AplikasiApplicationHiburanHome

Pilih Mana: Vidio atau Netflix?

Menonton TV menjadi salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Ada berbagai acara yang ditayangkan oleh TV, mulai dari berita, film, olahraga dan talk show menarik. Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang berpindah menggunakan smartphone untuk melihat tayangan hiburan.

Ada berbagai platform yang menyediakan tontonan hiburan secara gratis. Bahkan dapat dikatakan tayangan dari sebuah aplikasi lebih banyak dan fleksibel. Seperti halnya Vidio.com dan Netflix, kedua aplikasi merupakan layanan streaming yang saat ini kian digemeari masyarakt Indonesia.

Lantas apa kelebihan dari masing-masing aplikasi ini? Mari kita bahas!

Vidio

Vidio merupakan layanan streaming Indonesia dan juga sebuah aplikasi berbasis video, dimana penggunanya bisa menonton, mengunggah, dan berbagi video secara langsung kapanpun dan dimanapun. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone dan PC.

Beragam konten ekslusif bisa Anda dapatkan di aplikasi Vidio mulai dari video berita, cuplikan acara TV, video musik hingga siaran olahraga dari dalam dan luar negeri. Vidio.com terdiri dari beberapa kategori; sinetron, tv series, sport, film, musik, kuliner, travel dan edukasi. Baca Juga Pilih Mana: HOOQ atau iFlix?

Kelebihan Vidio

1. Kualitas Video Full HD
Ketika melihat sebuah tayangan video, tentu akan terasa nyaman jika kualitas gambar yang ditampilkan jernih dan terbaik. Vidio memberikan resolusi video hingga Full HD untuk para penggunanya. Resolusi tersebut berlaku untuk semua layanan Vidio termasuk Live Streaming.

2. Terdapat Informasi Jadwal Tayang
Bagi Anda yang senang menonton series, maka Anda akan bertanya-tanya kapan lanjutan series tersebut akan tayang. Jangan khawatir, aplikasi Vidio memberikan informasi mengenai jadwal sinetron, film, maupun acara olahraga yang akan tayang di halaman awal aplikasi. Dengan ini Anda tidak akan terlambat menonton tayangan tersebut.

3. Koleksi Film Lengkap
Vidio.com memiliki segudang koleksi film yang dapat ditonton secara gratis. Ada banyak kategori konten yang bisa Anda temui disini seperti film aksi, komedi, hingga romantic bisa Anda temui disini.

4. Media Olahraga Nasional & Internasional
Vidio memberikan tayang olahraga yang tergolong lengkap. Banyak liga top dunia seperti UCL, UEL, Serie A, dan La Liga yang ditayangkan oleh Vidio. Tak ketinggalan kompetisi teratas domestik juga ada pada platform ini. Tidak hanya sepak bola, Vidio juga menghadirkan cabang lain seperti voli, tenis, dan basket. Bahkan pengguna juga dapat melihat liga basket NBA.

5. Media Edukasi
Kebutuhan tayangan edukasi sangat dibutuhkan oleh orang tua, guru, maupun para pelajar. Terlebih saat masa karantina yang disebabkan oleh virus, membuat sekat tersendiri untuk kegiatan belajar mengajar. Vidio memberikan menu kebutuhan edukasi yang dapat diakses oleh siapa saja. Tidak hanya untuk pelajar, para milenial pun bisa belajar melalui aplikasi ini.

Kekurangan Vidio

1. Harus Berlangganan Untuk akses konten tertentu
Banyak acara yang dihadirkan aplikasi Vidio secara gratis. Termasuk juga acara live TV Show, maupun olahraga. Namun perlu digarisbawahi, tidak semua video maupun acara langsung dapat diakses secara gratis. Untuk menikmati semua tayangan tentu pengguna harus berlangganan terlebih dahulu.

