi “Price and Benefit” tersebut, sepatu Patrobas dibandrol dengan harga yang terjangkau. Logo Patrobas juga menampilkan inisial “P & B” dan lengkungan stripe sebagai simbol dari filosofi tersebut.

Beberapa waktu lalu, dunia industri sepatu lokal dihebohkan dengan kolaborasi antara Patrobas dan desainer bernama Orlando Simanjuntak. Hasil kolaborasi tersebut sukses besar, terbukti dengan terjual habisnya 200 pasang sepatu Patrobas El Clasico dalam waktu 3 menit saja. Sepatu ini dibandrol dengan harga Rp. 579.000.

Kelebihan Patrobas

Sama halnya dengan sepatu lokal lain, Patrobas juga memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya menjadi sepatu lokal populer di kalangan anak muda.

Sepatu yang Empuk

Salah satu kelebihan utama yang menonjol dari sepatu ini adalah sole yang lembut sehingga nyaman ketika dipakai oleh setiap kalangan. Beberapa pengguna sering mengeluhkan bahan sole yang keras dan juga kasar, oleh karena itu Patrobas mendengar keluhan ini dan memproduksi sepatu dengan sole yang lembut dan juga empuk.

Collar yang Nyaman

Beberapa sepatu dari Patroba ini memiliki tambahan collar dengan berbahan dasar mesh dan membuat collar ini terasa lebih nyaman dan tidak mengganjal. Dengan bahan ini juga akan membuat pengguna dapat beraktivitas secara aktif tanpa perlu khawatir kaki akan mengalami kelecetan.

Kombinasi Warna yang Netral

Selain kenyamanan, warna dari sepatu juga dianggap sebagai salah satu penilaian sebelum membeli sepasang sepatu. Patrobas memiliki produk sepatu dengan kombinasi warna yang netral sehingga akan cocok digunakan oleh kalangan manapun.

Kekurangan Patrobas

Tak hanya kelebihan, Patrobas tentunya memiliki beberapa kekurangan juga. Berikut penjelasannya.

Bagian Punggung Kaki Sempit

Meski dikenal dengan sole yang lembut, empuk dan nyaman, Patrobas juga memiliki beberapa keluhan pada sepatunya terutama pada bagian punggung kaki yang terasa sempit pada beberapa produknya.

Perbedaan Ventela dan Patrobas

VentelaPatrobas
Kelebihan- Harga Lebih Terjangkau
- Nyaman Digunakan
- Warna yang Bervariasi
- Sepatu yang Empuk
- Collar yang Nyaman
- Kombinasi Warna yang Netral
Kekurangan- Belum Memiliki Banyak Ukuran
- Tekstur yang Masih Keras
- Bagian Punggung Kaki Sempit
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan dari dua sepatu lokal ini, Anda tentunya sudah dapat menilai sepatu yang cocok untuk kebutuhan serta penampilan Anda. Jika menginginkan sepatu dengan berbagai warna, maka Ventela cocok untuk Anda. Namun, jika menginginkan sepatu dengan warna yang netral tentunya Patrobas merupakan pilihan yang terbaik.

Anda Pilih Ventela atau Patrobas?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!