Finance

Pilih Mana: Vertcoin atau Monero?

Saat ini banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan untuk berinvestasi baik dalam jangka  pendek atau panjang. Zaman yang semakin maju emas tidak selalu menjadi pilihan utama untuk berinvestasi, koin kripto atau crypto bisa menjadi pilihan kamu untuk memulai sebuah investasi seperti Vertcoin dan Monero.

Vertcoin dan Monero adalah koin yang sudah banyak dikenal orang yang dapat dijadikan sebgai investasi, bahkan kedua koin kripto tersebut dapat dijadikan alat transaksi seluruh dunia.  Keduanya juga memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Apakah kamu sudah mengetahui mengenai Vertcoin dan Monero ini? Atau kamu baru ingin memulai mencoba berinvestasi dengan Vertcoin dan Monero? Penjelasan di bawah ini akan memberikan kamu pengetahuan mengenai koin tersebut.

Vertcoin

Vertcoin merupakan koin yang paling mudah ditambang sekaligus koin rakyat. Vertcoin ditujukan untuk pengguna tunggal dan tidak terpusat oleh bank, lembaga atau perangkat penambangan kelas atas. Algoritma dan sistem kerjanya tidak dikontrol oleh perangkat penambangan yang dibuat khusus atau pool mining besar.

Koin ini sangat memungkinkan ditambang menggunakan CPU, dan Vertcoin menyediakan software khusus untuk penambangannya. Untuk menambangnya, langsung saja download software di official Vertcoin. Vertcoin dirilis melalui klien pada GitHub di Januari 8, 2014. Vertcoin ini juga sebenarnya ditujukan khusus untuk orang yang mempunyai toko-toko lokal, pedagang online, dan bisnis independen.

Pada Mei 7, 2017,  fitur diaktifkan di jaringan utama update segwit termasuk teknologi petir Jaringan yang juga ditunjukkan dalam aksi selama hari yang sama. Vertcoin adalah mata uang digital yang boleh ditukar melalui internet.

Salah satu fitur utama Vertcoin adalah bahwa desentralisasi, dan itu dirancang dengan cara yang menolak sentralisasi. Algoritma belakang Vertcoin membantu pengembang berhenti dari menciptakan hardware pertambangan kustom yang berisi khusus chip dikenal sebagai Asics.

Hal ini memastikan bahwa setiap transaksi akan divalidasi oleh jaringan, yang didistribusikan secara luas. Hal ini juga mencegah tekanan untuk menjual yang terjadi ketika sekelompok kolam pertambangan besar banjir pasar pada saat yang sama dengan koin baru ditambang. Kamu juga dapat membeli atau perdagangan untuk Vertcoin.

Metode yang paling sederhana adalah dengan membayar Vertcoin kamu menggunakan bitcoins. Ada banyak pertukaran yang mencakup Vertcoin. Pasar bahasa Inggris termasuk Yobit, Bleutrade, Bittrex, dan Poloniex. pasar Cina termasuk Jubi dan 19800, dan Eropa dapat menggunakan Litebit. Baca juga Pilih Mana: Bitcoin Cash atau Litecoin?

Kelebihan Vertcoin

  • Dapat Menjadi Tabungan
    Vertcoin merupakan bentuk lain tabungan masyarakat yang diterapkan dengan sistem yang tidak merepotkan. Selain itu dengan Vertcoin semua perantara keuangan yang biasa dilakukan di bank-bank dapat dihilangkan. Para pemegangnya juga tak perlu membayar biaya layanan dan registrasi.
  • Keamanan Terjamin
    Pada keamanan Vertcoin juga terjamin, hal tersebut tidak perlu kamu ragukan lagi. Karena banyak juga yang sudah menggunakan vertcoin ini.
  • Mampu Menjadi Mata Uang Global
    Meski setiap negara telah memiliki mata uang masing-masing, Vertcoin tetap hadir dan masuk kedalamnya mata uang global. Vertcoin tidak mengenal batas negara, tidak goyah karena kondisi politik di pemerintahan, dan tidak terpengaruh apapun.