Netflix

Netflix adalah penyedia layanan streaming selain Vidio.com. Bisa dibilang, Netflix merupakan yang paling populer dibanding yang lain saat ini. Kekuatan Netflix terletak pada konten-konten original mereka yang terus diproduksi dan memiliki kualitas bagus. Sebut saja film Bird Box (2018) atau series Black Mirror. Selain itu, Netflix juga menyajikan konten dari seluruh mancanegara.

Lihat juga:  Pilih Mana: Informa atau ACE Hardware?

Untuk menikmati layanan ini, Anda wajib berlangganan tiap bulannya mulai dari Rp 109.000 saja. Selain itu, resolusi gambar yang disuguhkan oleh Netflix sangat baik, mulai daro Definisi Standar (SD), Definisi Tinggi (HD), atau Definisi Ultra Tinggi (UHD).

Kelebihan Netflix

1. Konten Lebih Lengkap
Kelebihan Netflix yang paling utama adalah kelengkapannya dalam koleksi konten video yang bisa Anda nikmati di mana saja dan kapan saja. Di dalamnya terdapat dua kategori umum yaitu film dan serial TV, yang akan terbagi lagi menurut genre seperti aksi, horror, komedi, roman, dan lainnya.

2. Populer Dibanding Yang lain
Layanan streaming asal Amerika Serikat ini sudah lebih populer jika dibandingkan dengan yang lain. Netflix sudah dikenal sejak tahun 2007 di beberapa negara dan baru rilis di Indonesia awal tahun 2016. Saat ini, Netflix sudah jauh terkenal di 130 negara, sedangkan HOOQ lebih akrab di negara-negara berkembang seperti Thailand, Filipina, India, dan Indonesia sendiri.

3. Tersedia fitur Unik
Selanjutnya Netflix memiliki beberapa fitur unik, seperti Profiled, My List dan Continue. Fitur Profiled berguna untuk membuat akun yang berbeda, contohnya akun untuk anak-anak. Sehingga hanya dapat mengakses konten yang sesuai umur mereka.

Kemudian, fitur My List berguna untuk membuat daftar video yang Anda sukai, seperti fitur “Daftar Putar” dalam aplikasi pemutar musik. Sementara fitur Continue adalah fitur pemutaran otomatis ketika Anda terakhir menonton video.

Kekurangan Netflix

1. Harga Lebih Mahal
Untuk berlangganan Netflix, Anda perlu menyiapkan uang lebih dari 100 ribu rupiah. Faktor harga inilah yang sering dijadikan bahan perbandingan paling utama antara Netflix dibanding layanan streaming lainnya.

2. Kualitas Video Masih Belum Stabil
Kekurangan lainnya yaitu kualitas video yang masih belum stabil karena Anda harus memiliki akses internet yang kencang untuk menonton film streaming di Netflix. Minimal, Anda perlu memiliki sinyal internet dan kecepatan 0.5 Mbps untuk kualitas video SD atau 480p. Jika kecepatan internet kurang dari itu, maka sudah dipastikan kualitas video yang muncul akan kabur atau tidak stabil.

Pilih Mana: Vidio atau Netflix?

Keterangan VidioNetflix
Kelebihan - Kualitas Video Full HD - Terdapat Informasi Jadwal Tayang - Koleksi Film Lengkap - Media Olahraga Nasional & Internasional - Media Edukasi- Konten Lebih Lengkap - Populer Dibanding Yang lain - Tersedia fitur Unik
Kekurangan - Harus Berlangganan Untuk akses konten tertentu- Harga Lebih Mahal - Kualitas Video Masih Belum Stabil

Kesimpulan

Layanan streaming digital saat ini sedang digemari karena memberikan kemudahan dalam menyaksikan berbagai jenis tayangan. Vidio dan Netlflix merupakan penyedia layanan streaming yang populer di Indonesia. Mana kira-kira yang menjadi pilihan favorit Anda?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vidio atau Netflix

VS