Elektronik

Pilih mana: Vga vs Hdmi?

Dalam menyalakan komputer biasanya Anda harus menghubungkannya dulu ke listrik dan menyambung ke CPU dan Monitor. Ketika listrik mengalir ke CPU maupun monitor, Anda harus menggunakan Kabel untuk menghubungkannya.

Ada beberapa jenis kabel untuk mengalirkan listrik ke CPU ataupun monitor. Namun, ada dua jenis kabel yang populer digunakan yaitu kabel vga dan hdmi. Keduanya memiliki kelebihan dan perbedaan masing-masing.

Nah, kami akan mengulasnya agar Anda bisa memilih mana kabel yang cocok untuk kebutuhan Anda. Yuk, langsung disimak! Baca artikel lainnya Pilih Mana: Home Theater atau Soundbar?

Vga vs Hdmi

VGA

VGA singkatan dari Video Graphic Array. VGA pertama kali dipasarkan oleh IBM pada tahun 1987. Kabel ini biasa ditemukan pada monitor, PC, proyektor, dan televisi.

VGA merupakan salah satu kabel yang dapat menampilkan gambar di monitor. Kabel VGA ini sering dipakai karena VGA sudah ada tertanam dalam motherboard. Kabel VGA juga pada umumnya sudah lama ditemukan. Kabel VGA memiliki 15 Pin dan dapat dipakai di monitor LCD (Liquid Crystal Display), CRT.

Kelebihan Vga

  • Harga yang terjangkau
    Sudah banyak jenis kabel yang lebih canggih hadir. Dibandingkan Vga jenis kabel lainnya memiliki kemudahan yang berbagai macam. Hingga membuat kabel ini tidak terlalu banyak dicari dan harganya juga cukup terjangkau.
  • Tahan lama
    Kabel Vga sudah ada sangat lama, tentu kualitasnya tidak perlu diragukan. Kabel ini tahan lama dan tidak mudah rusak atau rapuh. Karena terbuat dari bahan yang kuat dan rentan koyak.
  • Banyak varian produk
    Produk kabel vga tersedia dengan berbagai jenis dan ukuran. Anda akan dengan mudah mencari sesuai kebutuhan Anda.

Kekurangan Vga

  • Memiliki tampilan kurang jernih
    Kabel vga bekerja secara analog. Dengan antarmuka analog membuat sumber harus menerjemahkan dahulu ke dalam analog sehingga file akan kehilangan kualitas dan membuat tampilannya menjadi berkurang atau kurang jernih.
  • Memiliki bentuk yang cukup besar
    Kabel ini mempunyai bentuk yang lebih besar dengan jumlah pin yang lebih sedikit serta kabelnya yang tebal dan besar membuat penggunanya memerlukan ruang yang cukup besar.
  • Resolusi rendah
    Kabel vga memiliki resolusi yang rendah dibanding kabel lainnya. Karena untuk menampilkan graphic yang beresolusi tinggi, diperlukan tambahan VGA eksternal.

Vga vs Hdmi

Rekomendasi Merk Kabel Vga

1. Kabel Vga WEBSONG High Quality Digital

WEBSONG High Quality Digital VGA Cable 10m adalah kabel VGA dengan jack male – male yang dapat digunakan untuk menyambung dari CPU ke perangkat proyektor LCD atau TV LCD dengan tampilan high quality.

Jenis:
High Quality Digital VGA Cable
Jack Biru Male – Male
Panjang 10 meter
Berat : 1200gram

2. Kabel VGA 15 meter Gold Plated

Kabel VGA 15 meter Gold Plated ini berkualitas bagus. Design konektornya Gold Plated (kuningan) untuk membedakan dengan yang berkualitas standar. Dilengkapi dengan inti ferit di kedua ujungnya. Untuk jangkauan sepanjang 15 meter jenis kabel ini cukup bagus menghantarkan signal VGA, disamping harganya juga relatif terjangkau.

Kabel VGA ini dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan monitor, proyektor, infocus atau layar LCD/ LED. Sangat ideal untuk warnet, tempat kursus komputer, workshop atau untuk keperluan network dengan konektifitas VGA. Kabel berukuran panjang 15 meter ini memiliki hasil gambar yang jernih dan tidak berbayang di monitor Anda. Support high resolution.

Hdmi

Hdmi kependekan dari High Definition Multimedia Interface. Hdmi diperkenalkan pada tahun 2002 dan didesain oleh Hdmi. Interface ini adalah teknologi terakhir saat ini untuk mendisplay video dan multimedia yang lainnya.