Kekurangan Vertcoin

  • Tidak Stabil
    Vertcoin merupakan mata uang yang bersifat spekulatif. Sedangkan saat ini belum cukup banyak perusahaan yang menawarkan pembelian dan penjualan produk-produk dengan vertcoin sebagai alat pembayarannya.
  • Dapat Terjadi Tindakan Kriminal
    Tindakan kriminal disini maksudnya adalah, bahwa Vertcoin juga rentan terhadap tindakan kriminal seperti pencucian uang. Hal tersebut terjadi karena Vertcoin sendiri tidak diatur dalam pemerintahan.
  • Resiko Kehilangan yang Tinggi
    Resiko isi dalam hard disk Vertcoin terhapus tanpa sengaja. Kamu dapat kehilangan semua isi dompet tanpa bisa ditelusuri kemana hilangnya. Selain itu, orang-orang yang memiliki keahlian di bidang komputerisasi dapat mencuri uang.

Monero

Monero adalah cryptocurrency yang mempunyai sumber terbuka (open-source) yang dibuat pada bulan April 2014. Monero secara luas diakui sebagai koin digital anonim paling maju. Jaringan altcoin ini dirancang khusus untuk dapat menolak ASIC tertentu.

Monero termasuk kedalam salah satu koin kripto yang bisa ditambang dengan komputer di rumah kamu. Monero jauh lebih anonim dan private, terkenal karena digunakan di pasar gelap di seluruh dunia. Monero juga  saat ini menempati urutan ke-11 mata uang kripto terpopuler sebagai investasi.

Monero adalah kriptocurrency dimana transaksi benar-benar rahasia dan tidak dapat dilacak, terutama karena memiliki jaringan yang independen dan terdesentralisasi. Sehingga, keamanan Ledger Blockchain (Buku Besar Catatan Transaksi Pada Rantai Blok) akan terjaga dari seluruh serangan cyber

Monero sehubungan dengan kriptocurrency lainnya berbeda, karena ukuran blok dalam kasus ini tidak memiliki batasan yang telah ditentukan sebelumnya, tidak seperti sistem lain di mana rantai memiliki jumlah tertentu yang pasti.

Penting untuk dicatat bahwa kualitas ini memungkinkan Monero didirikan di hampir semua bursa sehingga pengguna memiliki kebebasan untuk bertukar atau menggunakannya sesuka hati.

Tujuan utama penciptaan Monero adalah untuk memperbaiki desain dari kriptografis yang ada, dengan membuat seluruh detail, mulai pengirim, penerima, dan jumlah transaksi menjadi anonim (tidak terlacak dan tidak terdeteksi), serta membuat proses penambangan legib egaliter.

Lihat juga:  Pilih Mana: Litecoin atau Ripple?

Cara Kerja Monero

Berbeda dengan kripto yang lain yang diketahui di dunia, seperti bitcoin, dia memiliki operasi yang berbeda. Monero menggunakan protokol yang disebut CryptoNote untuk memberikan anonimitas kepada penggunanya, karena chain commands selama transaksi tetap tersembunyi. Banyak orang berinvestasi lebih memilih ke Monero.

Semua bekerja melalui cryptography dengan banyak alamat pengiriman dan penerimaan antara pengguna, yang dikelola oleh teknik seperti rings signatures untuk memastikan bahwa orang tersebut termasuk dalam komunitas yang sama dan menghindari jenis penipuan. Tentu saja, tidak ada pihak yang bisa melacak titik asal koneksi atau identitas sebenarnya dari pemilik akun itu.

Cara mendapatkan Monero juga terdapat beberapa cara seperti penambangan Monero bukan hal yang asing dan mudah dilakukan bagi pemula sekalipun. Kamu bisa menambangnya dengan CPU dan ponsel smartphone hanya dengan mengunduh aplikasi.