Kabel ini akan terus berkembang., menerbitkan seri yang baru dalam beberapa waktu tertentu. Kabel hdmi memiliki 19 pin dengan ukuran yang lebih kecil. Namun hdmi memiliki fungsi yang lebih banyak.

Lihat juga:  8 Merk Stand Mixer Terbaik 2020

Baca juga: Pilih mana: Monitor 4k Asus vs Samsung?

Kelebihan Hdmi

  • Memiliki kualitas yang baik
    Kabel hdmi tidak melakukan kompresi sinyal karena bekerja secara digital. Oleh karena itu, kabel ini memiliki kualitas video atau audio yang sangat baik dan jernih.
  • Memiliki kecepatan transfer
    Kelebihan selanjutnya kabel ini memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat dibanding jenis kabel lainnya bahkan hingga mencapai 5GB/detik.
  • Memiliki resolusi tinggi
    Video yang ditampilkan oleh hdmi beresolusi tinggi hingga lebih dari 1080px. Oleh karena itu, kualitas videonya sangat baik sehingga cocok untuk Anda yang sangat suka bermain game dan menggunakan software edit video.

Vga vs Hdmi

Kekurangan Hdmi

  • Harga yang mahal
    Kabel HDMI lebih mahal bila dibandingkan jenis kabel lainnya karena berbagai fitur-fitur canggih yang ditawarkan didalamnya.
  • Tidak tahan lama
    Kabel ini tipis dan ramping. Banyak jenis kabel hdmi yang telah menyesuaikan keadaan. Agar mudah penggunaannya.Namun hal ini yang membuat kabel tidak tahan lama dan mudah rusak.
  • Terbatasnya Produk
    Kekurangan terakhir dari kabel hdmi ini karena produknya yang bisa dibilang mengikuti teknologi sekarang. Maka kabel ini masih terbatas, varian jenisnya juga sedikit. Kabel ini tersedia dengan kebutuhan produknya.

Rekomendasi Merk Kabel Hdmi

1. Monster

Monster adalah produsen kabel terkemuka di dunia yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini membuat berbagai jenis kabel berkinerja tinggi untuk berbagai keperluan, termasuk di dalamnya kabel HDMI yang masuk jajaran produk-produk kelas atas.

Kabel HDMI buatan Monster terkenal karena kualitasnya yang sangat bagus. Bahkan banyak reviewer produk teknologi dunia yang merekomendasikan kabel HDMI Monster jika orang-orang menginginkan salah satu yang terbaik.

Saat ini sudah banyak produk kabel HDMI Monster yang dirilis ke pasaran. Perusahaan mengemas setiap fitur yang mungkin ada ke dalam produk-produknya. Hasilnya adalah barang yang berkualitas tinggi dengan daya tahan yang sangat bagus sekaligus garansi yang panjang.

2. Wireworld

Wireworld adalah merk kabel HDMI yang bagus lainnya yang layak Anda pilih. Produk Wireworld dikenal mampu menyuguhkan kualitas suara dan gambar yang sangat bagus. Bahkan perusahaan mengklaim kalau kabel HDMI Wireworld secara luas dianggap sebagai standar referensi untuk video HDMI dan audio fidelity.

Wireworld juga menyebutkan kalau setiap model dan panjang kabel HDMI-nya saat ini telah memenuhi spesifikasi HDMI 2.0. Itu artinya produk Wireworld telah mendukung semua fitur-fitur terbaru, termasuk video 4K/60fps, 3D, warna 4:4:4 dan HDR.

Beberapa produknya bahkan dibangun dengan teknologi unggulan untuk memaksimalkan kinerja dan kompatibilitas sistem.

Pilih mana: Vga vs Hdmi?

KeteranganKabel VgaKabel Hdmi
Kelebihan-Harga yang terjangkau -Tahan lama -Banyak varian produk-Memiliki kualitas yang baik -Memiliki kecepatan transfer -Memiliki resolusi tinggi
Kekurangan-Memiliki tampilan kurang jernih -Memiliki bentuk yang cukup besar -Resolusi rendah-Harga yang mahal -Tidak tahan lama -Terbatasnya Produk

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai Kabel Vga dan Hdmi diatas, maka bisa kita simpulkan bahwa Kabel Vga dan Hdmi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih diantara keduanya yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

Namun, kami sarankan untuk menggunakan kabel jenis Hdmi karena kabel jenis ini sangat populer. Hdmi juga  akan terus berkembang dan menjadi salah satu teknologi di masa depan. Hal ini terbukti dengan adanya instalasi port hdmi pada beberapa perangkat portabel gadget ternama dipasaran.

Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vga vs Hdmi

VS

Leave a Reply