Metode ini dianggap paling praktis sebagai cara mendapatkan Monero gratis dari perangkat sederhana yang dimiliki. Untuk pengguna yang ingin berinvestasi, cara mendapatkan Monero bisa dengan membeli di bursa kripto.

Kelebihan Monero

  • Desentralisasi Mandiri
    Sistem pembayaran terdesentralisasi tidak bergantung pada keputusan satu orang, juga berlaku bagi developer. CryptoNote tidak memiliki konstanta hard-coded, angka ajaib yang dirancang untuk dihitung ulang berdasarkan keadaan jaringan sebelumnya. Sistem ini akan menciptakan perubahan adaptif dan mandiri, sehingga jaringan berkembang dengan sendirinya.
  • Tidak Dapat Dilacak
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Monero adalah kriptocurrency dimana transaksi benar-benar rahasia dan tidak dapat dilacak, terutama karena memiliki jaringan yang independen dan terdesentralisasi. Selain itu, karakteristik ini menyiratkan bahwa hal itu dapat digunakan untuk berbagai pembelian yang mungkin tidak didukung oleh peraturan atau undang-undang, seperti penjualan obat-obatan atau senjata.

Koin Hanya Digunakan Sekali
Tidak seorangpun bisa membelanjakan uang kripto sama untuk yang kedua kali. Bahkan jika semua tanda tangannya anonim, dimana setiap tanda tangan mengandung kunci rahasia yang berlaku satu arah. Kunci ini tidak mungkin dikembalikan agar mencegah pengeluaran koin ganda.

Kekurangan Monero

  • Popularitas Dapat Menghambat Potensi
    Popularitas mata uang kripto dapat menghambat potensinya di masa depan karena adanya pembatasan dari instansi pemerintah. Menggunakan koin untuk transaksi bayangan merusak reputasi proyek.
  • Rawan Digunakan Tindakan Kriminal
    Kekurangan dari Monera juga adalah karena Monero ini bersifat sangat pribadi dan anonim coin ini sangat rawan digunakan untuk tindakan illegal seperti pencucian uang atau pendanaan teroris.
  • Adanya Masalah Kapasitas
    Tidak ada batasan pada masalah koin. Penerbitan yang ada relatif kecil jika proyek berskala besar dan kerjasama dengan sistem pembayaran, volume kapasitas yang dikeluarkan mungkin tidak cukup.
Tujuan Utama VertcoinTujuan Utama Monero
Vertcoin ini sebenarnya tujuan uatamanya adalah khusus untuk orang yang mempunyai toko-toko lokal, pedagang online, dan bisnis independen.Tujuan utama penciptaan Monero adalah untuk memperbaiki desain dari kriptografis yang ada, dengan membuat seluruh detail, mulai pengirim, penerima, dan jumlah transaksi menjadi anonim (tidak terlacak dan tidak terdeteksi), Monero cocok untuk kamu ingin berinvestasi.

Pilih Mana: Vertcoin atau Monero?

VertcoinMonero
Kelebihan- Dapat menjadi tabungan - Keamanan terjamin - Mampu menjadi mata uang global - Desentralisasi mandiri - Tidak dapat dilacak - Koin hanya digunakan sekali
Kekurangan- Tidak stabil - Dapat terjadi tindakan kriminal - Resiko kehilangan yang tinggi - Popularitas dapat menghambat potensi - Rawan digunakan tindakan kriminal - Adanya masalah kapasitas

Kesimpulan

Pada penjelasan Vertcoin dan Monero, keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi dari penjelasan di atas ketika sudah membaca dengan jelas maka untuk berinvestasi yang cukup baik adalah Monero. Banyak alasan dari penjelasan mengapa Monero lebih baik dijadikan investasi dibandingkan Vertcoin. Jadi dari kedua koin kripto di atas, apa yang menjadi pilihan kamu? Tentukan pilihan kamu ya, pastikan kamu sudah memahami mengenai investasi koin kripto guys.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vertcoin vs Monero

VS